10 Istilah Gamer yang Lahir dari MMO Klasik Ragnarok Online

in

Jika kamu bergabung dengan sebuah komunitas, mungkin secara tidak sadar menggunakan istilah-istilah tertentu saat berkomunikasi. Begitu juga dalam video game, terutama mereka yang dimainkan secara daring, tentu muncul istilah-istilah yang berhubungan dengan mekanisme video game ataupun yang lahir secara tidak sengaja dan menjadi populer.

Ragnarok Online yang populer di tahun 2000-an pun turut melahirkan dan0 mempopulerkan beberapa istilah atau leksikon yang masih digunakan di berbagai game online lain zaman now. Tanpa berlama-lama lagi, berikut 10 istilah gamer yang lahir dari game MMO klasik keluaran Gravity tersebut.

1. Swt

Swt atau sweat berasal dari command “/swt” untuk menunjukkan emot keringat. Hal ini mungkin sering kamu lihat pada anime dimana suatu karakter biasanya mengeluarkan (comically large) tetesan keringat untuk mewakili ekspresi cringe akan keanehan tingkah laku karakter lain.

2. Mob

Mob mengacu pada momen ketika kamu mengumpulkan banyak musuh sekaligus agar dapat dihabisi dapat waktu bersamaan dengan skill serangan area. Dalam bahasa Indonesia, Mob dapat diterjemahkan menjadi massa atau kerumunan.

3. TB

Merupakan singkatan dari “Tahan Body” atau “Tahan Badan”. Istilah juga kerap dikenal sebagai ‘badak’ ini biasanya digunakan oleh karakter job berkarateristik tank yang tugasnya mengalihkan perhatian musuh dan menjadi samsak tinju di dalam party.

4. GB

Istilah GB atua game boosting ini biasanya digunakan oleh newbie atau pemain berlevel lebih rendah untuk meminta bantuan kepada pemain lain dengan level lebih tinggi. Biasanya untuk grinding level melawan musuh yang lebih kuat demi EXP yang lebih banyak.

5. Paket

Tentu bukan paket yang dirikim oleh kurir ekspedisi jasa pengiriman barang, melainkan mengacu pada seperangkat skill buff yang diberikan oleh pemain dengan job Priest sebelum terjun ke pertempuran.

6. Kk dan Cc

Merupakan singkatan dari “koko” dan “cici” yang juga mengacu pada panggilan untuk abang atau kakak bagi warga TIonghoa di Indonesia. Di dalam game, panggilan ini biasanya digunakan untunk mengakrabkan diri dengan pemain lain yang baru kita kenal.

7. Hode

Dalam Ragnarok Online, Hode merupakan monster berbentuk lidah yang bersembunyi di dalam pasir. Namun entah bagaimana istilah Hode kini digunakan sebagai cap kepada seorang pemain laki-laki yang membuat karakter permpuan. Hal ini agaknya lebih sering ditemukan pada game Audition AyoDance.

8. AFK

Kepanjangan dari “Away From Keyboard” atau lebih dimengerti sebagai ketika pemainnya memberikan tanda bahwa ia sedang tidak berada di depan PC atau laptop. Mungkin sedang pipis atau disuruh sang bundanya ke pasar untuk membeli sayuran.

9. Tempa

Tempa atau penempaan tentu merupakan terjemahan langsung dari forging. Fitur di berbagai MMO dimana pemain dapat membuat atau meningkatkan status dari equipment yang dimilikinya pada NPC yang bertugas sebagai Blacksmith.

10. Wkwkwk

Tidak hanya di kalangan gamer, orang awam pun turut menggunakan tawa “Wkwkwk” saat berkomunikasi secara lisan, bahkan menjadi khas tawa warga Indonesia dalam berinternet. Jaya terus Wkwkwk Land!

Itulah 10 istilah gamer yang lahir dari MMO Ragnarok Online. Apa kamu tahu berbagai istilah gamer lainnya yang juga populer di Indonesia? Yuk, langsung aja share di kolom komentar ya!

Artikel ini sebelumnya telah diterbitkan di Dunia Games dengan judul “10 Istilah Gamer Bersumber dari Ragnarok Online, Tahu Nggak Kamu?” karya Muhammad Ahda.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Ragnarok Online atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]