10 Game Terpopuler yang pada Tahun Ini akan Genap Berusia 1 Dekade

2008 project 2

Jika manusia lahir dengan rentang usia yang sangatlah terbatas, video game justru malah sebaliknya. Benda penghibur yang berpotensi untuk “memperbudak” jiwa kalian ini sama sekali tak memiliki batasan yang dapat mempengaruhi keberadaannya. Bahkan ia selalu dikenang dan awet untuk dimainkan sampai kapan pun kalian mau.

Usia 1 Dekade, atau bisa kita sebut sebagai 10 tahun merupakan usia yang tergolong masih kanak-kanak bagi kalian yang merasa dirinya pantas untuk dianggap sebagai manusia. Namun uniknya, usia ini bisa saja menjadi istimewa bagi sebuah video game, walau tetap saja tidak semua game yang nantinya akan menginjak usia sepersepuluh abad tersebut berhak mendapat sebuah penghormatan selayaknya kita menghormati seorang legenda.

Sebagian game yang sempat dirilis pada tahun 2008 lalu pasti ada yang terbilang “gagal” di pasaran. Sehingga untuk mencoba angkat topi pun, kita terkesan ada rasa tidak tulus dalam melakukannya. Namun, apabila khusus untuk game yang nyatanya betul-betul luar biasa, kita tak akan mungkin untuk ragu membangga-banggakan hingga menceritakannya kepada insan-insan yang sudah terlanjur lupa.

Berangkat dari permasalahan itulah, kami ingin membantu kalian dalam memberitakan kabar baik kepada adik-adik atau mungkin anakmu mengenai game-game apa sajakah yang secara tidak kalian sadari sudah susah payah berjuang selama sekitar 10 tahun dalam mengusir rasa kebosanan kita semua ?


1. Mirror’s Edge

Percaya tidak percaya, game yang satu ini datang dari salah satu developer dan publisher yang sekarang sudah dianggap sebagai “tokoh antagonis” di dalam dunia video game. Ya benar, tentu kalian ingat dengan perkataan mereka yang berbunyi “Game single player sudah mati” dimana kata-kata mutiara mereka tersebut mungkin selalu terngiang-ngiang di kepalamu belakangan ini. Walaupun begitu, bukan berarti bahwa EA maupun EA DICE selaku developer adalah orang-orang yang sangat tidak kompeten dalam membuat game-game single player.

Pada tanggal 11 November 2008, mereka telah membuat game first person adventure yang berjudul Mirror’s Edge. Game ini bisa dibilang telah berhasil mencuri perhatian banyak orang. Karena tidak hanya menghadirkan sang protagonis wanita yang cantik dan atraktif, gameplaypun seakan telah berhasil memberi sebuah dimensi baru di dunia game-game first-person. Dalam game ini, untuk pertama kalinya EA mampu memadukan unsur parkour yang sangat immersif ke dalam genre first person.

Mirror Edge sendiri menceritakan kisah tentang seorang kurir bernama Faith Connors yang ingin membersihkan nama baik adiknya, Kate yang difitnah karena dianggap telah membunuh seorang calon pejabat. Faith di sepanjang game akhirnya harus mencari banyak informasi dan petunjuk dengan menjelajah, memanjat, melompati gedung-gedung, hingga kabur dari kejaran para “satpam” melalui kemampuan parkournya. Game ini sendiri bisa kalian mainkan di konsol PS3, Xbox 360, dan pastinya PC.


2. Dead Space

Masih dari game yang dinaungi oleh EA namun dengan developer yang berbeda. Kali ini EA juga sempat merilis sebuah game single player lain yang berjudul Dead Space. Kami yakin pasti banyak di antara kalian cukup emosional dengan game bergenre survival horror yang satu ini. Dikarenakan bahwa pada tahun 2017 lalu, EA telah resmi menutup studio Visceral Games selaku kreator asli dari franchise Dead Space. Belum lagi bahwa seri game pertama dari gamenya sendiri akan resmi menginjak usianya yang kesepuluh pada tanggal 13 Oktober nanti.

Dead Space merupakan game horror third person dengan gameplay mekanik yang akan sangat mengingatkan kalian terhadap game Resident Evil 4, hanya saja lebih bersetting di luar angkasa. Di dalam game, kalian akan menghadapi berbagai mahluk alien yang dinamai sebagai Necromorph dengan beragam bentuk mutasinya yang sangat menyeramkan. Game horror sci-fi ini tergolong sukses hingga menelurkan dua sekuel yang dinamai Dead Space 2 dan Dead Space 3. Sedangkan untuk seri pertamanya, kalian bisa memainkan game “uji nyali” tersebut di konsol PS3, Xbox 360 dan PC.

https://www.youtube.com/watch?v=hMlUsGSALyY


3. Far Cry 2

Dari game-game bermuatan EA, sekarang kita beralih ke salah satu franchise game ala “rambo” bikinan Ubisoft yang sangat begitu kental akan nuansa eksplorasi open worldnya. Pada tanggal 21 Oktober 2008, franchise Far Cry untuk pertama kali telah berhasil menelurkan sekuelnya yang berjudul Far Cry 2. Bisa dibilang bahwa game ini merupakan pionir dari game-game open-world Far Cry yang selanjutnya. Bersetting di wilayah pedalaman Afrika Tengah, Far Cry 2 Kabarnya memiliki luas map yang paling besar dalam sejarah game Far Cry berdiri, yakni sebesar sebesar 50 km persegi.

Dalam game ini, kalian akan berperan sebagai seorang tentara bayaran yang terjebak ke dalam sebuah perang antar dua kelompok bersenjata di wilayah Afrika. Di sana, kalian ditugaskan untuk menumpas seorang penyelundup senjata yang menamai dirinya sebagai “The Jackal”. Rupanya keberadaan “The Jackal” inilah yang menyebabkan permusuhan antar kedua faksi tersebut semakin berkecamuk di Afrika. Melihat bahwa game ini dirilis pada tahun 2008, Far Cry 2 hanya hadir untuk konsol Ps3, Xbox 360, dan PC.


4. Left 4 Dead

Merupakan salah satu pelopor dari game first person co-op berbasis Zombie yang dibuat oleh perusahaan milik Pakde Gaben, yaitu Valve. Dirilis sejak tanggal 17 November 2008 lalu, memainkan game yang berjudul Left 4 Dead ini bersama dengan teman-temanmu adalah suatu keharusan bagi kalian. Karena berteriak-teriak minta tolong kepada temanmu ketika sedang dikerubungi dan dicampakkan oleh banyak zombie adalah esensi yang sesungguhnya ditawarkan dari game ini.

Dalam Left 4 Dead, kalian akan berperan sebagai 1 dari 4 Survivor yang masing-masing harus bekerja sama untuk kabur ke tempat yang aman dan higienis dari kumpulan para mayat-mayat berjalan tersebut. Terdapat beberapa beberapa skenario dengan setting, tema ataupun konsep yang seakan sama intensnya seperti di film-film hollywood. Game yang juga telah berhasil menelurkan sekuel (Left 4 Dead 2) tepat setelah setahun rilis ini bisa kalian mainkan secara khusus di PC dan Xbox 360.


5. Super Smash Bros Brawl

Begini-begini Nintendo juga punya satu game menarik yang sangatlah populer sebelum resmi merayakan ulang tahunnya yang ke-10 pada tanggal 31 Januari Kemarin. Game crossover gebukan-gebukan yang berjudul Super Smash Bros Brawl ini merupakan game yang pastinya tak akan mungkin terlewatkan bagi kalian yang pada saat itu sempat membeli konsol Nintendo Wii.

Game ini terkenal dalam menampilkan banyak karakter-karakter ikonik dari Nintendo mulai dari Mario, Link, Bowser, Pikachu, dan masih banyak lagi. Lalu jangan lupakan dengan kehadiran Solid Snake yang juga seakan telah sukses memancing perhatian para gamer non-nintendo untuk kepo dan mengintip seperti apa sih game yang katanya harus memental-mentalkan lawan itu ?

https://www.youtube.com/watch?v=ggqSW6MCMWk


6. Dissidia Final Fantasy

Game ini bisa jadi adalah buah dari mimpi para fans untuk melihat karakter-karakter dari franchise Final Fantasy bisa saling berjibaku ataupun bertarung satu sama lain. Hasilnya, pada tanggal 18 Desember 2008, telah lahir sebuah game fighting 1 on 1 dari konsol PSP yang menampilkan karakter ikonik dari hampir keseluruhan seri JRPG legendaris tersebut berjudul Dissidia Final Fantasy.

Selain menampilkan satu karakter protagonis dan antagonis di tiap serinya. Setiap karakter dalam Dissidia juga masing-masing memliki gameplay mekanik yang berbeda dan cenderung unik. Sehingga pastinya hal ini akan memberikanmu banyak variasi dalam bermain. Game ini sepertinya juga menjadi perintis munculnya banyak game Final Fantasy yang bersifat crossover. Game Dissidia saja sekarang sudah berhasil mengevolusikan banyak versi seperti game Dissidia NT yang biasa kalian jumpai di PS4, hingga game Dissidia Opera Omnia yang telah dirilis untuk platform Android dan Ios.


7. Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriot

Tahun 2008 juga adalah tahun dimana Hideo Kojima masih sedang mesra-mesranya dengan salah satu publisher game ternama Jepang bernama Konami. Sehingga pada saat itu pula tak ketinggalan ia sempat melanjutkan seri Metal Gear Solid 3: Snake Eater ke sebuah sekuel untuk konsol PS3 dengan judul Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriot. Game yang dirilis pada tanggal 12 Juni 2008 tersebut masih menghadirkan karakter Solid Snake sebagai sang protagonis, namun dengan raut muka yang sudah menua selayaknya seorang kakek-kakek.

Game ini sendiri bersetting 5 tahun setelah kejadian di dalam game Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty, menceritakan tentang misi Old Snake dalam menghabisi Liquid Ocelot yang pada waktu itu sedang berada di Timur Tengah. Game MGS IV masih tetap menghadirkan gameplay mekanik yang hampir sama dengan prekuelnya. Hanya saja Snake di sini juga akan dibekali oleh beberapa gadget baru, lalu juga ada fitur shop untuk membeli amunisi atau senjata, sampai ke psyche meter atau tingkat kesetresan karakter yang membuat kalian harus semakin berhati-hati dalam bermain.


8. Fallout 3

Merupakan seri franchise lawas yang sebelumnya memiliki genre sebagai game RPG isometrik. Ketika Bethesda sukses mendapat hak lisensi dari franchse Fallout, mereka secara resmi telah merombak hampir secara keseluruhan ciri khas dari franchise yang menceritakan tentang kehidupan tanah Amerika selepas perang nuklir. Sehingga game Fallout 3 yang mereka sudah rilis pada tanggal 28 Oktober 2008 lalu, hadir di tengah-tengah kita sebagai salah satu game Action RPG open world paling unik di dunia.

Yang membuat Fallout 3 terlihat unik adalah kalian tidak lagi memainkan game ini secara isometrik seperti di dalam prekuelnya. Justru kalian akan banyak bermain dalam sudut pandang first person, ataupun third person seperti yang kalian jumpai pada game-game action baku tembak. Bethesda sendiri juga berhasil menginovasikan sebuah sistem pertarungan yang memungkinkanmu untuk menghentikan waktu melalui mode VATS. Selayaknya pada game RPG, mode ini dirasa sangatlah membantu untuk menentukan mana titik-titik lemah musuh yang dapat diserang atau kalian tembak secara efektif ?

Selain itu, lore-lore di dalam game ini pun juga menyajikan segudang cerita yang sangat menarik dan menyentuh. Terutama tentang segala hal yang sudah terjadi akibat efek dari perang nuklir antara Amerika dan China pada saat itu. Sebagian juga ada yang dikemas ke dalam berbagai macam sidequest yang wajib tak boleh kalian lewatkan ketika memutuskan untuk menikmati game ini secara maksimal.

https://www.youtube.com/watch?v=O7a1GVlC9SM


9. Persona 4

Tahun 2008 memang seakan sudah menjadi detik-detik dari punahnya game-game berkualitas yang telah dirilis untuk konsol Playstation 2 akibat dari semakin derasnya arus ombak yang dibuat oleh konsol generasi selanjutnya. Walaupun begitu, rupanya ada satu game JRPG terkenal yang ibaratnya ingin berusaha menyelamatkan konsol lawas ini dari masa pemensiunan. Game dari franchise Shin Megami Tensei yang berjudul Persona 4 hadir di hadapan kita semua tepat pada tanggal 10 Juli 2008.

Persona 4 hampir memliki gameplay yang sama persis dengan prekuelnya yang berjudul Persona 3, terutama tentang aspek sosialisasi beserta dengan tema-tema anak sekolahannya. Hanya saja game ini menyajikan sebuah cerita yang lebih fresh khususnya mengenai misteri meninggalnya seseorang yang masuk ke dunia lain melalui pesawat televisi. Game yang dipublikasikan oleh Atlus tersebut juga telah berhasil mendapat sejumlah penghargaan bergengsi dan seringkali dianggap sebagai salah satu game JRPG terbaik sepanjang masa.


10. Grand Theft Auto IV

Dapat dibilang merupakan salah satu franchise sejuta umat bagi para penggemar game open world di seluruh dunia. Siapa yang tidak mengenal sebuah game dimana kalian bisa bebas melakukan segala hal yang pastinya termasuk “ilegal” di dunia nyata ? Sebelum GTA V sempat merajalela, prekuelnya pun yang berjudul Grand Theft Auto IV  juga sempat menjadi primadona yang selalu didamba-dambakan oleh para komunitas gamer AAA.

Sesungguhnya sangatlah tidak terasa bila game yang menceritakan kisah-kisah kehidupan seorang imigran di sebuah kota metropolitan ini sudah memasuki tahunnya yang kesepuluh semenjak dirilis untuk konsol PS3 dan Xbox 360 pada tanggal 29 April 2008 lalu, sedangkan versi PCnya baru mulai dirilis pada tanggal 2 Desember 2008. GTA IV juga seakan menjadi prototype lewat pertama kali diperkenalkannya Cover System yang akan membuat sesi baku tembak di dalam game menjadi terasa lebih nyata. Belum lagi ditambah dengan grafiknya yang termasuk cukup “wow” pada kala itu.


Setelah melihat list yang kami bagikan di atas. ternyata cukup banyak ya game-game terkenal yang tidak kalian sadari sudah masuk ke dalam usia yang terbilang “Spesial” ini ? Hal tersebut mungkin bisa menjadi referensi penting bagi kalian yang ingin menunjukan kepada generasi-generasi di bawahmu bila pada 10 tahun yang lalu, telah lahir sekumpulan game yang tidak sepantasnya dilupakan begitu saja.

Exit mobile version