10 Rekomendasi Game Spiderman Terbaik yang Harus Kamu Mainkan!

Rekomendasi Game Spiderman Terbaik

Franchise komik superhero dari Marvel sudah tidak perlu ditanyakan lagi popularitasnya. Berbagai karakter superhero maupun anti-hero telah lahir dengan berbagai keunikan, kekuatan dan karakteristik mereka masing-masing. Jika kalian menanyakan nama-nama superhero Marvel, pasti banyak yang menyebut nama Spider-Man (dibaca Spiderman).

Sang manusia laba-laba ini sangat populer dikalangan para penggemarnya, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Berbagai judul game pun telah dibuat berdasarkan sang superhero Spider-Man.

Pada kesempatan kali ini Gamebrott akan memberikan 10 rekomendasi game Spiderman terbaik 2023 yang harus kamu mainkan. Game-Game Spider-Man ini tidak hanya fokus pada ceritanya, namun juga gameplay atau keseruan bermain game-nya.

Rekomendasi Game Spider-Man Terbaik

Spider-Man

Berikut 10 rekomendasi game Spiderman terbaik yang harus kamu mainkan!

10. Spider-Man (2000)

Developer: Neversoft, Vicarious Visions (versi Game Boy Color)
Tanggal/Tahun Rilis: 1 September 2000
Genre: Action Adventure
Platform: PS1, Nintendo 64, PC, Game Boy Color, DreamCast, macOS

Rekomendasi game Spiderman terbaik pertama berjudul Spider-Man yang pertama kali rilis pada tahun 2000 di platform Playstation dan Game Boy Color. Game ini dikembangkan oleh developer Neversoft dan menjadi game Spider-Man pertama yang memberikan keluasan permain berayun dalam tampilan 3D.

Alasan kenapa game Spider-Man (2000) bisa memberikan fitur 3D karena developer Neversoft menggunakan engine game Tony Hawk Pro Skater yang menjadi game andalan mereka pada saat itu. Ternyata dengan menggunakan engine game Tony Hawk, Neversoft dapat membuat game Spider-Man penuh aksi dan kebebasan terbang berayun dengan jaringnya.

Game Spider-Man (2000) juga menghadirkan gameplay menarik, cerita seru dan berbagai musuh serta superhero ikonik dari marvel sebagai cameo. Game ini juga menghadirkan komikus terkenal Stan Lee sebagai narator pada game.

Jika kalian tertarik, saya rekomendasikan main Spider-Man (2000) versi Playstation 1 karena semua potensi keseruan game-nya ada pada platform tersebut.

9. Spider-Man 2: Enter Electro

Developer: Vicarious Visions
Tanggal/Tahun Rilis: 16 Agustus 2001
Genre: Action Adventure
Platform: PS1

Rekomendasi selanjutnya ada Spider-Man 2: Enter Electro, sekuel langsung dari Spider-Man (2000). Game ini tidak kalah sukses dengan game prekuelnya, meskipun dianggap durasi bermain lebih singkat dari sebelumnya.

Fitur terbaru yang paling mencolok di game ini adalah adanya sebuah level dimana Spidey dapat beraksi di permukaan dan tetap bisa terbang berayung dengan jaringnya. Pada game sebelumnya, Spider-Man terbatas dengan batas level dimana Spidey terbang atau berayun terlalu rendah atau melewati kabut dibawah gedung, maka itu akan menjadi Game Over.

Game ini menjadi penyempurnaan fitur dari game Spider-Man sebelumnya dengan mengorbankan durasi bermain mengingat keterbatasan ukuran size penyimpanan CD dan juga kemampuan PS1 pada saat itu.

8. Spider-Man 2 (2004)

Developer: Treyarch
Tanggal/Tahun Rilis: 28 Juni 2004
Genre: Action Adventure
Platform: PS2, Xbox, Game Boy Advance, GameCube, PC, N-Gage dan masih banyak lagi.

Rekomendasi game Spiderman terbaik selanjutnya adalah Spider-Man 2 (2004). Game ini menjadi pioner untuk sistem web-swinging untuk game Spider-Man selanjutnya. Selain itu juga game ini menjadi inspirasi banyak game dalam membuat game open world.

Jika pada game sebelumnya Spidey menembakkan jaringnya ke langit untuk terbang berayun, game ini justru memanfaatkan gedung-gedung pencakar langit dimana seharusnya jaring Spider-Man ditembakkan dan memanfaatkan momentum berayunnya.

Spider-Man 2 (2004) berdasarkan cerita dari film Spider-Man 2 yang disutradarai oleh Sam Raimi. Dengan beberapa penambahan cerita dan musuh yang harus dihadapi oleh Spidey seperti Black Cat, Rhino dan Shocker.

Spider-Man 2 (2004) pertama kali rilis untuk PS2 dan dirilis juga untuk platform gaming lain seperti PSP, GameCube, GameBot Advance, PC dan lainnya. Saya sarankan kalian main versi PS2 karena semua keseruang game-nya ada di platform tersebut.

7. Ultimate Spider-Man

Developer: Treyarch
Tanggal/Tahun Rilis: 22 September 2005
Genre: Action Adventure
Platform: PS2, Xbox, Game Boy Advance, GameCube, PC, Nintendo DS

Game selanjutnya adalah Ultimate Spider-Man yang pertama kali rilis pada tahun 2005 untuk platform PS2, Xbox, PC, GameBoy Advance dan GameCube. Ultimate Spider-Man merupakan adaptasi game dari komik dengan judul yang sama karya Brian Michael Bendis dan Mark Bagley.

Game buatan developer Treyarch telah mengembangkan fitur gameplay dari Spider-Man 2 (2004). Fitur yang mereka kembangkan mulai dari serangan combo, sistem open world dan juga web-swinging yang menjadi poin penting pada game Spider-Man.

Meskipun grafisnya terlihat cartoon karena mengikuti style pada komik, tidak menjadi halangan untuk kalian bermain game ini. Game ini tidak kalah serunya dengan game Spider-Man lainnya, terlebih jika kalian penggemar komik Spidey.

6. Spider-Man: Web of Shadows

Developer: Shaba Games & Treyarch
Tanggal/Tahun Rilis: 21 Oktober 2008
Genre: Action Adventure
Platform: PS2, PS3, PSP, Xbox 360, Nintendo Wii, Nintendo DS, PC

Jika kalian pernah melihat sebuah meme Spider-Man sedang bersedih disebuah peperangan di belakangnya, itu berasal dari game Spider-Man: Web of Shadows. Game ini memiliki fitur menarik karena Spidey dapat memilih teman yang dapat dipanggil dalam pertarungan.

Bukan itu saja yang menjadi keistimewaan pada game ini. Spider-Man: Web of Shadows juga menghadirkan fitur reputation bar dan multiple ending dimana pilihan dan reputasi Spidey yang ada pada game akan mempengaruhi cerita dan teman yang akan ikut bertarung bersamanya. Game ini dianggap memiliki cerita cukup gelap dibandingkan game Spider-Man lainnya, terlebih pada ending anti-hero.

Karena game ini dirilis di banyak platform gaming, saya menyarankan kalian untuk memainkan game Spider-Man: Web of Shadows versi PS3, Xbox 360, Nintendo Wii dan PC. Versi game pada platform gaming tersebut menghadirkan seluruh fitur penting pada game yang tidak ada di platform lain karena keterbatasan mesin.

5. Spider-Man: Shattered Dimensions

Developer: Beenox
Tanggal/Tahun Rilis: 7 September 2010
Genre: Action Adventure
Platform: PS3, Xbox 360, Nintendo Wii, Nintendo DS, PC

Jika kalian menyukai film animasi Spider-Man: Into Spider-Verse, kalian pasti menyukai game ini. Spider-Man: Shattered Dimensions menghadirkan 4 Spider-Man dari berbagai dunia, yaitu The Amazing Spider-Man, Spider-Man Noir, Spider-Man 2099 dan Ultimate Spider-Man yang dapat menggunakan dan mengendalikan kostum Symbiote.

Meskipun game buatan developer Beenox ini lebih fokus pada gameplay action adventure tanpa open world, namun Spider-Man: Shattered Dimensions menghadirkan cerita dan gameplay yang unik dan berbeda di tiap Spider-Man dari berbagai dunia.

Saya sarankan kalian bermain Spider-Man: Shattered Dimensions versi selain dari Nintendo DS, karena platform tersebut hanya sebuah adaptasi versi side-scrolling brawler.

4. Spider-Man: Edge of Time

Developer: Beenox
Tanggal/Tahun Rilis: 4 Oktober 2011
Genre: Action Adventure
Platform: PS3, Xbox 360, Nintendo Wii, Nintendo DS

Rekomendasi selanjutnya adalah sekuel dari Spider-Man: Shattered Dimensions, yaitu Spider-Man: Edge of Time. Game ini masih menggunakan fitur gameplay dari game sebelumnya dan lebih fokus pada Spider-Man 2099 dan The Amazing Spider-Man.

Game ini menghadirkan fitur unik dimana kedua Spidey ini berpacu dengan waktu agar sejarah perubahan masa lalu tidak mempengaruhi masa depan tempat asal Spider-Man 2099. Meskipun Spider-Man: Edge of Time lebih simpel dari game sebelumnya, namun game ini lebih menghadirkan banyak aksi Spidey dalam menghadapi musuh-musuhnya.

3. The Amazing Spider-Man (2012)

Developer: Beenox
Tanggal/Tahun Rilis: 26 Juni 2012
Genre: Action Adventure Open World
Platform: PS3, Xbox 360, Nintendo 3DS, Nintendo DS, PC dan masih banyak lagi.

Rekomendasi game Spiderman terbaik selanjutnya adalah The Amazing Spider-Man (2012). Game ini merupakan adaptasi dari film dengan judul yang sama disutradarai oleh Marc Webb.

The Amazing Spider-Man (2012) merupakan sebuah alternate sekuel dari franchise film tersebut dengan menghadirkan cerita yang berbeda. Itu karena game The Amazing Spider-Man (2012) rilis terlebih dahulu sebelum film The Amazing Spider-Man 2 tayang.

Game ini menghadirkan fitur upgrade dari game-game Spider-Man sebelumnya, mulai dari serangan combo, sistem open world dan paling penting web-swinging yang lebih fleksibel. Jadi kalian akan merasakan sebuah game Spider-Man yang lebih seru, tidak terlalu kaku dan memiliki cerita seru sebagai sebuah alternate sekuel dari film The Amazing Spider-Man (bagi yang tidak suka sekuel resmi filmnya).

2. Marvel’s Spider-Man: Miles Morales

Developer: Insomniac Games
Tanggal/Tahun Rilis: 12 November 2020
Genre: Action Adventure Open World
Platform: PS4, PS5

Pada awalnya saya sendiri bingung mana yang lebih bagus game-nya antara Marvel’s Spider-Man dengan Marvel’s Spider-Man: Miles Morales. Pada akhirnya saya memilih Marvel’s Spider-Man: Miles Morales sebagai rekomendasi game Spiderman terbaik urutan ke-2.

Dari segi fitur gameplay, Marvel’s Spider-Man: Miles Morales lebih unggul dibandingkan game pendahulunya karena memiliki sistem upgrade menyesuaikan kemampuan sang protagonist. Dari segi cerita, Marvel’s Spider-Man: Miles Morales juga tidak kalah dengan game pendahulunya. Dengan kemampuan yang berbeda dengan seniornya, Miles Morales dapat menunjukkan dirinya sebagai penerus baru Spider-Man.

1. Marvel’s Spider-Man

Developer: Insomniac Games
Tanggal/Tahun Rilis: 7 September 2018
Genre: Action Adventure Open World
Platform: PS4, PS5

Dan rekomendasi game Spiderman terbaik yang harus kalian mainkan adalah Marvel’s Spider-Man. Game ini menunjukkan semua fitur gameplay terkini yang canggih dari sebuah game action adventure.

Dari segi gameplay, game Spider-Man ini lebih fleksibel dari game-game sebelumnya. Fitur serangan combo juga lebih bagus dan seru dalam mengalahkan musuh. Selain itu, fitur web swinging di game ini benar-benar sebuah peningkatan luar biasa dan sesuai dengan apa yang diharapkan penggemar dari sebuah game Spider-Man.

Alasan kenapa saya memilih Marvel’s Spider-Man menjadi rekomendasi game terbaik Spiderman dibandingkan Miles Morales adalah karena ceritanya. Game ini memiliki cerita yang lebih terkesan bagi saya, baik itu dari penceritaan sudut pandang Spidey, dampak dirinya sebagai sosok superhero yang akan selalu diincar oleh musuh dan cerita dimana orang yang dia cintai akan terluka.

Itulah rekomendasi game Spiderman terbaik 2023 yang harus kamu mainkan sekarang. Game-game ini bisa jadi hiburan kalian sambil menunggu penayangan film Spider-Man: No Way Home di bioskop Indonesia.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Spider-Man, Marvel’s Spider-Man atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version