10 Tips dan Hal-hal yang Perlu Diketahui Saat Bermain Persona 4 Golden

in ,

Menjadi suatu mimpi yang jadi kenyataan tentunya ketika serial game Persona (utama) yang selama bertahun-tahun eksklusif untuk PlayStation saja akhirnya rilis di platform PC. Ya, Atlus baru-baru ini melepas jeruji eksklusivitas Persona 4 Golden dari PS Vita dan menuju ke PC via Steam. Dan hanya dalam hitungan jam, game yang telah berumur sekitar delapan tahun tersebut langsung dibanjiri review positif di halaman Steam-nya.

Hal ini tentunya menghidupkan nostalgia kembali para fans lama untuk memecahkan misteri pembunuhan yang terjadi di kota kecil Inaba. Dan tentunya hal ini juga membuka kesempatan baru bagi para pemain yang penasaran mengapa Persona 4 ataupun Persona 4 Golden menjadi sebuah game JRPG yang dicintai fans dari berbagai belahan dunia.

Secara khusus, saya sendiri sebagai fans lama ingin mengucapkan selamat datang kepada para pemain baru. Dan berikut ini akan saya berikan beberapa tips serta menjabarkan hal-hal yang perlu kamu ketahui saat bermain Persona 4 Golden, dengan harapan pengalaman bermain yang dihasilkan bisa maksimal.

1. Prolog berdurasi sekitar 3 hingga 4 jam

Satu hal yang saya perhatikan saat membaca berbagai opini terkait Persona 4 Golden sendiri adalah banyak pemain yang sudah langsung bosan karena beberapa jam awalnya penuh dengan dialog-dialog antar karakter saja. Maka ketahuilah bahwa hampir setiap game Persona pada umumnya memang menyajikan formula prolog yang serupa.

Atlus mencoba memperkenalkan latar dunia dan cerita, serta elemen-elemen gameplay yang ditawarkan pada segmen bertempur dan segmen sosial. Pada Persona 4 Golden sendiri, kamu mungkin akan menghabiskan waktu sekitar 3 hingga 4 jam, baru diberikan kebebasan untuk memilih aktivitas yang ingin dilakukan. Tak hanya itu, berbagai fitur lainnya juga baru akan terbuka seiring berjalannya permainan.

Maka dari itu, harap bersabar dan tidak perlu terburu-buru. Sejatinya Persona 4 Golden memang lebih cocok dinikmati secara santai sambil mendengarkan alunan-alunan soundtrack keren yang menjadi ciri khas utama game-game Persona. Kecuali jika kamu memang tidak suka penyajian cerita ala Visual Novel yang cenderung perlu banyak membaca, maka game ini mungkin memang tidak cocok untukmu.

2. Persona 4 Golden punya tombol Rush untuk cerita

Jika kamu sudah memainkan game Persona 4 dan ingin melewati cerita yang ada, maka Persona 4 Golden kini memiliki tombol Rush untuk mempercepat dialog-dialog yang ada, bahkan melewati cutscene animenya. Perlu diketahui juga bahwa Rush tidak akan berlanjut ketika muncul pilihan dialog, sehingga kamu tentu tidak perlu khawatir kelewatan memilih dialog yang tepat.

Namun karena ada bagian cerita baru, disarankan untuk tidak terus-terusan menggunakannya kecuali kamu yakin bahwa dialog tersebut sama persis dengan versi Persona 4.

3. Blind Playthrough vs Guided Playthrough?

Jika kamu benar-benar baru pertama kali mencoba game Persona 4 Golden atau Persona 4, maka saya sangat sangat sangat menyarankan untuk memainkan gamenya secara blind atau tanpa menggunakan panduan apapun untuk pengalaman bermain yang lebih maksimal.

Persona 4 Golden tidak hanya menawarkan elemen bertempur ala game JRPG pada umumnya, namun juga menawarkan elemen permainan ala dating sim, dimana kedua hal tersebut tentunya saling berkesinambungan. Kamu mungkin akan lebih banyak menghabiskan waktu pada segmentasi dating sim atau sosialnya, yaitu berinteraksi dengan teman-teman sekolah ataupun kerabat-kerabatmu dan memaksimalkan level Social Link mereka.

Jika kamu memilih untuk bermain tanpa panduan, maka saya sarankan untuk fokus menaikan lima status sosialmu. Hal ini dikarenakan banyak interaksi-interaksi Social Link yang baru bisa dilakukan ketika status sosialmu tinggi. Sebagai contoh, salah satu temanmu tidak akan menghabiskan waktu bersamamu jika status pengetahuanmu rendah atau masih bego, atau temanmu yang mengajak bolos tapi tidak bisa karena status keberanianmu masih cupu.

Bisa dibilang cukup mustahil untuk memaksimalkan Social Link pada blind playthrough karena waktu yang terbatas. Maka dari itu saya sarankan untuk nikmati permainan sepenuhnya tanpa panduan terlebih dahulu, baru gunakan panduan pada New Game+, karena status sosial yang telah kamu naikkan sebelumnya akan terbawa ke permainan berikutnya. Saya cukup yakin walau kamu sudah menghabiskan puluhan jam bermain, kamu pasti tertarik untuk mengulangi permainannya dari awal.

4. Rajin lakukan eksplorasi selama beberapa bulan pertama

Kamu yang asing dengan Persona 4 Golden, maka saya sarankan untuk rajin menjelajahi seluk beluk kota Inaba setidaknya dua atau tiga bulan pertama permainan. Begitu banyak fitur dan elemen-elemen permainan yang bisa kamu temukan dan manfaatkan. Game ini juga tentunya menawarkan aktivitas yang berbeda antara siang dan malam.

Dan seperti yang dijelaskan sebelumnya, masih ada berbagai fitur lain yang akan terbuka seiring berjalannya permainan. Seperti toko buku yang menjual buku yang berbeda-beda tiap bulannya, kemudian aktivitas-aktivitas yang hanya bisa dilakukan saat hujan dan masih banyak lagi.

5. Gunakan fitur Voice dan WC sekolah

Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, saking banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, saya cukup yakin bahwa kamu pasti seringkali akan kebingungan harus melakukan apa. Jika kamu terhubung dengan internet, maka kamu bisa menggunakan fitur Voice yang akan menunjukkan aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh berbagai pemain lainnya saat itu juga.

Selain itu, sesekali gunakanlah WC yang ada di sekolahmu untuk mendapatkan insight permainan secara random ataupun mengingatkanmu tentang berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di hari itu.

6. Dua dungeon pertama cukup sulit

Dalam Persona 4 Golden, dua dungeon pertama yang akan kamu hadapi bisa dibilang cukup sulit karena karaktermu tentunya masih lemah dan fitur-fitur yang belum terbuka. Hal ini dikarenakan kamu perlu melakukan grinding dan mengoleksi berbagai Persona yang tentunya akan dimanfaatkan dalam berbagai situasi bertempuran. Proses tersebut bisa dipastikan akan sangat menguras SP, sehingga kemampuanmu dalam mengelola penggunaan SP juga akan diuji terutama dalam dua dungeon pertama ini.

Sebagai tips, saya menyarankan untuk grinding sampai karaktermu level 18 untuk dungeon pertama dan level 25 untuk dungeon kedua. Sehingga kamu mungkin perlu bolak balik pindah lantai untuk memburu berbagai Shadow yang ada. Secara tidak langsung hal ini juga akan membuatmu menemukan lebih banyak treasure chest, dimana kamu berkesempatan untuk menemukan berbagai equipment yang berguna dalam bertempuran.

7. Direct command semua anggota partymu

Tiap kamu mendapatkan anggota party baru, jangan lupa untuk mengubah battle tactic mereka menjadi direct command atau kamu kendalikan secara langsung. Kamu tentu tidak ingin mereka melakukan berbagai aksi secara otomatis yang bisa dipastikan akan sangat boros SP.

8. Usahakan selesaikan dungeon dalam satu hari

Jika kamu memutuskan untuk masuk dungeon, maka usahakan untuk menyelesaikan dungeon tersebut pada hari itu juga, termasuk grinding. Hal ini tentunya tidaklah mudah karena kamu perlu mengelola penggunaan SP untuk pertempuran yang lebih efektif. Disarankan untuk membeli berbagai item konsumsi untuk HP dan SP agar partymu bisa bertahan lebih lama.

Mengapa dalam satu hari? Agar kamu dapat memaksimal aktivitas-aktivitas diluar bertempur seperti menaikkan status sosialmu; belajar buat UTS, ikut eskul, kerja paruh waktu. Tidak hanya itu, kamu tentunya juga perlu menaikkan level Social Link teman-temanmu dan membuat mereka jatuh hati padamu, serta membuat mereka lebih efektif lagi dalam pertempuran.

9. Selesaikan tiap dungeon dua kali

Ketika kamu menyelesaikan sebuah dungeon, maka kembalilah ke dungeon tersebut sebelum melanjutkan ke dungeon berikutnya. Dungeon yang telah kamu selesaikan akan tereset dan hadir mini boss baru di lantai tertingginya. Sehingga secara tidak langsung kamu juga akan kembali melakukan grinding sampai menghadapi mini boss tersebut.

Tidak sampai disitu, terdapat senjata khusus yang bisa kamu temukan di dalam ruangan boss saat kamu datang untuk kedua kalinya. Setelah menghabisi mini boss yang ada, coba jelajahi ruangan tersebut hingga muncul prompt search untuk mendapatkan senjata khusus pada akhir dungeon tersebut.

10. Mengelola Social Link

Saya cukup yakin bahwa segmentasi dating sim dalam game Persona 4 Golden atau game Persona pada umumnya mungkin lebih sulit daripada segmentasi bertempurnya. Yakni karena terdapat begitu banyak Social Link yang tersedia dan waktu yang terbatas. Dan bisa dibilang sangat-sangat sulit memaksimalkan semua Social Link yang ada tanpa panduan.

Tiap Social Link yang ada memiliki ketentuannya masing-masing untuk diajak berinteraksi. Ada yang hanya bisa diajak pada hari-hari tertentu, ada yang tidak akan hadir saat cuaca hujan, ada yang status sosialnya perlu tinggi dulu dan lain-lain. Buatlah catatan akan jadwal kapan saja karakter-karakter ber-Social Link dapat kamu ajak berinteraksi.

Masing-masing Social Link memiliki 10 level maksimal, namun kamu tentunya tidak akan bisa memaksimalkannya hanya dalam 10 kali pertemuan. Naiknya level Social Link bergantung dengan pilihan-pilihan dialog yang kamu ambil, hal ini terlihat dari ikon not musik yang muncul dikepala mereka. Secara umum, kamu harus menyetuji pendapat yang mereka utarakan kepadamu, namun ada beberapa momen dimana pilihan dialog yang berlawanan dengan pendapat justru akan meningkatkan poin Social Link. Hal ini tentunya mendorongmu untuk memperhatikan dialog yang ada dan memahami permasalahan yang dihadapi oleh orang yang kamu ajak berinteraksi.

Beberapa hal lain yang saya sarankan adalah; selalu membawa Persona yang sesuai dengan Arcana Social Link yang kamu ajak berinteraksi, dimana saya juga menyarankan untuk segera mencapai level 30 untuk membuka 12 slot Persona yang bisa dibawa. Hal lain seperti ketika diajak nongkrong di hari minggu, makan siang bareng, hingga dapat nilai bagus saat UTS dan UAS juga bisa meningkatkan poin Social Link teman-teman sekolahmu.

Tidak hanya itu, saya juga menyarankan untuk segera meningkatkan Social Link karakter yang bisa kamu ajak ke dungeon dan menjadi party. Setidaknya sampai Social Link level 2 atau 3 dimana anggota party terkait bisa melakukan serangan follow-up yang tentunya sangat berguna. Dan tentu saja saya juga menyarankan untuk membawa Chie sang best girl karena ia bisa melakukan serangan follow-up yang instant-kill.

Itulah 10 tips dan hal-hal yang mungkin perlu kamu ketahui dulu agar pengalaman bermain Persona 4 Golden maksimal. Kalo kamu tau tips-tips berguna lainnya, langsung aja kasih tahu kita di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Persona 4 Golden atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]