10 Rekomendasi Mod yang Harus Kamu Pasang di Cities: Skylines

cities skylines mod

Cities: Skylines merupakan permainan simulasi pembangunan kota yang dikembangkan oleh Colossal Order dan diterbitkan oleh Paradox Interactive. Dalam permainan ini, kamu akan diberi tanah kosong untuk dibangun menjadi sebuah kota. Tidak hanya keindahan saja, dalam permainan ini kamu juga harus memperhatikan lalu lintas, air, listrik, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, keamanan, dan lain sebagainya. Meskipun sudah terdapat segudang fitur yang menarik dalam permainan, hal tersebut masih belum dapat memenuhi keinginan dari para gamer. Untung saja ini bisa diatasi dengan hadirnya mod. Sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman bermain yang lebih memuaskan. Nah, untuk memudahkanmu dalam memilih mod, kami akan memberikan beberapa rekomendasi mod yang harus kamu pasang.

PENTING! : Sebelum menginstal mod, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bahwa achievement tidak akan ter-unlock ketika mod sedang aktif. Sehingga apabila achievement kalian tidak berjalan setelah mengaktifkan mod, jangan bingung atau panik.

Berikut ini daftarnya:

1. Large Water Pumping Station

Air adalah elemen penting dalam kehidupan kita, bayangkan jika air tidak dapat mengairi setiap sendi kehidupan kita. Mungkin kamu pernah mendengar klimat tersebut di suatu tempat. Hal ini memang benar. Air juga merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam Cities: Sklines. Untuk memenuhi kebutuhan air penduduk kotamu, terkadang kamu harus membangun banyak pompa air. Agar kamu tidak perlu membuat terlalu banyak stasiun pemompa air, kamu bisa menggunakan mod Large Water Pumping Station. Kapasitas yang disediakan lebih besar dari stasiun pemompa air default. Sehingga kamu bisa menyisakan lebih banyak ruang kosong dan tidak merusak pemandangan di sekitar sungai tentunya.

Link Download


2. Cimtographer

Apakah kamu pernah merasa penasaran, seperti apakah kotamu jika dibuat ke dalam bentuk peta sungguhan? Jika iya, kamu harus mencoba mod satu ini. Mod ini, berfungsi untuk mengeksport map kotamu ke dalam format OSM. Sehingga kamu bisa melihat map kotamu layaknya peta sungguhan. Mod ini dapat memetakan berbagai bangunan termasuk jalan raya dan rel kereta.

Link Download


3. Multi-Track Station Enabler

Ketika kamu baru memasang mod untuk menambah jenis stasiun kereta api, biasanya hanya terdapat satu jalur yang dapat digunakan untuk membuat rute perjalanan kereta. Padahal, stasiun tersebut memiliki lebih dari satu jalur. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan mod ini. Kamu bisa memanfaatkan seluruh jalur yang tersedia. Bahkan, kamu bisa menentukan sendiri di rel sebelah mana kereta akan berhenti.

Link Download


4. One-Way Street Arrows

Mod ini berfungsi untuk melihat ke mana arah jalan bebas hambatan maupun jalan satu arah. Sehingga dapat mempermudah kamu dalam membangun sarana transportasi.

Link Download


5. All Spaces Unlockable

Pernah merasa bingung ketika kotamu telah memenuhi seluruh petak yang sudah dibeli tetapi tidak ada petak baru yang terbuka? Memang, pada settingan default, kamu hanya bisa membangun sebanyak sembilan petak dalam satu map. Sehingga, berapapun jumlah penduduk atau berapapun luas kotamu, jika sudah membeli sembilan petak, itulah ukuran maksimal yang dapat dibangun. Tetapi, dengan mod ini, kamu bisa memanfaatkan lebih banyak ruang. Yaitu sebanyak 25 petak.

Link Download


6. The Dead Collector

Salah satu masalah yang pasti pernah dihadapi oleh pemain Cities: Skylines adalah banyaknya warga yang meninggal dan mayatnya tidak mampu tertampung dengan baik. Hal ini mengakibatkan bangunan tempat mayat tersebut berada, ditinggalkan oleh penghuninya. Dengan mod ini, kamu tidak perlu lagi khawatir akan terjadi hal seperti itu. Mod ini mampu menjangkau hingga sembilan petak dan memiliki kurang lebih 100 mobil jenazah.

Link Download


7. Fine Road Tool

Sering merasa kurang puas dengan bentuk jalan raya yang bergelombang, atau rel dan jembatan kereta yang  kemiringannya terlalu ekstrem sehingga terlihat kurang realistis? Kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan mod ini. Kamu bisa membuat jalan atau rel tetap lurus meskipun dibangun di atas tanah yang bergelombang atau memiliki ketinggian yang berbeda. Terdapat beberapa mode yang dapat kamu gunakan untuk bereksperimen dengan kotamu.

Link Download


8. Traffic Report Tool 2.0

Bingung menemukan akar permasalahan dari kemacetan yang terjadi di kotamu? Mod ini adalah solusinya, kamu bisa melihat tujuan dan dari mana arah datangnya kendaraan yang melintas di setiap jalan. Ini akan membantu dalam membuat jalan alternatif. Sehingga penggunaan jalan dapat jauh lebih efisien dan tidak terjadi kemacetan lagi.

Link Download


9. Automatic Bulldoze

Merasa bosan untuk menghancurkan satu persatu bangunan yang hancur karena terbakar atau ditinggalkan pemiliknya? Jika iya, mod ini sangat cocok untukmu. Dengan mod ini, kamu tidak perlu lagi menghancurkan bangunan secara manual. Sisa bangunan yang hancur terbakar ataupun ditinggalkan pemiliknya, dapat kamu gusur hanya dengan mengaktifkan mod ini. Cukup satu klik, semua pekerjaan akan terselesaikan dengan mudah.

Link Download


10. British Police Box – 1×1

Dalam permainan SimCity 4: Rush Hour, kamu bisa membangun pos polisi yang berguna untuk mengawasi wilayah di sekitarnya. Sayangnya, dalam Cities: Skylines tidak terdapat pos polisi. Namun, jangan khawatir, untuk mengamankan wilayah yang sempit, kamu bisa memasang mod ini. Selain sebuah pos polisi, mod ini juga dilengkapi dengan sebuah mobil patroli.

Link Download


Sebenarnya ada satu lagi mod yang ingin kami rekomendasikan. Yaitu mod First Person Camera. Tetapi, sepertinya mod tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi. Sehingga kami tidak memasukkannya ke dalam daftar.

Kami tahu, masih banyak mod keren yang tidak tercantum dalam daftar. Tetapi, itulah tadi beberapa mod yang telah kami pilih dan rekomendasikan untuk kalian. Jika ada mod lain yang menurut kalian keren, silahkan berkomentar di bawah agar gamer lain tahu.

Exit mobile version