11 Pemandangan Indah Game yang Disulap dengan Mod Grafis

cover 2

Salah satu alasan mengapa PC klaim diri mereka sebagai master race adalah karena keberadaa komunitas modding yang bisa sulap habis-habisan game vanilla mau itu di segi gameplay ataupun visual seperti mod grafis. Mod grafis terkadang begitu ambisius dengan misi mereka sampai-sampai benar-benar membuat game terlihat beda dari yang dibuat developer. Berikut adalah 11 pemandangan indah game yang disuntikkan mod grafis

1. The Elder Scrolls V: Skyrim

Kamu mungkin sudah tebak Skyrim akan hadir di list ini karena game satu ini menjadi rajanya komunitas mod sekarang ini (dan juga karena kamu lihat gambar cover artikel ini). Puluhan dan mungkin ratusan mod visual sudah ada untuk game ini, membuat kami sempat bingung untuk memilih yang mana. Tapi pada akhirnya kami memilih kombinasi mod yang digunakan oleh Fatal dodo yang gunakkan ENB Natural Lighting and Atmospherics 2.0 serta ratusan mod lainnya.


2. Grand Theft Auto V

Game Rockstar selalu jadi langganan untuk disulap grafisnya oleh para modder. Mungkin itu alasan utama kenapa gamer PC selalu kecewa kenapa mereka tak kebagian game mereka bersamaan dengan yang console. Sama seperti Skyrim, banyak sekali mod visual yang hadir untuk game ini, tetapi untuk kesempatan ini kami memilih pilihan dari GTA Workshop yang gunakkan GTA V REDUX.


3. Grand Theft Auto IV

Satu lagi game GTA yang hadir di list ini. Youtuber Fonia5 gunakan mod ICEnhancer dan kumpulan mod texture lainnya (mod list ada di deskripsi video) untuk dapatkan hasil memuaskan berikut ini. Hasil akhirnya membuat game terlihat jauh berbeda dari vanilla mulai dari tone warna yang tidak sekedar abu-abu seperti pada vanilla serta texture yang jauh lebih detil.


4. Grand Theft Auto: SA

“Lagi-lagi GTA?” mungkin kamu bertanya, tidakkah saya bilang jika game Rockstar jadi langganan soal mod visual? Dan juga ini akan jadi GTA terakhir yang tampil pada list ini. Meskipun menjadi game lama yang mulai berusia 12 tahun, komunitas San Andreas masih aktif dalam mengindahkan nostalgia mereka ini. Pada gambar ini, digunakan ENB dari Rusflah dan juga mod Insanity Ezekiel yang berikan texture baru kepada game.

https://www.youtube.com/watch?v=u9F5mYspAb0


5. The Witcher 3

The Witcher 3 sempat kontroversial sebelum dirilis karena downgrade antara versi yang diperlihatkan di E3 dengan versi final. Namun dengan bantuan komunitas mod yang bahkan didukung sepenuhnya oleh CD Projekt, banyak karya indah yang telah dihasilkan salah satunya adalah mod visual satu ini. Dengan misi utama membawa kembali visual yang diperlihatkan di E3, PATHOS reshade hampir berhasil bawakan visual dark gritty tersebut.


6. Minecraft

Disaat orang sering menilai Minecraft sebagai game dengan “grafis murahan”, komunitas game ini mulai habis-habisan sulap visual game ini dengan bantuan texture pack dan reshade. Dengan texture pack resolusi 256×256 serta shader lainnya, berikut adalah hasil yang didapatkan Wurmisaft.

Page 1 | Page 2

7. Fallout 4

Kembali game Bethesda masuk kedalam list ini. Kali ini Fallout 4 yang komunitas moddingnya terus berkembang telah hasilkan beberapa mod visual menakjubkan. Salah satunya adalah yang diperlihatkan Willy Norbit ini. Dengan bantuan beberapa mod seperti Texture overhaul, Wasteland creatures redone dan lain-lain (mod list ada di deskripsi video), Youtuber ini berhasil berikan warna baru ke Fallout 4. 

https://www.youtube.com/watch?v=d6qpIKLmQzs


8. Fallout New Vegas

Kembali game dari Bethesda hadir di list ini, tetapi yang satu ini diurus oleh Obsidian Entertainment. Meskipun begitu, game ini miliki komunitas modding yang jauh lebih aktif dari Fallout 3 dan bahkan Fallout 4. Untuk urusan mod visual, video yang diupload oleh NCRvet ini adalah salah satu hasil dari komunitas modding game ini. Dengan bantuan Super Duper ENB dan beberapa mod texture lainnya (mod list di deskripsi video), disulaplah wasteland menjadi sesuatu yang lebih indah untuk dipandang.

https://youtu.be/921pkXMpy-Q


9. Crysis

Meskipun telah berumur 10 tahun, Crysis hingga saat ini masih terlihat indah. Ditambah dengan kumpulan mod grafis yang ada, game ini tak kalah cantik kualitas grafisnya dengan game-game next gen sekarang. Mod Photorealistic dari CryZENx bawakan lighting dan efek visual lainnya yang begitu menggugah mata meskipun game ini sendiri sudah berusia tua.


10. Star Wars: Battlefront

Star Wars: Battlefront pada dasarnya telah miliki kualitas grafis yang menakjubkan, namun dengan sedikit tambahan SweetFX, game yang dibuat dengan Frostbite Engine 3 ini makin bikin mata berair. Bayangkan apa jadinya ketika Frostbite Engine 4 nanti dimod seperti ini.


11. Half Life 2

Half Life 3 masih belum dikonfirmasi, maka dari itu fans mencoba membuat visual Half Life 2 yang kini telah berumur hampir 13 tahun menjadi lebih cantik dari sebelumnya. Dengan bantuan Cinematic mod, Half Life 2 terlihat lebih indah dari yang kamu ingat.

Page 1 | Page 2

Exit mobile version