10 Rekomendasi Game Samurai di PC Alternatif Ghost of Tsushima

in ,

Samurai, bisa dibilang sebuah profesi yang sangat melekat di pikiran kita jika berbicara soal budaya pop, terutama game-game yang diangkat atau terinspirasi dari budaya Jepang masa feodal. Salah satunya yang baru-baru ini rilis dan bisa dibilang cukup sukses, yakni Ghost of Tsushima garapan Sucker Punch. Tidak hanya itu, game yang justru dibuat oleh tangan developer barat ini sukses mencuri hati gamer Jepang, bahkan sampai kehabisan stok game fisiknya di negeri bunga Sakura tersebut.

Buat kamu yang asing dengan game satu ini, Ghost of Tsushima menceritakan sesosok Samurai yang berjuang membebaskan pulau Tsushima dari invasi kerajaan Mongol. Dan demi mencapai tujuannya tersebut, ia rela melakukannya dengan cara apapun, walau tidak sesuai dengan nilai dan kehormatan seorang Samurai.

Ghost of Tsushima

Namun pada kesempatan kali ini, saya tidak akan berbicara soal Ghost of Tsushima, melainkan saya akan merekomendasikan beberapa game bertemakan Samurai/Ninja sebagai alternatif untuk kamu yang tidak memiliki PS4 untuk memainkan Ghost of Tsushima, atau yang sekadar mencari game seru dari tema Jejepangan.

Kriteria yang diambil sebagai alternatif dari Ghost of Tsushima tentunya game dengan konten utama singleplayer, aksi berpedang yang keren menggunakan Katana atau senjata khas Jepang lainnya, atau setidaknya menghadirkan serangkaian elemen permainan yang pastinya seru dan tidak biasa. Tidak ketinggalan, semua game yang saya list di bawah ini bisa dimainkan di PC via Steam.

1. Katana Zero

Developer: Askiisoft
Genre: Action | Indie

Hadir dalam grafis 8-bit yang // a e s t h e t h i c //, Katana Zero merupakan game Samurai dengan balutan latar Cyberpunk. Walau memang karaktermu diperlihatkan begitu kuno dengan pakaian ala Ronin, kamu diperlengkapi dengan berbagai kemampuan berpedang yang melebihi batas kemampuan manusia biasa, serta kemampuan untuk memanipulasi waktu untuk menciptakan serangkaian serangan yang keren nan epic ketika menghabisi musuh-musuh yang menghalangi tujuanmu.

Link: Steam

2. Samurai Warriors 4-II

Developer: Koei Tecmo
Genre: Action

Siapa sih yang nggak kenal dengan game musou atau yang sering diplesetkan sebagai game simulasi pembantaian dari Koei Tecmo ini? Walau memang instalasinya sendiri tidak sebanyak Dynasty Warriors yang sudah mencapai angka ke-9, Samurai Warriors 4-II tentunya cocok untuk kamu yang ingin sedikit mengetahui sejarah Jepang era Sengoku dalam balutan cerita yang epic, serta dipenuhi dengan mas-mas tampan dan mbak-mbak cantik nan seksi seperti Naotora Ii. Kamu juga tentunya bisa mencoba Samurai Warriors: Spirit of Sanada yang sedikit difokuskan pada perjuangan klan Sanada.

Link: Steam

3. Shadow Warrior

Developer: Flying Wild Hog
Genre: Action | Adventure | FPS

Menggabungkan aksi berpedang yang keren, persenjataan api yang penuh kehancuran, kekuatan magis yang mematikan, serta komedi yang nyeleneh, maka kamu telah mendeskripsikan game Shadow Warrior. Berbagai kemampuan tersebut tentunya akan kamu manfaatkan dalam melawan kekuatan jahat dan pasukan iblis yang mengganggu kedamaian dunia. Kamu juga bisa mencoba sekuelnya, Shadow Warrior 2 yang nggak kalah keren dan nggak kalah kocak, tidak ketinggalan hadir juga mode co-op buat kamu mabar dengan teman-temanmu.

Link: Steam

4. Nioh

Developer: Team Ninja
Genre: Action | RPG

Sedikit berusaha mencoba meniru formula game Souls namun dengan alur bertempur yang lebih cepat, Team Ninja melahirkan game Nioh untuk kamu yang tergoda dengan game yang menantang dan bikin frustrasi. Selain hadirkan elemen permaianan ala Souls, Nioh juga miliki sajian permainan ala Diablo, dimana tiap levelnya dipisah bagaikan dungeon, serta ramainya loot equipment beragam dari musuh-musuhmu yang tentunya bisa kamu manfaatkan untuk membuat berbagai build yang sesuai dengan gaya permainanmu.

Link: Steam

5. Way of the Samurai 4

Developer: ACQUIRE Corp.
Genre: Action | Adventure

Terlepas dari pendekatan gamenya yang cenderung komedi daripada serius, Way of Samurai 4 menawarkan hal utama berupa alur cerita yang sangat bercabang, dimana bergantung pada aksi dan dialogmu di dalam dunianya. Elemen bertempurnya sendiri cukup kompleks, karena terdapat lebih dari 50 ilmu pedang yang bisa kamu pelajari untuk melancarkan tipe serangan yang berbeda-beda. Beberapa ilmu pedang diantaranya bahkan membuatmu menyerang bagaikan Ninja. Tidak ketinggalan, game ini juga menawarkan kustomisasi karakter yang mendalam jika ingin membuat karaktermu terlihat keren, cakep, atau justru nyeleneh.Kamu juga bisa coba Way of the Samurai 3 yang tentunya sama-sama kocak.

Link: Steam

6. Killer is Dead

Developer: Kadokawa Games
Genre: Action

Tidak ada kata yang lebih tepat untuk menjelaskan Killer is Dead garapan Kadokawa Games ini selain unik dan nyeleneh. Walau sejatinya minim unsur Samurai selain katana yang menjadi senjata utamamu, kamu bisa ekspektasikan ragam aksi berpedang yang keren. Tidak ketinggalan, visual penuh darah dan potongan tubuh yang membalut keseluruhan permainan benar-benar terlihat // a e s t h e t h i c //

Link: Steam.

7. Shadow Tactics

Developer: Mimimi Games
Genre: Strategy | Indie

Berbicara soal game Samurai, tentu kamu mengekspektasikan aksi adu berpedang yang epic. Namun berbeda dengan Shadow Tactics yang harus bermain secara sembunyi-sembunyi dan perlu perencanaan matang. Sejatinya game ini memang tidak fokus pada penceritaan Samurai, melainkan sekelompok orang yang terdiri dari tiga Ninja, seorang Samurai dan seorang penembak jitu. Kelima anggota dengan kemampuan uniknya masing-masing ini harus berjuang membasmi pemberontakan demi terciptanya keadilan, namun dari sisi gelap yang tidak diketahui publik. Salah satu game Stealth terbaik bagi saya.

Link: Steam

8. Katana Kata

Developer: Stas Shostak
Genre: Action | Indie

Walau masih dalam Early Access saat artikel ini ditulis, Katana Kata merupakan salah satu game yang memiliki potensi besar dalam menghadirkan pengalaman bermain ala game Souls yang seru dan tentunya tetap bikin frustrasi. Premis permainannya sendiri cukup simpel, kalahkan musuh, naikkan level dan dapatkan skill baru, gunakan senjata yang dijatuhkan musuh dan temukan yang sesuai dengan gaya permainanmu. Jika dirimu tewas, kamu akan kehilangan sebagian skill yang kamu dapatkan, namun kamu bisa mendapatkannya kembali dengan mengalahkan sesosok musuh yang lahir dari kematianmu.

Link: Steam

9. Akane

Developer: Ludic Studios
Genre: Action | Casual | Indie

Game satu ini merupakan yang paling kecil dari semua game berunsur Samurai yang hadir dalam list ini. Akane merupakan game Arcade yang sangat simpel dimana kamu akan bertempur melawan begitu banyak anggota Yakuza secara sendirian. Namun kamu tidak perlu khawatir tentunya, karena dirimu diperlengkapi dengan persenjataan mematikan dan katana yang membuatmu dapat mengeluarkan kemampuan keren. Tidak ketinggalan hadir juga berbagai rokok yang dapat merubah ke-// a e s t h e t h i c //-an kemampuan yang kamu keluarkan.

Link: Steam

10. Sekiro: Shadows Die Twice

Developer: FromSoftware
Genre: Action | Adventure

Walau sejatinya bukanlah game tentang Samurai, melainkan Shinobi yang harus melawan sisa-sisa Samurai pasca perang, bahkan mahluk-mahluk mistis demi menunaikan permintaan tuannya, Sekiro tentunya merupakan salah satu representasi terbaik dalam menghadirkan aksi adu berpedang ala Samurai yang solid. Elemen bertempur yang fokus pada deflecting dan parrying tentu menjadikan Sekiro sebagai karya terbaru FromSoftware yang cukup berikan angin segar dalam genre Souls.

Link: Steam

Nah, dari sepuluh game di atas, mana yang menurutmu paling menarik? Atau kamu tahu game bertemakan Samurai yang nggak kalah seru lainnya? Yuk, langsung aja kasih tahu di kolom komentar ya!

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]