10 Video Game dengan Fitur Cross-Platform yang Bisa Dimainkan Sekarang Juga

Apex Crossplat

Cross-platform adalah sebuah fitur yang mungkinkan player untuk memainkan video game antar platform. Simplenya sih menjadikanmu bisa mainin gamenya bareng tanpa dibatasi platform seperti PlayStation, PC, Xbox, Android, iOS, maupun Switch.

Pengaplikasian cross-platform dipromosikan besar-besaran oleh Xbox yang mulai mengajak platform lain seperti PC hingga rivalnya, PlayStation. Sayang, Sony yang masih tertutup tak mudah memutuskannya di awal. Beruntung, mereka akhirnya mulai terbuka setelah beberapa tahun terakhir.

Tak banyak game yang mendukung fitur cross-platform karena pengembangannya yang cukup memakan waktu. Namun beberapa game berikut telah berhasil mengaplikasikannya. Apa saja gamenya? Simak melalui daftar di bawah.

10. Genshin Impact

Mengangkat tema RPG, Genshin Impact hadirkan waifu dan husbando yang bisa kamu koleksi dengan memanfaatkan fitur gachanya. Player bisa membeli primogem, sebutan mata uang untuk gacha untuk mendapatkan tiap karakternya. Mereka juga bisa mendapatkannya gratis melalui event.

Namun hal yang menarik dari Genshin Impact adalah pengembangannya yang cepat serta fitur cross-platform yang dimilikinya. Player bisa memainkan gamenya bersama mereka yang bermain di PC, Android, iOS, PlayStation 4, dan PlayStation 5 untuk membantu mengalahkan bos maupun sekedar bercengkrama bersama. Dukungan cross-save yang baru saja diimplementasikan juga membuat tembok tak terlihat antar platform sirna.

9. Call of Duty: Modern Warfare (2019) / Warzone

Hadir sebagai reboot seri Modern Warfare, Infinity Ward ubah standar Call of Duty dengan engine baru yang mereka buat untuk Call of Duty Modern Warfare (2019) sekaligus Warzone miliknya. Ciri khas gunfightnya yang renyah dengan fitur baru seperti slide dan masih dengan permainan super cepat membuat game ini selalu kompetitif di setiap sesinya.

Call of Duty Modern Warfare miliki opsi cross-platform dengan menyalakan opsinya dalam game. Kamu tak perlu mengundang teman atau orang yang baru kamu kenal dari platform PS4/5 untuk bermain bersamamu, karena fitur ini mungkinkan player memainkan gamenya dengan mencampur semua player dari platform lain bahkan saat matchmaking.

8. Brawlhalla

Bertempur dalam satu arena di Brawlhalla memang cukup seru saat dimainkan dalam satu platform. Namun sejak Ubisoft dan Blue Mammoth Games mengubahnya menjadi multi-plaform dengan fitur cross-play, player dengan sangat mudah bisa bermain dengan mereka yang berada di platform lain.

Sama seperti Genshin Impact, player bisa bertempur dari PC, console, dan mobile untuk tawuran layaknya Super Smash Bros dalam satu arena. Kontrolnya yang cepat serta kemampuan tiap Champion (sebutan hero dalam game ini) memberikan sensasi permainan yang unik dan tak membosankan.

7. Fortnite

Sempat alami kontroversi dengan PlayStation saat pengaplikasian fitur cross-play membuat Fortnite berada dalam posisi yang cukup membingungkan. Terlebih developernya sendiri, Epic Games seperti seenaknya mengembangkan gamenya meskipun menjadi ladang uang bagi mereka. Beruntungnya, fitur tersebut kini bisa dinikmati oleh banyak player.

Fortnite khususnya battle royale simplenya adalah game battle royale dengan fitur yang telah mereka kenalkan di save the world yakni membangun. Player bisa membuat kastil, tembok, dan memasang jebakan sembari bertempur, loot, mining, dan melakukan kegiatan lainnya. Sayang, gamenya tak begitu populer di Indonesia.

6. Rogue Company

Lahir dari tangan dingin First Watch Games dan Hi-Rez, Rogue Company merupakan game hero based third-person shooter arena dengan berbagai mode menarik. Kamu bisa memainkan ragam mode seperti King of the Hill, Deathmatch, dan yang lain bersama teman-temanmu.

Jika harus mengkategorikan gamenya sebagai sesuatu yang spesial, maka bisa dikatakan bahwa gamenya tidak memiliki daya tarik tertentu selain hero yang disebut Rogue. Ini karena setiap Rogue miliki beberapa kemampuan unik yang kebanyakan fokus pada bidang militer.

Ohya, kamu bisa bermain dengan mereka yang berada di platform yang berbeda, dengan syarat, player mengundangnya dalam party. Kamu juga bisa melanjutkan progressmu dari console ke PC maupun sebaliknya karena ia juga dukung cross-progression.

5. Dauntless

Bertemakan perburuan monster layaknya Monster Hunter, Dauntless akan mengajakmu untuk berburu monster bernama Behemoth yang muncul di beberapa pulau layang. Seiring berjalannya misi, kamu akan bisa melawan Behemoth yang lebih kuat dengan serangan yang beragam.

Tentu saja game ini bukan buat kamu yang ingin segalanya cepat karena progressnya sangat lambat. Meskipun demikian, kamu bisa menikmatinya bersama player dan teman-teman dari berbagai platform secara otomatis tanpa perlu mengundangnya dalam party sama sekali.

4. Final Fantasy XIV Online

Selama beberapa bulan terakhir nama Final Fantasy XIV kembali “dipasarkan” oleh banyak pecinta MMORPG. Ini karena mereka sudah mulai mencari alternatif game serupa atau setidaknya masih satu kelas dengan World of Warcraft.

Sama seperti MMORPG lain, Final Fantasy XIV hadir dengan ragam konten seperti dungeon, raid, dan yang lainnya. Hal yang membuatnya menarik adalah bagaimana ia mengikuti sistem satu karakter dengan beragam job, serta fokus Square-Enix pada cerita sebagai nilai jualnya. Game ini juga bisa dimainkan bersama mereka yang memainkannya di PS4 dan PC dalam satu server.

3. Phantasy Star Online 2

Phantasy Star Online 2 bisa dibilang cukup terlambat untuk dirilis secara global. Meskipun demikian, player bisa menikmati gamenya dengan sangat mudah via Steam. Gamenya merupakan MMORPG dungeon crawler sebelum akhirnya tuju Genesis, seri baru dengan tampilan visual yang lebih oke.

Player bisa memainkannya bersama beberapa player dari platform lain berkat fitur cross-platform. Mereka bisa mengundangnya dalam party dan berburu equipment dan monster bersama-sama sembari menikmati ceritanya yang epik.

2. Apex Legends

Rasanya tak perlu dipaparkan lagi seperti apa Apex Legends. Intinya ia adalah game battle royale dengan basik hero yang disebut legend. Tiap hero akan miliki kemampuannya masing-masing. Gamenya juga miliki pace permainan yang cepat dengan movement yang menjadi daya tarik utamanya.

Apex Legends miliki fitur crossplay, ini berarti kamu dari console bisa memainkan gamenya bersama platform lain termasuk PC. Berbeda dengan PC yang harus diundang dan melawan player PC serupa, player console bisa memainkan gamenya secara cross-platform bersama player console lain, tanpa harus mengundangnya dalam satu party.

1. Minecraft

Mengasah kreativitas adalah nama tengah Minecraft, game buatan Mojang ini mungkinkanmu membuat apapun dari dungeon, kastil, hingga dunia penuh jebakan. Terlebih dengan kemampuan multiplayer yang membuatnya semakin seru dimainkan.

Sejak Microsoft bekerjasama dengan Nintendo, dukungan fitur cross-platform membuat para pemain Minecraft tak lagi dibatasi untuk memainkan gamenya. Mereka bisa bermain bersama PC, Switch, maupun Xbox dengan sesuka hati. Menjadikannya lebih menyenangkan untuk dimainkan.


Daftar di atas hanyalah secuil dari banyaknya game yang mendukung fitur cross-platform. Masih banyak game di luar sana yang mungkin tan sempat masuk dalam daftar tersebut. Tentu saja kamu bisa ikut berkontribusi dengan membagikan game apa saja yang sedang kamu mainkan namun memiliki fitur serupa dengan berkomentar di bawah.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version