10 Game Souls-Like Baru nan Menarik yang Patut Ditunggu Kehadiran-nya

upcoming souls game

Hadir sebagai pioner dalam menyajikan sebuah permainan yang bagi banyak orang diklaim bikin frustrasi, Dark Souls garapan From Software seolah-olah membentuk sebuah sub-genre baru bernama souls-like jika membicarakan sebuah game Action-RPG-Adventure yang sulit.

Namun tentu tidak sekadar sulit saja, ada beberapa elemen permainan yang bisa dibilang memberikannya identitas souls-like tersebut. Beberapa di antaranya yang menonjol seperti; penggunaan stamina untuk berbagai aksi, sistem parrying, sistem checkpoint, hukuman yang cukup fatal bila tumbang, musuh yang tidak kenal ampun, cerita atau nuansa atmosfir yang gelap, bahkan terkadang kontrol permainan yang canggung.

Tentu tidak harus semuanya, beberapa game biasanya mengkombinasikan beberapa hal dari game Souls dan menambahkan elemen-elemen baru untuk jadi lebih inovatif. Maka dari itu, berikut 10 game souls-like baru yang patut ditunggu kehadirannya.

1. Faith of Danschant: Hereafter

Game besutan Joyfun ini agaknya ingin membawakan nuansa Souls dalam balutan tema Wuxia — bela diri yang disambangi kekuatan mistis ala fiksi Cina kuno. Belum jelas narasi yang coba disajikan, namun jika melihat trailer di atas, dinamika antara sang ayah dan putrinya yang mengemban tugas untuk membasmi monster dan iblis akan menjadi sajian utama dalam game ini.

Belum ada informasi lebih lanjut terkait tanggal rilisnya, namun Faith of Danschant: Hereafter rencananya akan meluncur untuk platform PC, PS5, PS4, Xbox One, Xbox Series X|S.

2. Black Myth: Wukong

Pertama kali dipamerkan pada tahun 2020 lalu, game souls-like dengan karakter legenda Sun Wukong garapan Game Science ini sukses menarik perhatian banyak orang. Belum jelas jalan cerita yang coba dihadirkan, namun agaknya game Black Myth: Wukong ini juga didasari dari legenda Journey to the West.

Belum ada tanggal rilis yang pasti, namun Black Myth: Wukong rencananya akan diluncurkan pada tahun 2023 untuk platform PC, PS4, PS5, Xbox One dan Xbox Series X|S.

3. Hollow Knight: Silksong

Hadir dengan visual yang sejatinya terlihat seperti game family friendly, Team Cherry sukses mengecoh banyak orang lewat rangkaian permainan yang disajikan dalam Hollow Knight. Kini dalam sekuelnya — Hollow Knight Silksong, pemain akan berpetualang kembali namun dengan sang protagonis baru; Hornet yang sempat muncul pada game pertamanya.

Sayangnya belum ada informasi terkait tanggal perilisannya, namun Hollow Knight Silksong direncanakan meluncur untuk PC dan Switch.

4. Sands of Aura

Mencoba hadirkan tingkat kesulitan ala Dark Souls dalam balutan dungeon crawling dan sistem looting ala Diablo, Sands of Aura garapan Chashu Entertainment ini merupakan game open world dimana pemain akan mengarungi lautan pasir untuk mengejar dan mengalahkan kekuatan jahat yang mengancam keberlangsungan hidup manusia.

Sand of Aura rencananya akan dirilis terlebih dahulu secara Early Access di PC pada 21 Oktober mendatang.

5. Bleak Faith: Forsaken

Walau memang jelas terinspirasi dari game Dark Souls, Archangel Studios selaku developer dari Bleak Faith: Forsaken tidak ingin gamenya sekadar menjadi tiruan semata. Menempatkan pemain sebagai seorang pengembara di sisa-sisa peradaban manusia, penjelajahan dunia open world yang lebih “bebas” akan menjadi satu hal yang ditonjolkan dalam game ini.

Bleak Faith: Forsaken rencananya akan diluncurkan menjelang akhir tahun 2021 untuk platform PC, PS4 dan PS5.

6. Bright Memory: Infinite

Walau sejatinya lebih cocok disebut sebagai game fast-paced FPS ala Titanfall atau Shadow Warrior, FYQD Studio selaku developer mengaku bahwa Bright Memory sendiri memang memiliki inspirasi dari Dark Souls. Potensi menggabungkan game FPS dengan elemen Souls nampaknya akan lebih terlihat lewat game selanjutnya — Bright Memory: Infinite.

Bright Memory: Infinite rencananya akan dirilis menjelang akhir tahun 2021 untuk PC dan Xbox Series X|S.

7. Lies of Pi

Walau belum diperlihatkan sajian permainannya, Round8 Studio mendeskripsikan Lies of Pi sebagai game souls-like dengan basis cerita dari dongeng boneka Pinokio dengan twist dunia yang lebih gelap dan horor. Satu hal yang menarik dari game ini adalah, pemain harus berbohong jika ingin menjadi manusia seutuhnya.

Belum ada tanggal rilis yang jelas, namun Lies of Pi rencananya akan diluncurkan untuk platform PC, PS5 dan Xbox Series X|S.

8. Steelrising

Steelrising mencoba bawakan narasi fiksi bagaimana jika Revolusi Prancis terjadi dengan tentara robot sebagai fokus utamanya. Dalam game besutan Spiders ini, pemain akan mengontrol sebuah Automata bernama Aegis dalam melawan dan membasmi robot-robot di bawah kendali tirani King Louis XVI.

Steelrising direncanakan meluncur pada Juni 2022 untuk platform PC, PS5 dan Xbox Series X|S.

9. Wuchang: Fallen Feathers

Sebuah game garapan Leenze Games yang bisa dibilang benar-benar mencoba tiru kedigdayaan game Dark Souls dan Bloodborne, bahkan miliki UI yang benar-benar seperti Sekiro: Shadows Die Twice. Tentu bukan sesuatu yang buruk, namun lewat trailer di atas, bisa dibilang kondisi gamenya sendiri jauh dari kata optimal, seperti rangkaian animasi tempur yang canggung untuk ukurang game next-gen.

Wuchang: Fallen Feathers rencananya baru akan dirilis di tahun 2024 untuk PC, PS5 dan Xbox Series X|S.

10. Elden Ring

Terlepas dari kenyataan bahwa sama-sama digarap oleh From Software, Elden Ring sendiri tidak memiliki keterikatan langsung dengan Dark Souls dalam soal cerita. Sehingga walau pemain tidak akan asing dengan sajian gameplay-nya, keseluruhan cerita Elden Ring akan benar-benar memberikan pengalaman baru yang diharapkan melebihi game-game pendahulunya.

Elden Ring direncanakan rilis pada 21 Januari 2020 mendatang untuk PC, PS4, PS5, Xbox One dan Xbox Serie X|S.

Nah, dari 10 game souls-like baru di atas, kira-kira mana yang paling kamu tunggu? Atau kamu tahu game-game serupa lainnya yang juga tidak kalah menarik? Yuk, langsung aja share pendapatmu di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version