10 Hal yang Wajib Diperhatikan Gamer Selama Perjalanan Liburan


Follow Us

Musim liburan telah tiba, dan beberapa dari kita pastinya telah memiliki rencana untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat. Entah itu berlibur melarikan diri dari rutinitas yang sudah menguras tenaga dan pikiran, sekedar menghabiskan waktu liburan bersama teman-temanmu, atau bahkan pulang kampung untuk menemui orang tua atau sanak saudara. Setiap orang tentunya punya misi mereka sendiri-sendiri ketika liburan ini, namun tentunya kita semua memiliki kesamaan dimana nantinya selama perjalanan ataupun liburan kita akan tetap bermain game, entah sejenak ataupun lama untuk mengisi waktu.

Nulis artikel dibayar

Ketika biasanya kamu bermain game pada kondisi yang ideal, maka tentunya hal itu berubah ketika kamu tengah berlibur atau dalam perjalanan. Entah kondisi internal dan tentunya eksternal yang sudah berbeda dari biasanya. Kamu tentunya harus memperhatikan beberapa poin agar kegiatan gaming-mu nanti tidak terganggu selama kamu liburan. Dan untuk membantu kalian kami telah mendaftar 10 Hal yang wajib diperhatikan selama kalian liburan nanti:


1. Siapkan Persenjataan yang Tepat

Bila kamu biasanya nyaman bermain dengan PC, laptop, ataupun konsol. Maka sebaiknya kamu mulai bertransisi ke arah mobile atau handled console yang tentunya lebih ringkas dan mudah digunakan ketika kamu sedang berlibur di luar rumah. Laptop mungkin masih bisa dibawa tapi tetap saja kamu tidak akan dapat memainkannya secara fleksibel. Kamu bisa mulai mempersiapkan smartphone atau handled console seperti Nintendo Switch, PSP, Nintendo Ds, dll milikmu dengan game-game yang sekiranya bisa mengisi waktumu ketika perjalanan liburan nantinya.


2. Jangan Lupakan Perlengkapan Penting

Mayoritas gamer yang akan pergi liburan terkadang terlalu fokus dengan tetek-bengek liburan hingga terkadang melupakan hal-hal yang ternyata malah penting ketika nantinya mereka sudah terlanjur pergi. Perlengkapan penting yang dimaksud ini tentunya barang-barang yang harus kamu bawa supaya tetap terus bermain game ketika liburan. Beberapa perlengkapan penting tersebut antara lain:

  • Charger : Jangan sampai kamu lupa untuk membawa barang yang paling penting untuk kelangsungan hidup smartphone atau handled consolemu itu selama liburan. Bila tidak kamu tentunya harus pusing mencari, meminjam, atau bahkan membeli charger lain untuk menghidupi smartphone dan gadgetmu. Nilai plus lainnya adalah kabel chargermu bisa digunakan sebagai kabel transfer antara smartphonemu ke PC atau laptop selama di perjalanan.
  • Headset atau earphone: Bermain game tentunya akan berkurang keasikannya ketika kamu hanya melihat gambar bergerak tanpa ada suara pendukung. Disinilah mengapa sebaiknya kamu membawa headset karena kamu bisa menikmati gamemu seperti biasa tanpa takut mengganggu orang-orang di sampingmu
  • Power Bank : Akan menjadi nyawa penolong terutama bagi mereka yang memiliki smartphone dengan baterai berukuran kecil, atau boros baterai. Tentunya dengan power bank kamu bisa memberi nyawa tambahan bagi smartphone dan gadgetmu selama perjalanan dan menyelamatkan sesi gamingmu untuk beberapa waktu kedepannya.

3. Lengkapi dengan Amunisi Tambahan

Mengingat bahwa kamu nantinya akan melakukan perjalanan dimana kondisi lapangannya akan sangat berbeda dari apa yang biasanya kamu nikmati ketika bermain game. Ada baiknya kamu membawa beberapa amunisi tambahan untuk menunjang keamanan ketika kamu bermain game selama perjalanan liburanmu. Ada beberapa barang yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibawa sebagai penunjang dari poin sebelumnya, antara lain:

  • Stop kontak portabel: Kamu kemungkinan akan menghadapi kondisi yang tidak kamu duga di tempat liburanmu nanti. Entah jarak stop kontak yang jauh, jumlah ketersediaan stop kontak yang terbatas, dan lain sebagainya sehingga ada baiknya kamu membawa stop kontak portabel sendiri untuk mempermudahmu.
  • Universal adaptor: Bila kamu melakukan perjalan jauh, bahkan keluar negeri maka ada baiknya kamu membekali dirimu dengan barang yang satu ini. Dikarenakan beberapa wilayah menggunakan tipe stekker yang berbeda-beda, maka tentu akan mempermudahmu bila kamu sudah tidak perlu dipusingkan dengan lubang power outlet yang ternyata berbeda dari stekker chargermu.
  • Waterproof case: Cuaca tentunya tidak ada yang menduga, apalagi bila kamu akan berlibur ketika musim penghujan dimana hujan bisa sewaktu-waktu datang. Atau mungkin kamu akan berlibur ke tempat yang banyak air seperti di pantai atau danau. Bila iya maka mungkin ada baiknya kamu melengkapi smartphone atau gadget tercintamu dengan waterproof case agar lebih terlindungi dari air.

4. Berikan Buff Proteksi Kepadamu

Seperti halnya video game, ketika kamu melakukan perjalanan meskipun hanya untuk liburan tidak menutup kemungkinan bahwa ada potensi ancaman dari luar terhadap barang-barang yang kamu miliki. Apalagi untuk barang yang akan sering terlihat seperti smartphonemu. Tentunya kamu bisa memberikan proteksi tambahan untuk barang-barang lainnya agar tidak mencolok dengan memiliki sebuah tas kecil yang akan selalu berada di dekatmu. Nantinya kamu bisa menyimpan barang-barang pentingmu seperti handphone, ear phone, power bank, dll dengan aman dan tetap bisa kamu awasi. Bila perlu tambahkan gembok kecil untuk tasmu tersebut agar tidak mudah dibuka.


5. Top-up Selama Perjalanan

Selama liburan perjalanan kamu tentunya sudah disibukkan dengan beragam agenda dan acara yang akan kamu lakukan. Dan jangan sampai keasikanmu itu terganggu oleh masalah-masalah seperti pulsa habis. Ada baiknya sebelum perjalanan kamu telah mengisi ulang pulsamu, atau bila kamu mau kamu bisa membeli paket internet sebelum berangkat untuk mengcover seluruh perjalananmu, sehingga kamu bisa tenang dan masih bisa tetap terhubung selama kamu bermain di perjalanan.


6. Pertimbangkan Pilihan Game-mu

Jangan remehkan pilihan game yang kamu mainkan selama perjalanan liburan. Gak lucu kan kalau liburan yang harusnya menyenangkan malah berakhir bad mood gara-gara kalah beruntun ketika push rank di ML atau AOV? Atau baterai smartphonemu yang jadi cepat terkuras hanya dalam beberapa jam. Bila memang kamu nantinya akan melakukan perjalanan yang agak jauh dan lama, maka sesuaikan game yang kamu mainkan ke game-game yang tidak terlalu menguras baterai seperti game-game offline dan game-game ringan yang menyenangkan yang bisa kamu mainkan untuk mengisi waktu perjalananmu tanpa harus mengorbankan banyak dari persentase bateraimu.


7. Sesuaikan Kondisi Lingkunganmu

Perlu diingat bahwa ketika dalam perjalanan liburan kamu sudah tidak berada di zona nyamanmu. Kamu harus menyadari bagaimana lingkungan sekitarmu ketika kamu bermain. Entah kamu berpergian bersama keluarga, teman, ataupun sendirian. Usahakan untuk tidak bersikap berlebihan atau bahkan hingga mengganggu orang-orang di sekitarmu. Membawa headset atau earphone tentunya akan sangat berguna karena kamu bisa menikmati gamemu secara maksimal tanpa harus mengganggu lingkungan di sekitarmu.


8. Batasi Penggunaannya

Bermain game pastinya membuat semua orang lupa waktu. Apalagi bila sudah terhanyut kedalam permainan dan memang tidak ada hiburan instan lain selama perjalanan liburanmu. Bisa-bisa seluruh daya baterai yang kamu miliki di handphone atau gadgetmmu terkuras seluruhnya hanya untuk bermain game. Padahal barang tersebut, terutama handphonemu yang sebetulnya memiliki fungsi lain selain bermain game. Masih ada fitur-fitur yang bahkan krusial yang seharusnya kamu dapat pergunakan semisal menelpon, mengirim pesan atau chat di kondisi-kondisi yang tidak terduga selama liburan, mengakses GPS, memesan kendaraan online, dll. Maka dari itu, lebih baik batasi penggunaan handphonemu sebagai bentuk jaga-jaga atas hal-hal tak terduga yang dapat terjadi.


9. Isi dengan Aktifitas Lain

Kecenderungan kita yang mayoritas gampang bosan, apalagi untuk perjalanan yang panjang dengan mudah membawa kita untuk bermain game kembali. Padahal ada banyak aktifitas lain yang bisa kamu lakukan selama perjalanan liburanmu. Bila kamu masih ingin berkutat di handphonemu kamu bisa memfoto perjalananmu, atau bahkan merekamnya sekali-kali. Kamu juga bisa berbincang dengan orang yang ada di sekitarmu. Bila kamu melakukan perjalanan dengan keluarga atau teman kamu bisa mengobrol dengan mereka. Bila sendiri kamu bisa mencoba mengobrol dengan orang yang ada di sebelahmu. Keuntungannya kamu bisa berinteraksi dengan orang lain plus menghemat baterai handphone dan gadgetmu untuk digunakan bermain atau keperluan lainnya nanti.


10. Ingat Misi Utamamu

Jangan hanya karena kalian suka main game, kemudian kalian menghabiskan seluruh waktu perjalanan kalian hanya untuk bermain game. Ingat lagi apa misi utamamu melakukan perjalanan ini. Tidak ada salahnya berhenti bermain sama sekali untuk menikmati liburanmu. Jangan sampai misi utamamu menjadi tidak memorable hanya karena kamu terlalu fokus pada layar. Liburan tentunya waktu yang tepat untuk melepas penat dari rutinitasmu termasuk rutinitas bermain gamemu.

Melupakan sejenak kekalahan-kekalahan yang pernah kamu alami, kejadian-kejadian buruk yang pernah terjadi ketika kamu bermain game, atau bahkan impian-impian untuk menjadi atlet Esport, keinginan untuk pindah haluan menjadi streamer dan jadi artis Youtube, ataupun jadi pacar para brand ambassador yang kelihatannya hampir mustahil untuk jadi kenyataan. Lepaskan semua penatmu selama liburan untuk nantinya kembali ke rutinitas normalmu.


Itulah tadi 10 Hal yang harus kamu perhatikan selama perjalanan liburan. Hal-hal tersebut semata agar kamu bisa memaksimalkan sesi gaming beserta liburanmu. Karena tentunya kamu bisa bermain game kapanpun, namun hanya bisa menikmati liburan ketika memang ada kesempatan. Tetap bijaksana saat bermain, dan jangan lupa untuk tetap bersenang-senang selama masa liburan ini. Punya tips-tips lain untuk memaksimalkan bermain selama liburan versimu sendiri? Bila iya, jangan malu untuk tuliskan di kolom komentar agar yang lainnya tahu.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Tips dan Trik atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item