10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP

Rekomendasi Game PSP Terbaik Emulator PPSSPP

Platform handheld gaming PSP dari Sony juga adalah salah satu platform gaming populer pada zamannya. Platform gaming ini telah menghadirkan banyak sekali video game populer yang disukai oleh para gamer. Saking banyaknya, para gamer sampai kebingungan game PSP terbaik apa yang sangat rekomendasi perlu mereka mainkan.

Pada kesempatan kali ini, Gamebrott akan memberikan 10 rekomendasi game PSP terbaik yang bisa kamu mainkan di emulator PPSSPP. Rekomendasi game PSP ini sudah pasti tidak asing lagi bagi para gamer dan pernah mendengar bahwa game-game tersebut mendapat review yang bagus.

Daripada bingung dan penasaran, mari kita mulai saja pembahasan 10 rekomendasi game PSP terbaik yang bisa kamu mainkan di emulator PPSSPP!

10. Gran Turismo

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP 12

Rekomendasi game PSP terbaik yang bisa kamu mainkan di emulator PPSSPP pertama adalah game simulasi balap mobil populer berjudul Gran Turismo. Game yang dikembangkan oleh developer Polyphony Digital ini sukses terjual hingga mencapai 4,67 juta unit di seluruh dunia.

Gran Turismo di PSP ini menghadirkan 35 jalur balapan dengan 70 variasi dan 830 daftar mobil resmi yang bisa kalian dapatkan pada game ini. Masing-masing mobil tersebut memiliki simulasi cara membawa mobil berbeda-beda seakan-akan terasa seperti membawa mobil asli. Tidak heran jika game ini sangat sukses dan menjadi salah satu seri game Gran Turismo populer bahkan game terpopuler di platform PSP.

9. Digimon World Re: Digitize

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP 13

Kalian para pecinta franchise Digimon harus memainkan game ini! Digimon World Re: Digitize adalah game adventure RPG yang merupakan soft reboot dari game Digimon World rilis pada PS1. Game ini menghadirkan gameplay yang sama dengan Digimon World dengan banyak peningkatan. Tidak lupa pula dengan banyaknya daftar Digimon yang bisa kalian dapatkan melalui evolusi pada partner Digimon.

Game ini juga memiliki durasi cukup panjang yang harus kalian tamatkan. Itu karena pemain harus merawat baik-baik partner Digimon kalian. Selain itu juga kalian harus melatihnya hingga menjadi kuat. Digimon World Re: Digitize berhasil membawa kembali keseruan game Digimon World di PSP.

8. Crisis Core: Final Fantasy VII

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP 14

Crisis Core: Final Fantasy VII menjadi salah satu seri game Final Fantasy yang populer sebagai sebuah prekuel dari Final Fantasy VII. Game action RPG ini menceritakan kembali secara detil mengenai petualangan hidup Zack, tentara SOLDIER yang menjadi panutan Cloud di Final Fantasy VII.

Banyak hal diungkap pada game ini seperti perjalan Zack menjadi pasukan SOLDIER dan awal mula Cloud bertemu Zack. Dijelaskan juga cerita sang antagonist terkenal Sephiroth mulai mengetahui rahasia perusahaan Shinra dan tergila-gila dengan sosok “IBU” bernama Jenova.

Sama dengan kilas balik cerita Zack di Final Fantasy VII, sang protagonist game ini berakhir dengan perjuangan berat demi menyelamatkan Cloud. Jadi siapkan emosi kalian ketika bermain game Crisis Core: Final Fantasy VII.

7. Dissidia 012 Final Fantasy

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP 15

Selanjutnya adalah game fighting dengan elemen action RPG populer dari Square Enix, yaitu Dissidia 012 Final Fantasy atau Dissidia Duodecim Final Fantasy. Game ini merupakan prekuel dan juga remake untuk game sebelumnya Dissidia Final Fantasy dengan menghadirkan fitur baru dan karakter populer lain dari franchise Final Fantasy.

Game ini menghadirkan cerita dimana karakter protagonist dan antagonist dari berbagai dunia Final Fantasy dipanggil untuk memenangkan konflik antara Cosmos dan Chaos serta menyelamatkan dunia dari kehancuran. Masing-masing karakter memiliki kemampuannya sendiri sesuai dengan gameplay pada game mereka.

Dissidia Final Fantasy atau Dissidia 012 Final Fantasy merupakan game dari hasil imajinasi bagaimana jika karakter-karakter dari berbagai franchise Final Fantasy bertarung satu sama lain dengan penuh gerakan cepat dan juga aksi keren. Game ini juga disebut terinspirasi dari film animasi Final Fantasy 7 Advent Children dimana memperlihatkan Cloud dan Sephiroth bertarung sangat cepat dan keren.

6. Persona 3 Portable

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP 16

Game selanjutnya adalah game populer buatan Atlus berjudul Persona 3 Portable. Game ini merupakan versi port Persona 3 di PS2 untuk PSP dengan beberapa pengurangan untuk menyesuaikan spesifikasi platform.

Meskipun ada pengurangan yang tidak terlalu signifikan, Atlus justru memberikan banyak konten baru, seperti penambahan cerita, fitur pertarungan dan juga pilihan sosok protagonist baru, yaitu seorang cewek. Protagonist terbaru tersebut memiliki banyak perbedaan dengan protagonist cowok seperti daftar pertemanan atau Social Link System, eksekusi jalan cerita dan initial kekuatan Persona menyesuaikan dengan gender-nya.

Game ini bisa menghabiskan waktu kalian untuk melengkapkan semua koleksi yang ada di Persona 3 Portable. Saya sendiri harus memainkan game ini berulang kali pada kedua protagonist untuk melengkapkan semua koleksinya.

5. Valkyria Chronicles 2 dan Valkyria Chronicles 3

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP 17

Rekomendasi game PSP terbaik yang bisa kalian mainkan di emulator PPSSPP selanjutnya adalah Valkyria Chronicles 2 dan Valkyria Chronicles 3. Kenapa ada 2 game? Karena game ini saling terhubung dengan cerita game Valkyria Chronicles yang pertama kali rilis pada platform PS3.

Valkyria Chronicles 2 berfokus pada sekolah pasukan militer Gallia yang dibentuk setelah perang mereka melawan Empire di game pertama. Pemain akan mengendalikan karakter-karakter baru dengan berbagai background cerita dan tujuan mereka masing-masing memasuki sekolah militer tersebut.

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP 18

Sementara Valkyrica Chronicles 3 berfokus pada pasukan tentara yang bekerja dibelakang panggung utama peperangan yang terjadi di Valkyria Chronicles pertama. Pasukan tersebut dipenuhi orang-orang yang memiliki catatan buruk, melanggar perintah pemimpin pasukan militer utama dan lainnya.

Jika kalian bertanya yang mana lebih bagus antara kedua game ini, saya menjawab Valkyria Chronicles 3. Menurut saya pribadi Valkyria Chronicles 3 memiliki cerita perang yang lebih kental dibandingkan Valkyria Chronicles 2. Selain itu, game ke-3 ini memiliki 2 ending berbeda dimana pemain dapat memilih hubungan serius dengan 2 heroine utama. Sedangkan Valkyria Chronicles 2 memiliki sistem grinding dan farming yang tinggi membuat saya terkadang sedikit jenuh.

Game Valkyria Chronicles 3 sebenarnya tidak dirilis dengan terjemahan English. Tapi tenang saja, karena seseorang telah merilis patch English game-nya yang bisa kalian temukan di internet.

4. God of War: Ghost of Sparta

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP 19

Perlu game aksi dan brutal? God of War: Ghost of Sparta adalah jawabannya. Sama seperti game God of War lainnya, Kratos masih brutal menghadapi musuh-musuh dihadapannya. Tidak mengenal ukuran, Kratos akan mengalahkan mereka semua sampai mati di game God of War: Ghost of Sparta pada platform PSP.

Game ini tidak terlihat ada kekurangan keseruan dalam bermain meskipun dirilis pada platform PSP. Kalian tidak akan merasa kecewa memainkan game God of War: Ghost of Sparta.

3. Final Fantasy Type-0

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP 20

Jika kalian butuh game Final Fantasy lain yang seru lainnya, saya rekomendasikan kalian bermain Final Fantasy Type-0. Game action RPG ini merupakan hasil peningkatan fitur gameplay dari Crisis Core: Final Fantasy VII.

Final Fantasy Type-0 (dulunya Final Fantasy Agito XIII) mengalami proses pengembangan yang cukup lama. Itu karena Square Enix perlu mengembangkan fitur gameplay real-time action RPG yang cepat dengan jumlah musuh banyak dan full action menyesuaikan kemampuan spesifikasi pada platform PSP. Setelah penantian panjang, game ini akhirnya rilis dan mendapatkan respon positif dari pemain.

Menceritakan 14 pasukan khusus bernama Class Zero dari negara Suzaku menghentikan pasukan militer dari negara Byakko berusaha menginvasi seluruh negara. Kebrutalan dan kesedihan dari peperangan ini sangat kental diperlihatkan pada game. Game ini menghadirkan konsep cerita yang benar-benar berbeda dari seri game Final Fantasy sebelumnya.

2. Metal Gear Solid: Peace Walker

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP 21

Rekomendasi game terbaik PSP yang bisa kalian mainkan di emulator PPSSPP adalah game buatan Hideo Kojima, yaitu Metal Gear Solid: Peace Walker. Game stealth action ini merupakan sekuel langsung game Metal Gear Solid 3: Snake Eater. Game ini berfokus pada karakter Naked Snake alias Big Boss membentuk pasukan militernya sendiri.

Metal Gear Solid: Peace Walker mempunyai konsep tentang dilema sosok tentara militer yang tidak bisa mengubah kondisi dunia menghindari peperangan. Big Boss yang telah mewarisi nama terhormat setelah mengalahkan mentornya The Boss berusaha melanjutkan visi-misinya dan tidak bisa lepas dari bayang-bayangnya.

Gameplay-nya sendiri merupakan hasil peningkatan dari game-game sebelumnya yang lebih fleksibel meskipun memiliki keterbatasan pada platform PSP. Metal Gear Solid: Peace Walker dianggap sebagai seri game Metal Gear Solid dengan fitur gameplay paling solid (sebelum Metal Gear Solid V: The Phantom Pain) dan meraih banyak respon positif dari berbagai pihak.

Game ini juga menghadirkan berbagai easter egg menarik dari franchise game lain yang bisa kalian temukan pada game, seperti Assassins Creed dan Monster Hunter.

1. Monster Hunter Portable 3rd

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Emulator PPSSPP 22

Berbicara mengenai game PSP terbaik tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan game Monster Hunter Portable 3rd. Game berburu monster ini sangat populer di PSP bahkan menjadi sebuah alasan gamer membeli handheld PSP. Mereka sangat ingin bermain Monster Hunter dimana saja bersama teman.

Meskipun game ini sebenarnya tidak dirilis luar Jepang, seseorang telah membuat dan merilis patch English game Monster Hunter Portable 3rd yang bisa kalian temukan di internet. Dengan patch tersebut, para gamer bisa memainkan game-nya tanpa terbatas oleh perbedaan bahasa.

Kalian akan menghadapi berbagai monster baru, tempat baru, equipment dan juga monster lama yang kembali hadir dengan pola serangan baru. Percayalah, kalian tidak akan sadar sudah berapa lama durasi bermain game Monster Hunter Portable 3rd karena saking serunya bermain.

Itulah informasi mengenai 10 rekomendasi game PSP terbaik yang bisa kalian mainkan di emulator PPSSPP. Sebenarnya masih banyak rekomendasi game PSP yang ingin saya bagikan kepada kalian, seperti Final Fantasy Tactics: War of the Lions, Patapon 3, Kingdom Hearts: Birth by Sleep, GTA: Liberty Stories dan masih banyak lagi. Apakah kalian punya rekomendasi game PSP terbaik yang bisa dimainkan di emulator PPSSPP?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait PSP atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version