10 Hal yang Penggemar Harvest Moon Tahu Sakitnya


Add Friend

Terkadang kamu tak perlu gameplay action dan quest banyak untuk membuat game yang bikin ketagihan dan Harvest Moon menjadi bukti nyatanya. Bermodalkan gameplay bertani dan interaksi dengan NPC, game satu ini bisa jadi game yang bikin kamu lupa kalau kamu belum makan, minum dan buang air seharian penuh. Meskipun gameplay terlihat relaxing dan tak butuh membuatmu tegang, selalu ada saja hal yang membuat gamer kesal dengan game tersebut.

Dengan Harvest Moon baru baru saja diumumkan untuk PS4, PC dan Switch, mungkin sekarang saat yang tepat untuk bernostalgia kembali dengan game dengan mengenang kembali hal-hal yang bikin kamu berkata “kampret”. Berikut adalah 10 hal yang penggemar Harvest Moon tahu sakitnya.


10. Berharap hujan, tapi selalu cerah

Jika bicara soal hujan di video game yang memang memberikan efek positif, hal pertama yang saya pikirkan adalah di Harvest Moon. Dengan semakin banyak tanaman yang kamu tanam, maka semakin banyak juga yang harus kamu sirami. Belum lagi dengan hewan ternak yang juga harus diurus setiap harinya, kamu semakin berharap akan hujan besoknya agar bebanmu berkurang satu. Tapi RNGod seakan mengangkat jari tengahnya kepadamu via berita yang mengatakan “hari ini cerah dan indah”.

BACA JUGA  15 Kebiasaan Aneh yang Pernah Kamu Lakukan di Game [Part 2]

9. Tak sengaja menyabit tanaman yang mau disiram air

Kebunmu perlu disirami setiap harinya agar bisa tumbuh, tapi selalu ada saja rumput liar yang tumbuh dan harus disingkirkan dengan sabit. Setelah semua rumput liar musnah, kamu kembali ke tugas utamamu yaitu menyirami tanamanmu biar tumbuh. Kamu lupa untuk ganti alat yang dipegang dari sabit ke alat penyirammu, alhasil kamu tak sengaja mencabut tanaman kesayanganmu dengan sabit. Berhari-hari penantian tanaman tersebut panen musnah karena lupa.

BACA JUGA  15 Kebiasaan Aneh yang Pernah Kamu Lakukan di Game [Part 2]

8. Tak sengaja makan/buang item yang seharusnya dikasih ke karakter

Hari ini hari ulang tahun istrimu, kamu membuat masakan dengan bahan paling rumit untuk dicari agar spesial. Saat sudah jadi dan kamu ingin memberikannya, kamu tak sengaja malah memakan sendiri item tersebut atau membuangnya ke tanah. Sisi baiknya kamu tidak perlu khawatir dia suka hadiahnya atau tidak, sisi buruknya kamu dimarahi karena lupa ulang tahunnya.


7. Karakter sudah ngos-ngosan saat baru berkerja beberapa menit

Early game dari Harvest Moon mungkin jadi saat paling menyebalkan untuk pemain yang tak sabaran. Kebunmu berantakkan diisi oleh batu, rantai, dan rumput liar yang harus kamu urus agar bisa terus menanam lebih banyak bibit. Menghancurkan satu persatu batu dan teman-teman ini akan banyak makan stamina sampai-sampai saat baru masih pagi staminamu sudah habis duluan.

BACA JUGA  15 Kebiasaan Aneh yang Pernah Kamu Lakukan di Game [Part 2]

Mungkin bukanlah sebuah masalah besar karena kamu bisa selalu kembalikan lagi staminamu lewat berbagai cara. Tapi membuang waktu untuk kembalikan stamina tersebut hanya untuk ngos-ngosan lagi beberapa jam kemudian harus diakui sangat menyebalkan.


6. Load save berkali-kali saat hari festival, masih saja kalah

Harvest Moon diisi dengan banyak hari spesial yang akan dirayakan oleh warga desa, beberapa darinya adalah festival lomba yang beberapa memang perlu skill, beberapa lebih bermodalkan keberuntungan khususnya saat masih early game.

Beberapa pemain terkadang begitu menginginkan kemenangan lomba ini agar hasil ternak kualitas emas ataupun sekedar agar bisa dapatkan bonus affection dari masyarakat desa sampai-sampai dia load save file berkali-kali sampai menang hanya untuk terus kalah sampai dia capek sendiri dan ikhlas untuk mencobanya tahun depan saja.

Page 1 | Page 2