10 Pengkhianatan Paling Berbekas di Video Game


Follow Us

Tak ada yang lebih mengejutkan dan bikin sakit hati selain mengetahui orang yang kamu kira adalah teman baikmu ternyata menusukmu dari belakang. Kamu sangka orang tersebut bisa dipercayai sepenuh hati dan kamu tahu semua tentang dirinya, tapi kau tak tahu jika ada maksud tertentu dibalik kesetiaan sementaranya itu. Bahkan untuk karakter fiksi video game, pengkhianat selalu membuat kita bertanya “WTF?”. Berikut adalah 10 karakter pengkhianat paling bikin sakit hati.

Nulis artikel dibayar

Warning: Melihat disini akan membahas karakter yang ternyata adalah pengkhianat, maka dari itu SPOILER ALERT!


10. Edgar Ross (Red Dead Redemption)

Sebagai ketua dari bureau of investigation, Edgar menginginkan semua anggota gang penjahat yang masih berkeliaran di sekitar di kota. Dia memaksa John Marston, mantan gang tersebut, untuk membunuh semua rekannya agar dia bisa bertemu kembali dengan keluarganya. John yang terpaksa berhasil untuk menepati tawaran Edgar dan kembali bertemu dengan keluarganya.

Namun disaat dia berpikir dia bisa hidup damai bersama keluarganya kembali, Edgar bersama pasukannya menggeromboli dia dan keluarganya untuk menyelesaikan misinya yaitu membunuh semua orang yang terlibat dengan gang kriminal tersebut. John relakan hidupnya diserbu pasukan Edgar agar anak dan istrinya bisa melarikan diri.

Setidaknya, kamu dapat membalas dendam apa yang dilakukan Edgar ini dengan bermain sebagai anaknya, Jack Marston.


9. Lucy Stillman (Assassin’s Creed)


Telah menjadi sidekick Desmond Miles dari game pertama, Lucy mungkin menjadi karakter yang begitu kamu percayai karena dia mengkhianati Abstergo dan membantu Desmond melarikan diri. Namun tiba-tiba pada ending Assassin’s Creed: Brotherhood, Desmond (yang dikontrol Juno) tiba-tiba membunuh Lucy Stillman. Ending ini sempat membuat gamer bertanya “WTF?” selama satu tahun dan baru terjawabkan di sekuel selanjutnya.

Pada sekuel game ini – Assassin’s Creed: Revelation – terungkap bahwa Lucy adalah double agent dari Templar. Dia berpura-pura mengkhianati templar agar dapat membuat Desmond percaya dengan dirinya, dan dapat melanjutkan pencarian lokasi Apple of Eden yang kemungkinan akan dia curi tepat setelah didapatkan dan kembali lagi ke templar.


8. Wheatley (Portal 2)

Dari awal game Portal 2, Wheatley terlihat tak berdosa dan kocak yang ingin membantu sang protagonis – Chell bebas dari Aperture Science. Namun karena kesalahan tertentu, dia malah menghidupkan kembali GlaDOS dan membuat Chell kembali jadi kelinci percobaan sekaligus hiburan untuknya lewat tes-tes.

Dari sini, Wheatley makin menjadi satu-satunya teman Chell karena dia dari belakang layar terus mencari cara untuk mencari jalan untuk membantu Chell. Dia berhasil menghentikan GlaDOS dari membunuh Chell beberapa kali, dan pada akhirnya membantumu untuk mengalahkan GlaDOS untuk yang kedua kalinya.

BACA JUGA  Kumpulan Artis JAV Yang Pernah Menyegarkan Seri Game Yakuza

Kamu berhasil mengalahkan GlaDOS dan menaruh Wheatley untuk menggantikan posisinya. Wheatley yang kini menguasai seluruh fasilitas Aperture Science awalnya ingin untuk membebaskan Chell dari tempat tersebut, tetapi karena terbawa nafsu kekuasaan yang dimilikinya, dia membatalkannya dan ingin bermain dengan Chell seperti yang dilakukan GlaDOS, tetapi lebih buruk lagi.


7. Sarah Kerrigan (Starcraft: Brood War)

Setelah ditinggalkan mati oleh Arcturus Mengsk (yang pada dasarnya juga karakter pengkhianat di Starcraft) saat Zerg menyerbu area Tarsonis, Kerrigan tidak dibunuh oleh Zerg, tetapi ditangkap dan dimamfaatkan karena kemampuan psychic yang dia miliki. Dia diubah menjadi hybrid antara manusia dan Zerga dan menjadi prajurit terkuat yang dimiliki Zerg.

Dia kemudian mengkhianati ketua dari pasukan Zerg dengan mengambil ahli Cerebrate dan menghancurkan pasukan Protoss sekaligus pasukan Terran. Dia tak hanya mengkhianati pasukan Terran dengan menjadi bagian dari Zerg, dia juga mengkhianati Zerg yang memberikannya kekuatan lebih.


6. Albert Wesker (Resident Evil)

Tim Alpha yang terdiri dari Chris Redfield, Jill Valentine, Barry Burton dan Albert Weskers dikirim untuk mencari tahu status tim Bravo yang hilang kontak saat misi. Saat sampai, timmu diserang oleh anjing ganas yang membuat mereka bersembunyi ke sebuah rumah besar yang tak disangka diisi dengan makhluk mati yang mau memakanmu hidup-hidup.

Wesker yang sepanjang game terlihat tenang, keren, dan selalu memakai kacamata hitam meski dimalam hari menghilang, kemudian Chris dan Jill temukan ternyata dia selama ini adalah bagian dari Umbrella Corps, korporasi yang membuat virus zombie. Dia menjadi kapten dari S.T.A.R.S hanya sebagai double agent untuk Umbrella. Dia yang bertanggung jawab atas kematian tim Bravo, dan hanya mengantarkan tim Alpha kesana untuk melakukan jebakan yang sama. Wesker mati di akhir game pertama, tapi selalu saja kembali dari kubur dengan bantuan serumnya. Hanya perlu menunggu apakah dia akan kembali di Resident Evil selanjutnya.


5. General Shepherd (Modern Warfare 2)

Dari awal game, General Shepherd selalu menjadi suara utama yang mengisi loading screen dari Modern Warfare 2. Pria ini memperintahkan semua misi untuk tim US Marine Corps, US Army Rangers, dan juga TF 141.

BACA JUGA  13 Game Extreme Sport Terbaik yang Mungkin Kamu Ingat

Pada misi-misi akhir, gamer dikejutkan dengan Shepherd membunuh Ghost dan Roach dan membakarnya untuk menghilangkan bukti. Namun kenapa?  Semuanya karena dia ingin dipandang sejarah sebagai pahlawan. Setelah kehilangan 30.000 prajurit di timur tengah (Modern Warfare 1), Shepherd melihat kejadian ini sebagai kegagalan fantastis untuk pasukan Amerika. Untuk mengembalikan kembali nama baiknya serta negaranya, dia melakukan kerja sama dengan Makarov untuk memulai perang dunia antara Russia dan Amerika dengan misi “No Russian”.

Karena Ghost dan Roach memiliki bukti  keterlibatannya dengan Makarov, dia membunuh keduanya untuk memastikan mereka tidak menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Dia juga menjadikan Soap dan Price sebagai kriminal paling dicari untuk pastikan rencanannya berjalan sesuai rencana.


4. Frank Fontaine AKA Atlas (Bioshock dan Burial At Sea Part 2)

Setelah kecelakaan pesawaat, Jack memasuki Rapture, kota bawah air yang dibangun oleh Andrew Ryan. Orang pertama yang dia temui adalah Atlas, yang begitu sopan dengan Jack melihat seluruh perintahnya diawali dengan “would you kindly …?”. Tetapi semua itu ternyata punya alasan sendiri.

Kamu selama ini adalah anak dari Andrew Ryan yang diculik dan dicuci otak untuk selalu menuruti perintah yang diawali dengan kalimat “Would you kindly… ?” Dia mengirimmu kembali ke Rapture agar bisa membunuh ayahmu sendiri. Jack nantinya terlepas dari cuci otak tersebut dan berhadapan langsung dengan Atlas ataupun Frank Fontaine yang kini telah menjadi monster akibat dosis Adam yang berlebihan.

Pada DLC Bioshock Infinite yaitu Burial At Sea 2, karakter ini kembali tampil dan menjanjikan akan melepas little sister apabila Elizabeth berhasil dapatkan kode aktivasi yang dia perlukan. Elizabeth terima tawaran tersebut, dan yang dia dapatkan bukanlah seperti yang dia harapkan. Elizabeth langsung dibunuh ditempat setelah dia memberitahu apa kode aktivasi tersebut (spoiler: kodenya adalah would you kindly …?).


3. Kain Highwind (Final Fantasy IV)

Karakter ini bisa saja menjadi no. pertama karena dia tak hanya mengkhianati protagonis sekali atau dua kali, tetapi berkali-kali sepanjang game. Karakter ini awalnya diperkenalkan sebagai teman baik dari si protagonis, Cecil. Dia mungkin sedikit mencoba untuk meraih hati kekasih si protagonis yaitu Rosa, tetapi dia mempunyai tujuan yang sama dengan protagonis yaitu mengalahkan Golbez dan rencana jahatnya.

Pengkhianatan Kain pada dasarnya dikarenakan oleh dirinya dikontrol oleh Golbez. Dibawah kontrol Golbez, dia mengkhianati Cecil dan teman-teman, lalu kembali menjadi baik, dan jadi jahat lagi, dan terus seperti itu sampai kamu bingung sendiri apakah karakter ini memang masih dibawah kontrol Golbez atau tidak. Tetapi setelah dirinya benar-benar terlepas dari kontrol Golbez, dia kembali “mengkhianati” Cecil dengan tidak menghadiri pernikahannya dengan Rosa. Kemungkinan besar karena cemburu, tapi game menjelaskannya dia malu akan perbuatannya.

BACA JUGA  14 Game Indie Sukses yang Dikembangkan oleh Satu Orang

2. Big Smoke dan Ryder (Grand Theft Auto: San Andreas)

Sebagai karakter yang pertama kamu temui dan juga orang yang selalu berikanmu misi untuk “kebaikan Groove Street Gang” menusuk dari belakang untuk kebaikan mereka sendiri. Big Smoke dan Ryder selama ini diam-diam berkerja sama dengan gang rival The Ballas selama ini karena mereka lebih sukses dalam bisnis narkoba mereka. Big Smoke juga ternyata pernah ingin mencoba membunuh Sweet dengan “Green Sabre”, namun gagal dan malah membunuh ibunya CJ, membuat CJ kembali ke kampung halamannya.

Setelah pulangnya CJ, Big Smoke dan Ryder berpura-pura masih setia dengan gang hijau di saat yang sama mereka diam-diam  berkerja untuk The Ballas. CJ pada akhir game mencoba membalas dendam kepada dua karakter ini karena telah membunuh ibunya, mencoba membunuh Sweet dan berkhianat kepada gang sendiri.


1. The Boss (Metal Gear Solid 3)

The Boss, mentor dari Naked Snake, diperkenalkan sebagai pengkhianat US dan harus dibunuh agar dapat menjaga hubungan antara US dan USSR. Namun melihat kita bicara soal game Kojima disini, tentu saja cerita takkan sesederhana itu. Bisa dibilang untuk yang satu ini adalah pengkhianatan diatas pengkhianatan.

Pada akhir game, terungkap bahwa The Boss bukanlah pengkhianat yang sesungguhnya, dia ditugaskan untuk menjadi double agent US untuk memata-matai Volgin agar dapat mendapatkan informasi akan lokasi Philosopher’s Legacy. The Boss yang pada akhirnya dikhianati negaranya sendiri dengan diperintahkannya Naked Boss untuk membunuhnya. Kini The Boss dikenang oleh US sebagai pengkhianat negara disaat pada nyatanya dia lakukan yang terbaik untuk negara tercintanya. Bagi Naked Snake sendiri, mentornya adalah seorang patriot.


Tentunya masih banyak karakter pengkhianat yang ada di video game. Maka dari itu sebutkan karakter yang menurutmu pengkhianatannya paling berbekas dan tak terlupakan olehmu!


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item