10 Game Sukses yang Awalnya Bermula Sebagai Mod

Mod Games

Modding merupakan salah satu hal yang dibanggakan oleh PC gamer. Mod dapat memberikan kalian konten baru, tweaks, add-ons, atau bahkan sebuah game yang benar-benar baru walau masih memerlukan base gamenya terlebih dahulu. Tak jarang mod yang ambisius malah membawa keberuntungan bagi para modder-nya. Mulai direkrut oleh developer game tersebut, hingga mendapat kesempatan untuk membuat mod ambisiusnya menjadi sebuah produk yang bisa dijual ke gamer, atau bahkan kedua-duanya.

Bicara soal mod yang dijadikan game, penasaran apa saja contohnya? Berikut adalah 8 game terkenal yang dulunya hanya sekedar mod

1. Team Fortress 

Berawal dari mod game Quake di tahun 1996, dan kemudian modifikasi dari QuakeWorld. Developer dari modTeam Fortress mengerjakan game mereka sendiri yang pada awalnya mereka rencanakan sebagai sekuel. Namun Valve Software merekrut developer mod tersebut dan menyuruh mereka untuk membuat versi standalone ke dalam engine game Half-Life yang akhirnya menjadi Team Fortress Classic dirilis pada April 1999.

Pada April 2007, Valve kemudian merilis sekuel sesungguhnya yaitu Team Fortress 2 dengan gaya visual berbeda yang jauh lebih ikonik serta perombakan pada banyak mekanik dari game pertama. Awalnya dirilis berbayar, Team Fortress 2 kemudian dijadikan game free-to-play dengan kosmetik berbayar yang dapat diperjual belikan di Steam Market.


2. DOTA 2

Perlukah saya jelaskan yang satu ini? DOTA menjadi salah satu game dengan komunitas paling besar saat ini dan bahkan menjadi salah satu game yang diajang untuk E-Sport dengan hadiah terbesar sejauh ini yaitu $22 juta. Namun bagi kalian yang tidak tahu, DoTA berawal dari map Aeon of Strife dari game sci-fi RTS buatan BlizzardStarcraft, map tersebut kemudian dibawa ke Warcraft III setelah perilisan expansion The Frozen Throne.

Mod satu ini menciptakan genre baru berupa Multiplayer Online Battle Arena atau sering disebut MOBA. Walaupun beberapa variasi dari mod ini telah diciptakan, DoTA All-Stars menjadi yang paling popular. Singkat cerita, setelah banyak pergantian developer, Icefrog yang pada akhir nya memegang penuh development mod terkenal satu ini.

Kepopuleran dari DOTA membuat Valve tertarik dan merekrut Icefrog untuk membuat standalone dari mod tersebut yang akhirnya menjadi sekuel yaitu DoTA 2. Dengan formula yang sama dari game sebelumnya, Standalone sekuel nya sukses besar hingga menjadi salah satu game eSports paling aktif saat ini dan masih menjadi game dengan hadiah turnamen paling besar dari dulu hingga sekarang.


3. Killing Floor

Berawal dari mod game Unreal Tournament 2004, developer mod tersebut, Alex Quick ditawari oleh Tripwire Interactive untuk membuat port untuk mod nya ke Red Orchestra : Osfront 41-45 yang Alex tolak pada awalnya. Namun beberapa tahun berikutya, pada saat jumlah pemainnya mulai berkurang, Quick menghubungi kembali Tripwire untuk berkerja sama membuat retail version mod tersebut.

Diumumkan pada Maret 2009, game ini akhirnya menjadi game penuh pada Mei 2009 dengan hanya 10 staff saja dan dengan waktu pengerjaan 3 bulan. Sekuelnya kemudian dikembangkan dan dirilis pada tahun 2016 lalu dengan sejumlah perbaruan tak hanya di visual, tetapi juga pada mekanik gameplay.


4. DayZ

DayZ adalah sebuah definisi “Mod yang lebih terkenal dari game yang di-mod”, karena penjualan dari Arma 2 naik drastis setelah keberadaan dari mod satu ini. Mod satu ini mengubah Arma 2 yang awalnya realistic-army simulator menjadi multiplayer zombie apocalypse survival dimana pemain harus bertahan hidup, menyelamatkan diri dari zombie, dan mencoba untuk bersosialisasi dengan pemain lain yang bisa saja menjadi teman atau musuh. Konsep yang unik ini membuat tipe survival game jadi musiman mendadak, dan karena kesuksesan dari mod juga sang creator, Dean Hall direkrut menjadi bagian dari Bohemia Interactive dan membuat standalone dari mod ini.

Game standalone DayZ dirilis via Steam Early Access dan terjebak dalam fase tersebut dalam waktu yang cukup lama hingga akhirnya dirilis penuh pada tahun 2018 lalu, 5 tahun setelah perilisan pertamanya di early-access. Dean Hall telah keluar dari pengembangan game dan bahkan studio Bohemia Interactive di pertengahan pembuatan game ini dan beralih membuat studio sendiri yang kini tengah kembangkan game survival berjudul Icarus.


5. Cry of Fear

Cry of Fear ialah game survival horror yang pertama kali meluncur pada tahun 2012, tak lama setelah pengenalan awalnya yaitu sebagai mod untuk Half Life. Pengembangan game standalone sempat dihadapi dengan penundaan berkali-kali melihat skala tim yang sangat kecil, tetapi pada akhirnya game dirilis sebagai game standalone tak lama setelah popularitas mod.

Game dapat diunduh gratis di Steam dan dicap oleh banyak gamer sebagai salah satu game horor paling ikonik di PC dan juga dianggap lebih mengerikan dibandingkan kebanyakan game horor berbayar yang ada di platform yang sama.


6. The Stanley Parable

Berawal dari mod Half-Life 2 di tahun 2011, game ini mungkin akan menjadi “walking simulator” terbaik bagi saat ini karena aspek komedi dan narasi lucu dengan aksen khas dari Kevan Brighting. Game juga miliki kumpulan ending yang beragam, masing-masing di antaranya di luar batas nalar tetapi sangatlah menghibur untuk ditelusuri.

Di game satu ini, kamu hanya berjalan kaki di sebuah kantor yang secara misterius sepi tak ada seorangpun. kamu hanya ditemani oleh narasi narator yang terkadang menyuruhmu untuk mengikuti instruksi nya, kamu bisa saja mengikuti instruksi narator tersebut, tapi diwaktu yang sama kamu juga bisa tidak mengikuti perkataannya sama sekali dan melihat reaksinya bagaimana. Dengan formula yang sederhana ini, mod The Staley Parable mendapatkan 90 ribu download hanya dalam 2 minggu dan dapatkan penghargaan pada IndieCade di 2012.

Kesuksesan mod tersebut dan banyak fans yang mau lagi dari mod satu ini, Davey Wreden, sang creator, membuat HD standalone dengan konten lebih banyak dari mod aslinya. Standalone ini dapatkan resepsi yang sangat baik hingga mendapatkan banyak penghargaan mulai dari Best Story, Best Debut, Best Innovation bahkan game indie terbaik 2013.


 

7. Garry’s Mod

Garry’s Mod pertama kali muncul sebagai mod Half Life 2 pada 2004 hingga 2005 oleh Garry Newman. Berbeda dengan mod pada umumnya, Garry’s Mod memberikan pemain cara mudah untuk mengakses asset-asset dari Source Engine dan… terserah mau diapakan mulai dari membuat konstruksi yang aneh, bermain-main dengan model karakter, membuat map dan bahkan gamemode sendiri. Meskipun tak mempunya gameplay serta objektif yang jelas, Garry’s Mod, atau yang sekarang lebih sering dikenal sebagai G-Mod, menjadi mod yang paling banyak didownload pada saat itu.

Kesuksesan G-Mod sebagai mod membuat Garry Newman membentuk studio sendiri bernama Facepunch Studios dan membuat standalone game yang dirilis pada tahun 2006 silam. Penjualan G-Mod sangatlah sukses dan berhasil terjual 10 juta copy pada January 2016 lalu, dan kini Garry mengungkapkan bahwa mereka sedang mengerjakan sequel dari game sandbox ini.


8. Counter Strike

Lagi-lagi berhubungan dengan Valve, ketika multiplayer dari Half-Life dianggap hambar oleh banyak pemain, Minh Le dan Jess Cliffe berkerja sama membuat mod team-based multiplayer yang membuat dunia menggila dengan FPS multiplayer satu ini. Melihat mod satu ini terlihat lebih menarik banyak perhatian dari game mereka, Valve melakukan hal paling logis bagi mereka yaitu merekrut kedua modder tersebut dan membuat standalone dari game ini. Karena gameplay-nya yang sangat competitive, game ini menjadi salah satu game pertama yang dijadikan sebagai “esports” dan sering diisi pada turnamen gaming.

Kesuksesan Counter Strike terus berlanjut walau sudah berumur 16 tahun lebih, dan CS:GO menjadi salah satu game e-sports paling terkenal saat ini.


9. The Forgotten City

The Forgotten City bermula sebagai mod untuk The Elder Scrolls V: Skyrim, namun berbeda dengan tipikal mod untuk game tersebut yang biasanya fokus pada elemen combat, mod ini lebih berpusat pada elemen cerita dan puzzle. Meskipun hadir dengan minim combat, mod ini berhasil menjadi salah satu mod terpopuler dan memuncaki daftar mod di versi Xbox One Skyrim selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2016, sang kreator Nick Pearce memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan utamanya sebagai pengacara dan membentuk studio kecil yang dimana proyek pertamanya ialah membuat ulang The Forgotten City tanpa limitasi dari The Elder Scrolls V: Skyrim maupun engine kuno Bethesda.

Jalan cerita telah diperbanyak dua kali lipat dari versi mod, dan sebagian mekanik baru telah ditambahkan untuk versi standalone. Pada pertengahan tahun 2020, game berhasil dirilis dan kembali mendapat resepsi yang luar biasa dari game dan juga fans.


10. PlayerUnknown’s Battlegrounds

Meski bukan pencipta dari genre battle-royale, PlayerUnknown’s Battlegrounds menjadi pelopor yang populerkan genre ini menjadi trend gaming hingga sekarang. Sebelum direalisasikan sebagai game standalone di bawah studio Bluehole, PUBG dimulai sebagai mod untuk ARMA 2, dan lebih tepatnya lagi sebagai modifikasi tambahan dari DayZ.

Brendan “PlayerUnknown” Greene selaku desainer dari mod tersebut kemudian direkrut Bluehole untuk kembangkan game serupa dengan Unreal Engine, dan pada tahun 2017 game berhasil dirilis dan mendapat resepsi baik pada awalnya. Memang popularitas game telah dikalahkan oleh game seperti Fortnite, Call of Duty: Warzone dan Apex Legends, tetapi tak dapat dilupakan begitu saja kesuksesan dari game ini dan perannya dalam ciptakan subgenre baru yang hingga saat ini masih populer dibuat oleh studio lain.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version