10 Glitch Paling Horor yang Telah Ditemukan oleh Gamer


Follow Us

Sesering apapun game ditunda, sebanyak apapun game tester yang dimiliki, yang namanya bug dan glitch hampir tidak dapat dihindari lagi. Yang terpenting ialah seberapa buruk bug dan glitch tersebut merusak kesan imersif yang game seharusnya tawarkan kepada pemain. Terkadang glitch mengganggu kita, terkadang membuat kita tertawa terbahak-bahak, dan terkadang membuat kita merasa trauma dan berharap tidak akan bertemu glitch itu lagi.

Nulis artikel dibayar

Berikut kumpulan paling horror yang pernah ada di sejarah video game.


1. Demon Baby – The Sims 3

The Sims menjadi game yang tergolong bahagia. Ya, karaktermu bisa mati, tetapi mayoritas game masih didesain tetap family-friendly dan dapat dinikmati semua orang. Tentu saja tidak akan ada yang menyeramkan dari game yang sifatnya innocent seperti ini bukan?

Glitch bayi yang ada di The Sims 3 dan 4 menjadi salah satu glitch terpopuler yang dimiliki franchise. Banyak faktor yang sebabkan terjadinya glitch ini, tetapi yang paling sering ialah saat kustomisasi bayi tersebut di menu character creation. Apapun faktor yang menyebabkannya, bayi terlihat menyeramkan dan mirip seperti monster di film horor klasik The Thing.


2. Gore berjalan – Fallout 3 dan New Vegas

Bethesda dan glitch menjadi dua hal yang tak bisa terpisahkan. Dengan desain game mereka yang khas akan open-world, glitch hampir mustahil untuk tidak terjadi. Salah satu glitch paling horor yang Bethesda telah ciptakan ialah glitch mayat berjalan yang ada di Fallout 3 dan Fallout New Vegas.

Kita tidak bicara soal mayat yang masih punya kulit, mayat yang dimaksud adalah yang tinggal organ dalam dan isi perutnya saja. Tiap model di kedua game telah diisi organ dalam, maka apabila mereka ditembak atau disayat, ada kemungkinan bagian tubuh mereka akan putus. Glitch ini terjadi ketika salah satu NPC yang kamu bunuh hingga berkeping-keping entah bagaimana bisa hidup kembali. Karena tubuhnya dihitung telah musnah, game justru menyusun kembali orang dalamnya untuk berjalan dan hidup layaknya tidak ada apa-apa yang terjadi.

BACA JUGA  Google Siapkan Sertifikasi Gaming Untuk Ponsel Android


3. Watson – Sherlock Holmes

Ini merupakan salah satu glicth paling klasik di PC gaming hingga saat ini. Pada versi demo dari Sherlock Holmes: Nemesis, kamu bermain sebagai kedua karakter utama yaitu Holmes dan Watson. Watson yang merupakan asisten yang loyal akan selalu mengikuti kemanapun kamu berada, tetapi hal ini justru membuat pemain merasa tidak nyaman saat bermain.

Karena AI dari Watson didesain untuk terus ikuti Holmes, ini justru membuat dia selalu teleport tepat dibelakang dari arah penglihatan pemain, menciptakan nuansa horor layaknya di Slenderman ataupun SCP hanya saja tanpa suara nyaring. Untungnya masalah ini telah diperbaiki di versi full game, tetapi tak membuat internet lupa akan eksistensi glitch ini.


4. Glitch Wajah – Assassin’s Creed Unity

Saat dirilis, Assassin’s Creed Unity penuh dengan masalah teknis. Tetapi yang paling populer diantaranya adalah glitch wajah berikut ini. Kamu mungkin telah sering melihat ini sangking populernya glitch ini di internet. Perpaduan konyol dan creepy di waktu yang sama, glitch wajah ini takkan pernah dilupakan Ubisoft maupun gamer.


5. Manimals – Red Dead Redemption

Sebagus-bagusnya Red Dead Redemption sebagai game open-world berlatar western, tentu saja game tidaklah bebas dan glitch. Sepanjang perjalanan, ada kemungkinan kecil kamu akan dipertemukan dengan glitch dimana karakter NPC manusia bertingkah seperti hewan mulai dari babi liar hingga burung.

Glitch ini tidak terbatas pada manusia, tetapi juga hewan sendiri yang bertingkah layaknya manusia seperti memegang rifle dan menembakmu. Gerakan dan tingkahnya yang tidak wajar membuat fenomena ini sangat creepy ketika terjadi pada sesi bermainmu.

BACA JUGA  Youtuber Ini Tawarkan Hadiah Rp. 10 Juta untuk Buat Suatu Glitch di Game Berikut

6. Wajah sarang lebah – MBL The Show 17

Berbeda dengan glitch-glitch diatas, glitch satu ini sebenarnya tidak hadir di versi final game. Tetapi developer memutuskan untuk memperlihatkan glitch creepy ini via livestreaming  karena ingin perlihatkan perkembangan progres development dari tahap ke tahap.

Glitch sebelah kiri mungkin tidak terlalu buruk, tetapi yang sebelah kanan lumayan membuat penonton merinding. Terlihat seperti sarang lebah dan penuh lubang yang berdekatan, glitch tersebut sukses pancing tyrophobia yang melihatnya.


7. Glitch Alma – F.E.A.R. 2

F.E.A.R. merupakan game action FPS dengan elemen horor didalamnya. Mayoritas horor datang dari satu karakter yaitu Alma selalu hantui karakter utama. Alma biasanya datang mendadak dan menghilang begitu saja, namun bagaimana ketika sosok anak kecil/wanita dewasa tanpa busana ini melihat tajam dan perlahan menghampirimu? Inilah yang bisa saja terjadi di salah satu momen awal F.E.A.R. 2. Untungnya dia akan terbang dengan konyol ketika dipukul.


8. Mannequin di Honeyside – The Elder Scrolls V: Skyrim

Mannequin menjadi klise di game horor, ketika kamu hadapi mereka, kemungkinan besar akan ada semacam jumpscare atau momen dimana mereka akan tersusun secara tidak wajar. Tetapi ketika hal tersebut terjadi di game yang jauh dari genre horor, kesan creepy lebih terasa dan menghantui sesi bermain.

Ini adalah glitch yang pernah saya hadapi langsung setidaknya pada saat awal game rilis. Mannequin di game ini tampaknya rusak dan tidak pernah berada di tempat yang seharusnya mereka berada. Saya belum cek kembali game ini di versi terbaru, tetapi setiap kali kamu kunjungi area yang miliki mannequin didalamnya, ada kemungkinan besar mannequin ini akan lakukan hal yang tak wajar seperti berada di tempat yang salah seperti yang saya jelaskan atau bahkan bergerak layaknya NPC.

BACA JUGA  [VIDEO] 7 Video Game paling misterius di Dunia yang sangat mengerikan by "Creepypasta"

Beberapa pemain juga sempat mengatakan jika mereka pernah diikuti para mannequin ini di sesi bermain mereka. Saya tak tahu apakah itu glitch atau ada semacam mod yang dia pasang, namun satu hal yang pasti Mannequin di Skyrim tidak bisa dipercaya.


9. Mayat berjalan – Hitman: Blood Money

Beberapa dari kalian mungkin melihat glitch ini lucu, tetapi ada sesuatu yang creepy dari mayat berjalan di Hitman: Blood Money. Ketika kamu bunuh seseorang di game, mayat yang tergeletak di lantai punya potensi untuk bergerak dan bahkan mengikutimu. Glitch ini terjadi secara random dan tidak begitu rawan. Tetapi banyak pemain yang alami glitch ini saat mereka bermain. Yang terburuk dari glitch ini ialah sekalinya terjadi, glitch akan terus berlangsung hingga kamu ganti level atau restart level yang sedang kamu mainkan.


10. Wajah meleleh – The Witcher 3

The Witcher 3 penuh dengan landscape indah yang dapat kamu telusuri. Visual grafis yang ditawarkan patut dipacungi jempol pada game RPG dari CDPR ini. Namun tentu saja game ketiga Geralt tidak terlepas dari glitch. Yang paling creepy mungkin yang satu ini dimana wajah tiap karakter seakan meleleh dan semua bagian wajah mereka berada di pojok bawah.

Ini bukan kali pertama glitch ini terjadi. Glitch yang sama juga dapat ditemukan di The Witcher pertama. Tampaknya ini memang menjadi masalah dari engine yang digunakan oleh CDPR dalam kembangkan game ini.



Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item