10 Jumpscare yang Bikin Jantungan dari Game Non-Horor

Jumpscare Non Horror

Jumpscare menjadi teknik paling mudah serta paling klise untuk menakut-nakuti pemain yang biasanya muncul di genre horor. Walaupun demikian, jumpscare tetap ampuh dalam membuat pemain terkejut dan bikin mereka jatuh dari kursi hingga sekarang. Bahkan penonton youtube sekarang ini sering mengemis kepada penonton lain di detik berapakah akan ada jumpscare di video yang diunggah sang Youtuber.

Penggunaan yang terlalu sering dari teknik ini membuat sebagian orang sudah kebal menghadapinya ketika bermain game horor. Namun bagaimana jika jumpscare tersebut muncul di game yang pada dasarnya tidak ingin menakut-nakutimu alias non-horror? Kemungkinan besar pemain tersebut akan terkejut akan lebih besar karena mereka tak menyangka sama sekali akan ada jumpscare di game tersebut.

Maka dari itu, berikut adalah 10 jumpscare tak terduga dari game non-horror yang membuat gamer terkejut.

1. Batman Arkham Knight – Man Bat Jumpscare dan New Game+ Jumpscare

Banyak di antara kita yang tidak akan berpikir kalau game Batman akan mencoba untuk menakuti-nakuti pemainnya bahkan jika itu ialah hanya kejutan selama beberapa detik saja. Namun kenyataannya game penutup seri Arkham yaitu Batman: Arkham Knight dipenuhi akan aspek tersebut di sepanjang campaign.

Jumpscare paling dikenal ialah jumpscare dari man-bat pada perkenalan awal dari side quest game yang dimana ia kapan saja akan mengejuti pemain pada saat mereka menggunakan grappling hook yang menjadi cara tercepat bagi Batman untuk mengeksplorasi open-world Gotham.

Satu lagi jumpscare yang paling dikenal di game ini ialah jumpscare Joker pada intro awal new game plus. Secara sekilas intro terlihat sama dimana mayat Joker dibakar usai akhir cerita game sebelumnya, tetapi satu adegan yang diubah ialah Joker akan mengejuti pemain dengan cara mendadak hidup kembali dan teriak keras sebelum akhirnya terlentang kembali ditelan api.


2. Bioshock Infinite – Boy of Silence

Bioshock Infinite jauh dari kata game horor, game ini terlalu warna-warni untuk bisa dibilang horror dan kamu punya sidekick yang amat cantik bernama Elizabeth yang selalu menemanimu dan bahkan membantumu disaat bertarung. Maka dari itu tak ada yang menyangka kalau Ken Levine, sang kreator bakal tega menaruh jumpscare khususnya pada saat kondisi mulai tenang karena kamu sampai di objektif utama.

Di saat kamu berhasil sampai ke tujuan untuk menarik sebuah tuas, kamera akan menuju ke arah sebuah monitor besar dan pesan misi baru muncul. Kamu merasa tenang karena telah berhasil mengalahkan semua musuh selama perjalanan dan hanya tinggal jalan santai ke objektif selanjutnya. Namun BOOOM, jumpscare tepat di belakangmu oleh Boy of Silence yang teriak tepat setelah kamu memutarkan kepalamu, Thanks game.


3. Thief – “You Shouldn’t Be Here”

Di reboot Thief, kamu kembali bermain sebagai Garrett, seorang pencuri profesional yang tujuan utamanya adalah mencuri barang dari mereka yang kaya dan menyumbangkannya kepada mereka yang butuh ala Robin Hood. Karena kamu bermain sebagai “maling”, wajar-wajar saja kalau kamu akan sering mengintip lewat celah kecil apapun untuk melihat kondisi dalam ruangan. Yang jadi masalah adalah, apakah kamu selalu siap dengan apa yang dibalik celah tersebut?

Ketika kau mendatangi Moira Asylum, kamu akan menemui banyak pintu terkunci yang membuatmu sebagai maling penasaran apa dibalik pintu tersebut. Mungkin saja barang berharga ada di sana sampai-sampai ruangan tersebut harus dikunci. Otomatis kamu mengintip dari lubang kunci di pintu, mencoba untuk melihat apa saja ada yang di balik pintu tersebut, tapi tak lama selama mengintip, kamu akan dikejuti oleh sosok wanita secara tiba-tiba yang dimana ia mengatakan kalau “kamu tidak seharusnya berada disini.”


4. Mortal Kombat 9 – Jumpscare dalam Krypt

Tiap kali kamu selesaikan sebauh pertarungan, kamu dihadiahkan dengan koin. Namun untuk apa koin tersebut? Kamu ternyata bisa membeli kostum, concept art, video dan bahkan custom fatality. Daripada tidak terpakai sama sekali, kamu pergi ke Krypt dan mencari sesuatu yang mungkin akan menarik perhatianmu.

Selagi kamu keliling sana sini, tiba-tiba monster aneh muncul di depan layar dan berteriak dengan keras, membuatmu kaget karena tak mengira keberadaan jumpscare tersebut. Jumpscare ini datang secara acak, ada yang bilang akan datang ketika kamu terlalu lama di Krypt, atau terlalu banyak menghabiskan koin di Krypt. Namun beberapa pemain melaporkan tak pernah menemui jumpscare ini sekalipun dan juga tidak tahu apakah ada cara agar jumpscare tersebut tidak muncul.


5. Mortal Kombat X – Jumpscare dalam Mode yang Sama

Layaknya sebuah tradisi, jumpscare di mode Krypt kembali dihadirkan di game Mortal Kombat X. Namun berbeda dengan game sebelumnya yang dimana dibuat bisa terjadi kapan saja, jumpscare satu ini lebih terkesan scripted atau telah dipasang di momen tertentu, maka sekalinya kamu tahu kapan terjadi, efek jumpscare mungkin tidak mempan lagi.

Jumpscare yang terjadi juga tidak begitu seram karena yang muncul ialah hewan seperti laba-laba atau serigala yang dimana sesuai dengan tempat jumpscare terjadi, berbeda dengan monster krypt yang kesannya di luar imajinasi banyak orang.


6. Call of Duty : Black Ops 2 – Sniper Jumpscare “Easter Egg”

Jumpscare satu ini hadir di map Mob of The Dead yang merupakan salah satu konten dari DLC Uprising. Pada map ini, developer tampaknya ingin menakuti-nakuti pemain untuk tidak menggunakan sniper dengan menaruh jumpscare.

Ketika pemain sampai di atap gedung, tempat dimana kamu diharuskan merakit pesawat untuk menyelesaikan misi. Jika kamu memegang senjata sniper seperti Barret M82A1 atau DSR 50, dan mengunakkan scope senjata tersebut ke arah kembang api yang berada di background map, kamu akan dihadiah dengan jumpscare dengan wajah Russman muncul tepat di scopemu dan suara teriakan yang keras.

Jumpscare ini juga muncul di DLC Origins, jika kamu menggunakkan scope senjata snipermu dan arahkan ke arah gereja yang terbakar, gambar tengkorak akan muncul dengan suara teriakkan yang sama seperti pada jumpscare Mob of The Dead. Kedua map ini ternyata dibuat oleh tim yang sama  yang menjelaskan kenapa kedua jumpscare tersebut terlihat persis.


7. Bioshock – Painless Dental clinic

Bioshock pertama walau memiliki banyak momen yang menakutkan, game tersebut tidak didesign sebagai horror game. Namun karena lingkungan rapture yang sering gelap, monster yang mengerikan dan atmosfir yang creepy, beberapa orang beranggapan bahwa game ini sebagai game horror. Dan salah satu momen menakutkan ini adalah pada saat kamu memasuki Painless Dental Clinic.

Pada saat kamu memasuki ruangan tersebut, ruangan tiba-tiba akan dipenuhi kabut dan pintu belakangmu terkunci. Setelah kabut tersebut hilang, mayat perempuan bertopeng tiba-tiba hadir di hadapanmu, tapi itu bukanlah jumpscarenya.

Jika kamu terus memasuki wilayah tersebut kamu akan menemukan tonic bottle berserta audio log di ujung ruangan. Setelah kamu mengambil benda-benda tersebut, kabut lagi-lagi mengisi ruangan dan jika kamu berbalik ke belakang setelah kabut tersebut hilang, kamu akan diperkenalkan sama pemilik klinik tersebut yang siap membunuhmu setelah kau membalikkan badan.


8. Super Mario 64 – Evil Piano

“Bagaimana bisa game tentang menyelamatkan tuan putri dan mengalahkan raja berbentuk kura-kura bisa hadirkan jumpscare?” kamu mungkin bertanya. Dan harus saya akui, yang satu ini juga tampaknya tidak bisa dikategorikan sebagai “jumpscare”. Tapi … pada saat saya masih kecil, momen satu ini memberikan saya mimpi buruk dan membuat saya tak pernah mau lagi menyentuh ruangan itu sampai sekarang.

Jadi pada level Big Boo’s Haunt, setelah kamu memasuki rumah berhantu ini, akan ada beberapa pintu yang dimana salah satunya akan membawamu ke ruangan berisikan piano yang awalnya diam dan terlihat seperti benda mati. Ada koin merah di belakang piano tersebut yang pastinya akan memancing perhatian pemain dan langsung lari mengambil koin tersebut, yang mereka tidak tahu adalah jika kamu berjalan terlalu keras, piano tersebut akan marah dan menyerang Mario tiba-tiba dengan suaranya yang lumayan keras. Momen ini mungkin telah meninggalkan trauma untuk banyak gamer tua sekarang meski memang tidak seseram yang mereka ingat.


9. Metro 2033 – Librarian

Untuk game bertema Post-Apocalyptic, tentu akan ada monster-monster aneh yang akan kamu temui di game. Librarian merupakan salah satu monster di game yang dianggap paling pintar ketimbang monster yang lain, dan ditambah dengan habitatnya yang sering berada di perpustakaan, wajar saja monster ini diberi nama “librarian”. Monster ini juga sangat kuat dan dapat menghabisi Artyom dalam beberapa serangan saja, tapi Artyom bisa membuktikan jika dia tidak mau menyerangnya dengan cara menatapi monster tersebut hingga pergi.

Di pertengahan game nantinya, waspadalah dengan keberadaan item yang berada di dekat dinding berlubang  atau monster ini akan menarikmu secara tiba-tiba.


10. Gone Home – Mati Lampu

Gone Home dikritik karena tidak miliki “gameplay” dan semua waktumu di game ini dihabiskan hanya untuk berjalan keliling rumah dan membaca surat saja. Maka sebuah hal yang wajar apabila kamu berpikir tidak akan ada semacam jumpscare di game ini. Tapi ternyata ada satu dan developer bahkan mengonfirmasi hal tersebut lewat laman FAQ game.

Jumpscare yang terjadi sebenarnya tidak terlalu seram dan bahkan mungkin tidak begitu dapat dikategorikan sebagai jumpscare, namun karena keseluruhan game yang begitu pelan dan tidak ada adegan scripted yang terjadi, ketika game mendadak matikan lampu saat kamu mengambil salib yang tersembunyi di pojok meja mungkin dapat memicu reaksi kejut untuk banyak pemain.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version