10 Negara Dengan Kecepatan Unduhan 5G Tercepat di Dunia

in ,
5 G Di Indonesia

Sejak awal tahun lalu, telah banyak negara yang melakukan komersialisasi dan beralih menggunakan teknologi jaringan 5G. Salah satu keunggulan utama jaringan 5G dibandingkan 4G adalah kecepatan jaringan.

Namun, seiring dengan berlanjutnya komersialisasi 5G, berbagai negara memiliki kecepatan jaringan 5G yang berbeda. Faktanya, operator berbeda di negara yang sama memiliki kecepatan 5G yang berbeda.

Berikut adalah 10 negara dengan kecepatan 5G rata-rata tercepat di dunia. Sumber dari artikel ini merupakan hasil laporan dari OpenSignal. Dimana mereka telah menganalisis pengalaman pengguna 5G dunia nyata di seluruh operator seluler di sejumlah negara secara global.

Berikut adalah 10 negara teratas dengan kecepatan download 5G tercepat di dunia:

1. ARAB SAUDI

Arab Saudi merupakan salah satu negara yang sangat antusias dalam penerapan 5G di negara mereka hingga kemudian pada Juni 2019, STC Group secara resmi mengumumkan peluncuran layanan komersial 5G di Arab Saudi.

Perusahaan ini menjadi operator pertama di Kerajaan yang menyediakan layanan ini secara komersial dan menyediakannya bagi pelanggan di sejumlah kota. Secara global, negara ini menduduki peringkat 1 dengan kecepatan unduhan rata-rata 414,2 Mbps.

2. KOREA SELATAN

Posisi kedua kembali diraih oleh negara di benua Asia, sebagai negara pertama yang meluncurkan 5G secara komersil pada 3 April 2019. nampaknya Korea Selatan betul-betul berambisius, saat itu SK Telecom Co., KT Corp., dan LG Uplus Corp. semuanya menyebarkan jaringan 5G di seluruh negeri.

Hingga saat ini, sudah sekitar 85 kota dari 100++ kota di negara ini memiliki jaringan 5G. Kemudian dalam sebuah laporan pada April 2020, Korea Selatan kini memiliki lebih dari enam juta pelanggan 5G. Menduduki posisi kedua, negara ini memiliki kecepatan unduhan rata-rata 312,7 Mbps.

3. AUSTRALIA

Meskipun komersialisasi 5G di Australia dimulai pada 2019, sampai saat ini hanya kota-kota tertentu yang memiliki jaringan 5G. Telstra adalah operator pertama di Australia yang meluncurkan jaringan 5G-nya. Kemudian pada Maret 2020, Vodafone mengaktifkan menara 5G pertamanya di Parramatta, New South Wales, dan melanjutkan peluncurannya sepanjang tahun 2020.

Saat ini, area yang telah terjangkau oleh jaringan 5G tersedia di lebih dari 10 kota besar dan kecil di seluruh Australia. Diantaranya adalah Brisbane, Sydney, Melbourne, Adelaide, Perth, Canberra, Hobart, Launceston, Gold Coast, Toowoomba, dll. Untuk kecepatanya, Australia memiliki rata-rata kecepatan unduh 215,7 Mbps.

4. TAIWAN

Berbeda dengan Korea Selatan, komersialisasi 5G di Taiwan terbilang masih sangat baru. Dimana operator Far EasTone (FET) menjadi operator pertama yang telah meluncurkan 5G di seluruh kota metropolitan Taiwan. Untuk kecepatnya, taiwan menduduki peringkat keempat dengan kecepatan unduh rata-rata 210,2 Mbps.

5. KANADA

Sama seperti Taiwan, Kanada merupakan negara yang abru saja mengadopsi jaringan 5G dan baru berumur beberapa bulan. Penyebaran 5G di negara tersebut masih belum merata dan hanya menjangkau sebagian kecil wilayah saja.

Saat ini, operator seperti Rogers, Bell, dan Telus mengoperasikan jaringan 5G di Kanada. Kota-kota seperti Vancouver, Calgary, Edmonton, Toronto, Ottawa, dan Montreal saat ini memiliki jaringan 5G di beberapa wilayah. Dalam hal kecepatan, menduduki peringkat 5, Kanada memiliki rata-rata kecepatan unduhuan 178,1 Mbps.

6. KUWAIT

Sama seperti Arab Saudi, layanan 5G komersial di Kuwait sudah ada sejak Juni 2019. Sebagai negara yang berada di benua Asia tengah, Kuwait terbilang sangat cepat dalam pengadopsian jaringan 5G ini. Menurut OpenSignal, sebagai negara yang menduduki peringkat terkait kecepatan unduh 5G, negara ini memiliki kecepatan unduh 5G rata-rata mencapai 171,5 Mbps.

7. SWISS

Swiss adalah salah satu negara pertama di dunia yang mulai menerapkan 5G  secara komersil pada tahun 2019. Namun, karena kekhawatiran kesehatan atas radiasi dari antena 5G, telah terjadi perlambatan dalam penerapannya.

Saat ini, Swiss memiliki ratusan antena 5G di negaranya, sehingga menjadikannya salah satu pelopor 5G di dunia. Untuk kecepatan unduhan 5G di negara tersebut, Swiss memiliki rata-rata kecepatan mencapai 150,7 Mbps

8. HONGKONG

Sama seperti Taiwan dan Kanada, Hong Kong juga baru-baru ini menerapkan jaringan 5G secara komersil. DImana pada 1 April 2020, HKT, Hutchison 3, dan China Mobile Hong Kong (CMHK) meluncurkan layanan 5G.

Saat ini, layanan 5G CMHK tersedia di lebih dari 90% wilayah utama Pulau Hong Kong. Menduduki posisi ke-8, Hongkong memiliki kecepatan unduhan rata-rata mencapai 142,8 Mbps.

9. BRITANIA RAYA

Inggris adalah salah satu negara pertama di dunia yang secara resmi mengkomersialkan 5G. Mereka memulai mengenalkan jaringan 5G mereka pada Mei 2019 silam. Saat itu hanya dua operator jaringan (EE dan Vodafone) di Inggris yang menawarkan layanan 5G.

Saat ini, empat operator utama di Inggris telah menawarkan layanan 5G. Menduduki posisi ke-sembilan, Inggris memiliki kecepatan unduh 5G-nya rata-rata 133,5 Mbps.

10. JERMAN

Jerman adalah salah satu negara dengan layanan 5G terluas, saat ini jaringan 5G di negara tersebut telah tersedia di lebih dari 1.000 kota dan diperkirakan 40 juta orang Jerman sudah menggunakan jaringan 5G.

Di Jerman, kota-kota besar seperti Berlin, Hamburg, Munich, Cologne, dan Frankfurt sudah memiliki layanan 5G yang tersebar luas. Sebagai negara terluas yang menerapkan 5G, Jerman berada di poringkat kesepuluh dengan kecepatan rata-rata 102,0 Mbps.

Jadi itu adalah 10 negara dengan kecepatan download atau unduhan 5G tercepat di dunia. Untuk Indonesia sendiri, pemerintah masih terus menggodok serta mempersiapkan peraturan untuk mengimplementasikan jaringan 5G tersebut.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]

 

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]