10 Referensi Video Game yang Hadir di Film Free Guy

Free Guy

Mengadaptasi video game dalam sebuah film menjadi hal yang umum dilakukan para studio produksi selama bertahun-tahun. Namun sayang, kebanyakan adaptasi mereka gagal dan hanya sedikit yang berhasil melakukannya dengan sempurna.

Meskipun mereka masih belum menyerah dan terus melakukannya dengan beberapa adaptasi yang cukup sukses, tak sedikit yang buat langsung filmnya dengan “melibatkan” langsung video game menjadi konten maupun temanya. Salah satunya adalah Ready Player One dan yang paling baru, Free Guy.

Free Guy menceritakan seorang Non Playable Character atau biasa disebut NPC bernama Guy dalam menjalani hari-harinya di sebuah dunia game bernama Free City. Namun pada suatu hari, ia menyadari bahwa dunia yang ditinggalinya merupakan sebuah video game.

Sama seperti film bertemakan video game, Free Guy juga hadirkan beragam referensi video game di dunia nyata yang muncul sekilas atau terang-terangan. Melalui artikel ini kami telah merangkumnya menjadi beberapa poin.

Oh ya, sebelum kamu protes kenapa baru ditulis sekarang padahal filmnya telah tayang di bioskop sejak Juli. Filmnya sendiri baru dapat versi digital beberapa hari yang lalu di Amazon Prime Amerika Serikat. Mereka rencanaya juga akan hadirkan filmnya ke Disney Hotstar, namun belum jelas kapan. Saya pribadi tidak menontonnya di bioskop dan memilih via platform streaming tersebut.

Lantas apa saja referensinya? Yuk simak melalui artikel berikut.

10. Grand Theft Auto V Online / Red Dead Redemption Online

Dari awal promosi filmnya, Grand Theft Auto V Online menjadi dasar tema video game Free City yang menjadi panggung utama Free Guy. Player gamenya bisa punya rumah, merampok, naik level, hingga miliki wanted level ketika mengacau. Senjata, misi rampok bank, dengan ragam misi sampingan unik seperti mencari kucing menjadi tambahan manis dalam filmnya.

Di satu sesi tertentu, penonton akan ditunjukkan garasi yang sama persis dengan Grand Theft Auto V Online. Menariknya? Di salah satu garasinya terdapat kuda yang menjadi referensi Red Dead Redemption 2 Online.

9. HALO

Saat Guy berjalan melakukan kesehariannya, ditunjukkan adegan mengecek uang di ATM hingga meminum kopi pesanannya. Di tengah perjalanannya, rumah produksi sisipkan beberapa easter egg yang mungkin tak asing bagimu yang telah memainkan HALO. Salah satunya adalah kehadiran Scorpion Tank yang tengah berjalan melindas mobil di samping Guy yang berjalan dengan santainya.

8. PACMAN

Di tengah cerita, Guy miliki misi untuk mencuri sebuah hard drive yang berisi data penting tokoh sekunder Free Guy. Hard drive ini berbentuk kuning hologram. Saat pertamakali mencabutnya, kamu yang punya mata jeli akan melihat hantu yang mengejar-ngejar Pacman di hard drivenya. Sama persis dengan game asli milik Bandai Namco tersebut. Sayang, di sesi kedua ia tak lagi ditunjukkan secara ekskplisit.

7. Streamer Video Game

Kehadiran Guy sebagai sosok player misterius dengan kemampuan luar biasa sempat menghebohkan dunia nyata. Hal ini kemudian diperbincangkan oleh beberapa streamer video game yang kita kenal seperti Jacksepticeye, Pokimane, DanTDM, hingga Ninja. Mereka benar-benar ikut casting dan dimasukkan dalam filmnya untuk mengomentari kehebatan Guy.

6. Portal

Referensi Portal muncul ketika Guy tengah membuntuti perempuan misterius yang menarik hatinya, ia mengetahui bahwa perempuan tersebut tengah menjalankan misi penyusupan dalam sebuah bangunan. Sayang, keberadaannya justru memberitahu penjaga posisi perempuan tersebut. Panik, ia kemudian mengeluarkan Portal gun dan menembakkannya untuk kabur.

5. Fortnite

Referensi Fortnite di sini bisa dibilang cukup banyak, dari adegan terjun, menggunakan glider saat Guy dan perempuan misterius kabur, hingga tentu saja yang paling kentara adalah keberadaan Rainbow Smash Pickaxe, sebuah item yang hanya ada di Fortnite. Saya tidak mau berikan spoiler detilnya, namun pada saat Guy harus bertarung ia menggunakan senjata tersebut ke musuhnya.

4. Megaman / Rockman

Kehadiran Megaman / Rockman sebagai referensi film ini tentu saja membuat para player lawasnya akan merasakan bahwa Free Guy sangat familiar. Ia muncul saat Guy panik menyelamatkan perempuan misterius yang ia buntuti saat dikepung musuh. Menjelang akhir penyelamatannya, Guy mengeluarkan Mega Buster, senjata utama Megaman / Rockman.

3. Super Mario

Bukan film video game namanya jika tidak melakukan referensi Super Mario Bros dan Free Guy benar-benar melakukannya. Sayangnya referensi ini muncul dalam bentuk easter egg. Salah satu tokohnya, Key merupakan pegawai perusahaan pemilik game yang menjadi setting filmnya. Jika kamu jeli, meja kerja Key miliki figur Toad si jamur, salah satu karakter dari Super Mario Bros yang nangkring di sana.

2. Half-Life

Tak berhenti sampai di situ, Free Guy juga hadirkan referensi salah satu game buatan perusahaan milik Lord Gaben, Half-Life. Gamer lawas yang memainkan seri yang tak kunjung dapatkan iterasi ketiga tersebut pasti bisa menemukan Gravity Gun yang digunakan Guy saat melawan musuhnya. Sama seperti gamenya, ia akan mengangkat benda yang ditembaknya dan mengarahkan ke arah yang diinginkan oleh penggunanya.

1. Doom

Logo developer game Free City yang menjadi panggung utama Free Guy yakni Soonami miliki font yang mirip dengan logo video game Doom milik Bethesda yang dikembangkan oleh id Software.

Bonus / Cocoklogi

Bonus ini hanya cocoklogi karena cukup meragukan.

Logo Free City Mirip Free Fire?

Jika kamu memperhatikan logo game Free City yang menjadi settingnya, maka kamu akan ingat dengan logo Free Fire, sebuah game battle royale milik Garena. Saya sendiri awalnya mengira bahwa logonya mirip Far Cry, namun pada kenyataannya hampir mendekati dan lebih mirip Free Fire.

Soonami = Konami?

Developer Free City dalam film Free Guy disebut sebagai Soonami yang memberikan referensi berat pada Konami, developer dan publisher seri Metal Gear, Pro Evolution Soccer, Yu-Gi-Oh!, dan seri Suikoden.


Itulah referensi video game yang diambil oleh film Free Guy. Meski tak kental dan miliki nuansa lebih dalam seperti Ready Player One, film komedi NPC tersebut sukses menyematkannya dalam bentuk yang mudah ditemukan hingga secara diam-diam.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version