10 Rekomendasi Game Zombie yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba

GAME ZOMBIE

Jika berbicara soal game zombie, kamu mungkin akan teringat kepada beberapa di antaranya yang populer seperti Resident Evil, Dying Light, Left 4 Dead, The Last of Us dan lain-lain. Tidak heran banyak sekali game yang mengangkat permainan membasmi mayat hidup, mengingat bahwa genre ini sejatinya cukup digemari banyak penikmat game survival.

Nah, bila kamu bosan dengan game-game seperti yang telah disebutkan sebelumnya dan butuh sesuatu yang baru, berikut ini saya rekomendasikan beberapa game zombie menarik yang mungkin belum pernah kamu coba.

1. DYSMANTLE (Early Access)

10 Rekomendasi Game Zombie yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba 11

Jika suka dengan game-game bertemakan survival sandbox, maka dunia post apocalypse di dalam game DYSMANTLE garapan developer indie 10tons Ltd ini bisa kamu pantengin perkembangannya.

Sesuai nama gamenya yang diambil dari kata “dismantle” atau berarti membongkar, dalam game ini kamu bisa memanfaatkan 99% objek yang terbengkalai dan menjadikannya material untuk membantumu bertahan hidup; mulai dari persenjataan demi melindungi diri atau berburu hewan untuk sumber makanan, membangun ladang kecil untuk bertani, dan tentu saja tempat berlindung sebagai markasmu.

Sambil bertahan hidup, kamu juga harus menjelajah demi mengungkap misteri terkait apa yang sebenarnya terjadi pada pulau tempatmu tinggal tersebut.

2. No More Room in Hell

10 Rekomendasi Game Zombie yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba 12

Teruntuk kamu yang memiliki budget pas-pasan atau sedang ingin menghemat, No More Room in Hell yang terinspirasi dari serial “of the Dead” karya George Romero ini tentunya bisa kamu langsung kamu coba bersama teman-teman mabarmu secara cuma-cuma.

Pendekatan realistis menjadi hal yang ditonjolkan dalam game ini; tidak menyertakan UI (bisa diaktifkan), persenjataan yang sangat terbatas, serta komunikasi in-game dimana suaramu akan semakin kecil ketika berjauhan dengan temanmu. Satu gigitan dari zombie cukup untuk membuatmu terinfeksi, dan kamu harus segera mencari obat jika tidak ingin berubah menjadi mayat hidup lain yang akan membahayakan keselamatan rekan-rekanmu.

Satu hal menarik lainnya adalah walau game ini gratis dimainkan, tidak ada iklan maupun microtransaction di dalamnya. Namun kamu bisa membeli soundtrack-nya jika ingin mendukung sang developer.

3. Last Day on Earth: Survival

10 Rekomendasi Game Zombie yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba 13

Jika lebih doyan bermain game lewat smartphone, Last Day on Earth: Survival garapan Kefir ini bisa jadi salah satu pilihan terbaiknya.

Menghadirkan permainan dalam perspektif isometrik, premis yang ditawarkan dalam game ini sebenarnya cukup simpel dan tidak berbeda jauh dari game survival zombie pada umumnya. Berburu makanan untuk bertahan hidup, mengumpulkan material untuk crafting, menjelajah mencari blueprint untuk membuka akses kendaraan maupun fasilitas yang lebih memadai.

Walau hadir sebagai game online yang juga free-to-play, aspek microtransaction-nya sendiri sangat bisa dihindari, kecuali jika kamu ingin melakukan progress permainan lebih cepat.

4. GTFO (Early Access)

10 Rekomendasi Game Zombie yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba 14

Merasa game-game zombie zaman now kurang memberikan tantangan berarti? Well, game mabar berjudul GTFO garapan 10 Chambers ini mungkin bisa membuatmu berpikir sebaliknya.

Hadir dengan visual indah dan mengerikan, game ini akan menempatkanmu sebagai tahanan yang dipaksa untuk memasuki fasilitas bawah tanah yang dipenuhi mahluk mengerikan demi mengekstrasi artefak beharga. Dengan persenjataan yang terbatas, game ini memaksamu untuk bermain secara stealth dan menghabisi musuh dengan cepat. Namun ada saatnya dimana kamu bersama rekan-rekanmu harus membentuk perimeter dan bertahan sekuat mungkin ketika segerombolan mahluk misterius menyadari kehadiranmu.

Percayalah ketika banyak orang mengatakan game ini sulit, bahkan bikin frustasi saat pertama kali memainkannya. Sehingga perencanaan matang dan komunikasi demi eksekusi yang baik adalah kunci terbaik dalam game ini.

5. Airtight City (Early Access)

10 Rekomendasi Game Zombie yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba 15

Suka Resident Evil dan Dead Space? Airtight City garapan Little Bean Games bisa dibilang mencoba menggabungkan beberapa elemen dari kedua game tersebut ke dalam sebuah karya indie.

Tidak banyak yang bisa dikatakan selain bahwasannya game yang dikembangkan seorang diri ini menghadirkan permainan third-person shooter ala game Resident Evil, ditambah dengan lingkungan dan atmosfir menegangkan layaknya dalam game Dead Space.

Sebagai catatan, walau game ini tercantum dalam Early Access, kontennya sendiri diklaim sudah selesai dan sang developer tengah mengembangkan versi 2.0-nya sebagai game baru yang dijanjikan akan jauh lebih baik daripada versi 1.0-nya.

6. Infectonator: Survivors

10 Rekomendasi Game Zombie yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba 16

Kurang mantap rasanya jika tidak menyertakan game buatan lokal dalam list ini. Developer Toge Productions asal Tanggerang ini miliki sebuah game bernama Infectonator: Survivors.

Dideskripsikan sebagai Left 4 Dead yang digodok ulang dalam visual pixel dan mencampurkan ragam formula permainan seperi RTS, Roguelike, Tower Defense dan Management. Dalam game ini kamu akan memimpin sekelompok penyintas untuk bertahan hidup dari ancaman para zombie, mengumpulkan sumber daya hingga membangun pertahanan.

Alternatifnya, kamu juga bisa mencoba Infectonator 2 yang menawarkan permainan Arcade dimana kamu akan mengontrol para zombie untuk menghancurkan dunia.

7. Hunt: Showdown

10 Rekomendasi Game Zombie yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba 17

Pemilik PC kentang atau umbi-umbian mungkin perlu menghiraukan game ini. Namun jika punya PC berspesifikasi tinggi menurut standar zaman now, Hunt: Showdown garapan Crytek mungkin bisa kamu jajal permainannya.

Menyajikan permainan dalam perspektif first-person shooter, game ini mencoba gabungkan elemen PvP dan PvE. Dalam game ini kamu akan mencari petunjuk-petunjuk yang akan membawamu ke monster perburuanmu, namun kamu juga akan beradu dengan pemain lain dalam mencapai target tersebut.

Dikembangkan oleh studio yang membuat game Crysis, tentu kamu bisa mengekspektasikan atmosfir yang begitu intens, serta desain suara yang menjadi salah satu hal paling menonjol dalam game ini.

8. Project Zomboid (Early Access)

10 Rekomendasi Game Zombie yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba 18

Walau masih berada dalam tahap Early Access semenjak tahun 2013, Project Zomboid garapan The Indie Stone sukses mendapatkan predikat sebagai salah satu game zombie survival yang sangat hardcore terlepas dari visualnya yang terbilang old.

Tentu kamu bisa mengekspektasikan model permainan seperti game survival pada umumnya. Namun yang menonjol dari game ini adalah pendekatan yang realistis serta mekanisme elemen permainan yang mendalam. Beberapa di antaranya seperti jarak pandang yang terbatas tergantung lingkungan, suara dan cahaya yang dapat mengundang para zombie, hingga kondisi karaktermu secara mental ataupun fisik yang harus kamu jaga untuk terus positif demi kesempatan bertahan hidup yang lebih besar.

Jika menurutmu masih biasa saja, komunitas modding-nya sendiri cukup aktif menghadirkan berbagai hal lain yang dapat meningkatkan pengalaman bermain.

9. Typing of the Dead

10 Rekomendasi Game Zombie yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba 19

Typing of the Dead: Overkill garapan Modern Dream ini tentunya cocok buat kamu yang tidak bisa atau sedang belajar bahasa enggres, ataupun ingin mengasah kecepatan dan akurasi dalam mengetik.

Sesuai judulnya, premisnya sendiri cukup simpel. Alih-alih membidik dan menembak zombie yang muncul, kamu hanya perlu mengetik kata-kata yang muncul untuk menghabisi mereka. Walau demikian, jalan permainannya sendiri tidak berbeda dengan House of the Dead.

10. Zombotron

10 Rekomendasi Game Zombie yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba 20

Suka dengan gamegame side-scroller seperti Metal Slug? Zombotron garapan Ant.Karlov satu ini tentu harus kamu coba.

Dalam game ini, kamu berperan sebagai tentara sewaan yang harus bertahan hidup di planet Zombotron, dimana penuh akan mahluk menyeramkan dan mayat hidup. Namun tidak perlu terlalu khawatir, karena planet ini penuh dengan persenjataan mematikan untuk membasmi musuh yang menghadang jalanmu. Alternatifnya, kamu juga bisa memanfaatkan kendaraan ataupun fasilitas yang ada untuk menghabisi musuhmu lebih cepat.

Itulah 10 rekomendasi game zombie yang mungkin berlum pernah kamu coba. Kalau sudah pernah mencicipi salah satu di antaranya, kira-kira mana yang jadi favoritmu? Atau punya rekomendasi game zombie lain yang tidak kalah seru? Yuk, langsung share di koom komentar ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Zombie atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version