10 Rekomendasi Mod Skyrim yang Buat Pengalaman Bermain Makin Seru dan Immersive

Mod Skyrim 2020

Rilis pertama kali pada tahun 2011 lalu, siapa yang menyangka bahwa The Elder Scrolls V: Skyrim sukses menjadi salah satu game populer yang masih dimainkan sampai banyak gamer saat ini. Saking suksesnya, banyak orang yang menuduh Bethesda selaku developer terus memeras Skyrim dengan merilis ulang gamenya berkali-kali di berbagai platform, bahkan menghadirkan versi remaster komplit dengan semua DLC-nya dalam Skyrim: Special Edition.

Walau demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa kepopuleran Skyrim bisa bertahan berkat berbagai mod yang masih bermunculan sampai saat ini. Mulai yang dari mod yang sekadar mempercantik tampilan gamenya, menghadirkan mekanisme-mekanisme baru yang buat pengalaman bermain lebih immersive, hingga mod yang nyeleneh seperti merubah naga-naga di dalamnya menjadi karakter-karakter dari animas Thomas & Friends. Per-artikel ini ditulis, jumlah mod Skyrim original telah mencapai 64 ribu dan Skyrim: Special Edition mencapai 27 ribu mod, itupun belum dengan mod-mod lain yang hadir diluar Nexus.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin merekomendasikan beberapa mod Skyrim yang perlu di-install jika ingin pengalaman bermain yang lebih seru, makin immersive dan tentunya tetap lore-friendly. Mengingat bahwa The Elder Scroll VI sendiri belum kejelasan tanggal rilis yang pasti, mengunjungi kembali Skyrim di 2020 mod-mod ini bisa jadi alternatif sementara bagi kamu pemain lama, dan tentunya hadirkan pengalaman lebih spesial bagi kamu pemain baru.

***

Perlu diketahui juga bahwa mod yang saya list di bawah ini hanya mod-mod yang menghadirkan aspek baru atau meningkatkan mekanisme permainan saja. Mod-mod visual seperti peningkatan tekstur aset, mempercantik NPC dan sejenisnya tidak akan saya sertakan agar pemilik PC kentang masih bisa menikmati mod-mod ini tanpa terlalu membuatnya gamenya semakin berat. Tidak hanya itu, saya hanya akan menyertakan mod versi Skyrim Special Edition saja, namun mod-mod ini biasanya juga telah hadir lebih dulu untuk Skyrim original.

Buat kamu yang awam, disarankan meng-install mod-mod di bawah ini menggunakan aplikasi Vortex yang disediakan oleh Nexus untuk proses yang lebih mudah, serta aplikasi LOOT untuk mengelola load order semua mod yang kamu install secara otomatis. Kamu juga disarankan untuk meng-install mod Unofficial Skyrim Special Edition Patch terlebih dahulu untuk memperbaiki berbagai bug yang tertinggal ataupun yang bisa membuat suatu mod jadi tidak berjalan dengan baik. Tidak ketinggalan, harap baca deskripsi masing-masing mod ini halaman Nexus-nya terlebih dahulu, agar tidak kebingungan bagaimana mod-mod di bawah ini berfungsi dalam gamenya.

***

1. Frostfall & Campfire

Skyrim merupakan provinsi yang sebagian besar areanya dingin dan bersalju. Namun pada Skyrim vanilla, kita tidak merasa terlalu terpengaruh akan cuaca yang kurang bersahabat tersebut. Mod Frostfall hadir untuk mengimplementasikan mekanisme dimana karaktermu akan terkena berbagai efek negatif jika terlalu lama berada di area dengan cuaca dingin, bahkan lebih buruk di area pegunungan dan bersalju. Terdapat HUD baru berupa meteran yang khusus memperlihatkan seberapa lama karaktermu bisa bertahan di cuaca dingin. Menghangatkan diri dengan berdiri di dekat perapian, masuk ke dalam bangunan atau bahkan goa akan mereset meteran tersebut dalam beberapa saat. Karaktermu juga didorong untuk menggunakan armor secara lengkap untuk memperlambat terisinya meteran tersebut, namun perlu diketahui bahwa tiap armor miliki ketahanan eksposure yang berbeda-beda terhadap cuaca dingin.

Bersamaan dengan mod ini, saya juga menyarankan mod Campfire yang dibuat oleh modder yang sama. Sesuai namanya, kamu bisa membangun kemah saat menjelajahi Skyrim, dimana dengan mod ini kamu tentunya tidak perlu terlalu kesulitan mencari tempat berlindung dari cuaca dingin atau sekadar menghangatkan diri dengan cepat, karena fitur kemah ini bisa dibangun hampir di semua tempat. Mod Campfire juga menghadirkan skill Survival yang akan membantumu berpetualang di alam liar Skyrim.

Link: Link: Frostfall | Link: Campfire

2. iNeed

Sedikit berhubungan dengan mod pada poin sebelumnya, iNeed merupakan mod yang membuat karaktermu butuh tidur makan dan minum secara berkala. Pada Skyrim vanilla, tidur merupakan alternatif untuk skip waktu, kemudian makanan dan minuman hanya berfungsi untuk regenerasi HP, Mana, Stamina, serta beberapa efek lainnya. Namun dengan mod iNeed, tidur yang cukup, mengonsumsi makanan dan minuman menjadi hal yang sangat penting. Jika terlalu ngantuk, lapar maupun haus, maka karaktermu akan mendapatkan efek negatif, begitu juga sebaliknya. Tidak hanya itu, kini memakan makanan mentah juga bisa berikan efek negatif, sehingga secara tidak langsung hal ini membuat fitur cooking yang telah ada pada Skyrim vanilla juga terasa lebih berarti.

Link: iNeed

3. Immersive Weapons & Immersive Armors

https://www.youtube.com/watch?v=OLEn4hh-Exo

Jika kamu telah memainkan Skyrim vanilla dan bosan dengan equipment yang itu-itu saja, maka mod Immersive Armors dan Immersive Weapon adalah solusinya. Kedua mod ini menambahkan berbagai senjata dan armor baru yang tetap lore-friendly, bahkan hadir beberapa variasi baru dari equipment yang ada. Berbagai NPC di dalam Skyrim, teman ataupun musuh juga akan mengenakan berbagai equipment yang hadir pada kedua mod ini. Lebih lanjut, kedua mod ini juga memungkinkanmu untuk melebur berbagai equipment yang ada untuk mendapatkan bahan bakunya. Fitur yang sebelumnya tidak bisa dilakukan di Skyrim. Mod Immersive Armors sendiri juga sudah compatible dengan mod Frostfall.

Link: Immersive Weapons | Immersive Armors

4. Weareable Lanterns

https://www.youtube.com/watch?v=dKfOBBGoMhY

Skyrim vanilla menyediakan item Torch atau obor untuk penerangan di malam hari, bahkan saat memasuki goa dan bangunan yang gelap. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ketika menggunakan obor, kamu hanya bisa menggunakan satu tangan saja untuk bertempur. Bagi kamu yang menggunakan Bow, Sword & Shield atau Two-handed Weapon mungkin kesulitan bertempur di tempat yang gelap. Menjawab keluhan tersebut, hadir sebuah mod bernama Weareable Lanterns. Sesuai dengan namanya, mod ini akan menghadirkan item lentera sebagai sumber pencahayaan yang bisa dipakai layaknya armor, sehingga kamu tetap bisa menggunakan kedua tanganmu dan area sekitarmu tetap tersinari cahaya.

Link: Weareable Lanterns

5. Imperious – Races of Skyrim

Imperious merupakan mod simpel yang membuat ras-ras di Skyrim menjadi lebih unik antar satu sama lain. Secara spesifik, mod ini membuat tiap ras kini memiliki stats dasar yang berbeda, kemudian hadir juga tiga kemampuan pasif baru, serta satu kemampuan aktif baru yang bisa diperoleh melalui aktivitas atau quest tertentu. Berbagai NPC kini juga mendapatkan akses pada kemampuan pasif maupun aktif tersebut sesuai rasnya masing-masing.

Link: Imperious

6. Ordinator – Perks of Skyrim

Skyrim tidak menghadirkan sistem kelas, namun miliki sistem Perks atau bisa dibilang skill yang terbagi dalam beberapa kategori, sehingga kamu bisa fokus dalam beberapa hal sekaligus. Namun jika kamu merasa Perks yang ada dalam Skyrim vanilla kurang bervariasi, hadir mod Ordinator yang menambahkan lebih dari 400 perks baru yang bisa kamu pilih dari tiap kategori yang ada. Beberapa di antaranya sekadar menguatkan atau memodifikasi perks yang sudah ada, serta hadir juga berbagai kemampuan baru yang tentunya tetap lore-friendly.

Link: Ordinator

7. Wintersun – Faiths of Skyrim

Satu mod lainnya yang meningkatkan permainan menjadi lebih immersive, Wintersun menghadirkan serangkaian mekanisme dimana menyembah dewa-dewi atau Deities menjadi lebih berarti. Dengan mod ini, tiap Deities memiliki persenan favor yang dimana semakin tinggi, maka semakin besar bonus stats yang didapatkan oleh karaktermu. Salah satu cara utama meningkatkan favor tersebut adalah dengan literally berdoa dengan menggunakan skill baru bernama “Pray”, setidaknya satu kali dalam sehari waktu in-game. Walau secara umum berdoa bisa dilakukan kapan dan dimana saja, ada beberapa Deity yang miliki syarat-syarat penyembahan khusus.

Link: Wintersun

8. Recorder – Standalone Fully Voiced Follower

Berbicara soal mod Skyrim, tidak lengkap rasanya jika tidak menyertakan mod Follower. Saya merekomendasikan Follower bernama Recorder untuk menemani petualanganmu. Sesuai namanya, Recorder memiliki latar belakang sebagai sosok yang akan ‘merekam’ dan mendokumentasikan cerita sang Dragonborn dalam membasmi naga yang kembali ke Skyrim. Yang mengesankan dari mod ini tentunya adalah pengisi suara dan kualitas yang terasa tidak seperti mod, namun seperti bagian dari game Skyrim sendiri. Seperti beberapa Follower vanilla utama, Lydia atau Serana misalnya, Recorder miliki banyak komentar yang akan ia utarakan ketika bertempur, menjelajahi suatu tempat dan berbagai momen-momen tertentu. Dan yang nggak kalah menarik, kamu juga bisa menikahi Recorder bila.

Kamu bisa follow Instagram pengisi suaranya disini. =))

Link: Recorder

9. Build Your Noble House

Skyrim vanilla memang memiliki beberapa properti yang bisa dibeli sebagai rumah. Kemudian hadir juga DLC Hearthfire yang menghadirkan beberapa lahan yang dijual untuk kita bangun rumah sendiri. Namun kamu yang mengharapkan lebih dari itu, mod Build Your Noble House hadir layaknya membangun sebuah desa lengkap dengan fasilitas seperti Blacksmith, Tavern, Temple, hingga kediamanmu sendiri yang berupa kastil kecil. Perlu diketahui bahwa mod ini miliki mekanisme yang mirip dengan Hearthfire, yakni membangun semua fasilitas tersebut membutuhkan bahan-bahan yang sangat banyak seperti Clay, Firewood, Quarry Stone dan lain-lain. Namun tenang saja karena banyak bahan-bahan tersebut tersebar di lokasi sekitar desamu. Secara berkala kamu juga akan mendapatkan uang sebagai pajak dari fasilitas-fasiltias yang telah kamu bangun.

Link: Build Your Noble House

10. Missives

Tidak bisa dipungkiri bahwa Skyrim vanilla sendiri memiliki begitu banyak misi dan aktivitas sampingan yang bisa mencapai 700 jam lebih untuk menyelesaikan semuanya. Namun jika kamu merasa jumlah tersebut kurang, hadir mod Missive yang menghadirkan banyak quest baru namun skalanya sendiri bisa dibilang lebih kecil layaknya Miscellaneous Quest. Tiap kota besar kini miliki sebuah papan berisi quest yang bisa kita ambil, mulai dari sekadar mengumpulkan bahan-bahan, mengantarkan sebuah item dari satu NPC ke NPC lain dan quest-quest simpel lainnya. Tiap quest Missive ini biasanya terjadi di sekitar kota itu saja, sehingga secara tidak langsung quest-quest tersebut cocok untukmu yang ingin mendapatkan NPC atau reward kecil-kecilan dengan cepat.

Link: Missive

Nah, itulah 10 mod yang menurut saya bisa membuat pengalaman bermain Skyrim menjadi lebih menarik dan lebih immersive. Kalau kamu tahu mod lainnya yang bisa buat game Skyrim jadi lebih seru lagi walau dimainkan di tahun 2020, langsung aja kasih tahu kita ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Skyrim atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version