10 Game Seru Anti Mainstream yang Harus Kamu Coba

in ,

Secara berkala, kita mungkin dibuat bosan dengan berbagai video game yang sedang mainstream. Sesekali mungkin kita ingin mencoba game yang bisa dibilang lebih santuy namun tetap berikan pengalaman bermain yang tidak kalah menyenangkan.

Mencoba menjawab keinginan tersebut, berikut ini deretan game-game anti mainstream yang harus kamu coba setidaknya sekali seumur hidup. Catatan; beberapa game ini tersedia secara multi-platform, namun penulis hanya sertakan link menuju Steam jika kalian ingin mengetahui lebih dalam akan gamenya.

1. Into The Breach

Developer: Subset Games
Platform: PC | Switch

Into The Breach mengusung permainan strategi turn-based dimana setiap langkah atau aksi yang kamu lakukan sangatlah berarti. Mempiloti sebuah mecha mungkin memicu tendensimu untuk bertarung secara barbar. Namun perencanaan matang sejatinya adalah taktik terbaik untuk memerangi Alien yang mencoba menginvasi bumi dalam game ini. Dan seperti game-game Roguelike pada umumnya, gagal mengalahkan musuh yang kamu hadapi membuatmu harus mengulang permainan dari awal.

Steam Page

2. Sunless Sea / Sunless Skies

Developer: Failbetter Games
Platform: PC | PS4 | Xbox One | Switch

Menahkodai sebuah kapal dan menjelajahi lautan gelap tanpa matahari menjadi premis utama game Sunless Sea. Walau terdengar simpel, game ini akan menguji kemampuanmu dalam mengelola sumber daya, seperti bahan bakar maupun persediaan selama di laut, bahkan kewarasanmu dan kru kapalmu. Hadir juga elemen RPG seperti menentukan tujuan akhirmu, tunduk pada hukum atau lakukan tindakan ilegal, trading dari satu pelabuhan ke pelabuhan, hingga meneruskan legacy-mu kepada orang lain jikalau karaktermu gugur atau pensiun.

Kamu juga bisa mencoba game Sunless Skies yang basically berubah menjadi penjelajahan angkasa.

Steam Page

3. Project Highrise

Developer: SomaSim
Platform: PC | PS4 | Xbox One | Switch

Project Highrise menawarkan premis permainan dimana kamu akan menjadi pemilik sebuah gedung. Tidak hanya membangun dan terus memperluas bangunan, kamu juga bertanggung jawab untuk mengelola kesejahteraan gedung dan para penyewanya. Kamu bisa menjadikan gedung tersebut layaknya mall yang penuh dengan toko perbelanjaan dan restoran, ala kantoran yang penuh akan ruang kerja, ala hotel yang penuh dengan kamar dan tempat refreshing, atau bahkan ketiganya sekaligus.

Steam Page

4. This War of Mine

Developer: 11 Bit Studios
Platform: PC | PS4 | Xbox One | Switch | iOS | Android

This War of Mine mencoba hadirkan sentimen apakah kita sebagai warga biasa mampu bertahan hidup di tengah-tengah perang atau kekacauan yang tengah berlangsung. Selain mengetes kemampuanmu dalam mengelola sumber daya agar kelompokmu berkecukupan di setiap harinya, game ini juga turut menguji moralmu apakah kamu rela melakukan apa saja untuk tetap hidup satu hari lagi? Walau itu menghabisi warga lain yang juga berjuang bertahan hidup?

5. Endzone – A World Apart

Developer: Gentlymad Studios
Platform: PC

Jika game seperti membangun kota seperti Cities Skylines terasa begitu memusingkan, Endzone bisa menjadi alternatif bagi kamu yang suka game city building tapi santai dan tidak terburu-buru. Premis yang ditawarkan dalam game ini adalah kamu bersama kelompokmu mencoba bertahan hidup dengan membangun komunitas atau kota kecil di dunia pasca nuclear apocalypse. Selain mengelola sumber daya, kamu tentunya dihadapi berbagai tantangan seperti kekeringan, badai dan tentu saja limbah-limbah nuklir yang tersisa.

Steam Page

6. Game Dev Tycoon

Developer: Greenheart Games
Platform: PC | Switch | iOS | Android

Memiliki cita-cita membuat video game namun tidak memiliki kemampuan yang mendukung? Game Dev Tycoon mungkin bisa jadi pemenuh hasrat tersebut untuk sementara. Dalam game simulasi ini kamu akan merintis karir mulai dari pengembang game kecil hingga perusahaan kelas dunia. Kamu akan menentukan genre game yang akan dibuat, engine yang akan dipakai, platform yang dituju, bahkan membuat konsol sendiri. Tidak ketinggalan kamu juga akan merekrut orang-orang yang akan membantumu merilis game dengan nilai yang sempurna.

Steam Page

7. The Tenants

Developer: Ancient Forge Studio
Platform: PC

Jika The Sims terasa membosankan bagimu, mungkin The Tenants bisa jadi alternatifnya. Walau memiliki elemen desain rumah atau ruangan yang kurang detail seperti The Sims, game ini lebih menempatkanmu sebagai seorang agen properti yang bertugas menjadi medium antara pemilik dan calon penyewa. Kamu akan mendapati permintaan-permintaan mulai dari mendesain ruangan hingga mencarikan penyewa yang sekiranya cocok dengan kriteria pemilik properti.

Steam Page

8. Project Hospital

Developer: Oxymoron Games
Platform: PC

Jika tertantang akan pengelolaan secara makro maupun mikro, maka Project Hospital menjadi salah satu game yang tepat. Selain membangun dan mendesain, kamu juga bertugas untuk mengelola tiap dokter dan staff lainnya agar operasional dan bisnis rumah sakit berjalan dengan lancar. Tidak sampai disitu, secara berkala kamu juga akan turun tangan menangani pasien-pasien yang datang; mendiagnosis dan menentukan tindakan penangan yang paling tepat bagi mereka.

Steam Page

9. Frostpunk

Developer: 11 Bit Studios
Platform: PC | PS4 | Xbox One

Jika premis membangun kota saja terasa mudah bagimu, maka Frostpunk akan menguji seberapa bijaksana dirimu dalam memimpin dan mengelola kesejahteraan masyarakat di tengah bencana badai salju yang membuat sebagian besar dunia menjadi lumpuh. Secara berkala kamu akan dihadapi dengan berbagai pilihan yang krusial walau harus mengorbankan suatu pihak demi keberlangsungan hidup wargamu.

Steam Page

10. VA-11 Hall-A

Developer: Sukeban Games
Platform: PC | PS4 | Switch

Sejatinya adalah game yang bisa dimainkan dengan santai. Cocok pastinya bagi kamu yang menikmati game-game visual novel. Visual cyberpunk-ish dan alunan musik yang // a e s t h e t h i c //, serta cerita yang somehow relevan dengan kehidupan sehari-hari kita, tentu membuat game simulasi bartender ini merupakan salah satu game indie terbaik dalam satu dekade yang lalu.

Steam Page

Bonus: Coffee Talk

Developer: Toge Productions
Platform: PC | PS4 | Xbox One | Switch

Game buatan developer lokal ini tentu bisa menjadi alternatif VA-11 Hall-A. Alih-alih hadir sebagai bar futuristic yang penuh dengan pengunjung-pengunjung eksentrik, Coffee Talk menawarkan premis di dalam dunia fantasi dimana berbagai mahluk selain manusia juga akan menikmati kopi ataupun minuman khas dari kafe tempatmu bekerja.

Steam Page


Baca juga Listicle menarik lainnya atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]