11 Game Indonesia yang Dikonfirmasi akan Dipamerkan di Tokyo Game Show 2021

Game Indonesia Tgs 2021

Tokyo Game Show 2021 sudah semakin dekat, event yang akan diselenggarakan via online tersebut akan pamerkan ragam video game tak hanya dari Jepang saja, namun juga seluruh wilayah Asia. Indonesia sendiri memilih salah satu perwakilannya untuk mengikutinya demi perkenalkan game yang telah mereka kembangkan selama bertahun-tahun.

Berada di bawah AGI atau Asosiasi Game Indonesia yang juga mendapatkan restu dari BEKRAF atau Badan Ekonomi Kreatif, beberapa developer indie Indonesia baik yang sudah kita kenal atau belum kenal sama sekali ikut perkenalkan gamenya di perhelatan akbar tersebut. Tercatat terdapat kurang lebih 11 video game yang masuk di dalamnya jauh sebelum laman resminya dibuat.

Lantas, apa saja game Indonesia yang ikut di dalamnya? Berikut 11 game Indonesia yang dikonfirmasi akan dipamerkan di Tokyo Game Show 2021.

Disclaimer

11. Who is He Let Me Out

Who is He Let Me Out adalah game buatan studio yang terdiri dari mahasiswa asal Batam bernama 4Happy Studio yang ceritakan seorang anak bernama Alvin yang selamat dari desa terlantar. Dari sini Alvin harus menemukan jalan keluar dari desa tersebut. Tentu saja perjalanannya tak berjalan dengan mulus karena ia harus melewati ragam rintangan dan keanehan yang terjadi dalam gamenya.

Who is He Let Me Out disebut oleh 4Happy Studio sebagai game yang angkat beberapa kisah seram dari pulau Jawa dan kisah budaya Indonesia yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Mereka juga menyebutkan bahwa player akan menemukan banyak sekali arsitektur ala Indonesia dan Belanda di sepanjang permainannya.

10. Valthirian Arc: Hero School Story 2

Sama dengan seri pertamanya Agate akan perkenalkan Valthirian Arc: Hero School Story 2 dengan fitur yang kurang lebih mirip. Bagi kamu yang belum tahu, game ini gabungkan nuansa RPG dengan simulasi di mana kamu akan membuat hero-mu sendiri, mendidiknya di sebuah akademi atau sekolah, dan mengirimnya untuk menumpas monster dan menjalani quest dari penduduk Valthiria.

9. Grammarian Ltd

Konsep Grammarian Ltd sebenarnya cukup simple yakni belajar sambil bermain. Player akan bermain sebagai lulusan matematika yang menjadikan grammar atau tata bahasa menjadi hal ke lima puluh-an yang harus dipelajari. Karena suatu hal tokoh utama akhirnya bekerja di sebuah agensi validasi tata bahasa terbesar.

Player akan menggunakan kemampuan tata bahasa dan manajemennya untuk melewati pemagang junior hingga posisi yang disebut sebagai “Editor Extraordinaire”. Mencari tata bahasa yang tepat sembari belajar menjadi tujuan utama. Mampu melewati tantangan ini akan beri ragam hadiah yang bisa digunakan untuk upgrade kos-kosan hingga naik helikopter untuk pergi ke kantor.

8. Fractured Core

Fractured Core singkatnya ceritakan tentang seorang anggota Athena Private Security Company bernama Michael dalam menjalankan tugasnya di sebuah kota cyberpunk yang bersetting di tahun 2105 di Jerman. Player akan mampu menikmati battle turn-based, upgrade menggunakan mod dan psionic, hingga tentu saja mengeksplorasi dunianya sesuka hati dan menjalankan ragam misi dari beberapa orang yang ditemui.

7. StellaGale The Trials of Faith

StellaGale merupakan game single-player arena battle yang ceritakan Stella dan Gale untuk mencari tahu apa yang terjadi pada kedua orang tua mereka yang meninggalkan keduanya secara tiba-tiba. Untuk memenuhi tujuan tersebut, mereka mengikuti sebuah pertandingan gladiator yang digelar oleh seorang Pangeran yang akan memberikan hadiah apapun yang pemenangnya inginkan.

6. Here Comes the Hero

Gameplay di atas hanya prototipe bukan final.

Here Comes the Hero miliki konsep yang cukup simple di mana player akan bertarung satu lawan satu layaknya game fighting pada umumnya. Namun berbeda dengan game fighting biasa, player akan melawan beberapa musuh yang muncul dalam sebuah dunia yang digenerasikan secara acak. Di sepanjang permainan, player akan bisa menikmati beberapa cerita naratif yang tentu saja diacak via sistem yang telah dibuat.

5. Tanasurga

Angkat tema strategi dengan model battle turn-based, Tanasurga ceritakan seorang ilmuwan yang baru saja membuka bisnis tentara bayarannya bersama teman masa kecilnya, Crawford dan teman luar negerinya, Angela. Player akan dapatkan ragam pekerjaan dari tiga negara utama: Compagnie, Morusha (sepertinya plesetan dari Romusha), dan Bandavia (sepertinya plesetan dari Batavia).

Setiap pilihan kerjasama miliki konsekuensinya masing-masing mengingat semua pekerjaan yang ditawarkan akan sangat berhubungan erat dengan masa depan ketiga negara tersebut.

4. Crazy Delivery Rumble

Konsep sederhana namun kreatif menjadi senjata utama Crazy Delivery Rumble, sebuah game mobile yang buat player untuk kendalikan ragam karakter penyedia jasa antar penumpang ke tujuan. Terdapat berbagai macam profesi seperti tukang ojek, becak, hingga taksi yang bisa dikendalikan. Menariknya? Game garapan developer asal Malang, Jawa Timur tersebut juga sisipkan elemen vehicular combat layaknya Vigilante 8 maupun Twisted Metal.

3. Monster Breakout

Dibuat oleh developer asal Bogor, Jawa Barat bernama Seraph Game Studio, Monster Breakout merupakan remake dari game lawas mereka berjudul Brick Pixel. Player akan lontarkan sebuah “bola” ke ragam monster maupun boss yang ada di setiap area untuk mengalahkannya. Memenangkan pertempuran akan berikan sebuah equipment baru yang bisa menambah ragam status karakternya. Game ini tidak ada hubungannya dengan Monster BreakOut buatan Tweaking Games meskipun memiliki judul serupa.

2. Project: KISS

Project: KISS tak memiliki deskripsi selain game simulasi naratif. Namun jika dilihat dari versi alpha gameplaynya di atas sepertinya player akan berperan sebagai seorang manager sebuah grup idol yang akan merekrut cewek-cewek cantik untuk jadi bintang selanjutnya. Di sepanjang permainan player akan bisa melatih mereka agar siap terjun ke publik sebagai grup yang telah “jadi”.

1. Escape from Naraka and Magic Paw

Escape from Naraka merupakan game first-person action platformer dengan tema Bali yang sangat kental. Gamenya akan angkat kepercayaan dan legenda Bali. Player akan melewati ragam kuil maut dengan stage unik, seru, dan menantang untuk dilewati. Belum termasuk ragam makhluk yang muncul menghadangmu.

Sayangnya belum jelas apa yang mereka maksud dengan Escape from Naraka and Magic Paw. Spekulasi saya pribadi ini adalah DLC atau ekspansi gamenya yang belum diumumkan sama sekali dan akan muncul perdana di Tokyo Game Show 2021.


Dari daftar di atas, mana saja game yang kamu tunggu? Cantumin ya di kolom komentar di bawah seperti biasa.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version