10 Rekor Dalam Dunia Video Games Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

in

Suatu pencapaian atau jaman sekarang sering disebut Goal adalah hal yang lumrah dicari oleh setiap manusia di dunia, dalam hal apapun pencapaian dapat ditarget selama seseorang menemukan formulanya untuk mencapai tujuanya. Dalam dunia Video Games banyak juga pencapaian-pencapaian ciamik yang mungkin banyak belum diketahui orang secara umum.

Guiness World Record dalam hal ini sangat berpengaruh karena berhasil menemukan fakta-fakta tentang pencapaian seorang Gamer hingga mencatatnya dalam Rekor Dunia. Berkat kerja keras dan dedikasinya terbukti Gamer yang dinobatkan sebagai pemegang record memanglah terbilang unik-unik, dari yang bermodalkan jago main, hingga yang modal duit doang ada pada Rekor Dunia yang akan kami sebutkan dibawah nanti.

Seperti contohnya adalah seorang Hideo Kojima yang pernah mendapatkan rekor berkat kesuksesanya bersama Metal Gear Solid 2 Sons of Liberty yang menjadi game paling laris pada PS2 tahun 2008 lalu.

Namun namanya rekor, selalu ada rekor baru yang melewati rekor sebelumnya, maka dari itu kami akan membahas hal ini lebih lanjut dibawah.


1. Tony Hawk’s Pro 3 Skater Sebagai Game Online Pertama di PS2

Game yang dipublikasikan oleh Activision ini rilis tahun 2001, dimana game Skateboard ikonik satu ini memang sangatlah terkenal, mungkin hingga saat ini orang-orang masih sangat hafal dengan nama THPS.

Untuk bermain Online di PS2 kamu hanya membutuhkan kabel USB dan Dial-Up koneksi yang bisa kamu hubungkan langusng pada PS2mu. Sebagai game pertama yang bisa Online di PS2 membuat THPS 3 menjadi salah satu Franchise paling terkenal yang membuat seri-seri THPS selanjutnya tetap bisa dirilis, THPS setidaknya rilis hingga 5 seri berkat kesuksesan THPS 3 ini.


2. PS2 Adalah Konsol Terlaris Sepanjang Masa

PlayStation 2 tercatat terjual 157.680.000 unit dari rilis pada 4 Maret 2000 hingga ketika saat dihentikan penjualanya pada 4 Januari 2013, menurut angka penjualan per 5 Maret 2019.

VGChartz pada 5 Maret 2019 merilis informasi tersebut setelah berbarengan dengan ulang tahun ke 19 PS2.

Kesuksesan PlayStation 2 sebagian disebabkan oleh banyaknya pilihan gimnya, kompatibilitasnya dengan game-game dan perangkat keras PlayStaion era pertama, serta pembaruan input kaset yang dibangun menggunakan DVD player dan potensinya untuk konektivitas online adalah kunci perkembangan konsol hingga kita kenal hari ini.


3. Streamer Gaming Tertua Di Dunia


Hamako Mori (Jepang, lahir 18 Februari 1930) alias Nenek Gamer, yang berusia tepatnya 89 tahun dan 280 hari, di Matsudo, Chiba, Jepang, saat diverifikasi pada 25 November 2019.

Hamako Mori telah bermain video game selama lebih dari 38 tahun. Hamako biasanya siaran lewat Channel Youtube pribadinya yang hingga saat ini diketahui memiliki jumlah Subscriber 66.5K atau 66.500 Subscriber.


4. Resident Evil 4 Sebagai Game PS2 Paling Banyak Dapat Pujian

Videogame PlayStation 2 (PS2) yang paling diakui dan mendapat pujian adalah Resident Evil 4, yang mencapai peringkat rating sebesar 95,85% di Gamerankings.com, sebagaimana diverifikasi pada 5 Maret 2019.

Awalnya RE4 sendiri rilis Eksklisif di GameCube, karena dinilai kurang dalam segi penjualan dan terseok-seok, akhirnya Capcom merilis judul tersebut pada PS2 yang bertepatan akan rilis dalam waktu dekat pada saat itu.

Akhirnya dengan langkah yang diambil dalam bekerjasama dengan Sony adalah solusi yang tepat bagi Capcom, karena selain laris manis, RE 4 menjadi salah satu game yang paling diakui oleh Gamer diseluruh dunia.

RE 4 sukses mengalahkan Metal Gear Solid 2 dan GTA III sebagai pemuncak game paling laris pada PS2 sepanjang masa.


5. Pemilik Koleksi Video Games Lebih dari 20.000 Judul


Antonio Monteiro (AS) memiliki 20.139 judul Video Games di rumahnya di Richmond. Mulai dari gim untuk konsol mulai dari generasi kedua, hingga ke delapan, koleksinya sangat besar sehingga perlu delapan hari untuk menghitung sebelum ia menerima rekor dari Guiness Book Record.

Antonio mulai mengoleksi game ketika dia berusia 12 tahun.

“Saat itu akses ke permainan sangat terbatas, dan begitu pula judul permainan milik saya,” kenangnya. “Aku tidak pernah membayangkan aku akan berakhir dengan koleksi sebanyak ini.”


6. Seorang Buat Mesin Arcade Terbesar Di Dunia

Mesin arcade terbesar dengan dimensi 4.41m x 1.93m x 1.06m, dan diraih oleh Jason Camberis (AS) sebagaimana diverifikasi di Bensenville, Illinois, AS, pada 23 Maret 2014.

Mesin ini dapat memainkan berbagai game, termasuk gamer arcade yang selalu menjadi favorit semua orang yaitu Pacman. Yang menjadi kelebihan lagi adalah ternyata Jason dapat mencustom Arcade sendiri yang bisa diisi dengan mesin Konsol masa kini seperti Playstaion, Xbox dan bahkan game PC.

Jason memiliki tujuan membuat orang tetap merasa seperti ‘Anak-anak’ yang kesulitan bermain pada mesin Arcade pada masa kecil, sehingga sensasi yang didapat sebagai anak kecil yang memaksakan bermain biarpun sulit karena tingginya mesin Arcade pada waktu kecil tetap terasa.


7. Atlit Esport Gaji Termahal

Gaji sebesar 3 Juta US Dollar ternyata menjadi milik seorang Atlit esport, dan dianugerahi kepada Kyle Giersdorf alias Bugha (AS) karena berhasil menjuarai dalam Piala Dunia Fortnite pertama yang diadakan di Stadion Arthur Ashe, di Queens, New York, AS, pada 28 Juli 2019.

Siapa yang sangka, gamer masa kini dapat menghasilkan penghasilan yang berupa gaji sebesar angka diatas. Atlit Esport siapa yang dapat mengejar Bugha nanti ya?


8. Tamat The Legend of Zelda: Ocarna of Time Cuma 16 Menit


Pemain Norwegia Torje Amundsen di saluran YouTube, yang berhasil tamatkan The Legend of Zelda: Ocarina of Time dalam 16 menit 58,366 detik.

Speedrun bukan hal baru pada dunia game, seperti layaknya balapan, seorang beradu kecepatan dalam menamatkan satu judul Video Games, yang tentunya hal tersebut bukanlah hal mudah, karena pada faktanya rekor dari sebuah Speedrun setiap bulan bahkan tahunya dapat terus berubah karena ketatnya persaingan orang-orang yang jago bermain suatu Game.

Apakah secepatnya rekor ini akan terkejar?


9. Jagoan Fortnite Dengan Kontrol Mulut


Rocky Stoutenburgh alias “RockyNoHands” adalah legenda, terutama di Fortnite.

Dia berhasil masuk ke Guinness World Records 2020 dan Guinness World Records 2020 Gamer’s Edition untuk meraih Victory Royales terbanyak di Fortnite menggunakan joystick yang dioperasikan dengan mulut QuadStick dan sebagian besar eliminasi dalam Fortnite Battle Royale menggunakan joystick yang dioperasikan dengan mulut QuadStick.

Rocky awalnya adalah atlet Hoki yang hobi berkendara sepeda motor serta seorang Gamer sejak kecil.

Sampai musim gugur 2006 Rocky mengalami kecelakaan yang membuatnya lumpuh dari leher ke bawah, menyebabkannya kehilangan pekerjaan berkat kemampuanya menjadi terbatas.

Beberapa tahun setelah kecelakaannya, Rocky menemukan hasratnya untuk bermain videogame lagi ketika saudara lelakinya memperkenalkannya ke quadstick, joystick yang dioperasikan dengan mulut yang dapat digunakan oleh orang-orang seperti Rocky.


10. Pemain Football Manager Terlama Di Dunia


Darren Bland telah diakui oleh Guinness World Records sebagai pemegang gelar untuk permainan tunggal terpanjang dari Football Manager setelah memimpin klub Italia Serie A Fiorentina untuk 154 musim.

Taktiknya untuk ‘membeli barang murah dan menjual barang mahal’ berhasil. Dengan tidak adanya inflasi di Football Manager 2010, uang yang paling banyak dibayarkan oleh Darren untuk membeli pemain sepakbola dalam gimnya adalah £ 105 juta untuk pemain yang dihasilkan secara acak bernama Luis Tejedor pada 1 Juli 2040.

Daren Bland berhenti bermain game tersebut bukan karena bosan, namun karena dirinya tidak sengaja menumpahkan kopi pada laptopnya sehinga rusak, jika tidak rusak mungkin Darren masih bermain hingga saat ini.

Rekor ini diberikan pada tahun 2017, setelah pihak FM dan Guiness Record mengidentifikasi secara langsung berkat riwayat bermainya. Bayangkan bermain satu game selama 7 Tahun? Pada saat permainan selesai, tahun dalam game sudah menunjukan tahun 2163 yang membuat Darren selama 185 tahun menukangi tim yang digarapnya.

Uniknya, Darren bahkan pernah melamar pekerjaan kepada Klub Sepak Bola Liverpool, melamar kekosongan Manajer Sepakbola tim yang sebenarnya. Sayangnya, mereka menolak tawarannya.


Sumber: Guiness World Records


Sampai jumpa! Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: [email protected]