10 Video Game Spin-Off yang Tidak Kalah Populer dengan Seri Game Aslinya

Video Game Spin Off

Kepopuleran industri video game saat ini telah melahirkan berbagai judul dan franchise game yang dibuat oleh para developer. Game-game tersebut berhasil menarik perhatian para gamer dan menjadi game favorit mereka. Bahkan tak sedikit dari sekian banyak franchise game tersebut merilis sebuah spin-off yang tidak kalah populer dengan seri aslinya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 10 video game spin-off yang tidak kalah populer dengan game aslinya. Beberapa judul video game ini sudah pasti tidak asing lagi bagi para gamer.

Penasaran game spin-off apa saja yang populer dari game aslinya? Inilah 10 video game spin-off yang tidak kalah populer dengan seri game aslinya!

1. Apex Legends

10 Video Game Spin-Off yang Tidak Kalah Populer dengan Seri Game Aslinya 11

Video game spin-off yang tidak kalah populer dengan seri game aslinya dalam daftar pertama adalah Apex Legends. Game battle royale yang dikenal memiliki pace gameplay yang sangat cepat ini dibuat oleh developer Respawn Entertainment.

Mungkin tak banyak yang mengetahui bahwa Apex Legends merupakan spin-off resmi dari seri game Titanfall buatan developer yang sama. Bahkan beberapa lore dan beberapa referensi pada karakter mengacu pada cerita ataupun karakter dari seri Titanfall.

Pada saat pertama kali dikembangkan, Apex Legends telah dipersiapkan developer Respawn Entertainment jauh hari sebelum Titanfall 2 dikerjakan. Pada prototype awalnya, game ini memiliki kemiripan dengan Titanfall. Namun setelah munculnya game PUBG dan mulai populernya pasar battle royale, pihak developer berencana memberikan genre game tersebut dengan format seperti Titanfall.

Dengan pace gameplay yang sangat cepat ini, Apex Legends menjadi salah satu game battle royale paling digemari para gamer. Meskipun game ini merupakan spin-off dari seri game Titanfall.

2. Crash Team Racing

10 Video Game Spin-Off yang Tidak Kalah Populer dengan Seri Game Aslinya 12

Siapa sih yang tidak tahu game kart racing dari seri Crash Bandicoot berjudul Crash Team Racing atau biasa disingkat CTR? Game yang terinspirasi dari seri Mario Kart ini dibuat oleh developer Naughty Dog yang rilis pertama kali untuk konsol PS1 pada 19 Oktober 1999.

Meskipun sebagai spin-off, game ini sangat populer bagi para gamer dari zaman konsol PS1 bahkan hingga saat ini. Berkat kepopulerannya, CTR mendapatkan versi remake/remaster berjudul Crash Team Racing Nitro-Fueled, sama seperti seri utamanya Crash Bandicoot untuk konsol generasi saat ini.

3. Fallout: New Vegas

10 Video Game Spin-Off yang Tidak Kalah Populer dengan Seri Game Aslinya 13

Selanjutnya ada salah satu seri game populer dari Fallout, yaitu Fallout: New Vegas. Game FPS action RPG ini dikenal memiliki fitur gameplay kompleks seperti quest, musuh dan luasnya open world yang bisa kalian telusuri setiap sudutnya.

Sama seperti seri game Fallout lainnya, Fallout: New Vegas menceritakan dunia post-apocalyptic setelah insiden ledakan nuklir. Umat manusia mencoba untuk bertahan hidup dengan kondisi sulit akibat radiasi nuklir yang dapat mempengaruhi makhluk hidup. Belum lagi dengan beberapa kelompok manusia yang berusaha memanfaatkan kondisi sebagai penguasa.

Banyak hal yang membuat game spin-off ini sangat populer dengan seri game aslinya. Salah satunya dengan menghadirkan banyak sekali peningkatan dari segi gameplay dari pendahulunya Fallout 3. Selain itu, game ini menghadirkan cerita yang lebih baik dengan pendahulunya yang memperlihatkan kondisi sulit manusia yang hidup dibawah tekanan. Dihadirkan juga pemandangan kondisi dunia yang hancur dan grafis Fallout: New Vegas banyak mendapatkan tanggapan positif dari para gamer dan juga media game.

Tidak heran Fallout: New Vegas dianggap sebagai salah satu game Fallout paling populer dan bahkan menjadi game terbaik di serinya menurut gamer meskipun sebagai sebuah game spin-off.

4. Final Fantasy: Tactics

10 Video Game Spin-Off yang Tidak Kalah Populer dengan Seri Game Aslinya 14

Video game spin-off yang tidak kalah populer dengan seri game asli selanjutnya adalah Final Fantasy: Tactics. Game tactical RPG buatan Square Soft ini menjadi salah satu game populer lainnya dari sekian banyak seri game Final Fantasy.

Final Fantasy: Tactics populer berkat ceritanya yang penuh dengan konflik politik antar negara dan juga perebutan kekuasaan dengan menggunakan kekuatan mistis. Pemain akan mengikuti cerita Protagonist bernama Ramza yang harus menjadi bagian dari konflik keluarga dan negaranya dengan kubu lain. Berbagai tuduhan yang harus Protagonist dapatkan akibat konflik tersebut.

Berbagai momen epik yang masih dikenang oleh para gamer dan juga saya sendiri pada game ini. Selain itu, fitur gameplay-nya yang mengharuskan kalian melakukan grinding dan farming untuk meningkatkan kemampuan level karakter serta class job mereka. Meskipun terasa repetitive, hal ini sangat wajib kalian lakukan untuk mempermudah progress dalam menghadapi musuh. Mereka akan semakin sulit kalian hadapi seiring berjalannya cerita.

Kalau kalian bertanya Final Fantasy: Tactics adalah game bagus atau tidak, saya akan akan menjadi ya, game ini sangat bagus. Saya yakin gamer lain juga akan berpendapat yang sama seperti saya. Dari sekian banyak game spin-off Final Fantasy, Final Fantasy: Tactics adalah salah satu dan mungkin menjadi game paling populer dan bahkan bisa dibilang terbaik.

5. Persona Series

10 Video Game Spin-Off yang Tidak Kalah Populer dengan Seri Game Aslinya 15

Tidak bisa dibantahkan lagi, seri game Persona adalah game spin-off dari seri Shin Megami Tensei paling populer diantara seri spin-off lainnya. Hal ini bisa kita lihat bagaimana game ini berhasil mencuri perhatian gamer dengan cerita yang menarik bertemakan anak sekolah tingkat SMA.

Meskipun sebagai spin-off, hampir setiap seri Persona mendapatkan respon positif dari gamer. Terlebih ketika game ke-3, yaitu Persona 3 dengan menghadirkan cerita yang lebih fresh dan berfokus pada karakter anak SMA di Jepang beserta aktifitas sehari-hari mereka.

Berbeda dengan Shin Megami Tensei, seri Persona memiliki tingkat kesulitan jauh yang lebih ringan dari seri utamanya. Hal ini menjadi salah satu faktor kenapa Persona diminati gamer dari segi gameplay. Sejak rilisan game Persona 3 Portable, developer Atlus memutuskan seri game Persona sudah dapat berdiri sendiri tanpa memasukkan title Shin Megami Tensei.

6. Portal Series

10 Video Game Spin-Off yang Tidak Kalah Populer dengan Seri Game Aslinya 16

Kemudian ada salah satu video game populer dan ikonik dengan senjata canggihnya, yaitu Portal. Game FPS puzzle platform ini merupakan sebuah spin-off dari game Half-Life buatan developer Valve.

Berbeda dengan Half-Life yang berfokus dengan aksi tembak menembak, game Portal berfokus pada gameplay puzzle yang sangat seru dan mengasah otak para pemain. Tidak hanya itu saja, game buatan Valve ini menghadirkan cerita yang bagus disertai berbagai joke atau candaan dari karakter didalamnya.

Game keduanya menghadirkan mode multiplayer yang dapat bermain bersama player lain dengan fitur online. Hal ini menambah keseruan pemain dalam memecahkan puzzle platform yang ada di game Portal.

Hingga saat ini, masih banyak misteri yang ada pada Portal. Bahkan beberapa petunjuk pada game Portal pertama dan kedua mengindikasikan nasib dari protagonist Half-Life. Bahkan ada pula yang mengkaitkan misteri tersebut dengan sekual baru Half-Life 3 yang tak kunjung datang.

7. Resident Evil: Revelations

10 Video Game Spin-Off yang Tidak Kalah Populer dengan Seri Game Aslinya 17

Seri Resident Evil dikenal sebagai game survival horror bertemakan bio-teroris yang sangat ikonik dengan tema zombie dan mutasi monster. Game buatan developer Capcom ini telah memiliki banyak sekali game spin-off. Tapi dalam kategori ini, salah satu game spin-off paling populer di seri Resident Evil adalah Resident Evil: Revelations.

Resident Evil: Revelations menjadi game spin-off yang paling mendekati unsur survival horror klasik yang diinginkan para gamer. Apalagi pada saat itu dimana zaman ketika seri game Resident Evil terlalu fokus pada genre action (uhuk Resident Evil 5 & Resident Evil 6).

Dengan memberikan berbagai macam unsur horror klasik dan banyak puzzle, Resident Evil: Revelations dianggap menjadi salah satu game spin-off paling populer bahkan dapat menyaingi seri game aslinya Resident Evil 5 dan Resident Evil 6.

8. Super Mario Bros.

10 Video Game Spin-Off yang Tidak Kalah Populer dengan Seri Game Aslinya 18

Sudah tidak perlu ditanyakan lagi, seri Super Mario Bros sudah menjadi sebuah video game paling ikonik dan paling senior dari judul game lainnya dalam daftar ini. Game buatan Nintendo ini sudah sangat populer yang bahkan menjadi sosok penting sebagai maskot perusahaan dan juga industri video game.

Tapi tahukah kalian bahwa Super Mario Bros awalnya merupakan sebuah game spin-off? Bagi kalian yang tidak tahu, mari saya jelaskan sejarah singkatnya. Pada awalnya seri game ini dimulai dengan judul Mario Bros sebagai game perdana dari franchise Mario. Tapi jauh sebelum Mario Bros menjadi populer dan memiliki franchise-nya sendiri, game ini masuk dalam kategori spin-off yang berasal dari seri game Donkey Kong.

Pada game pertamanya, Donkey Kong memiliki gameplay action platform yang menghadirkan karakter Donkey Kong sebagai musuh utama dan pemain menggunakan karakter Mario untuk menyelamatkan putri. Karena kepopulerannya, karakter Mario pun mendapatkan game-nya sendiri dibantu dengan Luigi pada game Mario Bros.

Hal ini dilanjutkan dengan kesuksesannya pada game baru Super Mario Bros dengan sekian banyak sekuel dan menjadi sebuah game yang dapat berdiri sendiri. Hal ini menjadikan franchise Mario tidak bisa disebut sebagai sebuah game spin-off Donkey Kong. Hingga saat ini, sudah ada banyak sekali judul game dari franchise Mario rilis di berbagai platform gaming milik Nintendo dari dulu hingga sekarang.

9. Super Smash Bros Series

10 Video Game Spin-Off yang Tidak Kalah Populer dengan Seri Game Aslinya 19

Sama halnya dengan Super Mario Bros, seri game Super Smash Bros berawal dari sebuah game spin-off. Game fighting platform ini berawal dari game crossover yang menghadirkan berbagai karakter dari game Nintendo, seperti Pikachu dari Pokemon, Link dari Legend of Zelda, Yoshi, Kirby dan masih banyak lagi.

Dengan kesuksesannya menghadirkan karakter populer game Nintendo bertarung satu sama lain dalam satu tempat, akhirnya Nintendo mencoba menghadirkan berbagai karakter dari luar franchise-nya. Sejak saat itu, seri Super Smash Bros semakin populer dan sering dijadikan sebuah turnamen game kompetitif resmi dalam beberapa tahun terakhir.

Jadi, meskipun sebagai sebuah spin-off, game ini tidak kalah populernya dengan seri Mario lainnya.

10. The Sims

Video game spin-off populer terakhir dalam daftar ini adalah The Sims. Kalau kalian mengira The Sims adalah game original, kalian salah. Pada awalnya, The Sims adalah sebuah game spin-off dari game simulasi membangun kota berjudul SimCity.

Namun karena game ini sangat populer dan digemari oleh para gamer berkat simulasi kehidupan, akhirnya game ini menjadi salah satu game besar dari franchise Sim. Sudah ada banyak sekali judul game The Sims beserta dengan berbagai ekspansi game-nya telah rilis di berbagai platform gaming.

Itulah informasi mengenai 10 video game spin-off yang tidak kalah populer dengan seri game aslinya. Sebenarnya masih banyak game spin-off yang ingin saya masukkan di sini, seperti World of Warcraft dari seri Warcraft, Megaman X dari seri Megaman dan masih banyak lagi. Apa game spin-off favorit kalian tidak kalah populer dengan seri game aslinya?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Terbaik atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version