10 Karakter Berparas Oriental Paling Badass di Video Game


Follow Us

Video game telah berhasil menyumbangkan banyak ide serta karya yang terefleksi dari berbagai macam kultur di dunia. Hal itu juga termasuk dengan hasil penggambaran para karakter yang bisa cukup mewakili keberadaan identitas etnis-etnis yang kita ketahui ada dan nyata.

Nulis artikel dibayar

Sekarang, kita telah sampai pada bulan kedua di tahun 2019. Usai hari libur nasional hanya bisa kita rasakan pada awal dimulainya pergantian tahun, kali ini kita akan menikmati kembali sebuah “tanggalan merah” selanjutnya yang tidak kalah berkesan. Tepat di tanggal 5 Febuari, hari raya Imlek akan segera menanti sebagian saudara-saudara sesama manusiamu atau mungkin malah kamu sendiri yang kebetulan memiliki darah Tionghoa di dalam garis keturunan keluargamu.

Hadirnya Imlek sendiri seakan sudah mengingatkan kita semua bahwa dunia industri game tak ketinggalan juga telah melahirkan sesosok karakter-karakter beretnis pecinan yang sangatlah unik dan beranekaragam. Sebagian memang sudah dianggap menjadi primadona yang punya andil dalam menjaga tahta kegemerlapan dunia video game, dan sebagian yang lain mungkin hanya berkesan sebagai bumbu pelengkap saja.

Berangkat dari momen unik tersebut, kami serasa ingin untuk memberikan suatu penghormatan khusus bagi para karakter-karakter game yang kebetulan memiliki perawakan oriental di dalam diri mereka. Yakni dengan membagikan kepada kalian sebuah deretan list mengenai 10 karakter game beretnis “Tionghua” terkeren atau terbadass versi kami di dalam sejarah dunia video game. Tanpa berlama-lama, yuk langsung saja kita lihat……


10. Lei Wulong

Jackie Chan sepertinya patut berbangga melihat wujud dirinya bisa terefleksi ke dalam game fighting populer seperti Tekken, apalagi sampai memproyeksikan berbagai kemiripan dari bintang film action hongkong legendaris tersebut sebagai seorang polisi komikal yang jago bela diri.

Ya, Lei Wulong adalah karakter yang dimaksud. Kesan pengingat bahwa video game juga ingin menghormati beberapa tokoh ikonik dunia agar senantiasa awet melalui medianya adalah tujuan utama kenapa hobi kita ini sangat berharga. Lei telah berhasil berperan sebagai salah satu poin kebesaran yang sudah terarsip di sana.


9. Kung Lao

Dibandingkan Liu Kang yang malah terlihat seperti Bruce Lee versi culun, Kung Lao jelas adalah karakter pecinan yang paling punya tingkat kekerenan tersendiri dalam franchise Mortal Kombat. Busana topi yang ia kenakan adalah suatu legitimasi utama yang membuat karakter ini cukup banyak dikagumi oleh para fans selain sisi wataknya yang lebih terkesan serius dari Liu Kang.

Topi tersebut betul-betul menciptakan sebuah impressi menarik lewat fungsinya yang bisa dijadikan sebagai senjata tajam mematikan (karena sengaja dibuat dari runcingan besi). Sedangkan sosok Kung Lao mampu mengolah dan memanfaatkan aset berharganya itu dengan cara yang kebanyakan tidak pernah bisa diduga


8. Jordi Chin

Meski bukanlah karakter yang paling utama di dalam game, apa yang telah ditampakkan oleh karakter ini memang selalu menimbulkan kesan yang cukup luar biasa. Berasal dari game Watch Dogs, Jordi Chin adalah seorang pembunuh bayaran profesional yang beberapa kali Aiden Pearce temui ketika menjalankan misi.

Selain dibekali skill beladiri dan membunuh yang tidak main-main ketika sedang melumpuhkan para targetnya, Jordi juga punya suatu watak yang humoris di saat sedang berbincang ataupun bergelut baik dengan Aiden ataupun Marcus (Watch Dogs 2). Meskipun begitu, ia bukanlah termasuk sosok yang baik hati. Justru sebaliknya, Jordi adalah karakter yang aslinya sangat berbahaya dan tidak akan segan-segan untuk mematikan siapapun yang menghalangi tugasnya demi uang.


7. Chun Li

Seorang karakter wanita yang selalu paling ikonik di dalam franchise game adu jotos Street Fighter. Keseharian dirinya yang ternyata adalah seorang polisi interpol, sama sekali tidak memudarkan inspirasi pesona yang bisa didapat dari si wanita petarung hebat bernama Chun Li ini. Mayoritas gamer mungkin sangat begitu mengapresiasi keikonikan Chun Li melalui busana bertarung unik yang selalu dikenakannya ataupun jurus kaki berputar terbalik yang sama sekali mustahil untuk dilakukan oleh semua orang di dunia nyata.

Namun, kamu perlu tahu juga jika Chun Li tidak hanya menawarkan hal-hal klise itu saja demi membuat dirinya relevan. Sifatnya yang selalu teguh dan disiplin, serta tekad kuatnya untuk membalaskan dendam kepada sang tirani dunia seperti Mr Bison tak ketinggalan seringkali menjadikannya sebagai simbol inspirasi dari keberanian wanita dalam menghadapi tantangan dari dunia dan juga membuatnya menjadi lebih baik.


6. Wei Shen

Percaya tak percaya, Sleeping Dogs merupakan game yang sudah membuat mimpi para gamer penggemar film-film action Hongkong menjadi sebuah kenyataan. Dari situ pula, Sleeping Dogs telah melahirkan suatu tokoh protagonis yang selama ini cukup dirindukan ada untuk diadaptasikan ke dalam versi video game. Wei Shen namanya, diceritakan adalah seorang polisi yang ditugaskan untuk terjun ke dunia gelap Triads dengan menyamar menjadi salah satu dari mereka.

Lewat berbagai drama-drama emosional yang terpampang selama ia bergaul dengan para anggota kelompok triad tertentu, khususnya seperti Jackie dan Winston. Watak Wei Shen sebagai sang aparat penegak hukum pun lama kelamaan mulai bisa saling berkompromi untuk tidak menjadikan apa yang dipandangnya sebagai hal yang hitam-putih. Kisah-kisah pilu yang sudah dialami oleh kedua “sahabat” Wei Shen tersebut juga telah mengembangkan sisi kebatinan psikologis dari dirinya dalam menghadapi kekejaman realita hidup yang harus ia jalani.


5. Pagan Min

Awal kemunculan karakter ini di Far Cry 4 benar-benar menimbulkan kesan yang sangatlah membuatmu tak nyaman dan gregetan. Belum lagi melihat bahwa pria yang bernama Pagan Min ini tampil dengan gaya yang agak flamboyan. Namun dibalik itu semua, Pagan adalah seorang pemimpin besar di wilayah kyrat yang cukup ditakuti oleh musuh-musuhnya.

Kekharismatikan beliau menjadi sebuah senjata utama yang bila kamu paham, kamu akan sadar bahwa sebenarnya si Sabal dan Anita tidaklah lebih baik dibandingkan dengan sosok Pagan Min. Meski ia memang selalu digambarkan sebagai tokoh antagonis, perlakuan tulus Pagan terhadapmu saat dibawa ke tempat kediamannya di awal-awal game, jelas merupakan sebuah momen unik yang bisa membuatmu cukup kagum dengan karakterisasi watak beliau.


4. Fei Fong Wong

Secara mengejutkan, dulu Squaresoft (sekarang Square Enix) tercatat pernah menciptakan suatu karakter protagonis yang terinspirasi dari tokoh Wong Fei Hung. Dan yang lebih mengagetkannya lagi, mereka menaruhnya ke dalam sebuah game JRPG fantasi yang berjudul Xenogears. Kamu yang sempat tumbuh di era Playstation 1, pastinya cukup kenal dengan sang karakter protagonis berambut ponytail ala pendekar kung fu yang bernama Fei Fong Wong.

Sesuai dengan penggambaran dari tokoh Wong Fei Hung, Fei juga adalah seseorang yang dibekali oleh ilmu beladiri. Namun, ia memiliki latar belakang pengalaman cerita masa lalu kelam yang biasa berhubungan erat dengan fenomena depresi dan kepribadian ganda. Kemelekatan cerita Xenogears dengan karakter Fei sendiri telah menjadi suatu identitas pembentuk yang luar biasa bagi keduanya.


3. Ada Wong

Karakter wanita yang belakangan sedang booming-boomingnya karena perilisan game Resident Evil 2 Remake ini sangatlah begitu banyak difavoritkan ataupun dielu-elukan oleh para gamer. Karakter dengan nama Ada Wong tersebut memang selalu digambarkan memiliki asal-usul riwayat yang sangatlah misterius. Namun, setidaknya kami bisa memastikan jika wanita menarik ini memiliki darah Tionghoa di dalamnya serta selalu gemar membuat hubungan aksi kolaborasi yang sangat fantastis nan epik bersama dengan Leon.

Yang membuatnya sangat menarik, Capcom terkesan tidak tega untuk membuat karakter Ada Wong menjadi tokoh yang 100% jahat, namun juga sebaliknya. Selalu ada hal yang membuat kita agak gatal dan gregetan ketika melihat tingkah laku si Ada di sepanjang game. Dimana harus diakui bahwa hal itulah yang membuat karakter agen rahasia cantik ini terkesan cukup badass dan layak mendapat penilaian yang spesial dari kita semua.


2. Marshall Law

Figur Bruce lee boleh saja banyak diadaptasi ke dalam banyak karakter-karakter video game populer seperti Liu Kang, Jann Lee, Fei Long, sampai ke Bruce Meow (eh?). Tapi dari mereka semua, Marshall Law dari game Tekken adalah satu-satunya yang menurut kami paling sempurna dalam membawakan ciri khas Bruce Lee tanpa perlu menjiplak potret hidupnya secara keseluruhan.

Tidak butuh banyak unsur-unsur keseriusan dalam mengolah segala macam keunikan dari karakter Law. Ia hanya digambarkan sebagai orang yang agak pasifis dan lebih berpikir realistis untuk memikirkan cara mencari kekayaan ketimbang bertarung ataupun menghajar banyak musuh. Hubungan romansa rivalitas yang Law bangun dengan Paul pun juga mampu memberikan semacam sisi hiburan sampingan yang segar dan kocak di dalam sepanjang sejarah seri Tekken.


1. Lu Bu

Selama sejarah kamu memainkan seri Dynasty Warriors, bertemu dan bertarung melawan Lu Bu pastinya akan selalu kamu anggap sebagai sebuah mimpi buruk. Bagaimana tidak, karakter jenderal ini selalu dibuat OP sehingga mengalahkannya pun betul-betul membutuhkan perjuangan yang ekstra berat, kecuali jika kamu bisa mengakalinya lewat cara over leveling.

Diluar dari terbentuknya narasi menakutkan yang ditunjukan dari seorang Lu Bu, penampilan dan kharisma yang ia tunjukan juga tidak main-main. Lewat suaranya yang sangat begitu menggelegar dan kengerian baju zirah yang mengintimidasi, Lu bu memang adalah suatu simbolisasi aset super power yang paling ditakuti dan diwaspadai oleh seluruh pihak yang biasa mengoposisikan si pemilik aset tersebut.


Demikianlah list mengenai sejumlah karakter-karakter keren yang menurut kami sangat pantas menjadi spotlight dalam memeriahkan perayaan Imlek di hari Selasa nanti. Bagaimana menurutmu ? Adakah tokoh-tokoh haiyaaa lain yang ingin kamu singgung ? tak perlu malu untuk membagikannya kepada owe di sini sembari kalian membaca seluruh portofolio dari setiap rubrik listicle kami yang makin hari makin hau jek.

 

 


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item