10 Lagu Tersulit Guitar Hero Saat Dimainkan dengan Joystick

in , ,

Game Guitar Hero dulu tentunya sempat meledak dan sangat nge-tren terutama di masa-masa Rental Playstation 2 mulai menjamur di seluruh daerah di Indonesia. Dan tentunya dulu game Guitar Hero ini menjadi salah satu game yang membawa banyak dampak dalam dunia per-rentalan. Mulai dari mengenalkan kita ke lagu-lagu rock dan metal terbaik terutama yang klasik, juga menjadi game baru yang banyak digunakan sebagai ajang duel antar pemainnya.

Hebatnya, saya yakin mayoritas gamer di Indonesia memainkan game-game Guitar Hero ini berbekal joystick Playstation 2. Karena sepertinya sangat jarang bisa menemui rental Playstation 2 yang memiliki kontroler khusus untuk Guitar Hero yang terhitung mahal. Dan karena hal itu biasanya gamer Indonesia hanya mencicipi seri-seri yang bisa dimainkan dengan joystick, yaitu Guitar Hero 1, Guitar Hero 2, Guitar Hero 2 Encore: Rock the 80’s, dan Guitar Hero III: Legends of Rock.

Namun dengan hanya joystick Playstation 2 ini banyak gamer yang mampu menaklukan lagu-lagu tersulit dalam seri-seri Guitar Hero di atas. Dan di listicle ini Gamebrott telah mendaftar 10 Lagu Tersulit Guitar Hero yang Dimainkan dengan Joystick.

10. Ozzy Osbourne – Bark at The Moon (Guitar Hero 1)

Kita buka daftar ini dengan Bark at The Moon yang menjadi lagu paling sulit di Guitar Hero pertama. Mungkin lagu ini dianggap tidak terlalu sulit bila dibandingkan dengan lagu-lagu lain di daftar ini. Namun, mengingat lagu ini muncul di saat banyak gamer yang belum familiar dengan mekanisme kontrol joystick Guitar Hero. Bisa dipastikan banyak korban gagal dari lagu ini.


9. Lynryd Skynryd – Free Bird (Guitar Hero 2)

Lagu yang satu ini merupakan salah satu lagu terpanjang dalam sejarah Guitar Hero yaitu sekitar 9 menit, sekaligus menjadi salah satu yang tersulit karena gitar solo yang terhitung cepat dan sulit. Meski begitu lagu ini kelihatannya juga menjadi salah satu favorit para gamer terutama karena banyak dari mereka yang mengenali lagu ini dari game GTA San Andreas.


8. Muse – Knight of Cydonia (Guitar Hero III: Legends of Rock)

Salah satu lagu modern yang berhasil masuk dan bukan dari band metal. Variasi kombo dari Knight of Cydonia sebenarnya tidak terlalu kompleks. Namun panjang, serta berderetnya kombo tombol pada intro dan gitar solo yang harus kamu tekan mungkin bisa membuatmu gila terutama di tingkat kesulitan Hard dan Expert. Terlebih karena kamu menggunakan joystick.


7. All That Remain – Six (Guitar Hero 2)

Mungkin jadi salah satu yang kurang populer di daftar ini, karena lagu ini sendiri bukan berada di daftar lagu utama namun harus membelinya di Store terlebih dahulu. Namun bila membicarakan tentang kombo gitar yang kompleks dan cepat, lagu ini merupakan salah satu yang paling menantang di Guitar Hero 2.


6. Metallica – One (Guitar Hero III: Legends of Rock)

Tidak lengkap rasanya tidak memasukkan Metallica ke daftar ini, karena meskipun mereka memiliki game Guitar Hero sendiri. Namun hanya lagu yang bisa dicicipi dengan joystick. Dan lagu ini sendiri terhitung sangat sulit karena kombo yang cepat, bertumpuk, dan juga berganti yang membuat lagu ini rasanya tidak mungkin dimenangkan dengan joystick di difficulty Expert.


5. Megadeth – Hangar 18 (Guitar Hero 2)

Pada jamannya, lagu ini menjadi salah satu yang paling dihindari oleh para pemain di stage terakhir. Terlepas karena lagu-lagu lain “lebih terkenal”, lagu ini sendiri juga sangat sulit terutama di bagian gitar solonya yang cepat dengan variasi yang lumayan gila terlebih tentunya untuk memastikan combo-mu tetap penuh dengan menggunakan joystick.


4. Guitar Battle vs. Lou – The Devil Went Down To Georgia (Guitar Hero III: Legends of Rock)

Sebagai lagu yang digunakan sebagai lagu pemungkas melawan bos terakhir, lagu ini tentunya menjadi salah satu lagu tersulit untuk dikalahkan di game Guitar Hero III. Terutama bila kamu menggunakan tingkat kesulitan Hard dan Expert. Lagu ini sendiri aslinya merupakan cover metal, karena lagu aslinya merupakan lagu country. Namun tentu lagu ini tidak bisa dipandang sebelah mata.


3. Slayer – Raining Blood (Guitar Hero III: Legends of Rock)

Banyak yang menganggap lagu yang satu ini merupakan lagu tersulit dalam sejarah Guitar Hero. Satu alasan lagu ini tidak di nomer 1 tentunya karena masalah popularitas, namun untuk masalah kesulitan lagu ini sendiri sebenarnya bisa diadu. Karena tempo lagu ini sangat cepat dengan kombinasi antara satu tombol berderet serta variasi tombol. Dan bahkan lagu ini merupakan satu-satunya lagu di Guitar Hero yang memiliki kombo 5 tombol.


2. Buckethead – Jordan (Guitar Hero 2)

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu lagu tersulit dalam serinya, karena lagu ini sendiri merupakan gitar solo penuh. Dan karena Buckethead sendiri sejatinya adalah gitaris Guns n Roses di samping Slash. Maka kamu bisa mengharapkan sebuah solo gitar selama 4 menit dengan segala variasi kombo-nya. Terlebih lagu ini merupakan salah satu logo dengan jumlah note terbanyak ketika melakukan kombo.


1. Dragonforce – Through The Fire And Flames (Guitar Hero III: Legends of Rock)

Sudah tertebak? Overrated? Tidak layak? Namun faktanya memang Through The Fire And Flames atau yang disingkat TTFAF ini tentunya menjadi salah satu lagu yang paling banyak dimainkan oleh para pemain di Guitar Hero di tingkat kesulitan apapun dengan tingkat kegagalan yang terhitung tinggi. Karena lagu ini sendiri memiliki gitar solo pembuka dengan kombinasi paling sulit yang menyebabkan mayoritas pemain gagal di 5% dari lagunya. Bahkan saking sulitnya lagu ini, TTFAF ternyata awalnya akan digunakan sebagai lagu final melawan Lou. Namun karena terlalu sulit akhirnya lagu ini diganti dengan The Devil Went Down To Georgia dan TTFAF diletakkan sebagai lagu bonus.


Bonus: Don’t Try This Song (Guitar Hero III: Legends of Rock)

 

Saya yakin tidak banyak dari kalian yang tahu akan keberadaan lagu ini. Karena hanya orang-orang terpilih lah yang bisa memainkan game ini di Guitar Hero 3. Bisa kamu lihat sendiri bahwa kombo di lagu ini sangat-sangat gila dan hampir tidak mungkin untuk mendapatkan nilai sempurna dengan kontroler gitar, apalagi menggunakan joystick. Variasi note-nya terus berganti dengan cepat dengan jumlah yang pasti akan membuat tangan kalian pegal.

 

Dan yang menjadikan lagu ini tidak menjadi lagu tersulit dalam sejarah Guitar Hero karena faktanya bahwa lagu ini hanya tersedia untuk para pemain Guitar Hero 3 di PC saja. Ya, karena lagu ini sendiri menurut cerita merupakan lagu mod yang dibuat dan dimasukkan oleh modder ke dalam versi PC-nya. Lagu asli dari lagu ini adalah We Three Kings – Steve Ouimette. Jadi karena lagu ini bukan lagu resmi maka posisinya bergeser menjadi lagu bonus.


Dan itulah tadi 10 lagu tersulit yang bisa kamu mainkan menggunakan joystick. Terlepas kamu menggunakan tingkat kesulitan apapun, lagu-lagu ini sendiri mungkin menjadi bagian dari memori masa kecilmu dimana kamu akhirnya mengenal lagu-lagu rock dan metal terbaik di seluruh dunia dan mungkin saja terus mendengarkan lagu-lagu tersebut atau bahkan belajar gitar karena game ini.

Bagaimana denganmu sendiri, apa lagu yang menurutmu paling sulit atau yang paling kamu gemari di seri Guitar Hero? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar!


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang listicle atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at galihka@gamebrott.com

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at galihka@gamebrott.com