10 Hal yang Penggemar Harvest Moon Tahu Sakitnya

harvest moon pepe 1

Terkadang kamu tak perlu gameplay action dan quest banyak untuk membuat game yang bikin ketagihan dan Harvest Moon menjadi bukti nyatanya. Bermodalkan gameplay bertani dan interaksi dengan NPC, game satu ini bisa jadi game yang bikin kamu lupa kalau kamu belum makan, minum dan buang air seharian penuh. Meskipun gameplay terlihat relaxing dan tak butuh membuatmu tegang, selalu ada saja hal yang membuat gamer kesal dengan game tersebut.

Dengan Harvest Moon baru baru saja diumumkan untuk PS4, PC dan Switch, mungkin sekarang saat yang tepat untuk bernostalgia kembali dengan game dengan mengenang kembali hal-hal yang bikin kamu berkata “kampret”. Berikut adalah 10 hal yang penggemar Harvest Moon tahu sakitnya.


10. Berharap hujan, tapi selalu cerah

Jika bicara soal hujan di video game yang memang memberikan efek positif, hal pertama yang saya pikirkan adalah di Harvest Moon. Dengan semakin banyak tanaman yang kamu tanam, maka semakin banyak juga yang harus kamu sirami. Belum lagi dengan hewan ternak yang juga harus diurus setiap harinya, kamu semakin berharap akan hujan besoknya agar bebanmu berkurang satu. Tapi RNGod seakan mengangkat jari tengahnya kepadamu via berita yang mengatakan “hari ini cerah dan indah”.


9. Tak sengaja menyabit tanaman yang mau disiram air

Kebunmu perlu disirami setiap harinya agar bisa tumbuh, tapi selalu ada saja rumput liar yang tumbuh dan harus disingkirkan dengan sabit. Setelah semua rumput liar musnah, kamu kembali ke tugas utamamu yaitu menyirami tanamanmu biar tumbuh. Kamu lupa untuk ganti alat yang dipegang dari sabit ke alat penyirammu, alhasil kamu tak sengaja mencabut tanaman kesayanganmu dengan sabit. Berhari-hari penantian tanaman tersebut panen musnah karena lupa.


8. Tak sengaja makan/buang item yang seharusnya dikasih ke karakter

Hari ini hari ulang tahun istrimu, kamu membuat masakan dengan bahan paling rumit untuk dicari agar spesial. Saat sudah jadi dan kamu ingin memberikannya, kamu tak sengaja malah memakan sendiri item tersebut atau membuangnya ke tanah. Sisi baiknya kamu tidak perlu khawatir dia suka hadiahnya atau tidak, sisi buruknya kamu dimarahi karena lupa ulang tahunnya.


7. Karakter sudah ngos-ngosan saat baru berkerja beberapa menit

Early game dari Harvest Moon mungkin jadi saat paling menyebalkan untuk pemain yang tak sabaran. Kebunmu berantakkan diisi oleh batu, rantai, dan rumput liar yang harus kamu urus agar bisa terus menanam lebih banyak bibit. Menghancurkan satu persatu batu dan teman-teman ini akan banyak makan stamina sampai-sampai saat baru masih pagi staminamu sudah habis duluan.

Mungkin bukanlah sebuah masalah besar karena kamu bisa selalu kembalikan lagi staminamu lewat berbagai cara. Tapi membuang waktu untuk kembalikan stamina tersebut hanya untuk ngos-ngosan lagi beberapa jam kemudian harus diakui sangat menyebalkan.


6. Load save berkali-kali saat hari festival, masih saja kalah

Harvest Moon diisi dengan banyak hari spesial yang akan dirayakan oleh warga desa, beberapa darinya adalah festival lomba yang beberapa memang perlu skill, beberapa lebih bermodalkan keberuntungan khususnya saat masih early game.

Beberapa pemain terkadang begitu menginginkan kemenangan lomba ini agar hasil ternak kualitas emas ataupun sekedar agar bisa dapatkan bonus affection dari masyarakat desa sampai-sampai dia load save file berkali-kali sampai menang hanya untuk terus kalah sampai dia capek sendiri dan ikhlas untuk mencobanya tahun depan saja.

Page 1 | Page 2


5. Barang yang mau dijual tidak terlempar ke sasaran (harvest bin)

Kita semua mungkin sudah pernah setidaknya satu kali gagal melempar barang yang mau dijual mau itu dalam bentuk hasil panen ataupun barang yang ditemukan di hutan ke sasarannya yaitu harvest bin. Alhasil barang tersebut terbuang sia-sia. Lebih kesalnya lagi jika barang tersebut ternyata adalah hasil panen yang punya harga tinggi dan lama tumbuh yang lama.


4. RIP rumah kaca

Badai pasti berlalu, tapi sakitnya terkadang tidak. Saat badai terjadi, kamu hanya bisa tidur manis kembali dengan harapan kamu diberkati oleh RNGod agar rumah kaca yang kamu buat susah payah tidak hancur kebesokan harinya. Lebih sakitnya lagi jika rumah kaca tersebut diisi tanaman yang bakal panen sebentar lagi.


3. Upgrade peralatan selama 3 hari, tapi 3 hari selanjutnya tokonya tutup

Layaknya dunia nyata, penjaga toko juga ingin libur. Tapi jika pesananmu itu ternyata selesai pas di hari dia libur, f*ck you, tunggu 24 jam besok, gak bisa dinegoisasi lagi. Entah apakah hal tersebut membuat game ini makin relevan dengan dunia nyata sekarang atau tidak.


2. Mancing tak pernah beruntung

Memancing mungkin menjadi aktifitas di game ini yang benar-benar 100% bermodalkan keberuntungan. Saya tidak tahu apakah ada trik tertentu untuk memancing di game ini. Saya sampai sekarang hanya asumsi semuanya tergantung dengan apakah kamu cukup beruntung untuk dapatkan ikan, atau cukup beruntung untuk dapatkan tulangnya saja.


1. Sudah terlalu sukses, kehabisan hal untuk dilakukan

Sebagus apapun sebuah game, akan ada satu fase akhir yaitu “fase bosan”. Harvest Moon mungkin miliki banyak konten untuk game lama, tetapi semakin lama kamu mainkan game ini, semakin kamu sukses, maka semakin habis juga hal yang ingin kamu lakukan karena semuanya sudah tercapai. Kamu antara berpindah ke game yang lain atau mengulang dari awal kembali, untuk kebanyakan gamer mungkin opsi pertama jadi yang pertama yang mereka lakukan. Setidaknya kenangan dari game ini akan terus terkenang selama bertahun-tahun nantinya.


Apakah ada hal lain yang bikin kamu ngamok tiap kali memainkan game ini? Sebutkan di komen!

Exit mobile version