10 Game Simulator Terbaik yang Masih Seru Dimainkan di 2021

game simulator

Video game seringkali menjadi sebuah medium pilihan bagi banyak orang dalam melarikan sejenak dari hiruk pikuknya kehidupan penuh drama di dunia nyata. Mulai dari yang casual hingga yang membutuhkan waktu ratusan jam untuk diselesaikan, ragam game dengan genre yang spesifik pun tersedia untuk memenuhi minat banyak orang.

Walau demikian, alih-alih terjun ke dunia fantasi untuk melawan monster dan menjadi jagoan, terkadang seseorang ingin merasakan suatu aktivitas atau pekerjaan yang belum pernah mereka lakukan di dunia nyata lewat suatu game, dan video game bertemakan simulator hadir untuk memenuhi sentimen tersebut.

Perlu diketahui bahwa sejatinya game-game simulator tidak dapat mensimulasikan 100% suatu aktivitas layaknya di dunia nyata. Namun jika kamu memang tertarik, berikut 10 rekomendasi game simulator terbaik yang tentunya masih layak dimainkan di tahun 2021 ini.

1. PC Building Simulator

Membangun sebuah PC untuk pertama kali seolah-olah menjadi suatu tantangan tersendiri dalam hidup. Berbagai research tentu dilakukan demi membangun PC yang optimal sesuai kebutuhan, namun keraguan pasti hinggap dalam benak seseorang dan pastinya tidak ingin membuang uang demi coba-coba.

PC Building Simulator terbitan The Irregular Corporation agaknya cukup menjawab keraguan tersebut. Sesuai namanya, pemain akan belajar membangun sebuah PC dengan ragam komponen yang telah terlisensi dan berspesifikasi dengan produk aslinya demi mensimulasikan pengalaman yang serupa. Hadir juga mode karir dimana pemain akan berperan sebagai teknisi komputer yang akan menerima pesanan seperti reparasi hingga membangun PC dengan spesifikasi atau kebutuhan khusus.

2. SuchArt: Genius Artist Simulator

Jika memiliki hobi menggambar, SuchArt: Genius Artist Simulator garapan Voolgi ini mungkin bisa jadi salah satu game yang dapat membantu mengembangkan kemampuan melukis pemainnya. Tidak hanya menyalurkan ide lewat kanvas, namun juga ragam permukaan objek lainnya sesuai dengan kreativas pemain.

Dengan pendekatan yang bisa dibilang cukup realistis, seperti mencampur beberapa cat sekaligus demi mendapatkan warna yang diinginkan misalnya. Setiap karya yang diciptakan tentunya bisa dijual demi mendapatkan uang untuk membeli ragam alat lukis baru, hingga mengembangkan studio dan perabotan di dalamnya.

3. Euro Truck Simulator 2

Menghabiskan waktu berjam-jam di jalanan mungkin terkesan menjengkelkan bagi banyak orang. Namun bagi supir truk, hidup di jalanan sudah menjadi gaya hidup mereka, dimana harus mengantarkan barang dari satu kota ke kota lain, dan hanya pulang ke rumah beberapa kali dalam sebulan.

Euro Truck Simulator 2 sayangnya tidak seekstrim seperti pekerjaan pengemudi truk sesungguhnya, melainkan sekadar hadirkan permainan yang bisa dibilang lebih simpel dan stagnan — mengantar barang dari satu titik ke titik lain, mengemudikan truk sesuai peraturan lalu lintas agar tak terkena denda, hingga meningkatkan atau membeli truk yang lebih bagus menjadi daya tarik dari game besutan SCS Software ini. Tidak ketinggalan, komunitas mod yang cukup aktif, bahkan di Indonesia yang menghadirkan ragam bis dan jalur-jalur lokal.

4. Train Sim World 2

Jika truk bukan seleramu untuk mendapatkan sensasi layaknya menempuh perjalanan jauh, mungkin mengemudikan kereta dalam Train Sim World 2 garapan Dovetail Games bisa jadi alternatif lain yang patut dicoba.

Pemain bisa mencoba ragam lokomotif dengan mekanisme pengoperasian yang berbeda-beda, mulai dari kereta penumpang jarak jauh, kereta barang dan kereta commuter. Tidak ketinggalan, hadirnya berbagai jenis kereta dari berbagai belahan dunia.

5. Microsoft Flight Simulator

Jika menurutmu mengemudikan kendaraan daratan sudah terlalu mainstream, menerbangkan pesawat dalam Microsoft Flight Simulator tentu bisa jadi sebuah alternatif merasakan sensasi mengendarai kapal terbang.

Begitu banyak jenis pesawat yang bisa dicoba dalam game ini, mulai dari pesawat penumpang seperti Airbus dan Boeing, hingga pesawat kecil seperti Beechcraft dan Cessna. Jika merasa kurang, komunitas mod-nya pun cukup aktif menghadirkan ragam pesawat baru, salah satunya seperti pesawat tempur F-22 Raptor misalnya.

6. Transport Fever 2

Jika tidak ingin terjun langsung ke kursi pengemudi seperti tiga game yang telah disebutkan sebelumnya, bagaimana jika menjadi sosok yang bertanggung jawab dalam mengatur dan mengembangkan produktivitas berbagai macam transportasi tersebut?

Dalam Transpor Fever 2, pemain bisa dibilang akan menjalankan pekerjaan menteri perhubungan. Walau terlihat seperti game membangun kota, dalam game garapan Urban Games ini pemain akan lebih fokus pada pembangunan dan pengelolaan infrastruktur; seperti jalanan, rel kereta, stasiun, terminal, pelabuhan, bandara dan lain-lain.

7. Master of Pottery

Jika butuh sesuatu yang bisa dimainkan dengan lebih santai, Master of Pottery besutan AZGames ini mungkin harus dicoba. Sesuai namanya, pemain akan membuat suatu kerajinan tangan dari tanah liat, didampingi dengan suasana yang bisa dibilang bikin hati tenang, dimana secara tidak langsung game ini juga cocok untuk meditasi.

Hadir dengan pendekatan yang cukup realistis, dimana pemain akan dibuat memahami tahapan-tahapan dalam membentuk sekumpulan tanah liat hingga menjadi suatu karya yang dapat menarik perhatian orang. Tidak ketinggalan, game ini juga menyediakan fitur untuk membagikannya kepada publik untuk memamerkan masing-masing kreativitas pemainnya.

8. Power Wash Simulator

Jika butuh sesuatu yang tidak biasa atau bisa dibilang nyeleneh, Power Wash Simulator garapan FuturLab adalah salah satu game yang mungkin harus dicoba karena premisnya yang simpel namun tidak biasa jika dibandingkan game simulator lain.

Sesuai namanya, dalam game ini pemain akan dipersenjatai dengan semprotan tekanan tinggi untuk membersihkan suatu objek sampai benar-benar mengkilap. Terdapat beberapa mode seperti co-op atau duel dengan pemain lain untuk mengumpulkan score terbanyak dalam bersih-bersih.

9. Farming Simulator 19

Walau gamenya sendiri telah rilis hampir empat tahun yang lalu, Farming Simulator 2019 masih menjadi pilihan banyak pemain yang tengah mencari game simulasi pekerjaan atau aktivitas pengelolaan sebuah pertanian dengan teknologi maju.

Giant Games selaku developer sendiri masih cukup aktif memberikan update dan ragam DLC baru. Namun alternatifnya, kamu juga bisa menunggu Farming Simulator 2022 yang rencananya akan meluncur pada November 2021 mendatang.

10. Car Mechanic Simulator 2021

Banyak orang memiliki mobil namun tidak memahami seluk beluk mesin yang membuatnya dapat melaju dengan kencang. Car Mechanic Simulator garapan Red Dot Games mungkin bisa sedikit membantu pemain untuk memahami komponen-komponen dalam sebuah mobil.

Tidak sekadar menjadi montir yang mereparasi sebuah mobil saja, pemain juga bisa membeli mobil dalam kondisi rusak dan membetulkannya untuk dijual kembali. Uang yang didapatkan bisa digunakan untuk mengembangkan bengkel dan perabotan-perabotan baru. Kamu juga bisa membangun mobil sendiri dan mengetesnya langsung di jalanan.

Nah, dari 10 game simulator di atas, kira-kira yang paling menarik untuk dicoba? Atau kamu tahu rekomendasi game lainnya yang tidak kalah menarik? Yuk, langsung aja share pendapatmu di kolom komentar ya!


Exit mobile version