11 Game Paling Laris Manis Sepanjang Masa

in
Game Paling Laris

Tak dipungkiri, game juga merupakan salah satu barang dagangan yang oleh para pembuat dan penjualnya selalu diharapkan bisa terjual laris manis di pasaran. Tapi saat ini banyak sekali game yang bahkan untuk menyentuh angka penjualan 5 juta kopi saja ngos-ngosan! Tapi meskipun begitu, tetap saja ada beberapa game yang nilai penjualannya bisa berada di atas angka 100 juta kopi! Nah, berikut ini kita akan membahas 11 game paling laris sepanjang masa yang rata-rata angka penjualannya berada di atas 30 juta kopi. Sebagian besar dari game di bawah ini merupakan game jadul yang pasti kamu kenal. Apa saja game tersebut? Berikut selengkapnya;

1. Tetris.

Game pertama yang masuk dalam jajaran game paling laris sepanjang masa adalah Tetris. Tidak ada satupun dari kalian yang nggak tahu game ini kan? Kalau nggak tahu, bener-bener keterlaluan. Game ini bisa jadi merupakan salah satu game pertama yang kalian mainkan seumur hidup. Game ini menempati posisi pertama sebagai game terlaris sepanjang masa karena terjual lebih dari 170 juta unit menurut Wikipedia. Sementara menurut Forbes, game ini malah terjual lebih dari 495 juta unit! Bayangkan! Game ini memang rilis sejak 1984 lalu, tapi kedudukan sebagai game terlaris sepanjang masa tetap tak tergoyahkan.

 

 

2. Minecraft.

Game kedua yang menjadi game paling laris adalah Minecraft. Kalau yang satu ini anak jaman old dan jaman now pasti tahu banget tentang game bangun-membangun yang satu ini. Game ini menduduk peringkat kedua sebagai game paling laris di dunia. Game ini tercatat terjual sebanyak 144 juta unit di semua platformnya termasuk platform mobile. Game yang dikembangkan dan dirilis oleh Mojang ini meluncur ke pasaran sejak tahun 2011. Hingga saat ini hanya Tetris, game yang “tua” itu yang mampu mengalahkan Minecraft. Sementara game modern, masih belum ada yang bisa mengalahkan.

 

 

3. GTA V.

Game yang mendapatkan posisi ketiga adalah GTA V. Game ini tak hanya kontroversial, tapi juga laris manis di pasaran. Terbukti bahwa GTA V tercatat berhasil menjual lebih dari 90 juta kopi sejak perilisannya tanggal 17 September 2013 lalu. Data penjualan ini berasal dari banyak platform dan mungkin kalau semua penjualan franchise GTA dari awal perilisannya sampai sekarang digabung, akan bisa mengalahkan 2 game di atas. Mungkinkah?

 

 

4. Wii Sports.

Game ini merupakan salah satu game yang eksklusif untuk konsol Wii saja. Meskipun eksklusif, game ini mampu mengundang banyak gamer untuk memainkannya. Tak heran, lebih dari 82.850.000 kopi dari game ini telah terjual. Game yang dikembangkan oleh EAD ini rilis sejak tanggal 19 November 2006. Game ini memiliki 5 jenis game olah raga yang berbeda yakni tenis, baseball, bowling, golf, dan tinju. Game ini menggunakan sensor gerakan yang dipegang di tangan untuk memainkannya. Mungkin karena tingkat “atraktif”nya game ini membuat banyak orang menyukainya.

 

 

5. Super Mario Bros.

Masih game yang berasal dari induk perusahaan game yang sama, Super Mario Bros ini memang game legendaris. Apalagi soal theme songnya yang sampai detik ini masih menjadi theme song yang mungkin sangat diingat oleh yang bukan gamer sekalipun. Game yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Nintendo ini terjual dengan jumlah 40.240.000. Memang, game ini rilis sejak 1985, tapi tetap saja, game yang hanya bisa dimainkan di platform NES ini tetap pantas menduduki posisi ini.

 

 

6. PUBG.

Siapa yang tak kenal dengan game yang satu ini. Game yang saat ini sedang sangat viral, terlebih ketika Tencent akhirnya merilis PUBG untuk platform mobile, game ini semakin membahana. Dari data terakhir yang didapatkan, PUBG berhasil terjual lebih dari 40 juta kopi dalam waktu kurang dari setahun! Game yang rilis dari 20 Desember 2017 ini sebenarnya berhasil mengalahkan Tetris dalam soal penjualan, seandainya Tetris tidak lahir 30 tahun lebih dulu ketimbang PUBG. Capaian yang luar biasa mengingat jika seandainya PUBG berumur setua Tetris, mungkin ia bisa terjual dengan angka lebih dari 1 miliar kopi!

https://youtu.be/QyixAG7tZN8

 

 

7. Mario Kart Wii.

Mungkin sebagian kamu agak heran, kenapa game platform Wii banyak yang menduduki game yang paling laris sepanjang masa. Mungkin karena platform Wii sangat jarang dipakai di wilayah Asia Tenggara, tapi menjadi favorit di wilayah Amerika, Eropa, dan sekitarnya. Lalu game-game yang ada di Platform Wii minim yang dibajak, sehingga penjualannya lebih efektif. Begitu juga yang terjadi pada game Mario Kart Wii ini. Terjual lebih dari 37.100.000, game yang rilis sejak 10 April 2008 ini berhasil menduduki posisi ke tujuh. Game ini mengkombinasikan antara karakter di game legendaris Mario, seperti Mario, Luigi, dan kawan-kawan, dengan genre yang cukup populer, yakni balapan.

 

 

8. Wii Sports Resort.

Lagi-lagi game dari platform Wii menduduki posisi game paling laris sejagat. Game berjudul Wii Sport Resort ini rilis sejak 2009 dan terjual lebih dari 33 juta kopi. Sama seperti game Wii Sports, game ini juga bergenre olah raga tapi dengan jenis olah raga lain yang lebih banyak. Di dalam game ini kamu bisa memainkan olah raga mulai dari Swordplay, Wakeboarding, Frisbee, Archery, Basketball, Table Tennis, Gols, Bowling, Power Cruising, Canoeing, Cycling, Parachuting dan Piloting.

 

 

9. Pokemon Red and Blue.

Game jadul yang rilis dari tahun 1996 ini terjual lebih dari 31.380.000 kopi. Game yang dikembangkan oleh Game Freak dan dipublikasikan oleh Nintendo ini waktu itu hanya bisa dimainkan di platform Gameboy saja. Mungkin salah satu alasan paling kuat kenapa game ini bisa laris di pasaran adalah karena game ini mengadaptasi cerita kartun yang juga sangat populer yang punya judul yang sama. Coba, dari kalian semua generasi 90an, siapa yang nggak nonton Pokemon? Hampir dipastikan, yang nggak nonton berarti nggak punya TV.

 

 

10. New Super Mario Bros.

Ini merupakan salah satu pengembangan dari game Mario Bros. Game yang dirilis tahun 2006 ini dikembangkan oleh Nintendo EAD dan dipublikasikan oleh Nintendo. Game ini hanya bisa dimainkan di platform NDS saja. New Super Mario Bros berhasil terjual sebanyak 30.800.000 sejak tanggal pertama perilisannya. Tentunya, yang mungkin menjadi alasan terkuat kenapa game ini bisa masuk 10 besar game paling laris sepanjang masa, adalah karena ia mengekor ketenaran pendahulunya yang melegenda sampai sekarang. Jadi, ini semacam reboot yang sukses.

 

 

11. New Super Mario Bros Wii.

Masih game yang sama, tapi dengan platform dan gameplay yang sedikit berbeda. Game New Super Mario Bros Wii ini rilis dari tahun 2011 dan berhasil terjual sebanyak 30.200.000. Game yang dikembangkan oleh Nintendo EAD dan dipublikasikan oleh Nintendo ini berhasil terjual sebanyak itu karena alasan yang sama, mereka berhasil mengekor ke-legendaris-an pendahulunya. Ini juga menjadi salah satu game reboot tersukses sepanjang sejarah.

 

 

“Bagaimana dengan game lain min? Masak diisi sama game-game jadul semua!” Mungkin sebagian dari kalian bertanya begitu. Tapi memang begitulah kenyataannya. Game yang lahir di zaman milenial ini tak banyak yang terjual di atas 30 juta kopi. Bahkan mungkin dari daftar yang ada di atas, cuma beberapa game saja yang rilis di atas tahun 2010 dan berhasil laris manis terjual di pasaran. Banyak hal yang melatar belakangi itu, mulai dari pembajakan yang semakin meraja lela, player yang lebih memilih main bajakan dari pada beli ori, dan masih banyak lagi. Jadi, itu tadi 11 game paling laris sepanjang masa. Ada yang seharusnya dimasukkan di daftar itu? Tinggalkan di komen ya!

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]