10 Game Terbaik yang Membutuhkan Waktu SUPER LAMA untuk Diselesaikan

in , , , , , , , , , ,

Sebelum memasuki era dimana memainkan game yang tidak pernah tamat (serba online dan simulatif) menjadi kebutuhan yang sedikit lebih digandrungi, telah tersimpan banyak kesan manis yang sebenarnya bisa kamu petik di dalam satu game yang memang memiliki semacam “kodrat” untuk diselesaikan. Terutama, apabila game yang kamu mainkan tersebut sudah banyak diakui secara testimonial sebagai game yang benar-benar pantas kamu mainkan.

Selain menilai dari kualitas game yang memang bisa ditamatkan, ada kalanya bahwa kita juga ikut menaruh suatu standar demi menjamin bahwa game tersebut memiliki waktu kebersamaan yang panjang dengan kita selakusang pemain. Game-game yang kebetulan ikut menerapkan standar seperti ini tentu betul-betul terasa sangat istimewa untuk dinikmati.

Sehingga berangkat dari narasi menarik di atas, kami ingin mencoba untuk kembali mencerahkan kalian dengan kumpulan-kumpulan game berkelas mana sajakah yang betul-betul mempunyai lama kuantitas bermain yang tidak kalah sebanding dengan kualitasnya minimal dengan jaminan waktu di atas 50 jam lebih ? Tanpa berlama-lama, yuk langsung saja kita lihat:


10. The Witcher 3: Wildhunt

Developer: CD Projekt Red

Platform: PC, PS4, Xbox One, Switch

Genre: Action RPG

Tahun Perilisan: 2015

Durasi: ± 50 jam

Bukanlah sebuah rahasia lagi bila banyak gamer mengenal CD Projekt Red melalui seri game The Witcher yang satu ini. The Witcher 3: Wild Hunt adalah satu bentuk pesan kuat developer bahwa mereka sangat mencintai karya mereka beserta dengan para pemain yang memainkan game RPG tersebut.

Penggambaran dunianya yang serba indah dan luas betul-betul sangat didukung dengan seberapa awetnya dirimu untuk selalu betah bermain dalam durasi waktu minimum 51 jam. Belum ditambah dengan keberadaan konten-konten sampingannya yang bisa membuatmu perlu menamatkan The Witcher 3: Wild Hunt secara 3 digit jam (100 jam lebih).


9. Divinity: Original Sin II

Developer: Larian Studios

Platform: PC, PS4, Xbox One, Switch

Genre: CRPG

Tahun Perilisan: 2017

Durasi: ± 52 jam

Termasuk game yang ingin membangkitkan kembali pesona game RPG barat di era-era modern. Mekanisme gameplaynya yang sangat begitu kompleks beserta dengan ceritanya yang tergolong segar telah membuat Divinity: Original Sin nampak begitu istimewa di hadapan para pemain. Seri pertama maupun keduanya dikenal sama-sama menyajikan  pengalaman bermain yang betul-betul terasa panjang untuk ditamatkan.

Meski seri keduanya dikenal memiliki durasi main story yang lebih pendek (52 berbanding 60 jam), secara total Divinity Original Sin II punya kekayaan konten bermain yang lebih lengkap, sempurna, dan panjang dengan total sebanyak 90 jam waktu bermain.


8. Heroes III: Might and Magic

Developer: New World Computing, DotEmu (HD version)

Platform: PC, Android, iOS

Genre: Turn-based strategy

Tahun Perilisan: 1999

Durasi: ± 60 jam

Merupakan game turn based strategy yang sempat ikonik dan masih tetap terasa relevan untuk dimainkan hingga saat ini. Dari ketujuh serinya yang sudah rilis di pasaran, Heroes III: Might and Magic yang notabenenya adalah seri ketiga, justru merupakan satu seri terbaik lewat gameplaynya yang sangat begitu hardcore dan adiktif. Terutama ketika kamu bisa memahami betapa serunya membangun pasukan yang begitu banyak guna diadu dengan sejumlah pasukan yang dimiliki oleh para musuh.

Keadiktifan yang tertuang dari game ini juga ikut mewarnai jumlah durasi permainan yang akan kamu rasakan. Seolah betul-betul menawarkan hal yang tak kalah sebanding, menamatkan Story campaign dari Heroes III: Might and Magic membutuhkan waktu minimum 60 jam. Itu pun jika kamu betul-betul tidak kesulitan dalam menyelesaikannya karena game ini dikenal memiliki semacam “learning curve” yang cukup curam.


7. Suikoden 3

Developer: Konami

Platform: PS2, PSN

Genre: JRPG

Tahun Perilisan: 2002

Durasi: ± 61 jam

Dibalik populer dan fenomenalnya seri Suikoden 2, harus diakui bahwa seri game JRPG tersebut tidaklah sebegitu bersinar dalam menyajikan durasi yang serba awet. Sehingga sebagai game sekuel, seri Suikoden 3 justru telah lebih banyak berperan dalam menjawab tantangan. Dari segi kualitas, game ini pun sebenarnya juga sama sekali tidak dianggap inferior dibandingkan prekuelnya. Karena Suikoden 3 sendiri sukses membawakan sebuah format cerita segar dimana kamu bisa memainkan sejumlah karakter-karakter dan memilih siapa yang akan kamu jadikan sebagai sang protagonis utama. Gameplay combatnya pun juga ikut dibuat lebih dinamis lewat grafisnya yang lebih 3D,

Oleh karena pengimplementasian sistem tersebut, game ini pun akhirnya resmi didapuk sebagai game Suikoden yang memiliki cerita paling panjang untuk ditamatkan. Durasi yang harus kamu tempuh demi menamatkannya bisa mencapai 61 jam lebih.


6. Final Fantasy XII

Developer: Square Enix

Platform: PS2 (Original), PC, PS4, Xbox One, Switch (HD Remaster)

Genre: JRPG

Tahun Perilisan: 2006

Durasi: ± 65 jam

Seri Final Fantasy yang satu ini mungkin bukanlah seri yang terbaik. Namun model gameplay yang ditawarkannya boleh dibilang sangatlah begitu hardcore dibandingkan dengan seri-seri saudaranya. Dengan sedikit ingin mengkaptivasi nuansa MMO di dalamnya, Final Fantasy XII bisa jadi pilihan yang sangat begitu tepat bila kamu sedang mengincar pengalaman bermain game JRPG yang serba lama plus non linear.

Secara rata-rata, menamatkan main story dari game ini saja biasa membutuhkan waktu selama 65 jam lebih. Konten-konten opsionalnya pun juga betul-betul terasa begitu padat dan memiliki durasi 30 hingga 40 jam untuk diselesaikan.


5. Xenoblade Chronicles X

Developer: Monolith Soft

Platform: Wii U

Genre: JRPG

Tahun Perilisan: 2015

Durasi: ± 70 jam

Menjadi satu seri yang muncul ditengah-tengah Xenoblade 1 dan 2, Xenoblade Chronicles X disebut-sebut memiliki durasi gameplay yang lebih lama. Selain itu, game ini juga terlihat mengadopsi konsep setting yang lebih nampak futuristik dan sci-fi dengan cerita yang tidak kalah segarnya. Xenoblade Chronicles X sendiri bisa menawarkan waktu sekitar 70 jam lebih untuk ditamatkan (khusus main story), tergolong sedikit lebih panjang dari cerita utama Xenoblade 1 dan Xenoblade 2 yang hanya berdurasi sekitar 65 hingga 68 jam saja. Total rerataannya pun bisa mencapai 100 jam lebih untuk para pemain kasual.


4. Animal Crossing: New Leaf

Developer: Nintendo

Platform: 3DS

Genre: Social Simulation

Tahun Perilisan: 2012

Durasi: ± 87 jam

Meski gamenya tergolong santai dan menggemaskan, siapa yang menyangka bila Animal Crossing memiliki jumlah playtime yang begitu mengerikan ? Jangankan untuk seri Animal Crossing: New Leaf, hampir semua seri utamanya saja rata-rata menawarkan durasi penamatan sebanyak 70 jam (mengingat gameplaynya yang open-ended tapi tetap memiliki ending). Sedangkan seri New Leaf sendiri menjadi satu game Animal Crossing terlama yang bisa kamu tamatkan sebelum seri terbarunya yang berjudul New Horizon rilis pada tahun depan nanti.

Bukan lagi menyentuh batas 75 hingga 80 jam saja, banyak yang melaporkan bahwa game Animal Crossing terakhir sebelum Animal New Horizon rilis di tahun depan nanti ini hanya bisa ditamatkan dalam waktu sekitar 87 jam secara normal. Bisa sampai lebih dari itu bila kamu cukup santai dalam bermain.


3. Persona 5

Developer: Atlus

Platform: PS4, PS3

Genre: JRPG

Tahun Perilisan: 2016

Durasi: ± 97 jam

Banyak orang menganggap bahwa game ini adalah salah satu game JRPG terbaik sepanjang masa. Menariknya, mereka tidak salah. Dimulai dari seri Persona 3, 4, hingga yang terkini seperti 5, franchise Persona lama kelamaan betul-betul memiliki kualitas yang semakin menanjak. Pada seri Persona 5 saja, game ini menawarkan durasi waktu penamatan rata-rata sebanyak 97 jam ketika menyelesaikan Story dan belum termasuk mencari hal-hal sampingan yang lain.

Persona 3 dan 4 sendiri memang sebenarnya juga bisa dijadikan satu opsi alternatif karena juga ikut menghadirkan 50 jam lebih waktu bermain. Namun. Persona 5 seolah jelas hadir sebagai bentuk upgrade yang lebih sempurna dari kedua game tersebut.


2. Dragon Quest VII

Developer: Heartbeat, ArtePiazza

Platform: PS1, 3DS, Android, iOS

Genre: JRPG

Tahun Perilisan: 2000, 2016 (Remake)

Durasi: ± 106 jam (versi PS1)

Harus diakui, seri ketujuh dari dragon Quest bukanlah merupakan seri yang cukup populer dibandingkan dengan Dragon Quest VIII ataupun yang baru-baru ini rilis seperti XI. Dibalik resepsinya yang tidak sebaik dengan dua seri tersebut (tapi masih tetap tergolong positif), Dragon Quest VII biasa dikenal akan durasi gamenya yang sangat begitu tidak manusiawi. Sebagai game JRPG yang sangat menjunjung tinggi gaya keklasikan di dalam bermain, game ini kabarnya membutuhkan hingga 106 jam untuk diselesaikan meski hanya untuk menamatkan cerita utamanya saja.

Bahkan panjangnya cerita di dalam game tersebut sampai ingin coba dipangkas kembali dalam versi remakenya di tahun 2016 lalu (untuk platform 3DS). Dan durasinya sendiri masih tetap tergolong lama untuk ditamatkan dengan capaian angka 72 jam. Seolah nampak menandakan bahwa game ini benar-benar ditakdirkan untuk menjadi satu seri Dragon Quest dengan durasi playtime terpanjang yang harus dimainkan.

 


1. Monster Hunter Freedom Unite

Developer: Capcom

Platform: PSP, PS Vita, Android, iOS

Genre: RPG

Tahun Perilisan: 2008

Durasi: ± 140 jam

Simpan sebentar rasa antusiasmu dalam memainkan ataupun ketika sedang menantikan Monster Hunter World: Iceborne. Karena sesungguhnya, Monster Hunter Freedom Unite nampak menjadi game Monster Hunter terhardcore yang bisa memancingmu untuk bertindak “no life” mendadak. Karena gabungan durasi story dari Iceborne dan versi vanila Monster Hunter World saja masih belum dirasa cukup untuk menyaingi jumlah waktu utama yang perlu kamu sisihkan demi menamatkan game Monster Hunter Freedom Unite ini.

Karena dengan bermain secara normal, banyak yang melaporkan bila kamu butuh waktu sebanyak 140 jam lebih demi menamatkan game Monster Hunter yang dirilis di platform PSP, PS Vita, dan iOS tersebut. Dimana total jumlah berikut betul-betul sama sekali tidak bisa disusul oleh game Monster Hunter 4 Ultimate dengan catatan 82 jam dan Monster Hunter Generations Ultimate lewat capaian 80 jamnya.


Demikianlah kumpulan game-game yang menurut kami sangatlah terbaik ketika diukur dari lamanya waktu yang kalian butuhkan dalam menamatkannya. Diantara list yang telah kami berikan di atas, adakah suatu pengalaman unik yang pernah tebersit di pikiran kalian saat hendak berjuang menamatkan sebuah game dalam waktu yang terlalu lama atau sebentar ?

Sembari kalian coba untuk menjawab, jangan lupa untuk membaca list-list menarik kami lainnya beserta dengan kabar-kabar terkini seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: author@gamebrott.com