10 Video Game yang Penuh Dengan Concept Art Keren

Emperor Prison

Dalam proses pengembangan videogame, bahkan sebelum adanya satupun model ataupun tekstur dalam permainan, concept art lebih dulu dibuat untuk menentukan atmosfir dan tone dari permainan, dan hal tersebut merupakan salah satu langkah yang cukup penting dalam pembuatan videogame. Concept art biasanya bisa berupa lingkungan, props ataupun model karakter yang ada dalam game.

Walaupun mungkin hal-hal yang terdapat dalam concept art tidak akan masuk atau kita tidak bisa melihat secara langsung dari gamenya, namun hal ini tentunya menjadi tolak ukur estetika dari model ataupun tekstur yang ada didalam game itu sendiri.

Maka dari itu, untuk mengapresiasi karya dari artis-artist berbakat ini, berikut beberapa concept art keren yang menjadi favorit penulis.

 

AC Origins Raphael Lacoste

Serial Assassin’s Creed terbaru dari Ubisoft ini memiliki concept art karya Raphael Lacoste yang benar-benar menyerupai hasil jepretan foto, dan tentunya sangat menunjukkan suasana Mesir zaman kuno sebagai latar cerita utama Assassin’s Creed Origins.

Temple of Memphis
Nile Valley

The Witcher 3 Marek Madej

Marek Madej sebagai salah senior artist yang bekerja di CD Projekt Red, selain membuat grafis untuk kartu Gwent, dirinya juga sempat membuat beberapa concept art saat awal pengembangan The Witcher 3: Wild Hunt. Seperti karakter-karakter dan plot penting dalam cerita The Witcher misalnya.

Yennefer, Geralt, Triss
Naglfar

Dishonored 2 Sergey Kolesov

Concept art karya Sergey Kolesov dari Arkane Studios ini memiliki gaya dan visual yang menyerupai lukisan. Dan tentunya kalau karya-karya ini dipajang di dalam ruangan, mungkin banyak orang tidak akan mengetahui bahwa gambar-gambar ini berasal dari videogame.

Throne Room
Emily Kaldwin

Uncharted 4 Nick Gindraux

Concept art karya Nick Gindraux untuk Uncharted 4 ini sepertinya menjadi salah satu concept art yang paling mirip dengan visual yang terdapat pada gamenya. Seperti model karakter, environmental dan properti-properti diaplikasikan langsung oleh Naughty Dog kedalam gamenya.

Car Chase
Bell

Wolfenstein 2 Christoffer Lovéus

Concept art karya Christoffer Lovéus yang terdapat pada Wolfenstein 2 ini memperlihatkan susaana dan atmosfir fiksi negara Amerika tahun 1960 yang diduduki oleh tentara Nazi. MachineGames nampaknya memang ahli dalam membuat dan mengatur visual yang nantinya akan diaplikasikan kedalam dunia pada game yang mereka buat.

Hortorn Room
Area 52 Interior

The Division Florian de Gesincourt

Florian de Gesincourt sebagai salah satu concept artist untuk game The Division ini berhasil memunculkan atmosfir kehancuran kota New York yang dikarantina akibat wabah penyakit. Kemudian tone musim dingin yang natural terlihat begitu cocok dengan kerusakan-kerusakan yang terjadi pada kota New York.

Refugee Center
Union Square

Subnautica Pat Presley

Unknown Worlds Entertaintment selaku pengembang dibalik game indie Subnautica nampaknya melakukan hal tepat dengan membawa kemampuan Pat Presley untuk menggambar concept art Subnautica. Karyanya ini sungguh memperlihatkan keindahan dan ketidaktahuan kita akan hal-hal mengerikan apa saja yang terdapat di lautan dalam.

Alien Sea
Emperor Prison

Assassin’s Creed Syndicate Tony Zhou Shuo

Serial Assassin’s Creed memang nampaknya selalu mencoba menangkap visual dengan keakuratan sejarah. Tony Zhou Shuo sebagai pembuat concept artist Assassin’s Creed Syndicate, nampaknya berhasil memunculkan suasana dan atmosfir kota London di era Victoria.

Westminster Palace
Evie Frye

Divnity: Original Sin 2 Maxime Ponslet

Sebagai salah satu nominasi game RPG terbaik tahun 2017 yang lalu, Divinity: Original Sin 2 juga memiliki concept art yang tak kalah menarik. Maxime Ponslet selaku environment artist dari Larian Studio membuat concept art beberapa karakter yang saat itu dipamerkan pada saat game ini masih dalam tahap Kickstarter.

Kickstarter Banner
Character Creation

Guild Wars 2 Kekai Kotaki

Walau memang tidak sepopuler World of Warcraft, Guild Wars 2 tentu mempunyai kelebihannya sendiri sebagai salah satu game MMORPG populer. Salah satunya yaitu concept art karya Kekai Kotaki yang menyerupai lukisan dengan perpaduan warna yang terlihat sangat indah.

Blazeridge Steppes
Guardian Class

Kira-kira itulah beberapa karya-karya concept art favorit penulis dari artis-artis berbakat yang tentu bisa kita apresiasi. Nah, apakah kamu juga punya concept art videogame favorit sendiri?

Exit mobile version