10 Spesifikasi Terkonyol yang Ditulis Developer di Steam

funny steam spek

Tiap game punya spesifikasi sendiri untuk memberitahukan gamer apakah hardware PC yang mereka punya akan bisa menjalankan game tersebut. Tapi terkadang game yang mau dirilis sudah terlalu enteng dan developer yakin segala macam PC bisa jalankan game tersebut. Maka dia menuliskan spesifikasi di Steam seasal-asalan mungkin karena terlalu malas untuk menuliskannya dengan serius atau hanya sebagai bahan candaan semata.

Berikut adalah 10 spesifikasi terkonol yang dituliskan developer game di Steam.


1. Undertale… Soundtrack

Undertale punya spesifikasi yang ringan melihat game dibuat dengan visual 16-bit. Selain gamenya, Toby Fox juga merilisi soundtrack dari game ini di Steam. Melihat filenya hanya audio file, kamu tak perlu mesin khusus dan hanya perlu PC yang punya soundcard. Tapi akan terlalau membosankan untuk menuliskan “hanya butuh sound card” atau mengkopas spesifikasi dari game. Maka Toby menuliskan “spesifikasi” dari soundtrack ini sekonyol mungkin.


2. 8-Bit MMO

Ketika mendengar game dengan judul “8-bit” kemungkinan kamu bisa jalankan gamenya dengan mesin cuci sekaligus. Developer dari game ini juga tahu soal itu dan saat menuliskannya di system requirement di Steam, dia bagaikan “cari aja barang yang kayak komponen PC, kemungkinan bakal jalan ini game.”


3. Scribble Space

Scribble Space merupakan game kecil dan murah yang dibuat seperti coba-coba dari developer. Game ini miliki visual gambar tangan anak kecil yang dari screenshot diatas sudah jelas takkan butuh hardware canggih untuk bisa dimainkan. Developer dari game ini menuliskan spesifikasi game ini di “pemanggang roti” karena tak mau repot-repot lagi untuk riset hardware seperti apa yang bisa angkat game ini.


4. The End is Nigh

Game dari developer Super Meat Boy dan The Binding of Isaac ini masih hangat di Steam dan mungkin menjadi alasan kenapa kami terinspirasi membuat artikel ini. Spesifikasi recommended yang dituliskan developer mengklaim butuh Nvidia 999999999999999GTX TI dengan SLIx20. Kemungkinan PC akan sepanjang kereta api dengan graphic card seperti ini tapi untungnya game masih jalan di kentang saya di setting ultra. Jadi… developer jelas-jelas bohong.


5. Unturned

Let’s be honest, Unturned hanyalah versi kentang dari DayZ yang sempat naik daun layaknya PUBG beberapa tahun yang lalu. Tapi setidaknya game ini keluar dari early access daripada game yang mereka tiru. Melihat visualnya yang kotak-kotak, maka tak mungkin game akan bikin PC-mu ngos-ngosan.

Developer telah mengubah spesifikasi di halaman Steam menjadi serius setelah keluar dari early access, namun sebelum dari spesifikasi serius tersebut, mereka menuliskannya seperti ini.

Page 1 | Page 2

6. The Binding of Isaac: Rebirth… Soundtrack

Sama seperti soundtrack Undertale, spesifikasi yang ditulis Edmund McMilland pada dasarnya hanya menjelaskan “lul, ini cuman file audio”.


7. Shadow Warrior

Game ini mungkin jadi yang terberat dari seluruh yang ada di list ini. Tetapi tak berarti developer tak mau sedikit bercanda menuliskan spesifikasi mereka. Pada Additional notes mereka menuliskan syarat tambahan sebelum bermain game ini yaitu naluri ninja.


8. Bit Blaster XL

Game miliki kata “bit” di judul, maka jika kamu tak mampu jalankan game ini, mungkin sudah saatnya ganti PC. Developer dari game ini juga pada dasarnya katakan demikian lewat spesifikasi game di halaman Steam game.


9. A Bird Story

Dibuat oleh studio yang sama dibalik To The Moon, A Bird Story menjadi game RPG maker yang fokus story menyedihkan sama seperti game mereka sebelumnya. Melihat screenshot diatas sudah jelas game bisa jalan di PC apapun. Sayangnya devleoper menegaskan game hanya jalan di apapun kecuali kentang.


10. The Final Station

Dengan visual 16-bit, ya tak perlu dijelaskan panjang-panjang lagi jika game tak perlukan spesifikasi yang tinggi. Developer menuliskan spesifikasi game dengan Graphics: Built-in toaster sebagai pertanda betapa ringan game mereka tersebut.


Apakah ada lagi spesifikasi konyol yang terlewatkan oleh kami? Sebutkan di komen!

Exit mobile version