10 Hal yang Dapat Terjadi Ketika Seorang Pelajar Kecanduan Bermain Game


Belajar merupakan kewajiban utama bagi setiap pelajar. Mereka dituntut untuk memahami seluruh materi pelajaran yang diberikan di sekolah. Bahkan, setelah seharian belajar, sering kali mereka juga harus mengikuti les tambahan di luar sekolah dan masih dibebani dengan tugas yang menanti untuk diselesaikan.

Situasi belajar yang seperti itu lama-kelamaan tentu akan membuat para pelajar merasa jenuh. Sehingga, mereka memerlukan hiburan untuk sekedar menyegarkan pikiran. Salah satu alternatif yang sering menjadi pilihan dikala jenuh adalah bermain game.

Bermain game kerap menjadi pilihan karena selain mudah dilakukan, game juga dapat memanjakan pemainnya dengan tantangan-tantangan yang diberikan. Sehingga, mereka akan tergoda untuk terus bermain. Bahkan, tak jarang menyebabkan kecanduan.

Bagi seorang pelajar, kecanduan bermain game tentu bukanlah hal yang baik. Banyak efek negatif yang akan terjadi akibat hal tersebut. Kira-kira, apa sajakah akibatnya? Simak di bawah ini.

1. Mengacaukan Jadwal Belajar

Terlalu asyik bermain game dapat membuat seseorang lupa akan segala hal. Ketika bermain, rasanya seakan-akan tidak ada hal lain yang lebih penting. Sehingga, orang yang sudah bermain game akan cenderung untuk melanjutkan dan susah berhenti. Ditambah lagi dengan iming-iming bonus ingame yang akan diberikan jika mampu melangkah lebih jauh. Ini tentu tidak baik bagi seorang pelajar, karena jadwal belajar mereka dapat menjadi kacau.


2. Kurang Tidur

Selain lupa waktu, terlalu banyak bermain game juga menyebabkan seseorang kurang tidur. Seperti yang telah disebutkan di atas, seseorang yang terlalu asyik bermain game akan cenderung untuk terus melanjutkan dan tidak mau berhenti. Tak terkecuali ketika jam tidur. Banyak orang memaksakan diri terus bermain demi mengejar rank meskipun seharusnya mereka sudah tidur.


3. Kelelahan

Akibat lainnya yang juga dapat terjadi adalah kelelahan. Hal ini tentu tidak baik bagi seorang pelajar, karena mereka tidak akan memiliki cukup energi untuk memahami materi pelajaran yang diberikan. Padahal, seperti yang kita ketahui, setiap materi akan lebih mudah dicerna apabila kita sedang berada pada kondisi yang fit. Ketika sedang kelelahan, konsentrasi pasti menurun. Sehingga, akan mengalami kesulitan dalam memahami materi.


4. Terlambat Ke Sekolah

Bermain game sampai larut malam serta kelelahan tentu akan membuat seseorang memerlukan waktu lebih lama untuk beristirahat. Terkadang, karena tidur terlalu malam, seseorang akan bangun kesiangan. Tidak menjadi masalah jika memang hari berikutnya libur. Tetapi, lain cerita jika keesokan harinya bukan tanggal merah, bisa-bisa terlambat ke sekolah.


5. Bolos Sekolah

Apabila sudah berada pada kondisi yang parah, tak jarang banyak pelajar yang lebih memilih bermain game daripada pergi ke sekolah. Mereka mengabaikan kewajibannya untuk belajar demi mencari kesenangan yang sifatnya hanya sementara saja. Meskipun tidak pasti, hal semacam ini tentu mengancam masa depan mereka.


6. Terlalu Banyak Menghabiskan Waktu di Warnet