11 Aplikasi Edit Video PC Windows untuk YouTuber Pemula dan Profesional

in

Dengan populernya beberapa YouTuber gaming seperti Tara-Arts dan adiknya Gema, dan Pewdiepie yang kini masih menjadi nomor satu di dunia. Para millenial Indonesia berbondong-bondong mulai mengikuti jejak mereka sebagai YouTuber gaming, entah let’s player atau merambah ke jurnalis. Beberapa alat seperti kamera maupun PC yang cukup kuat memang menjadi hal yang wajib dimiliki, mengingat edit video tidak membutuhkan spesifikasi yang ecek-ecek.

Namun, untuk urusan aplikasi edit video, banyak banget aplikasi edit video yang ada di luar sana mungkin bikin kamu bingung. Nah, kali ini saya akan berimu rekomendasi aplikasi edit video yang sudah pernah saya coba sendiri termasuk beberapa video yang saya edit untuk Gamebrott.

Aplikasi rangkuman saya berikut bisa digunakan untuk kamu YouTuber pemula hingga profesional di PC. Apa aja aplikasinya? Berikut 11 aplikasi edit video PC Windows YouTuber Pemula dan Profesional.

Pemula

7. Windows Movie Maker (Tidak ada di Windows 10)


Ini adalah aplikasi pertama saya waktu lagi seneng-senengnya edit video tapi PC/laptop masih kentang banget. Windows Movie Maker merupakan aplikasi gratis yang hadir bareng Microsoft Windows. Fiturnya simple banget, kamu bisa potong video, kasih teks, dan beberapa transisi maupun animasi yang telah disediain. Sangat cocok buat kamu yang pertamakali belajar edit video dan mengenal apa aja sih yang bisa diutik-utik dari aplikasi edit video. Tapi perlu diingat, aplikasi ini ngga ada di Windows 10 karena Microsoft telah menghentikan supportnya. Jadi, kalo kamu nemu ada situs yang nyediain, jangan percaya karena banyak orang yang mengaku bahwa Windows Movie Maker untuk Windows 10 tersebut justru bawa sial.

6. Avidemux Video Editor


Nah, kalo kamu ketinggalan buat nyobain aplikasi edit video Windows Movie Maker karena udah pake Windows 10, kamu bisa pake Avidemux Video Editor. Fiturnya bisa dibilang mirip-miriplah sama aplikasi edit video bawaan Windows tersebut. Apalagi kesimple-an toolsnya seperti trimming, encoding, dan filtering buatmu gampang banget buat edit video tanpa perlu baca manualnya.

5. Camtasia Studio


Camtasia adalah aplikasi yang sangat cocok buat kamu yang pengen banget bikin tutorial di PC. Aplikasi ini hadir dengan aplikasi perekam layar yang bisa kamu gunakan buat rekam tutorial maupun video game. Tapi saya ngga nyaranin buat ngerekam video game karena bakal butuh resource PC yang luar biasa dan tergolong berat. Sementara aplikasi editingnya cukup bisa disejajarkan dengan aplikasi editing pemula lain dengan beberapa preset yang ada.

4. Pinnacle Studio


Pertamakali mengenal aplikasi ini, saya langsung jatuh cinta karena preset editingnya yang banyak. Pinnacle Studio bisa memacu fitur kreasi di otak saya ke level yang lebih tinggi. Berikanmu bisa edit video layaknya profesional tapi ngga pake ribet. Tinggal tempel, kasih efek, beres. Banyak fiturnya termasuk masking di versi terbaru. Aplikasi edit video yang satu ini saya rekomendasiin buat kamu yang pengen cari yang mudah dengan banyak preset yang ngga ecek-ecek.

3. Corel VideoStudio


Sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya, Corel Video Studio ini mungkin salah satu aplikasi edit video yang mungkin paling mendekati aplikasi editing video profesional. Ia hadir dengan beberapa preset mudah ngga pake ribet lengkap dengan templatenya yang luar biasa kaya. Bahkan, aplikasi edit video yang satu ini bisa bikin video background transparan dengan beberapa klik saja yang bakal agak ribet kalo dilakuin di aplikasi edit video profesional. Dia juga punya masking yang gampang banget buat diimplementasiin lengkap dengan color grading yang bakal bikin kamu macam video editor profesional. Ngga ada yang tau kalo kamu ternyata pake aplikasi yang gampang banget diutik-utik.

2. Cyberlink Power Director


Sebenarnya Cyberlink Power Director ini aplikasi yang saya coba setelah nyobain semua aplikasi di atas. Hal yang bikin saya menggunakannya terus saat kuliah dulu adalah bahwa aplikasi edit video yang satu ini punya tampilan simple, ringan, dan hasil editannya juga bisa disejajarkan dengan profesional. Di sisi lain laptop saya yang kentang sangat menerima kehadiran aplikasi ini dengan baik meskipun dulu sempet juga bluescreen abis ngerender. Sama sih kayak aplikasi lain, dia juga punya preset macem-macem. Cuman ya, semua hasil video editan kembali ke kreatifitasmu sendiri mengingat ngga begitu banyak preset yang mereka sediakan.

1. Wondershare Filmora


Sebenernya aplikasi edit video gratis yang ini punya dua tipe: untuk pemula dan profesional. Kamu yang ngga pengen ribet bisa aktifin fitur Easy Mode di Wondershare Filmora biar fitur advancednya sembunyi. Kemudahannya udah kayak aplikasi edit video biasa, lengkap dengan beberapa efek yang bakal mudah diimplementasikan. Integrasi ke YouTube atau Facebook buat video yang kamu edit bisa langsung diupload ke kedua platform tersebut. Sayangnya, kamu perlu bayar aplikasinya kalo pengen nyimpen filemu ke PC.

Profesional

4. Sony Vegas Pro (Kini Vegas Pro)


Ini adalah aplikasi paling ribet pertama yang pernah saya cobain setelah merasa pro dengan Windows Movie Maker. Dari sini saya tau perbedaan aplikasi edit video untuk profesional dan pemula. Padahal sebenernya Sony Vegas Pro ini adalah pintu gerbang saya untuk tuju ranah video editing profesional. Aplikasi ini punya banyak banget kebebasan. Aplikasi yang saat ini namanya Vegas Pro saja karena telah dibeli lisensinya oleh MAGIX Software tersebut punya banyak banget real-time multitrack video dan audio yang mungkinkanmu buat numpuk lebih dari 5 video dan audio sekaligus. Efek yang disediain juga buat profesional. Bikin kamu bisa buat macem-macem efek dari satu atau dua efek yang disediain. Yes, aplikasi ini adalah alternatif buat kamu yang ngga kuat sama langganannya Adobe.

3. HitFilm Express


HitFilm Express ini aplikasi edit video yang bisa dibilang bisa jadi perkenalanmu sama aplikasi edit video profesional. Kenapa? Karena dia punya versi gratis dan berbayar dengan nama HitFilm Pro. Ia punya fitur basic editing seperti trimming (potong), dan audio editing. Aplikasi ini didesain buat kamu yang pengen keliatan pro di visual effect atau VFX dengan kurang lebih 180 special effect yang telah disediakan. Kamu juga bisa tambahin animasi atau model 3D ke dalam videomu.

2. DaVinci Resolve


DaVinci Resolve ini sangat mengunggulkan color grading yang dia miliki. Berbeda dengan aplikasi edit video profesional lain, dia punya in-depth color grading yang sangat imersif. Kamu bisa potong video dan audio, hingga menambah animasi 2D atau 3D. Fiturnya yang sangat kaya dengan interface yang sangat intuitif mungkin bisa bikin kamu jatuh cinta sama aplikasi edit video yang satu ini. Sayangnya ngga semua tutorial yang tersedia buat aplikasi ini gratis, meskipun di YouTube ada sih.

1. Adobe Premiere Pro


Nah, ini nih aplikasi edit video yang saya pake sampe sekarang termasuk pas saya ngedit semua video Gamebrott baik Weekly CASE, Video Rekomendasi Game, dan video-video punya Gamebrott yang lain. Kalo kamu udah terlalu biasa sama aplikasi Adobe, maka kamu bakal gampang banget paham dan tau shortcut yang digunain. Hal ini dikarenakan nyaris semua shortcut punya tombol yang kurang lebih sama. Sama kayak aplikasi video editing profesional lain, Adobe Premiere Pro kasih kamu kebebasan buat berkreasi. Semua efek yang diberikan standar banget tapi kamu bisa bikin transisi baru ala kamu sendiri, masking video, sampe bikin animasi openingmu sendiri.

Aplikasi ini juga bisa digabungin sama beberapa aplikasi Adobe lainnya, kayak After Effects yakni aplikasi komposisi video yang biasa saya pake buat bikin animasi opening, teks yang sering muncul di videonya Gamebrott, hingga outronya, Audition buat edit audionya biar hilang noise dan kasih efek kayak suara radio dsb, hingga Photoshop/Illustrator. Memang sekilas kedengeran praktis dan mudah, cuman kalo kamu ngga bisa nguasain beberapa fiturnya kamu harus sering-sering ekskperimen efek baru buat aplikasi ini. Atau simplenya, ke YouTube aja cari tutorial. Banyak banget tutorial gratis buat Adobe Premiere Pro. Sayangnya, aplikasi ini berat dan butuh PC yang mumpuni buat edit video beresolusi tinggi.


Jadi, gimana? Sudah nentuin aplikasi mana yang cocok buatmu? Atau mungkin kamu punya rekomendasi aplikasi lain? Kamu bisa milih salah satu di antara aplikasi di atas. Bagus atau jeleknya video itu ngga tergantung aplikasi yang dipake, tapi seberapa kreatif kamu buat bikin sesuatu yang megah, menarik, maupun menghibur banyak orang atau kalangan tertentu. Pilih aplikasi juga cocok-cocokan, kalo kamu nyaman sama Filmora ya pake aja terus.

Baca terus yak artikel model kayak begini lagi cuman di G|List, sementara buat artikel lain dari saya kamu bisa membacanya lewat link berikut.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.