10 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Menjadi PC Gamer

10 hal wajib sebelum menjadi pc gamer gamebrott

Apakah kamu seorang yang sudah bosan memainkan console mu dan ingin pindah atau mencoba tantangan baru seperti mencoba platform lain seperti PC? Kalau iya, berarti akan banyak beberapa hal yang perlu kamu persiapkan dan perhatikan sebelum menjadi PC Gamer seperti hal-hal berikut:

1. STEAM

Banyak orang yang mengatakan steam adalah tempat terbaik untuk bermain video game. Steam adalah pelopor utama digital distributor game PC sejak 12 September 2003, bisa dikatakan steam adalah digital distribution platform yang paling senior diantara digital distribution platform yang lain seperti Origin, GOG, atau uPlay. Salah satu keunggulan steam adalah adanya notifikasi khusus setiap ada game baru yang tersedia di steam dan negaramu. Selain fasilitas notifikasi, beli game original secara digital, user steam juga dapat menikmati fitur lain seperti komunitas, user review, voice chat, instant message, message boards, steam workshop, jual beli item khusus untuk beberapa game tertentu, hingga refund game yang tidak kamu sukai. Sangat praktis dan mudah.


2. Cek Informasi Game Diskon di Website Lain

Banyak sekali informasi game diskon yang bisa kamu dapatkan dari reddit. Mulai dari diskon game di steam, GOG, dan yang lain. Mungkin banyak orang akan mengatakan bahwa game diskon itu sebenarnya ada karena gamenya sudah tidak begitu populer di pasaran atau merupakan sebuah game lama. Ada juga yang mengatakan membeli game diskon tidak begitu berpengaruh pada developer karena sudah bukan jamannya lagi. Namun, terlepas dari semua itu, why not? Tidak ada salahnya kamu membeli game diskon selama kamu masih mampu dan pegang teguh keputusanmu untuk memainkan game original. Setidaknya kamu sudah menghargai developer dan mensupport mereka agar tetap membuat game.


3. STEAM Sale

Tepat sekali, ini adalah event yang sangat ditunggu-tunggu oleh PC Gamer di seluruh dunia. Steam Sale biasanya selalu ada di musim panas / steam summer sale (Juni-Agustus), halloween (akhir oktober), winter / christmas sale (Desember-Januari), kamu bisa mendapatkan banyak game di steam yang didiskon hingga 80% (kecuali game baru yang memiliki diskon antara 10% hingga 50%).


4. Gunakan STEAM Refund

Kecewa dengan game yang baru saja kamu beli? Tenang, steam menyediakan fitur Steam Refund yang bisa kamu gunakan jika kamu bermain game yang telah kamu beli kurang dari 2 jam. Fitur ini berlaku pada DLC (kecuali DLC yang bersifat permanen seperti menaikkan levelmu dsb), software, dan game yang dibuat oleh developer selain Valve. Untuk Valve developed game, kamu bisa melakukan refund jika game yang kamu mainkan jelek atau mengecewakan setelah bermain kurang dari 48 jam.


5. Cari Distributor Lain

Jangan hanya terpaku dengan Steam, carilah distributor lain seperti GOG milik CD Projekt sekaligus CD Projekt Red sebagai developer The Witcher. Berbeda dengan Steam, GOG tidak menggunakan DRM (Digital Rights Management) yang berarti semua game yang kamu beli di GOG dapat digunakan oleh pengguna lain tanpa harus login dengan menggunakan akun GOG. Selain GOG, banyak distributor lain seperti Origin milik EA, Humble Bundle yang selalu memberikan humble bundle sesuai namanya, atau uPlay milik Ubisoft.


6. Bersihkan PCmu dari Debu

Ok, ini hal yang perlu kamu cek setidaknya 2 minggu sekali, bersihkan PC dari debu membandel. Bersihkan PC mu dengan menggunakan gas khusus untuk menghilangkan debu yang aman seperti 3M Dust Remover. Jangan pernah mencuci komponen PC mu dengan air tanpa pengetahuan lebih karena air adalah musuh terbesar barang elektronik.


7. Jaga Kesehatanmu

Mungkin ini akan terdengar seperti omelan orangtua yang sangat cerewet. Tapi percayalah, duduk berlama-lama di depan komputer terlalu sering tanpa olahraga bisa membuatmu terjangkit beberapa penyakit. Kamu harus sekali-sekali keluar, berolahraga, dan makan makanan bergizi agar kesehatanmu tetap terjaga. Kamu tidak mau dibilang gamer yang sakit-sakitan bukan?


8. Ketahuilah Secara Pasti Peralatan yang Kamu Butuhkan

Processor, RAM, VGA, Keyboard, dan Mouse adalah senjata utama PC Gamer. Jangan menghambur-hamburkan uangmu untuk membeli NVIDIA GTX980Ti, Intel core i7 generasi terbaru, dan RAM 16GB DDR4 hanya untuk bermain game sekelas Dota 2 atau Point Blank. Gunakan uangmu secara bijak, cari yang sesuai kebutuhanmu, misalnya kamu butuh mouse gaming dengan tombol macro untuk bermain MMORPG atau Dota 2, maka carilah mouse gaming yang memiliki fitur tersebut. Kamu bisa memilih brand mouse atau keyboard yang memiliki atau memang khusus didesain untuk keperluan gaming seperti Steelseries, Razer, dan Logitech. Selalu cek spesifikasi minimum sebuah game di website resmi developer, steam, atau yang lain.


9. Jangan Pernah Takut Untuk Mencoba Settingan Grafik

Grafik adalah masalah utama performa gamingmu, jangan pernah takut untuk mencoba beberapa settingan grafik dari low, medium, high, ultra, atau custom agar memaksimalkan kinerja PC mu agar kamu nyaman saat bermain game.


10. Mod

Kamu menginginkan gamemu memiliki tampilan yang lebih indah, memiliki custom item tersendiri, misi unik, atau bahkan kamu ingin membuat film dengan kontenmu sendiri? Jawabannya adalah mod, kamu bisa menambah konten di dalam game mu dengan mendownload mod buatan orang lain, atau membuat modmu sendiri dan kamu tambahkan ke dalam game. PC memang di desain untuk bisa dioprek oleh penggunanya salah satunya adalah memasang mod buah tanganmu sendiri. Tapi ingat, jangan pernah gunakan mod ini pada permainan multiplayer karena kemungkinan besar kamu bisa terkena ban.

Itulah 10 hal yang wajib kamu perhatikan jika ingin menjadi PC Gamer. Apakah kamu puas dengan list 10 hal wajib yang saya berikan? Atau kamu punya pendapat lain? Silakan cantumkan pendapatmu di kolom komentar di bawah.

Exit mobile version