10 Rekomendasi Simulasi Pengembangan Video Game yang Patut Dicoba

in
Game Dev Game

Kamu mungkin pernah tertarik untuk membuat sebuah video game dan menjadi developer yang dicintai oleh banyak gamer. Namun saat reality hit, kamu menyadari bahwa mengembangkan video game ternyata tidaklah mudah, serta memakan banyak waktu dan uang yang tidak sedikit.

Alternatif yang bisa kamu lakukan tentunya adalah memainkan game tentang membuat game yang notabene coba simulasikan pengalaman membuat video game dalam konteks yang lebih mudah. Maka dari itu, berikut 10 rekomendasi simulasi pengembangan game seru yang patut untuk dicoba.

1. Mad Games Tycoon

Mad Games Tycoon merupakan simulasi game development yang bisa dibilang susah-susah gampang. Tidak hanya mengelola tim pengemanbangan game, kamu juga diberikan kebebasan untuk mendesain interior kantormu.

Kamu juga bisa mencoba sekuelnya  — Mad Games Tycoon 2 yang hadir dengan berbagai peningkatan dan konten baru.

Link: Steam

2. City Game Tycoon

City Game Tycoon

Jika menyukai tantangan dan pengelolaan makro maupun mikromanajemen yang kompleks, maka City Game Tycoon bisa menjadi pilihannya. Menggabungkan berbagai elemen dari game-game serupa lainnya, City Game Tycoon sering dianggap sebagai simulasi game development terumit sejauh ini.

Link: Steam (Early Access)

3. DevLife

Devlife

Tidak hanya menawarkan permainan simulasi membuat video game, DevLife yang miliki visual serba balok ini juga memberikanmu pilihan untuk mengembangkan hal lain seperti website atau aplikasi mobile misalnya.

Link: Steam (Early Access)

4. Game Corp DX

Game Corp Dx

Jika kamu hanya memiliki laptop kentang, maka Game Corp DX bisa menjadi simulasi game development pilihanmu. Walau memiliki visual yang simpel, game ini tawarkan elemen manajemen yang terbilang cukup kompleks.

Link: Steam

5. Game Dev Story

Game Dev Story

Kamu yang cuman bermodalkan smartphone untuk bermain video game, maka Game Dev Story bisa jadi salah satu pilihannya. Hadir dengan visual yang lucu dan menggemaskan, game satu ini juga hadir dengan premis simulasi game development yang tidak terlalu kompleks.

Link: Play Store | App Store

6. Game Studio Tycoon 2

Game Studio Tycoon

Alternatif lainnya jika kamu bermain lewat smartphone, Game Studio Tycoon 2 hadir dengan premis yang juga simpel dengan visual 3D nan estetik. Kamu juga bisa mencoba gamenya yang pertama maupun yang ketiga.

Link: Play Store | App Store

7. Legend of Homebody

Legend Of Homebody

Legend of Homebody menghadirkan premis simulasi game development yang cukup simpel dan cocok dimainkan sambil santai. Alih-alih hadirkan pengelolaan tim pengembangan yang kompleks, dalam game ini kamu akan bekerja sendiri namun harus memperhatikan keseluruhan status hidup seperti makan, istirahat yang cukup, mandi, pipis dan lain-lain layaknya The Sims.

Link: Steam (Early Access)

8. Game Dev Tycoon

Game Dey Tycoon

Game Dev Tycoon bisa dibilang hadi sebagai game yang mempopulerkan permainan dengan premis simulasi game development. Memulai dengan sebuah game kecil, merekrut karyawan-karyawan berbakat, hingga memiliki perusahaan game besar dimana kamu juga bisa membuat konsol sendiri.

Link: Steam

9. Software Inc.

Alternatif simulasi game developement lainnya yang terbilang kompleks. Dari namanya sendiri bisa dibilang permainan ini cukup luas tidak hanya untuk video game saja, namun juga software-software lain. Kamu juga bisa mendesain sendiri kantormu mulai dari eksterior dan interiornya.

LinkL Steam (Early Access)

10. MMORPG Tycoon

Dalam MMORPG Tycoon 2 kamu diberikan kebebasan untuk menciptakan dunia MMORPG sendiri. Mulai dari mendesain kelas yang bisa dipilih pemainnya, monster-monsternya dan juga lokasi-lokasinya sesuai dengan kreativitasmu.

Link: Steam

Itulah 10 permainan simulasi pengembangan game yang menarik untuk dimainkan. Jika kamu tahu game-game serupa lainnya, langsung aja share di kolom komentar ya!


Baca juga Listicle menarik lain atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.