10 Game Anak untuk Bantu Perkembangan Kecerdasan si Kecil

Rekomendasi Game Anak

Anda-anda yang telah bermain video game semenjak tahun 2000-an atau sebelumnya kemungkinan sudah mempunyai momongan saat ini. Menurunkan hobi bermain video game ke anak tentu bukanlah hal yang buruk selama kita sebagai orang tua mampu memberikan bimbingan yang baik.

Orang tua yang peduli pada pertumbuhan, terutama kecerdasan sang buah hati tentu tidak ingin anaknya terjun memainkan game-game sampah kurang bermanfaat, sebut saja seperti Mobile Legends dan Free Fire. Maka dari itu, berikut ini beberapa game rekomendasi yang sejatinya tidak hanya menghibur namun juga dapat memberikan edukasi yang berguna bagi perkembangan si kecil.

Sebagai catatan, game-game ini direkomendasikan untuk anak umur antara 5 hingga 12 tahun. Dan perlu diketahui juga bahwa semua game pada list ini menggunakan bahasa Inggris, sehingga ada baiknya untuk memberikan bimbingan anak dalam sesi bermainnya, setidaknya untuk persoalan bahasa.

1. Scriblenauts

Scribblenauts menawarkan sebuah permainan dimana anak anda akan menjelajahi sebuah dunia kartun dan bertemu dengan ragam orang (NPC) yang membutuhkan bantuan. Anak anda akan didorong untuk berimajinasi dan “menggambar” suatu hal yang sekiranya dapat menyelesaikan permasalahan orang-orang yang ditemui.

Manfaat bagi anak; melatih penyelesaian sebuah masalah, serta mengembangkan kreativitas dan imajinasi.

Tersedia untuk platform PC, PS4, Xbox One, Switch, Wii U, Android dan iOS.

2. Portal

Portal merupakan sebuah game puzzle dimana anak anda harus mencapai sebuah tujuan dengan memanfaatkan mekanisme portal untuk melewati rintangan yang menghadang. Disarankan untuk mencoba Portal 2 untuk fitur co-op agar bisa bermain bersama.

Manfaat bagi anak; melatih penyelesaian sebuah masalah, mengembangkan kemampuan berpikir logis, meningkatkan kesadaran spasial dan pentingnya kerja sama tim.

Tersedia untuk platform PC, PS3 dan Xbox 360.

3. Poly Bridge

Poly Bridge merupakan game puzzle dengan premis membangun jembatan untuk mengubungkan dua atau lebih antar titik agar kendaraan bisa menyebrang. Anak anda akan didorong untuk berpikir logis, namun juga ditantang untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan ragam puzzle dalam game ini.

Manfaat bagi anak; melatih kreativitas dalam penyelesaian sebuah masalah, mengembangkan kemampuan berpikir logis, serta secara tidak langsung belajar fisika dan matematika.

Tersedia untuk platform PC, Switch, Android dan iOS.

4. Little Mouse’s Encyclopedia

Sesuai namanya, game ini merupakan ensiklopedia alam yang dikemas dalam sebuah game dengan animasi kartun yang menawan. Dalam game ini anak anda akan memerankan seekor tikus yang tengah menjelajah dunia sekitarnya, sekaligus belajar tentang ragam flora dan fauna.

Manfaat bagi anak; mengenali dunia flora dan fauna, serta mengembangkan kecerdasan visual spasial.

Tersedia untuk platform PC, Xbox One, Xbox Series X|S, Switch dan iOS.

5. Cook, Serve, Delicious!

Serial Cook, Serve, Delicious menawarkan premis permainan dimana anak anda hanya perlu menekan tombol atau mengetikkan huruf yang muncul di layar untuk menyelesaikan sebuah masakan, kemudian menyajikannya kepada pelanggan. Namun yang menjadi tantangannya adalah anak anda harus fokus dan memperhatikan urutan dalam mempersiapkan makanan ataupun minuman yang akan disajikan.

Manfaat bagi anak; melatih konsentrasi, dan meningkatkan refleksi maupun reaksi terhadap suatu kejadian (serta mungkin juga memasak).

Tersedia untuk platform PC, PS4, Xbox One, Switch, Android dan iOS

6. Minecraft

Sebuah permainan dimana bentuk balok menjadi keseluruhan pondasi gamenya. Minecraft akan merupakan salah satu dunia terbaik dalam menyalurkan kreativitas. Tidak hanya berpetualang, anak anda juga tentunya diberikan kebebasan dalam membuat suatu karya dengan ragam balok di dalam dunianya, dimana imajinasi menjadi batasannya.

Manfaat bagi anak; mengembangkan kreativitas dan imajinasi, melatih kerjasama, serta secara tidak langsung belajar matematika.

Tersedia untuk platform PC, PS4, Xbox One, Xbox Series X|S, Switch, Android dan iOS

7. Island Saver

Jika membutuhkan sedikit elemen aksi, Island Saver bisa menjadi salah satu pilihannya. Dalam game ini anak anda akan membersihkan sampah dan membasmi monster-monster yang muncul akibatnya. Anak anda juga akan mendapatkan koin yang dapat dimanfaatkan untuk membeli peralatan maupun fasilitas yang membantu kesejahteraan dan kebersihan pulau.

Manfaat bagi anak; mengembangkan refleksi dan muscle memory, serta melatih kecerdasan moral akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi keberlangsungan alam.

Tersedia untuk platform PC, PS4, Switch dan Android.

8. Epistory

Epistory menawarkan permainan dimana anak anda akan memerankan seorang gadis dengan seekor rubah kepercayaannya yang memiliki tugas menyelamatkan dunia. Dalam game ini, semua aksi dilakukan dengan mengetikkan kata (PC) atau sederetan tombol (Switch) yang muncul di layar.

Manfaat bagi anak; melatih muscle memory dan keterampilan mengetik (khusus di PC), serta memperkaya vocabulary bahasa Inggris.

Tersedia untuk platform PC dan Switch.

9. Voxelgram

Sebuah game yang sebenarnya bisa dibilang sedikit sulit bagi anak. Namun Voxelgram menawarkan permainan dimana pemainnya didorong untuk berpikir dengan logika untuk menyelesaikan ragam puzzle yang ada dalam game ini.

Manfaat bagi anak; mengembangkan kemampuan berpikir logis dan melatih nalar deduksi.

Tersedia untuk platform PC, Switch dan Android.

10. PC Building Simulator

Jika anak anda sudah tertarik komputer sejak kecil, maka game simulasi ini juga salah satu game terbaik agar anak anda tidak hanya pandai mengoperasikan komputer, namun juga memahami komponen-komponen PC-nya. Supaya kelak anak anda bisa membangun PC-nya sendiri untuk keperluan apapun di masa mendatang.

Manfaat bagi anak; melatih penyelesaian sebuah masalah, mengenali komponen-komponen PC dan mengembangkan keterampilan dalam mengoperasikan komputer.

Tersedia untuk platform PC, PS4, Xbox One dan Switch.

Itulah 10 rekomendasi game anak yang dimana tidak hanya menghibur namun juga berikan edukasi yang dapat membantu perkemangan buah hati anda. Nah, apakah anda tahu game-game serupa lainnya yang tidak kalah menarik namun juga bermanfaat? Share langsung di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Anak atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version