10 Video Game yang “Ditinggal Main Paket Malam” aja Udah Tamat

titanfalls

Pasca mewabahnya virus Corona di dunia, memiliki game berdurasi panjang seolah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh para gamer. Semuanya demi mendukung kegiatan di rumah aja hingga pandemi ini berakhir. Namun, tak semua game miliki durasi yang panjang hingga ratusan jam. Terkadang, beberapa game tersebut justru miliki durasi super pendek yang bahkan jika kamu menyewa internet di warnet dengan paket malam saja sudah tamat.

Game-game berdurasi pendek ini bukan berarti menjadi game ampas yang tak berkualitas. Sebaliknya, ia merupakan game yang diracik dengan sangat baik namun seolah kekurangan konten. Meskipun, beberapa game memang telah berakhir sampai di situ saja. Lalu, apa saja gamenya? Berikut 10 video game yang ditinggal main paket malam aja udah tamat.

Disclaimer: Waktu yang diberikan adalah waktu rata-rata orang memainkan gamenya dengan berbagai kemampuan termasuk mati, gagal, dan pengulangan, bukan waktu sesungguhnya.

10. Tom Clancy’s Splinter Cell: Conviction – Sekitar 7-8 Jam

Orang ini bahkan bisa menamatkannya empat jam saja.

Adaptasi video game Ubisoft pada karya penulis novel fiksi terkenal, Tom Clancy memang tak pernah tak laris di kalangan gamer. Seri ini termasuk salah satu seri yang membesarkan nama developer sekaligus publisher asal Perancis tersebut. Sayangnya, tak semua game buatan mereka miliki durasi yang cukup panjang. Salah satunya adalah Splinter Cell: Conviction.

Splinter Cell: Conviction hanya miliki 11 misi utama yang cukup pendek, dengan total permainan sekitar tujuh sampai delapan jam saja. Terlebih jika kamu memainkannya secara co-op, yang membuatnya menjadi lebih pendek lagi. Membuat masa pengembangan gamenya selama empat tahun menjadi terasa kurang untuk masalah konten. Tentunya kamu akan bisa bermain lebih lama lagi jika menyelesaikan tambahan segelintir kontennya.

9. Titanfall 2 – Sekitar 6 Jam

6 jam? That’s cute! Orang ini bisa menamatkannya dalam waktu empat jam saja.

Muncul sebagai sekuel seri pertamanya yang didesain dengan sangat baik. Titanfall 2 tak hanya hadirkan permainan multiplayer yang khas dengan robot raksasanya, namun juga single player tentang hubungan pilot dengan titannya yang bakal menyentuh hati para gamer.

Sayangnya, momenmu bersama BT hanya berjalan sekitar 6 jam saja. Membuat salah satu game dengan misi single player keren yang satu ini hanya bisa dinikmati sesaat. Namun tenang, kamu bisa memainkannya kembali untuk menikmati momen tersebut atau sekedar menyelesaikan tantangan yang tersedia.

8. Undertale – Sekitar 6 Jam


Didesain oleh komposer musik, tak lantas membuat Undertale menjadi sebuah game kacangan. Kekuatan musik ikonik dan pesan tersembunyi yang disematkan Toby Fox, membuat game dengan grafis pixel yang satu ini menjadi salah satu fenomena yang patut diapresiasi. Ceritanya yang simple dengan balutan choice matters, akan membuatmu berpikir keras untuk memecahkan apa yang dimaksud gamenya hingga akhirnya kamu menemukan jawabannya di akhir cerita.

Sayangnya, game keren yang satu ini tergolong cukup pendek, yakni sekitar enam jam saja untuk menamatkannya. Namun dengan ending berbeda yang Undertale miliki, sepertinya kamu bisa mencobanya lagi untuk tahu seperti apa endingnya jika kamu memainkannya untuk yang kedua atau ketiga kalinya.

7. RYSE: Son of Rome – Sekitar 6 Jam


Muncul tahun 2013 dengan tampilan visual luar biasa dari seri teranyar CryEngine, RYSE: Son of Rome menceritakan kisah Marius Titus setelah ia melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana keluarganya dibunuh oleh orang-orang bar-bar. Usaha pembalasan Marius akan bawamu ke momen di mana kamu akan terlibat dalam beberapa perang besar, dan misi penyergapan benteng musuh.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Sayang, kamu hanya bisa menikmati kisah Marius dalam waktu kurang lebih sekitar enam jam saja. Tentunya kamu akan bisa menikmatinya lebih panjang jika melengkapi semua konten yang diberikan.

6. Resident Evil 3 Remake – Sekitar 5 Jam


Berusaha untuk memuaskan para fans Resident Evil dengan membuat remake kedua setelah Resident Evil 2 Remake. Capcom nampaknya membuat sebagian fans kecewa dengan kehadiran Resident Evil 3 Remake. Pasalnya momen dikejar Nemesismu hanya berjalan sekitar lima jam saja setelah gamenya kamu timang. Meskipun Capcom sendiri memang menyajikan replayability yang cukup oke. Namun kenyataan bahwa petualangan Jill di Raccoon City miliki durasi yang lebih pendek dari seri orisinalnya, tentu akan membuatmu berpikir ulang sebelum membelinya.

5. Zone of the Enders – Sekitar 5 Jam


Apa jadinya apabila Hideo Kojima yang sangat terkenal dengan game Metal Gear buatannya, membuat game mecha atau robot? Inilah yang berusaha ia visualisasikan dalam Zone of the Enders. Meskipun Kojima hanya berperan sebagai Produser dan bukan Sutradara gamenya. Namun game yang bersetting di tahun 2172 dengan robot ikonik bernama Jehuty tersebut, sukses berikan pengalaman yang cukup oke bagi para fansnya. Meskipun pada kenyataannya, ia hanya miliki durasi yang cukup pendek, yakni sekitar lima jam saja.

4. To The Moon – Sekitar 4 Jam


Mengangkat kisah sedih para pengidap penyakit psikologis menjelang ajalnya, To The Moon boleh dibilang sebagai cerita yang dibalut dalam media video game. Pasalnya, nyaris 90% momen permainanmu sebagai dokter, hanya akan meniti cerita pasienmu tanpa ada elemen “game” yang seharusnya ada dalam permainan. Namun, semuanya tertutupi dengan kisah sedih yang bakal sukses membuatmu menitikkan air mata. Sayangnya, kamu hanya bisa menikmatinya sekitar 4-7 jam saja.

3. Firewatch – Sekitar 4 Jam


Firewatch mungkin adalah satu-satunya game yang memaksamu untuk berada dalam kesendirian. Dalam game ini kamu akan berperan sebagai Henry, seorang penjaga hutan. Tugasmu adalah menjaga agar tak ada hal yang mengancam keasrian hutan termasuk hal-hal yang memicu kebakaran hutan. Sendirian? Ya, sendirian. Rekanmu satu-satunya dalam perjalananmu hanyalah Delilah, orang yang memperkerjakanmu. Kamu akan bisa membentuk hubungan dengannya melalui pilihan yang ada sembari menjaga keamanan hutan dengan berbagai intrik dan dramanya selama kurang lebih empat jam saja.

2. A Story About My Uncle – Sekitar 2-4 Jam


A Story About My Uncle adalah kisah petualangan seorang anak lelaki yang mencari keberadaan pamannya yang hilang. Ia yang menggeledah barang pamannya kemudian menemukan dunia yang tak pernah ia bayangkan benar-benar ada. Dalam permainannya kamu akan dituntut untuk memecahkan puzzle platforming di dunia fantasy yang indah. Sayangnya, seiring berjalannya permainan, tanpa sadar kamu telah menyelesaikan gamenya dalam waktu sekitar tiga sampai lima jam saja.

1. Portal – Sekitar 3 Jam


Tak semua game puzzle miliki durasi yang panjang kecuali kamu benar-benar kebingungan memecahkannya. Salah satu game puzzle dengan durasi tak panjang tersebut tak lain dan tak bukan adalah Portal milik Valve. Game yang didesain dengan sangat baik oleh perusahaan milik Gaben tersebut akan perankanmu sebagai Chell dengan portal gun yang mampu membuat portal kemanapun kamu menembakkannya.

Portal gun tersebut tak lain dan tak bukan adalah milik GLaDOS, sebuah kecerdasan buatan yang tengah membuat eksperimen bersamamu. Di sepanjang perjalananmu, kamu akan dipaksa menyelesaikan berbagai puzzle yang menarik dan unik disertai beberapa guyonan jenaka GLaDOS. Kabar baiknya, eksperimen ini hanya bertahan sekitar tiga jam saja.


Itulah game yang miliki durasi cukup pendek yang bahkan jika kamu tinggal ngopi atau paket malam saja sudah tamat. Apakah kamu pernah memainkannya? Atau mungkin kamu punya daftar game lain yang tengah sedang seru kamu mainkan namun mendadak layar berubah menjadi credit scene alias tamat? Kamu bisa membagikannya melalui komentar jika artikel ini telah kami bagikan di Facebook.

Exit mobile version