10 Game Tanpa Dialog Tetapi Miliki Cerita Menarik

Apps.63704.65516361464340384.2b1af344 4937 4a1f Af6f 8e009cbf5afa

Selama 34 tahun, video game telah berkembang dari yang dulunya hanya sekedar berlari dari kiri ke kanan untuk menyelamatkan tuan putri menjadi media storytelling. Dan sebagai media storytelling, video game lebih punya kebebasan dalam membawakan ceritanya karena pemain berinteraksi langsung dengan dunia game, membuat mereka seakan menjadi bagian dari cerita.

Beberapa game sering menggunakkan cutscene dan dialog yang panjang untuk menjelaskan ceritanya, namun beberapa bisa membawakan cerita hanya dengan bermodalkan visual dan gameplay, tanpa dialog sama sekali. Inilah yang akan dibahas lewat list satu ini, berikut adalah 10 game tanpa dialog dengan cerita yang keren


1. Limbo

Dibuat oleh studio indie dari Denmark – Playdead, Limbo menceritakan tentang … tak ada yang tahu. Game satu ini tidak menceritakan secara langsung apa yang terjadi, yang kita tahu hanyalah kita bermain sebagai seorang anak kecil yang terbangun di sebuah hutan gelap, sisanya? Terserah kepada interpretasi pemain masing-masing.

Developer dari game ini tak mau memberi tahu sama sekali apa yang sebenarnya terjadi, mereka ingin melihat gamer mencoba untuk mencari tahu sendiri kisah apa yang ada di game ini. Director dari game ini juga mengakui bahwa orang sudah ada yang tepat menebak ceritanya, dan hal tersebut membuatnya kesal dan ingin membuat game yang lebih sulit lagi untuk ditebak.

Begitu banyaknya teori pada game satu ini lah yang membuat cerita dari Limbo sangat menarik, walau kita tak tahu mana yang benar, setidaknya kita bisa buat teori sendiri dan membandingkannya kepada orang lain.


2. Journey

Walau Journey dikomplain karena durasi yang terlalu sebentar dan gameplay yang tak terlalu spesial, game yang dikembangkan oleh ThatGameCompany ini dapatkan puluhan penghargaan mulai dari Best Indie Game, Best Soundtrack dan bahkan Game of The Year.

Journey menceritakan story gamenya hanya dengan modal visual dan tak menggunakkan dialog sedikitpun. Di Journey, kamu bermain sebagai penjelajah berjubah merah yang ingin mencari tahu kisah dibalik gurun pasir yang sedang kamu jelajahi. Tanpa membocorkan cerita di game ini terlalu banyak, game ini menceritakan sebuah kisah metafora akan kerakusan manusia yang ingin menguasai seluruh “energi” untuk kepentingan golongan mereka sendiri.Cerita ini disampaikan hanya melalui sebuah lukisan tertentu dan tidak disampaikan secara langsung kepada pemain.


3. Brothers: A Tale of Two Sons

Brothers: A Tale of Two Sons merupakan game puzzle yang dimana kamu harus memainkan bukan hanya satu, tapi dua karakter sekaligus. Kamu diharuskan untuk menggerakan dua saudara ini secara individual dengan dua analog dan 2 tombol trigger.

Untuk ceritanya sendiri, Brothers menceritakan tentang kedua saudara yang baru saja kehilangan sang ibu karena tenggelam di lautan, dan kini mereka harus mencari air suci untuk mengobati penyakit ayah mereka. Perjalanan mereka ternyata tak semudah yang diperkirakan karena banyak rintangan mematikan yang harus dilewati hanya untuk memperoleh air tersebut. Pastikan saja kalian punya tisu pada saat ending game satu ini.


4. Ico

Sebuah game klasik dari Fumito Euda dan Team Ico yang menceritakan tentang kisah anak laki-laki dengan tanduk di kepalanya bernama Ico yang ditangkap dan dikurung dalam peti mati untuk dikorbankan. Namun anak kecil tersebut berhasil melarikan diri karena gempa yang merusak peti tersebut, selama perjalanan melarikan diri, dia menemui seorang tawanan perempuan yang berbicara bahasa asing bernama Yorda.

Yorda yang merupakan puteri dari ratu istana tersebut tak diperbolehkan untuk meninggalkan istana. Maka dari itu Ico mencoba untuk membantu sang tuan puteri untuk bersama-sama melarikan diri dari istana tersebut.

Ya, saya tahu Yorda “berbicara” di game ini yang mungkin bisa dikategorikan sebagai dialog, tapi hey… semua ucapan dari mulut Yorda ini tak dapat kita mengerti sama sekali atau karakter utama yang kita mainkan, jadi… secara teknis tetap tidak ada dialog bukan?


5. Hyper Light Drifter

Game yang dikembangkan oleh Heart Games ini dibawakan hanya lewat gameplay semata, dan karena game ini masih bisa dibilang baru, cerita apa yang sebenarnya dijelaskan disini masih begitu membingungkan banyak pemain. Untukku sendiri, aku baru saja menyelesaikan game ini dan jujur belum tahu pasti apa yang sebenarnya terjadi secara keseluruhan, namun aku akan coba jelaskan sedikit cerita dari game ini, apabila ada kesalahan, tak ada salahnya bagi para pembaca untuk mengoreksi.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Kamu bermain Drifter yang pada dasarnya adalah arkeolog pada game ini yang mencari teknologi menarik yang berasal dari peradaban yang telah terlupakan. Kamu mencoba untuk menemui sebuah makhluk jahat bernama Judgement dengan harapan dia bisa menyembuhkanmu dari penyakit yang kau hadapi, sayangnya tidak dan kau menyadari bahwa Judgement hanya menggunakkan kekuatan yang dia miliki untuk merusak dunia. Kini kau harus mengalahkan Judgement dan membuat dunia kembali tenang.


6. Inside

Inside dibuat oleh tim yang sama dibalik game Limbo, dan lagi-lagi mereka membawakan cerita seambigu mungkin yang membuat banyak pemain menggaruk-garuk kepala setelah menyelesaikan game ini.

Game satu ini lebih dibuat membingungkan ketimbang Limbo dan disinilah yang membuat Inside begitu menarik untuk dicari tahu misteri apa yang ada di balik game ini. Banyak teori muncul dari game yang baru saja dirilis bulan Juni kemarin ini, beberapa orang berpikir bahwa Inside menceritakan sebuah kisah metafora tentang perbudakan, diskriminasi  dan bahkan beberapa orang berpikir game ini menceritakan tentang proses terjadinya kehidupan. Tak ada yang tahu secara pasti dan inilah yang membuat saya berpikir Inside menjadi salah satu game terbaik 2016.


7. Another World

Another World, atau juga dikenal sebagai Out of This World pertama kali dirilis untuk Amiga pada 1991, namun sekarang game ini bisa kalian mainkan hampir di seluruh platform. Game ini mungkin game pertama kali yang mencoba bumbu “cinematic” untuk video game. Namun karena limitasi dari console pada saat itu, game ini terpaksa harus diceritakan hanya lewat gameplay semata dan hasilnya menakjubkan.

Game yang dikembangkan oleh Delphine Software ini menceritakan tentang seorang remaja genius yang tanpa sengaja terbawa ke dunia penuh alien setelah mesin di laboratorium terkena serangan petir. Kini remaja ini harus mencari jalan cara pulang karena seluruh alien disina terlihat ingin membunuhnya, kecuali satu yaitu tahanan yang kau panggil “Buddy”.


8.Braid

Game yang dibuat oleh Jonathan Blow ini harus kalian mainkan jika kalian pecinta game puzzle. Pada game ini kalian harus bisa memanipulasi waktu untuk menyelesaikan ratusan puzzle di game, dan yup… makin lama puzzle ini akan makin sulit.

Untuk ceritanya sendiri, Braid menyeritakannya hanya lewat puzzle dan beberapa teks yang juga tak menceritakan cerita secara langsung. Braid juga memiliki plot twist yang cukup mengejutkan di akhir game yang takkan saya bocorkan disini, namun… jika kalian penasaran, pikirkan saja Super Mario Bros. tapi kalian mainkan secara terbalik.


9. Little Nightmares 1+2

Mengambil banyak inspirasi dari game seperti Limbo dan Inside, Little Nightmares merupakan game horor dengan perspektif 2.5D dimana kamu bermain sebagai manusia kecil yang mencoba menghindar dari kumpulan raksasa yang ingin membunuhmu.

Game dipresentasikan tanpa dialog layaknya game-game diatas sebelumnya dan semakin game berlanjut, semakin terbuka misteri yang terjadi dan bahkan memberikan plot twist yang lagi-lagi dipresentasikan tanpa dialog tetapi pemain akan dibuat mengerti langsung apa yang mereka baru saja saksikan.


10. Unravel

Bermain sebagai boneka yang terbuat dari benang jahit, Unravel merupakan game platformer puzzle yang sederhana namun dengan presentasi yang menarik dan memanjakan mata.

Unravel menceritakan kisahnya yang emosional lewat lingkungan dan juga media visual lainnya dibandingkan secara verbal. Jalan cerita juga tidak dibuat secara metafor, maka kamu harus mengartikan sendiri apa yang terjadi dan apa koneksi dari Yarny yang kamu mainkan dengan karakter nenek tua yang diperlihatkan di awal game.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version