10 Karakter Game yang Mungkin Kamu Kira Cewek, Ternyata ‘Berbatang’

in ,

Bagi kamu-kamu yang merasa lahir sebagai kaum adam, mungkin sudah tahu rasanya jatuh cinta pada pandangan pertama kepada seorang wanita. Mau itu kepincut karena wajah cantiknya, body rampingnya, hati tulusnya, atau mungkin duit orang tuanya, kamu semua pastinya memiliki alasan tersendiri.

Namun, apakah kamu pernah dibuat terkagum-kagum dengan sosok yang kamu idamkan tersebut, dan berakhir harus dikecewakan karena sosok tersebut ternyata juga merupakan kaum ‘berbatang’? Well, penulis pun pernah merasakan hal tersebut, terutama kepada karakter-karakter video game.

Astolfo idaman semua wibu

Selama perkembangannya, industri video game memang sering menghadirkan karakter-karakter pria yang didesain sangat feminim atau bahkan secara gamblang menjelaskan bahwa karakter tersebut memiliki latar transgender. Ditambah dengan tidak jarangnya para developer menghadirnya para voice actor perempuan untuk mengisi suara karakter-karakter lelaki, membuat hal ini menjadi gimmick tersendiri dalam industri video game.

Namun tren ini sendiri nampaknya lebih sering terjadi pada game dan anime buatan Jepang. Dimana mungkin kamu mengenalnya dengan istilah trap.

Maka dari itu, berikut ini deretan karakter-karakter yang mungkin kamu kira cewek, namun ternyata berbatang atau sempat berbatang!


1. Amane Nishiki – Blazblue

Kamu penggemar game-game gelud pastinya tidak asing lagi dengan Blazblue dan karakter bernama Amane Nishiki. Dari desain karakternya yang berambut panjang dan menggunakan kimono mungkin kamu tidak akan langsung menyadari bahwa dia adalah seorang lelaki.

Akan tetapi, nampaknya tidak butuh waktu lama untuk kamu menyadari bahwa dirinya adalah seorang lelaki. Karena saat pemilihan karakternya sendiri, kamu akan langsung disuguhkan latar belakangnya yang menyebutkan bahwa dirinya adalah seorang lelaki. Hal ini ditambah dengan suaranya yang juga masih terdengar sangat laki-laki, terlepas itu dub Jepang ataupun dub Inggris.


2. Kuja — Final Fantasy IX

Menjadi salah satu tokoh antagonis terpopuler dan terfavorit para fans serial Final Fantasy ini, Kuja memiliki desain karakter yang sangat terlihat sebagai karakter perempuan. Final Fantasy IX yang keluar pada tahun 2000, dimana penulispun saat itu masih bocah ingusan, tertipu selama hampir 10 tahun bahwa ternyata Kuja adalah seorang lelaki.

Walau memang penulis sendiri sudah menduga bahwa Kuja adalah seorang lelaki terlihat dari fisiknya, dugaan tersebut terbukti benar saat penulis memainkan Dissidia Final Fantasy yang keluar pada tahun 2010. Karena pada serial Dissidia lah banyak karakter Final Fantasy klasik yang mendapatkan pengisi suara untuk pertama kalinya, termasuk Kuja.


3. Larsa Ferrinas Solidor — Final Fantasy XII

Masih dari serial garapan Square Enix, Final Fantasy XII memiliki satu karakter dengan plot penting bernama Larsa Ferrinas Solidor. Dari namanya sendiri mungkin benar-benar terdengar seperti nama perempuan ala game Final Fantasy, namun ternyata dirinya ternyata juga seorang lelaki.

Walau memang Larsa memiliki desain dengan pakaian ala pangeran, kamu mungkin akan tertipu dengan rambut dan wajah polosnya. Ditambah dengan suaranya yang terdengar tidak seperti laki-laki pada dub Jepang maupun dub Inggris, kamu mungkin akan tertipu dengannya apabila tidak memperhatikan cerita serta dialog antar karakternya.


4. Erica Anderson — Catherine

Keluar pada tahun 2011, Catherine merupakan game puzzle-platformer dewasa garapan Atlus yang bisa dikatakan sangat nyeleneh soal gameplay maupun cerita. Namun satu hal yang pastinya membuat game satu ini menjadi satu game aneh yang diminati banyak orang adalah hadirnya wanita-wanita cantik, serta sesosok ‘gadis’ cantik bernama Erica Anderson.

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, Erica memiliki desain seorang pelayan seksi yang juga menjadi perannya sebagai pelayan dari bar Stray Sheep dalam game Catherine. Namun pada endingnya, Erica diketahui lahir sebagai seorang lelaki dengan nama Eric, namun memutuskan untuk operasi ganti kelamin pada suatu waktu. Begitu juga dalam artbooknya, dimana Erica dijelaskan memiliki kelamin sebagai seorang lelaki.


5. Bridget — Guilty Gear

Kalau Blazblue punya Amane Nishiki, Guilty Gear punya Bridget yang cocok dikategorikan sebagai karakter trap. Desain karakternya yang memiliki lekuk tubuh layaknya perempuan, rambut panjang pirang, berpakaian ala biarawan, mungkin telah berhasil menipu banyak pemainnya.

Bridget sendiri diungkapkan sebagai seorang lelaki dengan cepat melalui alur ceritanya. Dan yang lebih menariknya adalah Bridget selalu dikira perempuan oleh karakter lainnya, namun dia tidak mencoba membenarkan asumsi-asumsi tersebut.


6. Ranmaru Mori — Samurai Warriors

Game Hack and Slash garapan Koei Tecmo seperti Dynasty Warriors dan Samurai Warriors memang memiliki desain berbagai karakter yang berpenampilan sangat keren, cantik dan juga ganteng. Namun seperti kata orang-orang, penampilan bisa saja menipu, dalam hal ini seperti karakter Ranmaru Mori dari Samurai Warriors misalnya.

Seperti yang bisa kamu lihat dari gambar diatas, fitur wajah yang terlihat feminim dengan rambut yang diikat, kemudian palet warna pakaiannya yang dominan ungu, tidak ketinggalan nama Ranmaru Mori yang sangat terdengar seperti nama perempuan, pastinya tidak sedikit yang berasumsi bahwa dirinya adalah sesosok perempuan.


7. Hanbei Takenaka — Samurai Warriors

Masih dari serial Samurai Warriors, karakter satu ini benar-benar sukses menipu dan bikin penulis kepincut dengan dirinya selama permainan berlangsung, yaitu Hanbei Takenaka. Dari namanya sendiri mungkin ketahuan bahwa dirinya adalah laki-laki, namun sayang, penulis dibutakan oleh preferensi pribadi akan wanita-wanita berambut pendek nan tomboyish, sehingga telat menyadari bahwa dirinya juga berbatang.

Well, bagaimana tidak, Hanbei sendiri memiliki tubuh kecil berbeda dengan kebanyakan lelaki dalam game tersebut. Kemudian fitur muka yang polos dan gaya berpakaiannya yang terlihat seperti perempuan. Ditambah dengan suaranya yang benar-benar terdengar seperti perempuan, agaknya sah-sah saja kalo penulis kepincut sama karakter satu ini.


8. Poison — Final Fight / Street Fighter

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa Poison dari game gelud Street Fighter ada dalam list satu ini. Padahal jika melihat gambar diatas, semua ciri-ciri sesosok wanita ada pada dirinya, seperti berdada dan berbokong besar misalnya. Tapi tahukah kamu bahwa awalnya Poison sempat dijadikan sebagai karakter transgender?

Hal ini berawal dari sebuah game Arcade bernama Final Fight yang sama-sama digarap Capcom, dimana sang developer khawatir akan reaksi audiens Amerika terhadap karakter Poison yang hadir sebagai karakter musuh yang harus dikalahkan atau dalam hal ini dihajar. Capcom bahkan memutuskan untuk memberikan gender ‘newhalf’ atau transgender untuk karakter Poison tersebut saat perilisannya. Namun pada akhirnya, karakter Poison digantikan oleh karakter lain khusus perilisan gamenya di barat.

Akira Nishitani selaku mantan pegawai Capcom dan juga sutradara game Final Fight tersebut sempat angkat bicara terkait hal ini, dimana ia mengatakan bahwa gender Poison biarlah pemain yang menentukan. (via Retro Games)

Kamu bisa cek videonya di bawah ini untuk penjelasan lebih detail.


9. Kainé — NieR

Banyak yang dari kalian mungkin tidak tahu bahwa sebelum NieR: Automata, Yoko Taro juga sempat membuat game berjudul NieR yang dibuat sebagai spin-off serial Drakengard. Dalam Game NieR, terdapat seorang karakter bernama Kainé yang sosoknya bisa kamu lihat pada gambar diatas. Benar-benar tampak seperti perempuan bukan? Well, latar belakang karakternya sendiri agak sedikit kompleks, karena Kainé adalah seorang Hermafrodit atau memiliki dua kelamin.

Dalam Grimoire NieR Compilation, terdapat cerita pendek yang berjudul Banquet of The Witch, dimana grimoire tersebut menceritakan sedikit latar belakang Kainé sebelum kejadian dalam cerita NieR berlangsung. Dalam cerita tersebut, tertulis bahwa Kainé memiliki organ kelamin laki-laki terlepas dirinya yang dominan memiliki fitur tubuh perempuan. Hal ini kemudian dikonfirmasikan langsung oleh sang kreator bahwa Kainé memang Hermafrodit, terutama pada NieR RepliCant.


10. Lala Escargot — Persona 5

Nah! Siapa sih yang nggak tahu sama wanita tercantik sejagad dunia Persona ini? Merupakan pemilik Crossroad Bar, Lala Escargot diketahui sebagai sosok pendengar yang baik, tulus hati dan sangat peduli akan para pelanggannya. Benar-benar kriteria ‘wanita’ ideal untuk kamu-kamu semua!


Kira-kira inilah beberapa karakter yang mungkin kamu kira hadir sebagai perempuan, namun ternyata berbatang atau sempat memiliki batang. Nah, apakah kamu juga pernah tertipu dengan karakter-karakter diatas? Atau kamu mungkin tahu karakter-karakter lainnya? Atau jangan-jangan kamu malah suka dengan karakter-karakter trap tersebut? Yuk, share pengalamanmu di komentar!

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]