10 Lagu Boss Battle Paling “Nyentrik” Dalam Game J-RPG

maxresdefault 2 1

Ada yang mengambil konsep lagu pop barat hingga dangdut INDONESIA ?

Untuk semakin mempertegas suatu cerita atau bahkan membawa kita agar bisa masuk dan merasakan suatu nuansa serta penggambarannya ke dalam sebuah video game, sound design adalah satu elemen penting yang berperan selayaknya jembatan dalam menghasilkan itu semua. Tentu sudah begitu banyak musik-musik garapan sang pengembang yang berhasil menghipnotis kita semua demi merasakan nikmatnya bermain game, khususnya game RPG. Meski sebagian juga ada yang dianggap gagal baik karena kualitasnya yang meleset ataupun dirasa tidak cukup nyaman apabila didengar oleh telinga kita.

Jika berbicara musik dalam konteks game-game J-RPG. Tentu J-RPG lebih banyak dikenal sebagai penyumbang musik-musik yang sangat begitu artistik, mellow, penuh dengan berbagai macam keunikan, dan punya power yang kuat dalam menyokong kualitas gamenya. Contohnya bisa kita lihat dalam garapan musik-musik mereka di game seperti Final Fantasy, Persona, hingga sampai yang sekarang cukup fenomenal seperti Nier Automata. Namun karena faktor selera, terkadang tidak semua musik buatan mereka bisa dihasilkan dengan sempurna ke para pendengar.

Developer game-game RPG dari negeri matahari terbit ini juga kadang suka melakukan eksperimen dengan menciptakan sebuah musik-musik yang tidak biasa buat para playernya. Biasanya mereka mencoba hal tersebut pada sesi dimana kita biasa melawan sebuah boss dalam game-game J-RPG. Dikarenakan boss battle biasanya lebih berpotensi untuk membawa sesuatu yang spesial di kalangan penikmat J-RPG. Musik yang bisa dibilang agak nyentrik tersebut pastinya mendapat beragam reaksi yang berbeda-beda dari para pendengar, baik yang suka ataupun sebaliknya.

Karena itu, kali ini Gamebrott akan memberikan sebuah list 10 lagu boss battle yang kami anggap sangat “unik” atau “tidak biasa” kalian dengar. Lagu boss battle yang akan kami sajikan ini tidak berarti bahwa lagu itu bagus ataupun jelek, karena penilaian tersebut kami kembalikan lagi kepada kalian sebagai para pendengar dengan selera musik yang berbeda-beda. Untuk mempersingkat waktu, yuk langsung saja kita lihat listnya:

1. Legend of Legaia – Songi Battle Theme

 

 

Yang pertama, kita mulai dari salah satu game J-RPG legendaris Playstation 1 yang sempat fenomenal pada zamannya, yaitu Legend of Legaia. Game ini memiliki salah satu karakter antagonis bernama Songi yang sangat begitu dispesialkan meski dia sendiri bukanlah sosok final boss dari game Legend of Legaia.

Lagu boss battle yang mengudara ketika player menghadapi Songi juga terdengar sangat berbeda dibandingkan lagu-lagu boss battle lainnya dalam game ini. Lagu ini memiliki sedikit unsur heavy metal dan rock di dalamnya, terutama dari segi dominannya nada ketukan pedal drum. Dengan tempo cepatnya, Suasana yang dibawakan oleh lagu ini mungkin bisa membuat kita merasa mendapat tekanan yang agresif dari Songi.


 2. Xenogears – Knight of Fire

 

 

Sama seperti Legend of Legaia, game yang berjudul Xenogears ini juga sempat melegenda pada zamannya. Lagu boss battle ini awalnya terdengar seperti lagu boss battle dari game-game J-RPG pada umumnya. Namun dalam jeda di bagian pertengahan lagu, muncul suara seperti pengumuman yang bisa kita dengarkan dengan nada yang berbisik-bisik. Menariknya banyak fans penasaran dan ingin mencoba memecahkan misteri dari suara bisik-bisik tersebut.

Suara bisik-bisik dari lagu boss battle Xenogears ini ternyata adalah suara putusan vonis hakim kepada seorang terdakwa. Meski belum tentu akurat, liriknya kurang lebih seperti ini: “Total Sentence Imposed Is Ten” (diputar secara berulang-ulang)


3. Breath of Fire IV – A Warring God

 

 

Merupakan lagu boss battle khusus yang hanya akan muncul ketika kita bermain sebagai Fou Lu, bukan sebagai Ryu. Lagu pertarungan boss dari game Breath of Fire IV ini sangat terdengar tidak biasa. Karena memiliki nuansa seperti lagu dari game fighting yang dileburkan ke dalam game-game RPG.

Bagi yang belum tahu Breath of Fire adalah game RPG yang diproduksi oleh Capcom. Bisa jadi Capcom mungkin terinspirasi dengan Street Fighter dalam menciptakan lagu tersebut.


4. Legend of Dragoon – Boss Battle 3

 

 

Masih ingat dengan Legend of Dragoon ? Sebuah game PS1 yang bisa dibilang pada saat itu merupakan pesaing terberat dari Final fantasy VIII karena sama-sama memiliki 4 disc dalam satu gamenya ? Lagu boss battle ketiga di game ini kami anggap memiliki nuansa yang sangat misterius. Sebagian juga ada yang menganggap bahwa lagu ini memberi sebuah kesan yang agak spooky terlepas game Legend of Dragoon sendiri bukanlah sebuah game RPG horror.


5. Koudelka – Patience & Kiss Twice

 

 

 

Merupakan game PS1 terakhir yang kami berikan di list ini, yaitu Koudelka. Meski game ini adalah sebuah game RPG Horror, namun lagu final boss dalam Koudelka di sini justru malah terasa sangat aneh. Anehnya bukan karena terlalu seram atau mempunyai nada-nada yang berbau jumpscare secara berlebihan, melainkan karena hubungan tema lagu dengan monster boss dalam game Koudelka ini sama sekali tidak sinkron, apalagi jika tergolong sebagai final boss.

Bila kita membayangkan dikejar-kejar oleh mahluk menyeramkan seperti di thumbnail video di atas, dan saat kita dipaksa bertarung, muncul sebuah backsound lagu yang membuat kita sudah tidak takut lagi dengan tensi horror yang diberikan dalam gamenya. Jadi ya seperti itulah lagu final boss dalam game Koudelka ini.


6. Final Fantasy X-2 – Let Me Blow You a Kiss

https://www.youtube.com/watch?v=UISKRfzq67A

 

https://www.youtube.com/watch?v=GzgNecVE7fE&t=158s

 

Dikenal sebagai seri Final Fantasy yang paling feminim, Final Fantasy X-2 juga punya sebuah lagu menarik yang benar-benar khusus dipersembahkan untuk karakter-karakter tertentu, contohnya seperti Leblanc dan kedua anak buahnya. Leblanc adalah musuh yang harus dihadapi oleh Yuna dan kawan-kawannya di awal game.

Lagu pertarungan melawan leblanc ini memiliki nuansa yang agak girlies ditambah dengan sentuhan musik-musik oriental kontemporer di dalamnya. Sepertinya mungkin banyak gamer wanita yang sangat menyukai dan menikmati lagu ini ketika memainkan Final Fantasy X-2.


7. (Dot)Hack Infection – Skeith Battle Theme

 

 

Sebenarnya game ini memiliki cukup banyak lagu-lagu pertarungan boss yang cukup unik karena konsep retro dan dunia game online yang dibawakan .Hack sangat begitu fresh sekali pada masanya saat dirilis di PS2. Namun sepertinya lagu dari Skeith ini adalah salah satu lagu boss battle yang paling memorable di dunia .Hack.

Lagu ini meski secara umum membawa tema retro, namun kesan serius dan tensi tinggi yang begitu menghantui kita dalam bertarung melawan Skeith sebagai Boss terakhir di .Hack Infection benar-benar tidak ditinggalkan pada lagu ini. Ditambah lagi boss ini menurut banyak gamer dikenal sebagai salah satu final boss yang paling sulit dikalahkan dalam sejarah game J-RPG. Sehingga bisa dibilang bahwa ini adalah lagu yang dapat memberi kalian mimpi buruk ketika bermain .Hack.


8. Persona 5 – River in the Desert

https://www.youtube.com/watch?v=jaIo82uT0qs

 

 

Bagaimana bila lagu pop barat secara gamblang dijadikan sebagai lagu pertarungan boss battle ? Shoji Meguro, lewat franchise Persona-nya memang suka sekali bereksperimen menciptakan lagu yang beliau sesuaikan dengan perkembangan zaman. Pada game Persona 5, terdapat sebuah lagu boss battle bernuansa pop barat yang hanya khusus bisa kita dengarkan saat melawan boss-boss di akhir game, termasuk dengan boss rahasia seperti Justine dan Caroline di atas.

Lagu yang berjudul River in the Desert ini sedikit mengingatkan kita dengan lagu yang biasa dinyanyikan oleh Beyonce, terutama dengan nada tingginya dan merasa gaulnya kalian ketika mendengarkan lagu tersebut. Namun lagu ini sebenarnya dinyanyikan oleh seorang penyanyi dari jepang yang bernama Lyn Inaizumi. Beliau sendiri sudah lama bekerja sama dengan Shoji Meguro dalam menciptakan lagu-lagu keren lain di franchise Persona.


9. Star Ocean Till the End of Time – Bitter Dance

 

 

Dari lagu pop sekarang kita beralih ke sebuah lagu hip-hop. Star Ocean 3 kali ini mempunyai lagu boss battle yang sangat nyentrik karena mengambil unsur hip-hop dalam lagunya. Bahkan sebagian liriknya yang berupa “Work that body, work that body” justru diambil dari lirik lagu Space Jam. Jadi mungkin bisa dibilang bahwa komposer dari game ini memang gemar meremix lirik-lirik lagu barat lain yang ia komposisikan sedemikan rupa guna menciptakan lagu yang benar-benar tidak biasa tersebut.

Lagu boss battle ini bisa kalian jumpai di disc 2 pada game ini, paling banyak bisa kalian dengarkan saat kalian sudah mencapai Sphere Company. Sebagian player dikabarkan memang ada yang tidak menyukai lagu boss battle ini, dikarenakan tidak biasanya mereka mendengar lagu semacam ini dalam game-game RPG. Namun jika kalian adalah orang yang gemar berpesta, sepertinya kalian pasti akan suka mendengarkan lagu boss battle yang berjudul Bitter Dance ini.


10. Shadow Hearts: Covenant – Battle with the Fallen Angel

 

 

Wah rupanya kita patut berbangga melihat lagu dari negeri kita tercinta ini benar-benar dilirik untuk diolah sebagai lagu remix khusus dalam pertarungan Yuri Volte Hyuga cs melawan Astaroth di game Shadow Hearts: Covenant. Dengan lantunan lirik “mari menyusun, seroja, bunga seroja“, lagu boss battle ini jelas diambil dari salah satu lagu dangdut melayu ciptaan Husein Bawafie yang berjudul Seroja. Mungkin bagi yang belum tahu, lagu ini sempat dipopulerkan oleh Said Effendi di tahun 1960-an hingga oleh penyanyi dangdut Iis Dahlia di era 90-an.

Meski diremix dari lagu Indonesia, sang komposer tetap tidak menghilangkan unsur-unsur kebudayaan nusantara yang kental dari lagu ini. Terlihat di awal lagu kita mendengar suara lantunan angklung yang begitu indah menghiasi sepanjang lagu, tak ketinggalan juga dengan nuansa dangdut klasik yang mungkin bisa membuat kita semua tertarik untuk bernostalgia bersama.


Setelah melihat list kami di atas, sebenarnya masih banyak lagu-lagu boss battle “nyentrik” lain yang belum sempat kita ketahui. Namun jika kalian ternyata memang punya lagu-lagu boss battle unik lain di luar dari list yang kami berikan, tidak ada salahnya kok untuk membagikannya bersama kita semua di sini.

Exit mobile version