10 Hal yang Hanya Fans Call of Duty Tahu Sakitnya

in

Call of Duty, semua orang pasti pernah mencicipinya. Ya, seenggaknya yang bajakan. Atau mungkin kalo beruntung bisa beli ya main ori dengan multiplayernya. Setiap tahun franchise ini terus berubah dengan ide aneh-aneh dan nyeleneh setelah Lelah dengan tema perang yang begitu-begitu aja. Tapi bagi mereka yang sudah nyobain multiplayernya akan tahu seberapa emosi dan sakit hatinya kamu dengan tingkah player lain atau mungkin kamu sendiri yang teledor. Terkadang, hal tersebut juga ada di mode singleplayernya. Bikin kamu sakit hati sekaligus gregetan dan pengen nonjok monitormu tapi ngga jadi, karena sadar kalo kamu butuh nabung 10 bulan buat membelinya. Tentunya ini hanya dirasakan oleh fans sejatinya yang membeli gamenya karena juga bisa menikmati mode multiplayernya yang terkenal cepat. Lalu apa saja halnya? Berikut 10 Hal yang hanya fans Call of Duty tahu sakitnya.

10. Care Package Dicuri Player Lain


Kalo katamu ngebajak game itu ga bikin sakit hati para developernya, maka mungkin kamu perlu belajar dari susahnya dapet Care Package di multiplayer Call of Duty. Biasanya Care Package bakal kasih kamu random kill/scorestreak rewards. Ia hanya tersedia di beberapa serinya, tapi paling jelas diawali di Modern Warfare 2. Untuk mendapatkannya maka kamu butuh ngekill kisaran 3-4 musuh tanpa mati sekalipun. Susah lho ngekill 3-4 musuh tanpa mati karena rotasinya random dan semuanya cepat. Begitu dapet, dropnya gacha, tapi cuman kamu yang tau. Player lain ngga bakal tau isinya. Yang bikin sakit tuh kalo isinya ternyata kill/scorestreak pesawat yang bisa ngekill semua musuh di map tapi pada akhirnya malah dicolong player lain. Musuh juga bisa nyolong Care Package lho, jadi hati-hati aja. Tapi ya tetep, sakitnya cuman kamu yang paham.

9. Lupa dengan Martyrdom


Main Call of Duty buat asal kill emang seru banget, apalagi pace permainannya cepet banget. Tapi kamu harus tau bahwa di seri Modern Warfare 1, 2, 3, dan World at War ada perk (Modern Warfare 1 & World at War) dan deathstreak (Modern Warfare 2 dan 3) bernama Martyrdom. Martyrdom merupakan perk/deathstreak yang mungkinkan musuhmu menjatuhkan granat yang siap meledak kapan saja saat dibunuh. Jadi kalo kamu suka ngekill terus masang perk Scavenger (nambah peluru di setiap mayat musuh yang dilewati) buat nambahin peluru, maka ngga jarang kalo musuh pake Martyrdom kamu akan sakit hati. Jadi begitu kamu merasa sok, “Haha gw jago nih, mampus kalian semua” sambal ngebantai musuh, selalu ingat bahwa ancaman Martyrdom akan tetap ada. Bye-bye.

8. Sendirian Capture Point

Kecepatan permainan multiplayer Call of Duty selalu menjadi patokan untuk player buat ngekill banyak musuh, apapun modenya. Bahkan di Capture the Flag maupun Domination sekalipun. Kamu yang cuman menjadi satu-satunya player yang peduli capture point buat menang akan sering merasakan betapa susahnya berjuang sendirian untuk capture. Di sisi lain temen-temenmu justru foya-foya pesta kill. Emang sih saat ada banyak orang bahagia, pasti ada orang lain yang harus berjuang keras.

7. Musuh Respawn di Belakangmu


Multiplayer Call of Duty terkenal dengan respawnnya yang broken. Kalo kamu banyak yang maju, maka besar kemungkinan musuh bisa respawn di belakangmu. Sebenernya ngga begitu broken sih kalo tau dasarnya. Karena gamenya akan deteksi sebanyak mana musuh ada di tempat respawn dasarmu. Jadi misalnya banyak banget musuh dari poin B lari ke poin A dan sisa musuh di poin A abis, maka mereka akan respawn di poin A atau sebaliknya. Terus teman mereka yang masih di poin B gimana? Jadi bulan-bulanan musuh lah orang poin B giliran jadi tempat respawn musuh.

6. Pengen 360 No Scope Tapi Gagal

Pengennya sih kayak gini
Tapi jadi kayak gini

360 No Scope adalah gerakan melompat dan muter kayak gasing terus nembak pake sniper dan dapet kill 1. Perlu latihan dan keberuntungan tingkat dewa biar bisa kayak gini. Gagal melakukannya? Yang ada kamu akan jadi bulan-bulanan musuhmu.

5. Quickscope Kalah Cepat


Beda sama game shooter macem Point Blank dan sejenisnya, Call of Duty selalu punya cara bermain uniknya masing-masing. Setelah sebelumnya ada trik yang namanya 360 no-scope, kali ini ada yang namanya quickscope. Kalo di PB biasanya pake kombinasi tombol Q-Q untuk melakukannya dengan mengganti senjata. Bedanya dari PB, Call of Duty ngga perlu ganti senjata. Quickscope di game ini sangat tergantung sama akurasi, kecepatan, dan kombinasi perk. Semakin banyak perk yang mungkinkanmu percepat quickscope, maka semakin cepat pula karaktermu melakukannya. Ia bisa dilakukan jarak jauh hingga jarak dekat. Jadi ibaratkan Hanzo pake sniper Widowmaker full-charge yang kena badan langsung mati namun dengan kecepatan charging 5-10 kali lipat. Kalah cepet? Sakit tak berdarah.

4. Ga Jadi Dapat Kill/Scorestreak Rewards


Ini bikin sakit hati emang. Saat kamu lagi seneng-senengnya abis ini dapet helicopter buat ngekill banyak musuh atau Nuke/MOAB untuk memenangkan pertandingan langsung, eh musuhnya mengendap-endap di belakang lagi camping ngincer kamu. Lebih sakit hatinya lagi tinggal 1 kill lagi kamu bisa mendapatkan hadiah yang kamu inginkan. Kayak temenan sama cewek udah nempel banget kayak perangko, tapi waktu nembak ternyata hode.

3. Noob Tube

Noob Tube adalah istilah bagi player yang sering menggunakan grenade launcher di setiap senapannya. Kenapa disebut seperti itu (tube), karena grenade launcher bentuknya seperti sebuah pipa. Noob Tuber merupakan makhluk laknat yang kalo udah nyerah gabisa ngekill manfaatin grenade launcher dan langsung insta-kill musuh-musuhmu. Mereka biasanya adalah orang yang hobi banget ngetroll dengan ngeledakin orang lain. Semacem Deidara gitu lah, “seni adalah ledakan”. Padahal tahu sendiri buat ngehindarin tembakan player Call of Duty termasuk sulit jika kamu belum pengalaman meski kadang random juga nembaknya. Eh begitu kita lari untuk isi peluru musuh pake senjata andalannya.

2. Dibunuh Musuh Pake Pisau Terus-Menerus


Ini adalah hal teraneh yang pernah saya temukan saat memainkan multiplayer Call of Duty untuk pertamakalinya. Karena pisau bisa membunuh dengan sekali serang, sementara senapan perlu berkali-kali tembakan. Buatnya menjadi senjata paling overpower di sini. Padahal, pisau ada untuk keadaan genting aja. Misalnya udah deket eh gabisa masuk jarak tembak, pisau aja. Tapi ada lho orang yang selama sepanjang permainan cuman pake pisau. Pecundangi orang-orang yang sudah level tinggi dengan senjata kerennya hanya menggunakan sekali bacokan. Apa lagi kalo dia bisa dapet pesawat AC130 cuman gara-gara pisau doang. Sakit hati banget ngga sih?

1. Anjing


Selaw, ini bukan ngegas tapi beneran binatangnya bernama anjing. Oke, yang akan dijelasin di sini ngga ada yang berhubungan sama multiplayernya sama sekali, meskipun anjing ada di seri Ghosts sebagai scorestreak rewards. Anjing merupakan salah satu musuh di single player seri Modern Warfare yang sangat menjengkelkan. Ia bisa bikin sakit hati kalo ngga tau cara menanganinya dengan tepat dan cepat. Kenapa? Karena gigitannya bisa mengantar jiwamu langsung ke nirwana. Gesit dan random menjadi ciri khas binatang yang satu ini dalam setiap misi. Ketika kamu lagi konsentrasi membunuh musuh manusia, bisa-bisanya mereka bisa menyelinap dan menerkammu dari belakang. Salah pencet tombol? Bye-bye!


Itulah 10 hal yang hanya fans Call of Duty tahu sakitnya versi Gamebrott. Apakah kamu punya hal lain yang bikin sakit hati saat memainkan multiplayer maupun singleplayernya? Seperti biasa, tolong cantumin ya ke kolom komentar di bawah!

Ingin baca artikel kayak gini lagi? Cukup kunjungin G|List untuk tahu hal unik dan informatif menarik lain dari industri video game.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Hailing from East Java, Indonesia. Akbar plays almost all video game genres except horror games, but still trying to play it. A simple man who specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]