10 Game yang Dulunya Populer Namun Sekarang Mulai Redup

in

Kita pernah mengetahui bahwa sebuah game menjadi trend atau sangat hype ketika rilis. Namun game-game tersebut lambat laun mulai ditinggalkan oleh pemainnya. Jika berbicara alasan ada banyak sekali faktor yang membuat sebuah game yang super populer bisa merosot dan ditinggal para playernya. Berikut adalah 10 Game yang Dulunya Populer Namun Sekarang Mulai Redup.


1. Pokemon Go

Bisa dikatakan Pokemon Go adalah game One Hit Wonder. Ketika baru rilis game ini menjadi perbincangan, serta game yang sangat banyak dimainkan oleh masyarakat luas. Baik itu menggunakan cheat ataupun berjalan-jalan mengelilingi Kota. Terbukti banyak sekali video tentang bagaimana orang-orang untuk mendapatkan Pokemon tertentu. Namun minim dan lambatnya update membuat game ini sepi perlahan hingga akhirnya menjadi salah satu game dengan pemain yang minim.


2. Clash Of Clans

Bisa dikatakan bahwa clash of clans adalah salah satu game pelopor di dunia mobile. Game yang sangat berfokus pada strategi namun menggunakan cooldown dengan waktu dunia nyata ini memang sangat diminati, hingga berujung pada gathering clan atau mungkin komunitas. Tetapi perlahan demi perlahan setiap orang mulai menjauhkan diri dari game ini. Terbukti dari nama-nama clan yang sempat ada di atas perlahan mulai berganti atau menghilang. Bukan karena game ini memburuk, mungkin karena playernya merasa jenuh atau fokus terhadap dunia nyata.


3. PUBG PC

PUBG PC sempat menjadi sebuah game yang paling diminati, terbukti dari jumlah pemain menurut stemchart yang sempat mencapai 3 juta pada awal tahun 2018. Namun seiring waktu yang terus berputar, lambat laun pemain dari PUBG PC mengecil, mengecil hingga mencapai 600ribu an peak setiap harinya. Jika dilihat dari angka pemain PUBG memang bisa dikatakan masih banyak, tapi hype dari PUBG PC tidak sebesar dulu. Belum lagi PUBG yang mulai ditempeli oleh cheat yang bahkan digunakan oleh pro player. Mungkin ada beberapa faktor lain yang membuat PUBG tidak lagi seperti yang dulu, seperti BUG atau munculnya game lain yang serupa.


4. Rules of Survival

Rules of Survivor bisa dikatakan game pertama dengan genre battle royale yang masuk ke dalam industri mobile game. Sempat RoS menjadi salah satu game yang paling di perbincangkan hingga mereka juga merilis untuk versi PC. Game besutan dari Net Ease ini lambat laun menghilang dari permukaan. Terbukti dari para playernya yang tiba-tiba menghilang. Mungkin faktor munculnya cheat serta tidak memilikinya konten baru, dan juga datangnya game-game baru dengan genre battle royale yang lebih menarik menjadi faktor utama game ini tidak menjadi perbicangan lagi.


5. Paladin

Meski dulu juga tidak begitu populer, namun tidak bisa dipungkiri bahwa pemain paladi dulu lebih banyak daripada yang sekarang. Menurut steamchart dulu player dari paladin bisa mencapai angka 40 ribu bahkan lebih. Namun seiring berjalannya waktu pemain Paladin semakin menyusut. Akhir-akhir ini bahkan paladin hanya bisa membawa sekitar 20ribu peak dengan rata-rata pemain sebanyak 12 ribu. Bisa dikatakan angka itu adalah separuh dari angka terbaik yang bisa dicapai oleh paladin. Mungkin faktor komunitas yang toxic menjadi  masalah utama dari game ini.


6. Underlords

Hype game autochess memang sangat tinggi, termasuk Underlords. Game milik valve ini sempat meledak dan sangat diminati ketika baru rilis. Namun menurut steam chart game ini mulai ditinggal oleh para pemainnya. Ketika baru pertama rilis Underlords berhasil mendapat pemain sekitar 70 ribu, hingga setiap bulan angka itu terus menurun, hingga yang terakhir player Underlords hanya mencapai 17 ribu. Berbeda dengan Teamfight tactic yang banyak diminati ternyata Underlords bernasib lain.


7. Get Rich

Jika mengingat sebuah mobile game yang sangat booming di masanya, pasti mengingat game yang berjudul Get Rich. di setiap tongkrongan paling tidak ada 1 orang yang memainkan game ini. Meski sangat pay to win entah kenapa game ini sangat adiktif. Namun perlahan demi perlahan game ini mulai ditinggalkan. Munculnya berbagai macam jenis Dadu serta Card yang aneh, serta rasa jenuh terhadap game ini mungkin menjadi alasan utama dari ditinggalkannya game ini. Tapi tidak bisa di pungkiri bahwa game ini sangat menjadi perbincangan di masanya.


8. AoV

Bisa dikatakan bahwa pemilik game moba di mobile dengan grafis palik epik adalah game yang satu ini. Sempat menjadi game yang banyak diperbincangkan, terutama ketika memberikan hadiah yang luar biasa banyak. Game ini mendadak ditinggalkan para playernya. terbukti dari team-team eSports, dan pro player mulai meninggalkan game ini. Beberapa pendapat mengatakan bahwa game ini tidak mengayomin player, dan eSport mereka menjadi kesalahan yang fatal, sehingga game ini banyak ditinggalkan oleh para playernya.


9. Point Blank

Siapa yang tak kenal game yang satu ini. Game yang sempat menjadi raja untuk game FPS di jamannya. Namun seiring berjalannya waktu game ini sedikit demi sedikit mulai merosot. Ada beberapa faktor yang dianggap menjadi masalah game ini, seperti cheat, ganti-ganti publisher serta kurangnya pembaruan yang menarik. Bisa dikatakan juga game ini masih populer seperti halnya PUBG, tetapi penurunan player jelas dirasakan dari waktu ke waktu. Untuk scene eSport beberapa tetua dunia eSport PB mulai berpamitan dan memilih menjadi streamer.


10. Ragnarok M: Eternal Love

Ragnarok M: Eternal Love mungkin bisa dikatakan salah satu game yang sangat meledak terutama di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu game ini sedikit demi sedikit mulai meredup. Banyak faktor yang membuat game ini semakin di tinggalkan. Lag yang tidak diperbaiki, sistem pay to win yang semakin lama tidak masuk akal ditambah dengan bug yang dimana-mana. Mereka pecinta ragnarok merasa dikecawakan dan memilih untuk berhenti. Bahkan sekarang rating pada playstore mencapai angka 2.7 dari 5 bintang, dan itu bisa dikatakan sangat buruk.


Demikian adalah 10 Game yang Dulunya Populer Namun Sekarang Mulai Redup. Meski demikian game-game tersebut masih memiliki pemain setia hanya saja tidak sebanyak dulul. Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah ada dari game tersebut masih kamu mainkan? Jika iya ataupun tidak berikan alasanmu di kolom komentar ya, semoga bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.

Avatar

Written by Jendra