10 Aktor dan Aktris Terkenal Hollywood yang Pernah Mengisi Suara untuk Video Game

in ,

Industri game memang merupakan industri yang kini tengah berada dalam kondisi optimumnya. Gempuran tiap tahun lewat sekuel-sekuel dari judul lama maupun judul-judul game baru yang siap menggebrak pasar menjadikan industri ini sibuk, bahkan bersaing dengan industri perfilman. Dengan cerita menjadi salah satu elemen utama dalam game-game modern sekarang, maka bukan suatu hal yang mengagetkan bila dalam pembuatan game mereka menarik aktor dan aktris Hollywood untuk ditugaskan baik hanya mengisi suara atau bahkan juga berakting untuk motion-capture dalam game. Beberapa nama terkenal di bawah ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu yang suka menonton film, tapi apakah kamu mengetahui bahwa mereka juga mengisi suara untuk karakter-karakter game berikut?

Peter Dinklage = Ghost (Destiny)

fdawa

Tentunya bagi kamu yang mengikuti serial TV Game of Throne jelas mengenal siapa Peter Dinklage. Aktor yang memerankan Tyrion Lannister ini memang menjadi salah satu karakter yang paling disukai di serial televisinya tersebut. Peter Dinklage sendiri membuka daftar dari selebritis Hollywood yang mengisi suara untuk video game ini lewat voice-act nya di game Destiny, Game FPS besutan Bungie yang dulu dikenal lewat game Halo-nya. Di dalam video game yang eksklusif untuk pasar konsol ini Peter Dinklage memerankan tidak lain tidak bukan karakter yang paling banyak menemanimu, yaitu Ghost – Robot A.I. yang bertugas untuk menemani player selama permainan.


Emma Stone = Amanda Cartwright (Sleeping Dogs)

fgwegtw

Siapa yang tidak kenal dengan aktris cantik yang satu ini. Pemeran Gwen Stacy di dalam film The Amazing Spiderman ini tentunya menarik perhatian dengan wajah cantik serta aktingnya yang menawan. Emma Stone sendiri pernah menjajal untuk menjadi voice actor untuk game open-world besutan Square Enix, Sleeping Dogs. Kamu pasti mengenali karakter wanita satu ini di dalam gamenya. Berperan sebagai Amanda Cartwright, seorang jurnalis dan fotografer bule yang tersesat dan mencari warga setempat yang mampu berbahasa Inggris. Amanda pada akhirnya bertemu dengan sang protagonis, Wei Shen. Amanda adalah karakter wanita yang muncul di awal game Sleeping Dogs dan terlihat seperti menjalin hubungan dengan Wei, meskipun pada akhirnya putus karena ternyata Amanda memiliki hubungan dengan pria cina lainnya.


Jason Statham = Sergeant Waters (Call of Duty)

gregw

Aktor film action yang satu ini tentunya memiliki penampilan yang khas pada filmnya. Dengan tampang garang dan wajah serius Jason Statham berhasil memerankan berbagai karakter di film dengan baik seperti pada The Transporter, Death Race, dan The Expendables. Namun, jauh sebelum karirnya secemerlang sekarang Statham sempat menjadi voice-actor untuk game FPS yang selanjutnya menjadi sebuah FPS papan atas andalan Activision, yap Call of Duty. Jason Statham sempat mengisi suara untuk Segeant Waters di game Call of Duty pertama. Keduanya kala itu masih berada di awal karir mereka, dimana Statham belum setenar sekarang begitupun Call of Duty yang baru mengeluarkan seri pertamanya. Sayangnya, peran Statham sebagai Sergeant Waters bukanlah karakter utama dalam game tersebut. Sehingga karakter tersebut pun kurang terlihat di dalam gamenya.


Liam Neeson = James (Fallout 3)

gresge

Siapa yang menyangka bahwa aktor utama dari film action Taken ini tertarik untuk mengisi suara dalam game, mengingat sepak terjang aktor ini juga bisa dibilang sangat jarang dalam dunia game. Namun ketika Liam Neeson memutuskan untuk ikut serta, game yang dipilih tidak main-main, game itu adalah game ARPG milik Bethesda yaitu Fallout 3. Pada awalnya sang kreator dari game memang mengharapkan bahwa Liam Neeson mau untuk mengisi suara karakter James, yang notabene merupakan ayah dari karakter utama yang kamu mainkan. Ia bahkan mengharap Liam Neeson mau bergabung sejak tahap awal pengembangan game tersebut, karena karakter James sendiri dikembangkan dengan suara ala Liam Neeson oleh sang kreator. Untungnya, Liam Neeson sendiri tertarik dengan cerita menakjubkan yang diusung oleh game tersebut.


Chloë Grace Moretz = Lady Emily Kaldwin (Dishonored)

fgresgser

Aktris cantik berbakat yang masih terbilang muda ini (19 tahun) mungkin kalian kenal ketika ia membintangi 2 film action superhero Kick-Ass dan film horror Carrie. Bisa dibilang dalam usia yang masih belia tersebut Chloë Moretz sudah mampu menunjukkan kualitas akting yang mengagumkan dan mampu menghidupkan karakter yang ia mainkan dalam tiap filmnya. Ia pun sempat berkesempatan untuk menyumbangkan kemampuan aktingnya ke dalam game Dishonored. Dalam game petualangan stealth-action tersebut Chloë Moretz memerankan sosok Lady Emily Kaldwin, anak perempuan dari Empress Jessamine Kaldwin yang diculik di awal permainan. Sayangnya, ia tidak kembali mengisi suara Emily Kaldwin pada Dishonored 2.


Gary Oldman = Viktor Reznov (Call of Duty Black Ops-Black Ops 2)

gjstate

Gary Oldman mungkin menjadi salah satu aktor paling senior yang masuk ke dalam daftar ini. Dengan sepak terjang yang sudah terhitung tinggi, dengan berbagai karakter yang ikonik. Sebut saja Sirius Black dalam seri Harry Potter dan Inspektur Gordon dalam trilogi The Dark Knight. Dalam hal voice acting, Oldman juga tergolong memiliki pengalaman yang cukup banyak. Mulai dari game The Legend of Spyro hingga Lego Dimension. Namun karakter game paling ikonik yang dimainkan oleh Oldman sepertinya adalah Viktor Reznov yang tentunya sudah kamu kenal di dalam serial Call of Duty Black Ops. Sosok tentara Rusia misterius dan menakutkan ini berhasil dihidupkan oleh Oldman dengan sangat baik di kedua serinya tersebut.


Michael Fassbender = Logan (Fable 3)

thugb-tde

Aktor yang satu ini mungkin bisa dibilang sedang naik daun yang kini menghiasi dunia perfilman lewat kepiawaiannya memerankan dan menghidupkan bermacam karakter unik mulai dari robo humanis bernama David di film Prometheus hingga tentunya yang kini terkenal, yaitu menjadi Magneto dalam X-Men. Fassbender sendiri juga akan membintangi film adaptasi game terbaru dari franchise game milik Ubisoft, Assassin’s Creed. Namun, jauh sebelumnya Fassbender sendiri juga telah pernah berkecimpung dalam game yaitu mengisi suara untuk Logan dalam game Fable 3. Berperan sebagai karakter antagonis utama dalam game tersebut, Fassbender berhasil menghidupkan karakter Logan yang dapat dibenci oleh banyak orang karena penghiantannya, meskipun pada akhirnya kamu bisa menentukan bagaimana nasib dari karakter ini.


Ellen Page = Jodie Holmes (Beyond Two Souls)

ghhkygloyd

Satu lagi bintang dari X-Men yang berhasil masuk ke dalam daftar ini. Ellen Page merupakan pemeran Kitty Pride di dalam X-Men The Last Stand dan The Day Future Past. Aktris yang juga membintangi film Inception milik Nolan dan Juno ini mungkin memang terkenal dengan wajah khas remaja-nya. Sempat dirumorkan merupakan voice actress dari karakter Ellie di dalam The Last of Us dikarenakan adanya kemiripan wajah antara keduanya, Ellen Page sebenarnya pada saat itu juga tengah mengerjakan sebuah motion-capture untuk game lainnya yaitu Beyond Two Soul. Game full-motion-capture ini juga menggunakan wajah Page sebagai sang karakter utama, Jodie Holmes. Dalam gamenya sendiri karakter Jodie Holmes akan dihadapkan kepada banyak pilihan yang nantinya akan mempengaruhi bagaimana cerita tersebut akan berjalan.


Samuel L. Jackson = Officer Tenpenny (GTA San Andreas)

thtet4e

Hampir selalu memerankan karakter seorang bad-ass, Samuel L. Jackson mungkin paling dikenali saat ia membintangi seri film Marvel The Avengers. Berperan sebagai Nick Fury, sang pimpinan S.H.I.E.L.D yang tegas dan tanpa kompromi. Sebelumnya pun L. Jackson pernah memerankan seorang pimpinan yang tanpa kompromi, namun dalam hal ketika mereka berbuat kejahatan. Kamu pastinya tahu sang karakter antagonis di dalam serial GTA San Andreas, Officer Tenpenny. Kepala polisi korup yang kasar, semena-mena, dan bahkan kejam yang bahkan telah kamu temui sejak cut-scene pertama dari gamenya. L. Jackson pun dengan piawai memainkan karakter seorang kepala polisi yang benar-benar bisa kamu benci dalam gamenya, karena ketika kamu bertemu dengannya kamu pasti akan diperintahkan untuk melakukan pekerjaan kotor demi keuntungannya.


Mark Hamill = The Joker (Batman Arkham series)

htgyujyt

Bagi kamu para pecinta Star Wars trilogi pertama tentunya tidak asing dengan sang Jedi terpilih, Luke Skywalker. Namun siapa sangka dalam karirnya sebagai pengisi suara Mark Hamill malah menyebrang ke sisi jahat. Daripada semua aktor dan aktris yang masuk ke dalam list tersebut, mungkin Mark Hamill lah yang memiliki pengalaman mengisi suara paling banyak. Ia telah mengisi suara selama 20 terakhir, dengan satu karakter jahat ikonik yang selalu ia suarakan dengan sangat-sangat baik. Yap, Selama 2 dekade terakhir ini Mark Hamill adalah pengisi suara dari Joker dari seri Batman. Meskipun kebanyakan ia mengisi suara untuk serial animasinya, kita bisa melihat voice-acting dari Mark Hamill dalam mengisi suara Joker dalam seri game Batman Arkham. Mulai dari nada bicara hingga cara tertawa, Mark Hamill berhasil menghidupkan karakter Joker yang mungkin bisa dibilang yang terbaik dan yang paling mendekati dengan seri komiknya.


Berikut tadi adalah daftar 10 aktor dan aktris Hollywood yang sempat mengisi suara untuk karakter-karakter dalam game. Beberapa darinya bahkan memerankan karakter tersebut hingga sangat baik sehingga karakter tersebut menjadi ikonik dalam gamenya. Diluar 10 orang inipun masih terdapat banyak aktor dan aktris yang juga pernah atau bahkan sedang berkecimpung dalam industri game. Lalu, adakah aktor-aktris favoritmu yang juga pernah memerankan karakter dalam game namun kami lupa memasukkannya dalam list? Bila iya tuliskan dalam kolom komen di bawah.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]