10 Rekomendasi Game Visual Novel yang Bisa Kamu Mainkan via Steam

Visual Novel

Ditengah hiruk pikuknya game-game yang menawarkan permainan aksi dan petualangan, terdapat juga segmentasi tersendiri untuk kamu yang ingin duduk santai dan menikmati cerita. Penulis tentu berbicara tentang Visual Novel, dimana sesuai namanya, premis game-game ini adalah layaknya membaca sebuah novel dan dibarengi dengan visual para karakter hingga latar sebagai pendukung cerita.

Walau memang terdengar membosankan karena cenderung hanya membaca-baca saja, tidak sedikit dari game-game ini menawarkan berbagai gimmick maupun elemen-elemen permainan seperti choice matter dan alur cerita yang bercabang. Namun tentunya yang menjadi kekuatan utama dari sebuah game Visual Novel adalah tema dan plot cerita yang disajikan.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini penulis ingin merekomendasikan beberapa game Visual Novel yang bisa kamu mainkan via Steam. Penulis akan sertakan link menuju halaman Steam dari masing-masing game jika kamu tertarik untuk mengetahuinya lebih jauh.


1. ACE Academy

Developer: PixelFade Inc
Tanggal Rilis: 22 Agustus 2016

ACE Academy menghadirkan latar cerita dimana teknologi mecha bernama GEAR yang awalnya dikembangkan terbatas untuk keperluan militer, kini difungsikan untuk keperluan komersil seperti industri hiburan olahraga. Kamu akan mengikuti cerita seorang remaja yang baru pindah ke ACE Academy, sekolah yang mempelajari perkembangan GEAR di Jepang.

Terdapat ratusan pilihan dialog yang akan kamu hadapi dan tentunya akan berpengaruh pada kelanjutan cerita. Begitu juga disaat bertempur, kamu akan dihadapi pilihan-pilihan aksi untuk menjatuhkan lawanmu, atau justru sebaliknya. Terdapat juga elemen dating sim, dimana kamu dapat berinteraksi dengan beberapa karakter lainnya dan menumbuhkan rasa cinta.

Link: Steam


2. Clannad

Developer: Key
Tanggal Rilis: 28 April 2004

Clannad mengikuti cerita seorang remaja laki-laki berandalan yang bisa dikatakan tidak mempunyai tujuan hidup  setelah ibunya meninggal dan sang ayah yang membuatnya tidak bisa lagi bermain basket. Namun hal tersebut perlahan berubah ketika ia bertemu dengan seorang gadis yang memiliki impian untuk menghidupkan kembali klub drama yang telah bubar di tempat mereka bersekolah.

Kamu yang pernah menonton Anime-nya dan dibuat baper mungkin tertarik untuk mencoba game satu ini. Walau memang tidak terlalu berbeda jauh, tentunya ada beberapa hal menarik yang hanya bisa ditemukan dari Visual Novel utamanya ini. Game ini juga menghadirkan elemen choice matter yang nantinya akan membawamu ke satu dari enam rute utama dalam Clannad.

Link: Steam


3. Steins;Gate

Developer: 5pb. & Nitroplus
Tanggal Rilis: 15 Oktober 2009

Mesin waktu dan menjelajahi waktu memang merupakan premis yang cukup klise dalam industri hiburan, namun Steins;Gate mampu mengemasnya menjadi sangat menarik dan menegangkan. Mengikuti cerita sekelompok anak muda yang bereksperimen untuk menjelajahi waktu, namun eksperimen tersebut justru mengundang pihak-pihak ‘berkepentingan’ yang membahayakan keselamatan mereka.

Sama seperti Clannad, besar kemungkinan kamu telah menyaksikan adaptasi Anime-nya terlebih dahulu. Namun kamu yang ingin mengetahui secara detail plot cerita Steins;Gate tentunya harus memainkan visual novelnya ini. Jika Anime-nya mengikuti true ending, dalam gamenya kamu bisa menemukan berbagai ending tergantung dari pilihan-pilihan dialog yang akan kamu hadapi.

Link: Steam


4. The Fruit of Grisaia

Developer: Frontwing
Tanggal Rilis: 25 Februari 2011

The Fruit of Grisaia menceritakan sebuah sekolah yang hanya memiliki lima murid perempuan yang memiliki kondisi ‘khusus’. Dirimu akan mengikuti cerita seorang murid laki-laki biasa yang pindah ke sekolah tersebut dan diminta untuk menjalani kehidupan layaknya anak sekolahan biasa dan tidak terlibat dengan urusan kelima gadis tersebut, or is he?

Tidak berbeda dengan game visual novel pada umumnya, The Fruit of Grisaia memiliki alur cerita bercabang yang ditentukan oleh dialog-dialog yang kamu pilih selama permainan. Terdapat lima rute utama yang mewakili masing-masing heroine.

Penulis juga merekomendasikan untuk memainkan game lanjutannya yakni The Labyrinth of Grisaia dan The Eden of Grisaia. Namun perlu diketahui bahwa versi Steam tidak menghadirkan adegan-adegan dewasa seperti yang ada di versi Jepang-nya.

Link: Steam


5. Aokana – Four Rhythms Across the Blue

Developer: Sprite
Tanggal Rilis: 28 November 2014

Kehidupan gadis-gadis sekolahan lucu melakukan aktivitas-aktivitas lucu mungkin sudah jadi trope yang sering digunakan dalam Manga, Anime dan tentunya Visual Novel. Namun bagaimana jika gadis-gadis sekolahan lucu ini bisa terbang dan ikut ke dalam sebuah perlombaan bernama Flying Circus?

Aokana mengikuti cerita seorang lelaki yang pensiun dini karena mengalami kekalahan yang memalukan. Namun gairahnya dalam bermain Flying Circus muncul lagi setelah ia bertemu dengan seorang murid pindahan yang baru saja belajar terbang.

Terdapat empat rute cerita yang mewakili masing-masing heroine, yang tentunya tergantung pada pilihan-pilihan dialog yang akan kamu hadapi di dalam permainan.

Link: Steam


6. Sunrider Academy & Liberation Day

Developer: Love in Space
Tanggal Rilis: Academy (16 April 2015) | Liberation Day (5 Maret 2016)

Terdapat dua game Sunrider yang ingin penulis rekomendasikan disini, yakni Sunrider Academy dan Sunrider: Liberation Day. Kedua game ini memiliki karakter-karakter yang sama persis namun berbeda cerita. Academy berlatarkan di sekolahan dimana kamu akan mengelola beberapa klub ekstrakurikuler, sedangkan Liberation Day berlatarkan perang luar angkasa dimana kamu akan menjadi kapten dari kapal Sunrider.

Keduanya memiliki dialog ala Visual Novel yang cukup kental, namun Academy dibarengi dengan elemen-elemen permainan ala Dating Sim. Liberation Day menghadirkan elemen RPG dan Strategi dimana kamu akan mengelola dan mengendalikan kapal Sunrider serta mecha-mecha yang akan bertempur. Sangat disarankan kamu memainkan Sunrider: Mask of Arcadius (gratis) sebelum memainkan Liberation Day.

Link: Steam


7. Danganronpa Series

Developer: Spike Chunsoft

Serial Danganronpa mungkin jadi yang cukup populer dalam artikel ini. Serial ini memiliki premis cerita dimana sekelompok anak sekolahan bertalenta dikurung di dalam sebuah tempat tanpa jalan keluar. Satu-satunya cara untuk keluar dari tempat tersebut adalah dengan mengikuti Killing Game, yaitu membunuh setidaknya satu orang lainnya dan tidak ketahuan saat di persidangan. Jika tidak ketahuan, maka pembunuh tersebut akan bebas dan yang lainnya akan mati.

Pada game-game ini kamu akan berperan sebagai seseorang yang bertugas untuk menemukan pelaku dibalik setiap pembunuhan yang terjadi untuk tetap hidup dan menemukan dalang dari permainan mengerikan tersebut. Selain dialog yang disajikan ala Visual Novel, kesehariannya kamu akan berinteraksi dengan karakter-karakter lainnya untuk mengenal mereka lebih dalam. Kemudian saat pembunuhan terjadi, kamu akan mencari petunjuk-petunjuk yang akan disajikan di persidangan dan menentukan siapa pembunuhnya.

Link: Steam


8. AI: The Somnium Files

Developer: Spike Chunsoft
Tanggal Rilis: 18 Sep, 2019

AI: Somnium Files mengikuti cerita seorang detektif yang sedang menginvestigasi kasus pembunuhah berantai. Berlatarkan di kota Tokyo masa depan, dirimu  diperlengkapi dengan AI di dalam matamu yang menjadi partnermu dalam mengumpulkan petunjuk-petunjuk dan memecahkan “Somnium”.

Sebagian besar permainan memang dihabiskan untuk berkeliaran dan mencari petunjuk-petunjuk. Namun game ini menghadirkan dialog-dialog Visual Novel yang cukup kental, terutama jika sang AI terlibat di dalamnya. Kemudian pada bagian Somnium, kamu akan mengendalikan sang AI yang masuk ke dalam mimpi seseorang dan memecahkan berbagi puzzle untuk melihat masa lalu orang tersebut.

Link: Steam


9. VA-11 Hall-A: Cyberpunk Bartender Action

Developer: Sukeban Games
Tanggal Rilis: 21 Juni 2016

Menghadirkan latar permainan di masa dystopian future, VA-11 Hall-A merupakan sebuah bar yang entah mengapa selalu dikunjungi oleh berbagai sosok-sosok tidak terduga. Kamu akan mengikuti cerita sang bartender yang bertugas membuatkan minuman, dan secara tidak langsung mendengarkan cerita-cerita dari para pengunjung bar.

Selain dialog yang dihadirkan secara Visual Novel, game ini memiliki mekanisme dimana kamu akan meracik minuman sesuai yang dipesan oleh pelangganmu, dan tepat atau tidaknya minuman yang kamu racik tersebut akan mempengaruhi jalan cerita. Satu hal yang menarik dari game ini adalah kamu mungkin akan merasa relevan dengan cerita-cerita yang disampaikan oleh pengunjung bar.

Link: Steam


10. Coffee Talk

Developer: Toge Productions
Tanggal Rilis: 30 Januari 2020

Terinspirasi dari game VA-11 Hall-A, game anak senja buatan studio lokal ini memiliki premis permainan yang tidak berbeda jauh. Dalam Coffee Talk, kamu akan menyeduhkan minuman hangat seperti kopi tentunya, kepada para pengunjung dan mendengarkan cerita-cerita mereka yang tidak hanya manusia, tapi juga mahluk-mahluk fantasi seperti elf, succubus, orc dan lain-lain dalam latar yang kekinian.

Yang mungkin membedakan adalah mekanisme pembuatan minumannya yang lebih detail, salah satunya yang menarik seperti saat membuat latte art. Kamu bisa cek review kami tentang Coffee Talk pada halaman ini.

Link: Steam


Kamu punya rekomendasi game Visual Novel menarik lainnya yang bisa dimainkan di Steam? Yuk, langsung aja share di kolom komentar ya!

Exit mobile version