10 Soundtrack Video Game Terikonik yang Bisa Picu Nostalgia

Gamer Zaman Old

Musik atau soundtrack kini menjadi salah satu elemen terpenting dalam sebuah video game. Mengaluni berbagai momen dalam video game; sedih, marah, senang, hingga iringi pertempuran yang epic seolah-olah turut menguggah rasa emosional kita terhadap suatu game dan meninggalkan kesan yang sulit terlupakan.

Berawal dari suara-suara yang sekadar “8-bit” atau Chiptune, kini video game juga turut mengikuti perkembangan jaman dengan hadirkan soundtrack ala budaya pop, bahkan menggunakan orkestra untuk pengalaman bermain yang dinilai ampuh menggugah perasaan. Beberapa di antaranya bahkan sukses menjadi ikon atau identitas suatu game yang tak lekang oleh waktu.

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak kamu semua untuk sedikit bernostalgia akan berbagai soundtrack ikonik dari game-game yang dirilis selama beberapa dekade yang lalu. Siapkan kacamata nostalgia kalian dan coba ingat momen seperti apa yang kamu ingat ketika mendengarkan 10 soundtrack ikonik tersebut di bawah ini.

1. GTA San Andreas — Main Theme

GTA V tentunya menjadi serial tersukses garapan Rockstar. Namun jika berbicara soal soundtrack yang ikonik maka GTA San Andreas lah pemenangnya, terutama musik saat masuk ke dalam gamenya yang pasti dikenal oleh gamer berbagai belahan dunia.

2. Harvest Moon Back to Nature — Town Theme

Harvest Moon Back to Nature mungkin jadi salah satu game yang pernah dimainkan oleh hampir gamer Indonesia yang kini sudah beranjak dewasa. Bercocok tanam, berternak, memberikan hadiah kepada salah satu gadis untuk mendapatkan cinta mereka, tentu semuanya diiringi oleh tema Mineral Town yang pasti bisa picu nostalgia ketika kalian bermain game ini.

3. Ragnarok Online — Prontera Theme

Besar kemungkinan gamer Indonesia yang memainkan game Ragnarok Online di tahun 2000-an kini sudah menikah dan mempunyai momongan, kecuali saya yang sekarang lagi jomblo. Prontera menjadi kota awal permainan yang sekaligus menjadi hub untuk pemain saling bertemu, bersosialisasi dan tentunya berjualan. Diiringi dengan musik syahdu nan tenangkan hati tentunya membuat momen-momen indah kala itu membekas di hati sampai saat ini.

4. Super Mario Bros. — Theme Song

Walau mungkin tidak banyak gamer Indonesia yang memainkan Super Mario Bros. di SNES, tidak bisa dipungkiri bahwa alunan soundtrack-nya menjadi sangat ikonik hingga saat ini. Semua gamer tentu akan langsung mengenali identitas dari pemilik soundtrack yang tak lekang oleh waktu tersebut.

5. Point Blank — Lobby Theme

Gamer warnet zaman now maupun old agaknya tidak bakal asing dengan soundtrack yang entah kenapa selalu terputar kencang ketika pertama kali dijalankan. Saking kencangnya, tidak jarang juga terdengar musik tersebut yang saling bercampur aduk satu sama lain dengan berbagai tembakan senjata ketika melewati suatu warnet yang ramai.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

6. Mortal Kombat — Main Theme

Gamer Indonesia mungkin lebih mengenal game gelut seperti Tekken ketimbang game lainnya di kala itu, seperti Mortal Kombat misalnya. Walau demikian, gamer yang tidak memainkan Mortal Kombat sekalipun pasti akan langsung mengenal temanya, dimana terselip suara ikonik seseorang meneriakkan nama gamenya.

7. Persona 3 — Kimi ni Kioku

Baper hingga trauma, mungkin itulah yang dirasakan oleh orang-orang yang telah menyelesaikan game Persona 3. Soundtrack bertajuk Kimi ni Kioku atau Memories of Youyang diputar pada ending permainan ini seolah-olah menjadi pengingat bahwa cerita yang disajikan didalamnya ini patut disebut sebagai serial Persona terbaik hingga saat ini.

8. Persona 4 — Specialist

Masih dari serial Persona, instalasinya yang keempat ini juga tentunya miliki ragam soundtrack yang enak didengar. Salah satunya yang cukup ikonik bahkan sukses menjadi meme adalah Specialist, soundtrack yang akan kamu dengar saat sedang belajar di kelas. Perlu diketahui bahwa Specialist yang dijadikan meme adalah versi reincarnation.

9. Sonic The Hedgehog — Green Hill Zone

Walau gamenya sendiri miliki tujuh zona permainan untuk diselesaikan, entah mengapa hanya tema pada zona pertama Sonic The Hedgehog — Green Hill menjadi sangat ikonik. Kamu yang mungkin juga tidak sempat memainkan game originalnya di platform Sega Genesis mungkin tetap akan langsung mengenal tema tersebut.

10. Lost Saga — Wild West

Selain Point Blank, Lost Saga turut menjadi game andalan tiap warnet kala itu. Game ini tentu miliki ragam soundtrack untuk tiap stage permainannya, namun Wild West dengan tema ikoniknya lah yang sukses jadi pemicu nostalgia para pemainnya. Kamu mungkin juga akan sering mendengar tema Point Blank dan Wild West ini ribut bercampur aduk saat memasuki sebuah warnet.

Itulah 10 soundtrack video game terikonik yang pastinya bakal memicu nostalgia akan kenangan-kenangan indah belasan hingga puluhan tahun lalu. Nah, apakah kamu punya soundtrack lainnya yang juga bisa bikin nostalgia? Share langsung di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Soundtrack Game atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version