10 Game Terbaik di Dunia Menurut The Steam Awards Tahun 2021

game terbaik di dunia The Steam Awards 2021

Sepanjang tahun 2021, kita telah melewati berbagai momen-momen luar biasa dalam bermain video game. Meskipun masih dalam kondisi pandemi COVID-19, berbagai pihak industri video game terus memproduksi game-game terbaru mereka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Meskipun sulit, mereka berhasil merilis game tersebut di tahun 2021. Bahkan dari sekian banyak judul yang rilis tahun 2021 yang lalu, tidak sedikit pula game-game tersebut disebut sebagai game terbaik di dunia tahun 2021 menurut para gamer.

Platform layanan pembelian game digital resmi milik Valve, yaitu Steam, baru saja mengumumkan pemenang dalam ajang penghargaan mereka bernama The Steam Awards 2021. Ajang bergengsi tahunan dari Steam ini telah berlangsung sejak tahun 2016 yang lalu.

Dan pada tahun ini, Steam telah mengumumkan berbagai judul game terbaik tahun 2021 berdasarkan kategori mereka masing-masing. Daftar ini berdasarkan pada hasil data mereka dan game-game yang tersedia di platform Steam.

Inilah 10 game terbaik di dunia menurut The Steam Awards tahun 2021!

1. Game Terbaik di Dunia The Steam Awards 2021 – Resident Evil Village

10 Game Terbaik di Dunia Menurut The Steam Awards Tahun 2021 11

Daftar pertama yang mendapatkan penghargaan sebagai “Game of the Year” dalam ajang The Steam Awards 2021 jatuh kepada Resident Evil Village. Game buatan Capcom ini rilis pertama kali di Steam pada 7 Mei 2021.

Menurut Steam, Resident Evil Viilage hadir dengan sebuah gameplay yang dalam dan cerita yang mencekam. Selain itu, penceritaan karakter, desain game dan mode lainnya pada game ini membuat para gamer ketagihan. Mereka menyebut game Resident Evil Village sebagai pemenang yang sudah pasti masuk dalam kategori sebagai Game of the Year 2021 di The Steam Awards 2021.

2. VR Game of the Year 2021 – Cooking Simulator VR

10 Game Terbaik di Dunia Menurut The Steam Awards Tahun 2021 12

Selanjutnya ada kategori “VR Game of the Year 2021” yang dimenangkan oleh game Cooking Simulator VR. Game simulasi memasak ini tidak heran jika berhasil memenangkan kategori sebagai VR Game of the Year 2021 di Steam. Game buatan developer GameBoom VR ini sangat populer bagi gamer terlebih para pengguna Steam.

Cooking Simulator VR rilis pertama kali di Steam pada 29 Juli 2021 yang lalu. Game yang menghadirkan permainan dimana pemain bisa membuat berbagai macam masakan yang tersedia. Kalian memulainya dari mencari bahan masakan, memotong, merebus sampai menyajikan masakan kalian seperti membuatnya di dunia nyata berkat fitur VR.

Menurut Steam, game ini menghadirkan sebuah pengalaman seru dalam dunia realita buatan. Cooking Simulator VR berhasil memanfaatkan media VR dan mendorong batas-batas dunia virtual secara maksimal.

3. Labor of Love 2021 – Terraria

10 Game Terbaik di Dunia Menurut The Steam Awards Tahun 2021 13

Kemudian ada game sandbox populer yang sudah tidak asing lagi bagi para gamer, yaitu Terraria. Game buatan developer Re-Logic ini berhasil raih penghargaan sebagai “Labor of Love” di The Steam Awards 2021.

Terraria pertama kali rilis di Steam pada 17 Mei 2011. Dari awal rilis, game ini selalu mendapatkan support penuh dari developer Re-Logic dengan menghadirkan berbagai update konten terbaru untuk menambah keseruan bermain.

Menurut Steam, developer game Terraria berhasil merawat game mereka dari pertama kali rilis hingga sekarang membuat game sandbox ini tetap populer dikalangan para gamer. Ibaratkan seperti orang tua yang terus memberikan dukungan kepada bayi kecil mereka dari sejak lahir hingga tumbuh besar.

4. Better with Friends 2021 – It Takes Two

10 Game Terbaik di Dunia Menurut The Steam Awards Tahun 2021 14

Game terbaik di dunia dalam ajang penghargaan The Steam Awards 2021 selanjutnya ada game multiplayer unik dan menarik yang sudah tidak asing lagi. Apalagi kalau bukan It Takes Two. Game buatan developer Hazelight rilis pertama kali di Steam pada 26 Maret 2021. It Takes Two berhasil meraih penghargaan di The Steam Awards 2021 sebagai “Better with Friends”.

Menurut Steam, It Takes Two memberikan sebuah permainan yang tidak bisa kalian mainkan sendiri. Game ini memerlukan kerja sama dengan teman kalian sendiri atau pemain lain lewat fitur online. Kalian berdua akan bermain bersama dalam memecahkan berbagai puzzle pada game.

5. Outstanding Visual Style 2021 – Forza Horizon 5

10 Game Terbaik di Dunia Menurut The Steam Awards Tahun 2021 15

Kemudian ada kategori dengan visual yang luar biasa menurut Steam. Game dengan kategori “Outstanding Visual Style” di The Steam Awards 2021 dimenangkan oleh Forza Horizon 5. Game buatan Playground Games ini rilis pertama kali di Steam pada 9 November 2021.

Forza Horizon 5 hadir dengan map open world yang luas disertai berbagai macam mode gameplay. Tidak heran jika para pecinta game balap mobil menyukai Forza Horizon 5. Belum lagi dengan visual grafis yang sangat indah melengkapi keseruan kalian bermain.

Menurut Steam, Forza Horizon 5 hadir dengan visual style yang menarik. Game ini digambarkan dengan tampilan dan nuansa yang khas memenuhi pemandangan permainan kalian dalam game yang terlihat hampir mendekati dunia nyata.

6. Most Innovative Gameplay 2021 – Deathloop

10 Game Terbaik di Dunia Menurut The Steam Awards Tahun 2021 16

Selanjutnya ada game buatan developer Arkane Studios yang berjudul Deathloop. Game ini mendapatkan penghargaan di The Steam Awards 2021 sebagai “Most Innovative Gameplay”. Deathloop pertama kali rilis di Steam pada 14 September 2021 yang lalu. Dengan menghadirkan permainan FPS seru dan berbagai macam kemampuan unik serta menarik mengingatkan kalian pada game mereka sebelumnya, yaitu seri Dishonored.

Menurut Steam, desain pada game ini memiliki banyak kreatifitas luar biasa, memberikan perspektif baru dan banyaknya kejutan dalam bermain. Deathloop dianggap sebagai game menyenangkan, sangat inspiratif dan menghibur dengan banyaknya hal-hal baru yang belum pernah kalian mainkan sebelumnya.

7. Best Game You Suck At 2021 – Nioh 2

10 Game Terbaik di Dunia Menurut The Steam Awards Tahun 2021 17

Game terbaik di dunia dalam ajang The Steam Awards 2021 adalah kategori yang bisa membuat kalian kesal. Kategori tersebut adalah “Best Game You Suck At” atau game terbaik yang membuat kalian terlihat payah (dibaca Git Gud) jatuh kepada Nioh 2.

Game buatan developer Koei Tecmo Games ini pertama kali rilis di Steam pada 5 Februari 2021. Secara garis besar Nioh 2 atau Nioh adalah game Souls-like atau game seperti seri Dark Souls versi Jepang. Kalian akan menghadapi berbagai musuh dengan tantangan yang sulit, baik itu musuh random maupun boss.

Menurut Steam, Nioh 2 memerlukan ketekunan yang tinggi dan tidak cocok bagi kalian yang memiliki hati yang lemah. Pihak Steam menyebut Nioh 2 sebagai game penuh tantangan yang mereka sukai.

8. Best Soundtrack 2021 – Marvel’s Guardians of the Galaxy

10 Game Terbaik di Dunia Menurut The Steam Awards Tahun 2021 18

Selanjutnya ada kategori “Best Soundtrack” untuk game yang menghadirkan berbagai macam soundtrack lagu yang asyik di dengar. Kategori ini berhasil diraih oleh game buatan developer Eidos-Montreal berjudul Marvel’s Guardians of the Galaxy.

Marvel’s Guardians of the Galaxy rilis pertama kali di Steam pada 26 Oktober 2021. Game yang berdasarkan komik populer Marvel ini menghadirkan berbagai koleksi lagu terkenal musisi papan atas dunia, seperti lagu Where Eagles Dare dari Iron Maiden, Call Me dari Blondie, Don’t Fear The Reaper dari Blue Oyster Cult dan masih banyak lagi.

Menurut Steam, kelompok pahlawan tanpa tanda jasa ini perlu mendapatkan perhatian lebih berkat aransemen musik yang luar biasa, terlebih pada koleksi lagu OST-nya yang bisa pemain dengarkan.

9. Outstanding Story-Rich Game 2021 – Cyberpunk 2077

10 Game Terbaik di Dunia Menurut The Steam Awards Tahun 2021 19

Kemudian ada game yang mulai bangkit dari masa-masa keterpurukannya pada saat pertama kali rilis, yaitu Cyberpunk 2077. Game buatan developer CD Projekt Red ini berhasil meraih penghargaan sebagai “Outstanding Story-Rich Game” di The Game Awards 2021.

Game FPS open world action shooter adventure ini pertama kali rilis di Steam pada 10 Desember 2020. Meskipun mengalami awal yang sulit, CD Projekt Red berhasil memperbaiki segala macam masalah pada game Cyberpunk 2077, baik itu masalah teknis, internal maupun eksternal yang harus mereka hadapi.

Menurut Steam, nominasi ini disebut diperuntukkan pada game yang memiliki cerita naratif yang berat dan kaya penuh dengan momen dramatis layaknya sebuah drama TV. Hal ini membuat para gamer mendalami cerita tersebut yang ada pada game.

10. Sit Back and Relax 2021 – Farming Simulator 22

10 Game Terbaik di Dunia Menurut The Steam Awards Tahun 2021 20

Game terbaik di dunia dalam ajang penghargaan The Steam Awards 2021 terakhir dalam daftar ini adalah Farming Simulator 22. Game buatan developer Giants Software pertama kali rilis di Steam pada 22 November 2021 yang lalu. Farming Simulator 22 mendapatkan penghargaan sebagai “Sit Back and Relax” alias game paling santuy di tahun 2021.

Game simulasi menjadi pemilik lahan sawah ini menghadirkan banyak peningkatan dari seri game Farming Simulator sebelumnya. Selain itu banyak fitur gameplay baru yang menambah keseruan bermain.

Menurut Steam, Farming Simulator 22 sebagai obat kalian setelah selesai dengan kesibukan pekerjaan. Game ini hadir dengan relaksasi yang santai membuat semua kekhawatiran kalian menghilang.

Itulah informasi mengenai game terbaik di dunia dalam ajang penghargaan The Game Awards 2021. Apakah kalian tertarik bermain salah satu atau semua game terbaik di atas?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Terbaik, Game PC Terbaik, Steam atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version