10 Strategi “Big Brain” Apabila Kamu Terpilih Impostor di Among Us

in , ,
Among Us Big Brain
Among Us Big Brain

Among Us adalah game multiplayer tahun 2018 yang baru heboh dibicarakan sekarang. Karena kumpulan content creator yang mainkan game ini bersama teman mereka yang biasanya sesama content creator, game ini mendadak naik drastis popularitasnya hingga developer harus batalkan proyek sekuel untuk game ini.

Apabila kamu baru mengenal game ini sekarang, besar kemungkinan kamu bingung akan mekanik game. Meskipun gameplay-nya sederhana, ternyata ada beberapa hal yang harus kamu ketahui akan game ini agar dapat memenangkan tiap ronde dengan lebih mudah.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berikan kamu beberapa tips yang harus kamu ketahui apabila kamu menjadi impostor. Maka dari itu, tanpa panjang lebar lagi, mari kita lihat saja langsung.


1. Pura-Pura Lakukan Task, Baru Bergerak Saat Bar Bertambah

3740705 Amongusmurder

Kunci kemenangan dari seorang crewmate selain dari mencari tahu siapa si impostor ialah melakukan semua tugas yang diberikan. Apabila kamu yang menjadi impostor, kamu hanya mendapatkan “fake task” atau tugas palsu. Kamu tidak dapat berinteraksi dengan alat-alat yang ada di peta, tetapi kamu bisa pura-pura melakukan tugas agar para crewmate tidak mencurigaimu.

Apabila kamu keliling-keliling saja di sekitar peta, besar kemungkinan orang akan mencurigaimu, namun apabila kamu berpura-pura sibuk, kamu bisa membuat alibi saat diskusi. Mungkin cara terbaik saat melakukan trik ini ialah kamu baru bergerak kembali ketika status bar di bagian atas kiri bertambah, maka crewmate di sekitarmu yang matanya tajam dapat tertipu dan menganggapmu memang telah lakukan task.


2. Sering Gunakan Sabotage dan Tutup Pintu Sebelum Membunuh

490930120

Sebagai impostor, kamu dapat sabotase beberapa beberapa mesin yang ada di peta serta menutup akses pintu. Manfaatkan kemampuan ini sebisamu. Gunakan sabotase mesin agar para crewmate menjauh dari lokasi TKP selama beberapa saat dan memberimu alibi, atau menutup akses pintu dari ruangan tertentu agar memastikan tidak ada saksi dalam pembunuhanmu lalu kabur lewat ventilasi, dan masih banyak lagi situasi dimana kemampuan ini akan menyelamatkanmu dari kecurigaan para crewmate.


3. Setuju dengan Dukungan Mayoritas

V0kjik

Ketika mayat ditemukan atau saat ada yang membuka emergency meeting, ada baiknya kamu mengikuti dan setuju akan voting mayoritas. Bahkan jika teman yang didukung itu adalah teman sesama impostor-mu, terkadang mau tak mau kamu harus mengikuti.

Apabila kamu memilih orang lain selain dari yang dipilih anggota lainnya, besar kemungkinan kamu dicurigai pada sesi diskusi selanjutnya, membuatmu harus membujuk kenapa kamu bisa dipercaya yang dimana sulit untuk dilakukan apabila sudah terjadi.


4. Selalu Ciptakan Alibi

Pdch B84e4a2eb4a94cb19ac3c2826bcf377f

Cara terbaik menunjukan ketidaksalahanmu ialah dengan memiliki alibi. Apabila mayat ditemukan di ruang electrical, berbohonglah dengan berkata kamu berada di ruang security atau semacam itu.

Tetapi berhati-hati lah dengan alibi-mu, kamu harus memastikan kamu membuat alibi yang bisa dipercaya dan tidak ditangkis anggota lain. Jangan sampai muncul omongan seperti “aku ada di ruang security, nggak ada kamu disitu” atau argumen semacam itu yang dimana kamu akan terdiam dan ketahuan berbohong.


5. Ambil Kesempatan Membunuh di Tengah Keramaian

Among Us Stack Kill 800x450Ketika banyak pemain berkemurun di satu lokasi yang sama, kamu bisa selalu mencoba membunuh salah satunya. Aksi ini beresiko dan ada kemungkinan kamu ketahuan apabila ada pemain yang jelih, tetapi apabila kamu beruntung, kamu bisa dapatkan satu pemain terbunuh dan satu pemain di-eject karena salah voting yang berarti kamu dapatkan 2 kill dalam satu ronde tersebut.


6. Apabila Ketahuan Membunuh di Depan Satu Saksi, Bicaralah Lebih Dulu

Among Us Blank Meme Template Cyan Tells Crew Yellow Is Sus

Ketika kamu ketahuan oleh satu saksi yang menyaksikan aksi membunuhmu, saat memasuki sesi diskusi, cobalah untuk berbicara lebih awal dari si saksi. Teriaklah “self report, dia bunuh si ini di electrical depan saya” atau semacam itu sebelum si saksi berbicara.

Trik ini tidak akan selalu berhasil, tetapi dari pengalaman saya bermain, mayoritas orang selalu lebih percaya ia yang berbicara lebih awal, apalagi kalau aktingmu terlihat meyakinkan.

Besar kemungkinan kamu akan di-eject selanjutnya setelah ketahuan si saksi sebelumnya ternyata bukan impostor (kecuali confirm eject dimatikan), tetapi setidaknya kamu telah membuang satu crewmate tambahan sebelum kamu mati. Sisanya tinggal berharap rekan impostor-mu yang melanjutkan (kecuali kalau modenya solo impostor).


7. Bunuh Crewmate yang Kelihatan Pintar

Ss Eab32f16b59c005489c10f9063227ed7b54b31ec.1920x1080 1

Bahkan di game casual semacam ini, akan selalu ada yang try-hard sepanjang ronde. Pemain seperti ini harus kamu dahulukan bunuh karena biasanya mereka yang akan menjadi sumber kekalahanmu. Tetapi pastikan kamu membunuhnya di saat ia lengah seperti di saat ia sendirian ke electrical atau saat ia melakukan task yang sifatnya panjang seperti task di ruang reactor, dll.


8. Sok Gaul dengan Crewmate Saat Diskusi

N37o2rrq7gr51

Kamu ingin membuat orang sebisa mungkin memandangmu hanyalah crewmate biasa. Maka dari itu cobalah untuk selalu “memimpin” diskusi dengan bertanya kemana saja mereka dan tugas apa yang ia baru saja lakukan.

Salah satu hal yang saya sering lakukan ialah mengatakan “si X aman, aku daritadi sama dia dan dia juga ngelakuin task” atau semacam itu yang intinya membujuk pemain lain kalau si X bukanlah impostor. Biasanya omongan seperti itu membuat si X percaya sama kamu dan membuat pemain lain melihat kamu sebagai anggota crewmate.


9. Perhatikan Kamera, Kurangi bunuh di Koridor

7 C058fa781c904812a39824d7554377df

Di tiap sudut peta akan selalu ada kamera CCTV dan biasanya ruangan security menjadi langganan para crewmate agar ia bisa mencari tahu siapa si impostor. Selalu ingat dimana posisi CCTV tersebut dan cobalah untuk membunuh orang di ruangan, bukan di koridor.

Apabila mayat ditemukan di koridor, besar kemungkinan para penjaga CCTV langsung menyebutmu yang baru saja lewat koridor tersebut, membuat kamu terlihat “sus” di mata mereka.


10. Apabila Sudah Fix Ketahuan dan Buat Ekspos Palsu

Among Us Impostor Guide 900x506

Bahkan seberapa pintar strategimu sebagai impostor, akan ada selalu momen dimana kamu tidak beruntung dan tertangkap basah dan semua omonganmu tidak mampu membujuk para crewmate. Apabila ini terjadi, cobalah untuk pura-pura mengekspos impostor yang lain.

Yang saya maksud ialah omongan semacam “Impostor satu lagi si biru” padahal si biru bukanlah impostor sama sekali. Apabila berhasil, salah satu crewmate akan adakan emergency meeting dan eject langsung si biru. Jadi setidaknya kamu bawa mati satu orang setelah di-eject dan membuat beban rekan impostor yang satunya berkurang sedikit.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.