10 Software untuk Gamer yang Harus Kalian Install di PC Gaming

software wajib untuk gamer

Software untuk Gamer – Build PC gaming di zaman sekarang semakin mudah dengan komponen yang lebih sederhana dan juga dengan hadirnya informasi tata cara rakit PC yang tersebar luas di internet. Membuat siapa saja bisa merakit PC tanpa bekal ilmu di dunia IT sedikitpun.

Mungkin kalian adalah salah satu dari orang tersebut. Kalian baru saja merakit PC gaming pertama kalian. Selamat! Sekarang cukup install Windows dan game kalian sudah bisa memulai gaming, bukan? Eits, tunggu dulu. Setidaknya ada beberapa software wajib untuk gamer yang perlu kalian install sebelum memulai men-download game dari marketplace game terkemuka.

Software untuk Gamer yang Harus di Install Buat PC Gaming Lebih Maksimal

10 Software wajib untuk PC gamer

Beberapa software yang penulis kumpulkan ada yang bersifat esensial, ada juga sebagian yang mampu menambah pengalaman gaming kalian lebih maksimal. Apa saja daftar softwarenya? Mari kita bahas.

1. Driver NVIDIA GeForce dan AMD Radeon Software

NVIDIA GeForce Experience

Selesai boot ke Windows dan memastikan PC gaming kalian terkoneksi ke internet, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah memasang driver kartu grafis kalian. Memang Microsoft sudah menyediakan driver basic di setiap Windows agar bisa menamplkan desktop namun driver tersebut hanya sebagai display output belaka dan bbukan ditujukan untuk gaming.

Bagi pengguna kartu grafis NVIDIA tentunya kalian harus memasang GeForce Experience, sedangkan untuk AMD kalian harus memasang AMD Adrenalin. Driver tersebut adalah wajib bila kalian menggunakan kartu grafis dari salah satu kubu. Kalian tidak akan mendapatkan performa gaming yang maksimal bila tidak memasang driver yang kadang berisikan bug fix serta day one driver untuk game-game yang sedang rilis.

2. HWInfo

Tampilan HWinfo

Merakit PC baru tentunya kita ingin semua komponen yang kita pasang bekerja tanpa masalah, bukan? Lalu bagaimana cara kita mengetahui komponen seperti misalnya RAM yang kita pasang sudah benar kapasitasnya dan berjalan mulus sesuai spek yang ditawari.

Kalian bisa memasang HWInfo, sebuah software yang bisa menampilkan komponen seperti prosesor, motherboard, RAM, dan kartu grafis yang terpasang. Kalian bisa memantau mulai dari suhu, daya, hingga frekuensi dari komponen-komponen tersebut. Bila ada yang spek yang tidak sesuai atau bahkan tidak terbaca kalian bisa memulai troubleshooting dari sana.

3. MSI Afterburner

Tampilan MSI Afterburner

Kurang afdol rasanya bila punya PC gaming dengan kartu grafis mumpuni bila tidak kalian utak-atik untuk mencari potensi terbaiknya tanpa kompromi sekalipun. Ada 2 cara yang bisa kalian lakukan di MSI Afterburner seperti overclocking dan undervolting.

Sesuai namanya overclocking adalah meningkatkan clockspeed kartu grafis kalian diatas batasan yang diatur pabrik. Sedangkan undervolting sedikit berbeda, kalian menurunkan voltase dari kartu grafis kalian sembari mempertahankan performa setara atau diatas setting-an pabrik.

Kalian bisa mencari guide bagaimana overclocking dan undervolting dengan MSI Afterburner di internet karena tidak ada satu setting-an yang bisa dipakai untuk semua kartu grafis. Setiap kartu grafis punya batas toleransi masing-masing jadi harus trial and error sendiri.

4. Browser

Beberapa browser third party

Browser bawaan sistem operasi Windows yaitu Microsoft Edge memang sudah semakin baik setelah transisi menggunakan Chromium buatan Google yang menjadi source code untuk browser-browser pada umumnya yang beredar di pasaran sekarang.

Meskipun begitu, ada banyak browser bebasis Chromium lain yang punya fitur-fitur unik sesuai kebutuhan tipe penggunanya. Misal saja ada Brave browser yang lebih fokus ke privasi atau Opera GX yang fitur-fiturnya lebih ditujukan untuk gamer.

5. WinRAR atau 7zip

7zip

Tidak perlu banyak pembahasan, software kompresi adalah hal yang wajib ada disetiap PC baik gaming atau bukan. Kegunaan software ini ya sesuai namanya, untuk kompresi data baik dalam jumlah atau ukuran besar.

Microsoft sudah menyediakan software kompresi bawaan namun punya fitur yang sangat terbatas. Software third party seperti WinRAR atau 7zip punya teknologi kompresi yang lebih baik dan dukungan ekstensi yang lebih luas.

6. Emulator Android

Salah satu emulator Android

Bukan sebuah rahasia lagi jika game mobile zaman sekarang pun membutuhkan spesifikasi yang cukup mumpuni. Terlebih lagi game-game sekarang lebih banyak mengusung grafis 3D yang memanjakan mata.

Tentunya memainkan game-game tersebut di layar monitor lebih seru dibanding layar smartphone yang mungil. Jika kalian adalah gamer yang masuk kategori tersebut, emulator android adalah solusinya. Sudah banyak sekali emulator android yang bertebaran mulai dari Bluestack, LDPlayer, NoxPlayer dan masih banyak lagi.

Namun disarankan untuk memilih emulator yang punya versi Android 9.0 dikarenakan beberapa game sudah mulai menaikkan requirement mereka ke versi Android yang lebih tinggi.

7. Software RGB Peripheral

RGB Keyboard yang dapat diubah warnanya

Jika kalian memakai peripheral seperti mouse gaming dan keyboard gaming tentu biasanya disertakan software driver yang bisa kalian download di situs mereka. Kegunaannya bermacam-macam seperti RGB dan macro.

Beberapa produsen peripheral seperti Razer, Logitech, SteelSeries, dkk menyediakan software untuk mouse, keyboard dan headset gaming mereka yang bisa kalian unduh di situs resmi mereka. Dengan memasang software tersebut, setup PC gaming kalian tentu akan kelihatan lebih kece dan cocok di pamerin di Instagram.

8. Discord

Discord

Siapa yang tidak kenal software satu ini. Discord adalah sebuah media tempat berkumpulnya para gamer zaman now. Mengindikasikan betapa pentingnya aplikasi satu ini dan harus ada di PC kalian sebagai seorang gamer.

Apalagi kalian yang memang selalu aktif dalam kegiatan komunitas dari game yang sedang kalian ikuti, atau sekadar sarana mencari informasi. Semuanya bisa kalian lakukan via Discord mulai dari chatting sesama gamer, nonton livestreaming, hingga karaokean pun bisa.

9. Media Player

VLC Media Player

Pengguna PC sejak dulu tentu tahu Windows Media Player yang ada di Windows tahun 2000-an. Kebanyakan dari kita sebagai power user tentu butuh yang namanya media player dengan codec yang lebih lengkap. Agar bisa memutar video-video yang di-encode dengan codec paling muktahir, kita diwajibkan memasang software seperti VLC Media Player atau Media Player Classic yang sudah disematkan codec terbaru melalui K-lite Codec Pack.

Untuk kalian yang sudah terbiasa atau hanya sekadar ingin mencoba, tidak ada salahnya memasang third party media player yang lebih feature-rich seperti yang sudah penulis sebutkan.

10. OBS Studio

OBS Studio

Sudah punya PC gaming yang mumpuni tidak ada salahnya mencoba menjadi streamer kecil-kecilan. Apalagi software-nya sudah tersedia gratis melalui Open Broadcaster Software atau yang biasa kita kenal dengan OBS.

Cara menggunanya pun terbilang simpel dan sudah banyak tutorial yang tersedia di internet. Hitung-hitung bisa menambah pengalaman sebagai streamer dan kalau hoki, bisa menghasilkan uang juga dari hobi kalian, win-win kan hehe.

Jadi Begitulah 10 Software wajib untuk gamer yang baru saja build PC pertama. Kalian bisa cek beragam tips dan harga build PC dari kami bila memang berencana merakit PC di tahun 2022. Jangan lupa untuk diskusi spesifikasi apa yang kalian gunakan di PC kalian?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait TECH atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version