10 Video Game yang Sempat Viral di Dunia

in
Game Viral 2020 Cover

Viral mungkin merupakan kata yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Terlebih ketika jaringan internet sudah bisa diakses oleh nyaris semua kalangan di Indonesia. Sifatnya yang tiba-tiba namun juga menghilang tiba-tiba membuat viral bagaikan sebuah kenikmatan sesaat yang tak bisa diprediksi.

Mencari atau membuat konten viral tak memiliki teori sama sekali karena sifatnya yang tiba-tiba tersebut. Kamu tak bisa membuat konten viral setiap hari karena peruntungan dan tak bisa dikejar jumlahnya seperti membuat sabun mandi di dalam pabrik. Tentunya kecuali kamu mau membodohi dirimu sendiri dengan sesuatu yang tak penting, nyeleneh, misinformasi dengan clickbait, hingga sedikit sentil isu SARA.

Hal yang sama juga berlaku dalam video game. Berbeda dengan konten viral yang hanya bisa diperbincangkan dan dibaca maupun ditonton, video game viral lebih condong pada sedikit atau banyaknya orang memainkannya. Namun tak semua keviralan tersebut akan bertahan lama karena sifatnya yang dalam komunitasnya disebut sebagai “hype sesaat”.

Efeknya? Tak sedikit video game viral di internet langsung dapatkan player super banyak, laris manis, namun tidak dalam waktu yang lama. Membuatnya ditinggalkan untuk selamanya apabila developer maupun publisher tak mampu mempertahankannya.

Terdapat banyak sekali video game yang sempat viral di dunia. Mulai dari yang absurd hingga yang digarap dengan sangat baik, atau bahasa kerennya: “berkelas”. Lalu, apa saja video game tersebut? Berikut 10 video game yang sempat viral di dunia.

10. Goat Simulator

Pernahkah kamu berpikir bagaimana rasanya menjadi kambing? Goat Simulator adalah jawabannya. Namun game ini bukan game simulasi yang kamu pikirkan. Jika kebanyakan game sejenis miliki simulasi realistis, maka tidak untuk Goat Simulator. Hal ini karena fokusnya pada elemen komedi.

Kamu bisa melakukan nyaris apapun. Mulai dari menghancurkan pesta manusia, bahkan meledakkan pom bensin. Gerakan animasi ragdollnya yang konyol membuatnya menjadi salah satu game simulasi yang cukup enjoyable untuk dimainkan. Termasuk setiap tantangan yang diberikan. Kekonyolannya buat Goat Simulator sempat viral di masanya, terlebih sejak ia dimainkan the one and only, PewDiePie.

9. Untitled Goose Game

Awalnya saya pribadi bingung dengan judulnya yang secara harfiah berarti “Game Angsa yang Belum Ada Judulnya”. Namun setelah melihat trailernya saya mengerti kenapa game ini miliki judul seperti itu. Hal ini karena permainan Untitled Goose Game yang cukup absurd. Player akan bermain sebagai angsa untuk melakukan beberapa “misi rahasia”. Salah satunya adalah mengganggu para manusia.

Saking absurdnya, banyak konten kreator terkenal termasuk PewDiePie dan Markiplier yang memainkannya. Sayang, ketersediaannya yang hanya terbatas pada epic games membuat tak banyak orang mengenalnya. Meskipun begitu, kehadirannya sempat viral di internet dan membuat banyak orang yang membuat meme tentangnya.

8. Slender

Slender merupakan game horror walking simulator. Player akan terjun dalam dungeon maupun area tertentu dan harus pergi dari kejaran makhluk bernama Slenderman yang berwujud seperti seorang paruh baya dengan jas dan dasi, namun tak memiliki muka. Game tahun 2012 tersebut tekankan elemen jumpscare yang populer kala itu. Slender mendadak populer dan viral setelah dimainkan PewDiePie.

7. DreadOut

Dibuat oleh developer asal Indonesia dengan dasar permainan yang sangat terinspirasi oleh Fatal Frame, DreadOut memberikan rasa baru untuk pecinta game horror. Alih-alih gunakan kamera tua untuk melawan hantu yang ditemukan, Digital Happiness memutuskan untuk menggunakan kamera smartphone untuk melukai mereka. Sama halnya dengan Slender, DreadOut mendadak viral berkat dimainkan oleh PewDiePie.

6. Overwatch

Jarang membuat game dan sekali membuat game langsung viral dan tahan lama, itulah ciri khas Blizzard Entertainment. Mencoba untuk pergi dari zona nyaman dengan membuat game first-person shooter, Overwatch sukses viral selama beberapa tahun sejak perilisannya. Hal ini berkat karakternya yang unik, ceritanya yang menarik, serta gameplaynya yang tekankan pada kerjasama tim dengan ability uniknya. Terlebih mereka terus dukung gamenya untuk langsung terjun dalam ranah esports layaknya StarCraft.

5. Apex Legends

Hero Shooter x Battle Royale, itulah deskripsi singkat yang bisa jadi gambaran Apex Legends. Game buatan Respawn Entertainment tersebut bersetting di dunia Titanfall, game mereka sebelumnya. Perilisannya yang tiba-tiba menjadi kejutan tersendiri bagi para fansnya. Terlebih konsep fresh dengan penekanan teamwork yang rapi berkat kemampuan setiap hero atau legendnya, membuat Apex Legends mendadak viral. Menariknya, versi 1.0 game gratis tersebut hadir nyaris tanpa bug dengan server yang sangat stabil saat pertamakali rilis, menjadi nilai plus yang perlu diacungi jempol.

4. PlayerUnknown’s Battlegrounds

Jauh sebelum konsep battle royale diadaptasi dalam game, bisa dibilang PlayerUnknown’s Battlegrounds menjadi game yang pelopori konsep tersebut. Hal ini karena sub-genre dari survival tersebut nyaris tidak mungkin diimplementasikan karena permainan akan menjadi lebih lama. Namun tidak bagi game buatan Brendan “PlayerUnknown” Greene tersebut.

Brendan hanya menambahkan circle/ring yang akan memberikan damage yang kian besar saat semakin mengecil. Ini membuat permainan battle royale menjadi lebih cepat dibanding game survival tradisional pada umumnya. Konsep menarik tersebut rupanya diterima dengan sangat baik oleh para gamer baik pemula maupun profesional sekelas Shroud. Jadikannya salah satu game viral di dunia sampai akhirnya Brendan meninggalkan proyeknya dan diserahkan pada Blue Hole atau PUBG Corp.

3. VR Chat

VR Chat sebenarnya hanyalah game yang ajak playernya berkumpul dalam sebuah server dengan avatarnya masing-masing sembari lakukan voice chat. Game ini miliki avatar unik yang juga dibuat oleh para fansnya. Mulai dari karakter anime hingga meme seperti meme Sonic the Hedgehog yang diplesetkan menjadi Sanic maupun Knuckles.

Gamenya viral berkat video buatan Syrmor tahun 2018 silam berjudul “Do You Know The Way”. Video tersebut dilanjutkan oleh unggahan Jameskii dan dikompilasikan oleh Gappey. Sejak saat itu banyak yang menirukannya dengan beramai-ramai terjun ke VR Chat, namun tak bisa sesukses tiga video tersebut.

2. Fall Guys: Ultimate Knockout

Angkat permainan dengan konsep yang sama persis dengan permainan sebuah acara TV bernama Takeshi’s Castle dari Jepang, Fall Guys: Ultimate Knockout langsung viral sejak perilisannya. Bahkan kehadirannya sempat membuat servernya jebol saking banyaknya player yang memainkannya. Game halang rintang tersebut miliki setidaknya lima ronde dengan sistem eliminasi ala battle royale. Tujuan akhirnya? Mendapatkan mahkota di stage terakhir.

1. Among Us

Viral memang tidak bisa diprediksi dan miliki teori khusus. Inilah yang terjadi pada Among Us yang dirilis tahun 2018 silam. Siapa yang menyangka bahwa game yang didasari oleh permainan Werewolf tersebut justru mulai populer dua tahun setelah perilisannya? Ini berkat banyaknya player yang mencari game serupa layaknya Fall Guys: Ultimate Knockout di Twitch. Ya, dari Twitch, bukan dari penyanyi atau yang lain. Saking populernya, developernya yang sebelumnya berniat untuk merilis sekuel akhirnya membatalkannya dan memutuskan untuk kembangkan Among Us menjadi lebih baik.


Itulah 10 video game yang sempat viral di dunia. Kebanyakan dari daftar di atas masih bertahan hingga saat ini, namun tak sedikit pula yang sudah ditinggalkan karena ketinggalan zaman, atau hanya karena sudah tidak ada yang memainkannya. Apakah kamu sempat memainkannya? Cantumkan pengalamanmu melalui kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at author@gamebrott.com